22+ Susunan Acara Family Gathering Keluarga, Teks Rundown

Susunan Acara Family Gathering Keluarga

Susunan Acara Family Gathering KeluargaSusunan acara family gathering keluarga merupakan sebuah rangkaian acara yang digunakan dalam acara berkumpulnya sebuah keluarga atau komunitas.

Dimana kegiatan family father keluarga ini berguna untuk menjalin tali silaturahmi agar tidak terputus nantinya. Acara family gathering ini menggunakan sebuah susunan acara agar bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tepat waktu.

Dimana susunan acara family gathering juga beragam, semua itu bisa disesuaikan dengan hasil rapat dari masing-masing anggota keluarga.

Bagi kalian yang ingin mengadakan acara family gathering dan masih belum mengetahui susunan acaranya, maka jangan khawatir, karena berikut ini kami berikan contoh susunan acara family gathering yang pada umumnya dilakukan. Yuk simak penjelasan berikut ini!


Susunan Acara Family Gathering Keluarga

Gambar Acara Family Gathering Keluarga
ilmukomunikasifisip.files.wordpress.com

Family gathering merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan baik itu karyawan atau keluarga yang sudah banyak dilakukan oleh berbagai macam komunitas dan juga perusahaan atau perkumpulan sebuah lingkungan. Dimana kegiatan tersebut dilakukan dengan cara berkumpul bersama dan menikmati semua game serta acara ramah tamah.

Sebenarnya, bentuk acara family gathering ini juga beragam, ada yang mengisi dengan seminar, acara ramah tamah, games dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu apa sih tujuan dari family gathering tersebut?

Jadi, family gathering ini selain bertujuan untuk selalu menjalin tali silaturahmi juga digunakan untuk mempererat kerja sama apabila acara dilakukan dalam lingkup kerja. Bukan hanya itu saja dengan acara family gathering kita juga bisa melupakan sejenak masalah baik itu pekerjaan, pendidikan atau yang lainya.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa susunan acara family gathering ini mempunyai beragam jenis tergantung dengan keputusan yang sebelumnya sudah dibuat. Ada yang membuat susunan acara gathering selama 2 hari dan ada yang 1 hari, karena semua itu harus juga disesuaikan dengan waktu yang digunakan.

Tapi, pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas susunan acara family gathering keluarga selama 2 hari dengan pembawaan yang cukup formal. Langsung saja, daripada kalian semakin penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Family Gathering Keluarga

No. Susunan Acara Family Gathering Keluarga
Hari Ke 1
1 Memastikan Peserta Berkumpul
2 Pembagian Snack dan Nasi Box
3 Pemberangkatan Peserta dan Memastikan Peserta Tiba di Lokasi
4 Pembukaan Acara Gathering
5 Penjelasan Tentang Fasilitas Villa
6 Sesi Pembagian Kamar
7 Istirahat, Sholat dan Makan
8 Acara Bebas
9 Pengkondisian Sholat Ashar
10 Acara Games
11 Istirahat, Sholat dan Makan Malam
12 Acara Ramah Tamah
13 Hiburan
14 Coffee Break
15 Istirahat Malam
Hari Ke 2
16 Pengkondisian Makan Pagi
17 Melakukan Senam Pagi
18 Games
19 Foto Bersama
20 Acara Bebas
21 Istirahat, Sholat dan Makan
22 Penutupan dan Persiapan Pulang

Teks MC Acara Family Gathering Keluarga

Contoh Teks MC Acara Family Gathering Keluarga

Hari Ke 1

Adapun rundown atau susunan acara family gathering keluarga pada hari pertama adalah sebagai berikut!

———————-Pengecekkan dan Pengkondisian Anggota Keluarga———————-

Memastikan Peserta Berkumpul

Susunan acara yang pertama adalah semua panitia (bukan hanya pembawa acara saja) memastikan bahwa peserta sudah berkumpul.

Dimana apabila semua peserta tersebut sudah berkumpul maka mereka bisa dikondisikan untuk memasuki bus sesuai dengan hasil pembagiannya.

Agar lebih teratur, pengkondisian memasuki kendaraan bisa dilakukan oleh pembawa acara seperti berikut ini!

“Kepada para peserta acara family gathering keluarga……dimohon untuk memasuki kendaraan sesuai dengan nomor yang sudah dibagikan.”

Pembagian Snack dan Nasi Box

Selanjutnya yakni pembagian Snack dan nasi box, sebenarnya ini bisa dilakukan pada saat para peserta melakukan registrasi pada awal sebelum memasuki kendaraan. Tapi bisa juga untuk pembagian nasi box dilakukan pada saat para peserta sudah memasuki kendaraan masing-masing.

Karena ini berhubungan dengan konsumsi, dan juga para peserta sudah berada di dalam kendaraan, maka pembagian nasi box bisa dilakukan oleh panitia yang bertugas untuk mengatur makanan.

Pemberangkatan Peserta dan Memastikan Peserta Tiba di Lokasi

Pemberangkatan peserta dan juga memastikan peserta tiba di lokasi. Apabila kendaraan yang digunakan lebih dari 2, maka pengecekkan peserta dan melakukan doa bersama bisa dilakukan oleh perwakilan panitia.

Tetapi apabila hanya menggunakan 1 kendaraan, maka pembawa acaralah yang bertugas untuk memastikan dan memimpin jalannya doa agar semua rombongan bisa sampai di tempat tujuan dengan aman.

–—–———————-Acara Family Gathering Keluarga Dimulai—–————————

Pembukaan Acara Gathering

Apabila semua rombongan sudah sampai di tempat yang sudah dituju, maka pembawa acara bisa mengambil susunan acara kembali.

Tetapi sebelum itu, pastikan semua peserta sudah berkumpul di dalam aula villa (apabila dilakukan di villa) guna mengikuti proses pembukaan acara family gathering.

Pembawa acara bisa membuka acara family gathering seperti berikut ini!

“Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang saya hormati para panitia acara family gathering keluarga……serta para peserta yang berbahagia.

Pertama-tama sebelum acara family gathering dimulai, hendaknya kita mengucapkan syukur terlebih dahulu, karena kita sudah sampai di tempat tujuan dengan aman.

Selanjutnya saya akan membacakan susunan acara family gathering keluarga……yang akan kita jalani selama 2 hari kedepan di vila ….. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Acara yang pertama yakni pembukaan.
  2. Acara yang kedua yakni penjelasan tentang fasilitas yang bisa dipakai di villa oleh bapak……
  3. Acara yang ketiga adalah pembagian kamar.
  4. Acara yang keempat adalah istirahat, sholat dan juga makan.
  5. Acara yang kelima adalah acara bebas.
  6. Acara yang keenam adalah pengkondisian sholat ashar.
  7. Acara yang ketujuh adalah acara games.
  8. Acara yang kedelapan adalah istirahat, sholat dan juga makan malam.
  9. Acara yang ke sembilan adalah acara ramah tamah.
  10. Acara yang kesepuluh adalah acara hiburan.
  11. Acara yang kesebelas adakah coffee break.
  12. Dan acara yang terakhir di hari pertama adalah istirahat malam.

Selanjutnya untuk susunan acara yang dilakukan pada hari kedua adalah sebagai berikut!

  1. Acara yang pertama adalah pengkondisian makan pagi.
  2. Acara yang kedua adalah melakukan senam pagi bersama.
  3. Acara yang ketiga adalah acara games.
  4. Acara yang keempat adalah sesi foto bersama.
  5. Acara yang kelima adalah acara bebas.
  6. Acara yang keenam adalah istirahat, sholat dan juga makan.
  7. Dan acara yang terakhir adalah penutup dan persiapan untuk pulang.

Demikianlah susunan acara untuk dua hari ini, saya harap para peserta bisa mengikuti susunan acara tersebut secara tepat waktu.

Langsung saja, agar tidak membuang banyak waktu maka kita langsungkan susunan acara yang pertama yakni pembukaan acara family gathering keluarga…..

Agar acara bisa berjalan dengan baik, maka hendaklah kita buka acara dengan membaca basmalah dan Al-fatihah. Berdoa dimulai”

Penjelasan Tentang Fasilitas Villa

Acara selanjutnya yakni penjelasan tentang berbagai macam fasilitas villa yang bisa dipakai. Dimana tujuan dari penjelasan ini agar para peserta bisa mengetahui apa saja sih fasilitas yang bisa digunakan dan juga tidak digunakan, hal tersebut dikarenakan memang tidak semua villa yang membebaskan penyewa untuk memakai fasilitasnya.

Penjelasan fasilitas villa ini biasanya bisa diwakili oleh pembawa acara atau ada juga yang dijelaskan langsung oleh pemilik villa atau ketua pelaksana kegiatan family gathering.

Berikut ini merupakan contoh seorang pembawa acara mempersilahkan pemilik villa untuk menjelaskan fasilitas yang bisa dipakai.

“Terima kasih kami sampaikan, semoga dengan doa tersebut acara family gathering keluarga…..bisa berjalan dengan lancar hingga akhir. Selanjutnya acara yang kedua salah penjelasan mengenai fasilitas villa yang bisa digunakan.

Penjelasan tersebut akan disampaikan oleh bapak……selaku pemilik villa……kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sesi Pembagian Kamar

Selanjutnya, apabila penjelasan tersebut sudah selesai, maka acara bisa diambil alih kembali oleh pembawa acara guna melanjutkan acara selanjutnya yakni pembagian kamar.

Sebenarnya pembagian kamar bisa dilakukan sebelum berangkat tadi, tapi bisa juga dilakukan pada saat sudah sampai di tempat pelaksanaan.

Pembagian kamar bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan undian atau games. Atau bisa juga dengan cara mengelompokkan terlebih dahulu untuk perempuan dan juga laki-laki.

Berikut ini merupakan contoh pembawa acara mengkondisikan para peserta acara family gathering keluarga untuk memilih kamar.

“Terima kasih bapak….. Diharapkan penjelasan dari bapak……bisa dipahami oleh baik dan ditaati oleh para peserta sekalian.

Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang ketiga yakni pembagian kamar, untuk kamar yang dipakai laki-laki berada di lantai bawah, sedangkan untuk perempuan di lantai atas.

Adapun pembagian kamar bisa dilakukan dengan cara undian, kepada panitia yang bertugas kami persilahkan.”

Istirahat, Sholat dan Makan

Apabila pembagian kamar sudah selesai dilakukan, maka pembawa acara disarankan untuk mengecek kembali, apakah semua peserta sudah melakukan undian atau belum.

Apabila sudah, maka selanjutnya adalah pembawa acara bisa mempersilahkan peserta untuk memasuki kamar masing-masing guna beristirahat, sholat dan juga makan siang.

Pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta untuk beristirahat seperti berikut ini!

“Apakah ada di antara bapak dan ibu belum mendapatkan kamar? (Apabila peserta menjawab sudah makan acara bisa dilanjutkan seperti berikut ini)

oke, apabila bapak dan ibu sudah mendapatkan kamar masing-masing, maka bapak dan ibu bisa menempati kamar untuk melakukan istirahat, sholat dan juga makan siang sebelum melakukan acara selanjutnya.”

Acara Bebas

Acara bebas merupakan acara yang tidak jauh berbeda dengan istirahat, sholat dan makan. Dimana disini para peserta bisa berkeliling untuk menikmati udara yang ada di villa atau sekedar saling menyapa dengan sesama peserta.

Pengkondisian Sholat Ashar

Apabila waktu istirahat, sholat dan makan serta waktu bebas selesai, maka para peserta akan dikondisikan oleh pembawa acara untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan sholat ashar. Dimana disini pembawa acara bisa mengkondisikan peserta seperti berikut ini.

“Kepada para bapak ibu peserta family gathering keluarga….. diharapkan untuk bersiap-siap turun ke bawah guna mengikuti sholat ashar secara berjamaah di aula villa….. (Diulangi sekali lagi) terima kasih.”

Acara Games

Waktu sore-sore selain bersantai juga paling enak di buat untuk acara games. Dimana disini para peserta bisa mengikuti semua games yang sudah disediakan, yang tentunya juga dipandu oleh pembawa acara.

Karena tidak semua orang bisa mengikuti acara games secara bersamaan, maka untuk peserta yang tidak mengikuti games bisa ikut memberikan semangat. Pembawa acara bisa melanjutkan acara games seperti berikut ini.

“Bapak ibu sekalian, marilah kita berlanjut ke acara yang selanjutnya yakni acara games. Dimana games ini terdiri dari…….. Karena tidak semua orang bisa bermain games secara bersamaan, maka bagi para peserta yang lainnya bisa menyemangati yang lainnya.

Apakah kalian sudah siap????? Ya, langsung saja untuk para panitia bisa dibantu untuk menyiapkan segala keperluan, dan untuk para peserta bisa langsung memasuki tempat berlangsungnya acara games.”

Istirahat, Sholat dan Makan Malam

Selanjutnya, acara games setidaknya berakhir sebelum sholat Maghrib. Dimana apabila acara games sudah selesai, pembawa acara bisa mengkondisikan untuk para peserta agar bisa beristirahat, sholat dan juga makan serta bersih-bersih sebelum acara selanjutnya dimulai.

Biasanya untuk waktu istirahat ini akan berlangsung sampai pukul 7 atau berkumpul kembali setelah sholat isya’. Adapun pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta seperti berikut ini!

“Ya, bagaimana tadi games nya apakah seru bapak ibu?…… Ya karena waktu sudah menunjukkan pukul 5, maka bapak dan ibu bisa kembali ke kamar untuk beristirahat, sholat dan juga makan malam.

Dimana nantinya kita akan berkumpul kembali tepat pada jam 19.00 untuk acara ramah tamah. Kepada bapak dan ibu, dipersilahkan.”

Acara Ramah Tamah

Selanjutnya, apabila waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 maka pembawa acara akan mengkondisikan para peserta untuk kembali ke ruangan villa guna melanjutkan acara selanjutnya yakni acara ramah tamah. Pembawa acara bisa mengkondisikan seperti berikut ini!

“Kepada bapak dan ibu peserta family gathering keluarga…..dimohon untuk kembali ke aula villa …… Untuk melanjutkan acara ramah tamah.

Sekali lagi Kepada bapak dan ibu peserta family gathering keluarga…..dimohon untuk kembali ke aula villa …… mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 19.00″

Hiburan

Hiburan merupakan sebuah acara yang sangat disarankan untuk ada di susunan acara, hal ini berguna untuk mencegah apabila para peserta bosan di dalam aula. Untuk acara hiburan ini bisa dilakukan dengan cara menyanyi, menari, games dan lain-lain yang tentunya juga bisa dilakukan oleh para peserta.

 Coffee Break

Setelah acara hiburan maka para peserta bisa melanjutkan acara selanjutnya yakni coffee break. Coffee break merupakan sesi istirahat secara singkat, yakni hanya 10 menit atau 20 menit.

Coffee break ini bisa dilakukan dengan menikmati makanan ringan yang sudah disiapkan oleh para peserta, pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta seperti berikut ini!

“Ya, terima kasih atas antusias dari para peserta sekalian. Selanjutnya sebelum melakukan istirahat pada malam hari ini, maka kita bisa memasuki waktu coffee break selama 20 menit. Bagi para peserta bisa menikmati hidangan yang sudah kami sajikan. “

Istirahat Malam

Istirahat malam merupakan acara penutup pada hari pertama. Dimana disini para peserta bisa kembali ke kamar masing-masing guna beristirahat agar besok bisa mengikuti acara dengan semangat kembali.


Hari Ke 2

Adapun rundown atau susunan acara family gathering keluarga pada hari kedua adalah sebagai berikut!

Pengkondisian Makan Pagi

Pengkondisian makan pagi merupakan susunan acara pertama yang dilakukan pada hari kedua, dimana disini para peserta bisa berkumpul di aula villa secara bersama-sama.

Melakukan Senam Pagi

Acara family gathering bukan melulu tentang games dan materi juga loh, dimana acara tersebut juga bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar selalu sehat, seperti melakukan senam pagi.

Disini biasanya ada 1 orang yang bertugas untuk memimpin jalannya senam tersebut, tentunya mereka yang sudah berpengalaman ya.

Games

Selanjutnya, adalah acara games. Sebenarnya untuk games ini adalah opsi, yakni bisa dilakukan dan juga tidak, jadi tergantung dengan panitianya ya.

Foto Bersama

Foto bersama merupakan susunan acara keempat yang ada pada hari kedua, dimana disini foto tersebut berguna untuk memberikan kenang-kenangan dalam acara family gathering keluarga.

Acara Bebas

Acara bebas juga bisa dilakukan secara bersamaan dengan foto bersama, karena memang hari kedua tidak sepadat hari pertama. Sehingga pembawa acara juga tidak terlalu dibutuhkan.

Disini para peserta juga bebas untuk berkeliling, berkenalan dan juga berfoto bersama para peserta yang lainnya.

Istirahat, Sholat dan Makan

Istirahat, sholat dan juga makan yang terakhir. Dimana disini para peserta juga bisa bersiap-siap untuk mengemas kembali barang-barangnya karena acara penutup akan segera dimulai.

Penutupan dan Persiapan Pulang

Penutupan dan persiapan pulang merupakan acara paling akhir dalam family gathering keluarga. Dimana disini pembawa acara akan menyiapkan terlebih dahulu para peserta untuk turun dan kembali ke aula villa.

Pembawa acara bisa menutup acara seperti berikut ini!

“Mohon diperhatikan kepada bapak dan ibu peserta acara family gathering keluarga…. yang masih berada di dalam kamar untuk segera turun ke aula villa, karena acara penutupan akan segera dimulai.

Terima kasih kepada bapak dan ibu peserta sekalian yang sudah mengikuti acara gathering ini dengan baik, semoga kita bisa bertemu lagi dalam acara gathering yang selanjutnya.

Karena acara sudah kita awali dengan membaca basmalah, maka alangkah lebih baiknya acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Rundown Acara Family Gathering

Rundown Acara Family Gathering

Susunan Acara Family Gathering

Susunan Acara Family Gathering

Susunan Acara Gathering Family Susunan Acara Gathering Family


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara family gathering. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Family Gathering Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.