22+ Contoh Susunan Acara Gathering Komunitas, Teks Rundown

Susunan Acara Gathering Komunitas

Susunan Acara Gathering Komunitas – Susunan acara gathering komunitas merupakan sebuah bentuk rangkaian yang dilakukan untuk pelaksanaan gathering.

Tapi apakah kalian tahu apa sih yang dimaksud dengan gathering dan contoh susunan acara gathering komunitas tersebut? Jika belum, maka penjelasan berikut ini bisa membantu anda untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari gathering.


Susunan Acara Gathering Komunitas

Gambar Acara Gathering Komunitas
Indocoachmanagement.com

Sebelum kita memasuki contoh susunan acara gathering komunitas, maka alangkah lebih baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gathering. Jadi, gathering merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan baik itu untuk keluarga, komunitas atau perusahan.

Biasanya acara tersebut dilakukan guna untuk mendapatkan hiburan atau sekedar refreshing yang dilakukan secara bersama-sama.

Bukan hanya itu saja, dengan gathering maka hubungan baik itu pertemanan atau kekerabatan bisa lebih dekat jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa acara gathering ini mempunyai beragam jenis, baik itu gathering untuk keluarga besar, gathering komunitas, gathering perusahaan, gathering alumni dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun tempat yang digunakan dalam acara gathering juga beragam, baik itu di indoor atau outdoor. Bukan hanya tempatnya saja yang beragam, melainkan susunan acara gathering komunitas juga beragam, semua itu tergantung dengan panitia yang menyelenggarakan.

Bagi kalian yang ingin membuat acara gathering komunitas dan masih belum mengetahui susunan acaranya, maka jangan khawatir karena berikut ini kami berikan contoh susunan acara gathering komunitas secara umum.


Rundown Acara Gathering Komunitas

No. Susunan Acara Family Gathering Komunitas
Hari ke 1
1 Pembukaan dan Pendahuluan
2 Penyampaian Sambutan Oleh Ketua Pelaksana
3 Penyampaian Sambutan Oleh Ketua Jurusan
4 Penyampaian Sambutan Oleh Direktur
5 Istirahat, Sholat dan Makan
6 Diskusi Pembahasan Komunitas
7 Istirahat, Sholat dan Makan
8 Acara Hiburan
9 Acara Bebas Istirahat Tidur
Hari ke 2
10 Persiapan Sholat Subuh
11 Melakukan Senam Pagi
12 Sarapan Pagi
13 Acara Game
14 Bersih-Bersih
15 Penutupan dan Pembagian Hadiah
16 Pengkondisian Makan Pagi
17 Melakukan Senam Pagi
18 Games
19 Foto Bersama
20 Acara Bebas
21 Istirahat, Sholat dan Makan
22 Penutupan dan Persiapan Pulang

Teks MC Acara Gathering Komunitas

Contoh Teks MC Acara Gathering Komunitas

Hari ke 1

Berikut ini merupakan acara gathering komunitas pada hari pertama.

Pembukaan dan Pendahuluan

Pembukaan dan pendahuluan pada umumnya merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara pembukaan acara gathering.

Dimana sebenarnya sapaan dan pembukaan tersebut juga sama dengan sapaan acara-acara bersifat formal yang lainnya, sapaan dan pembukaan ini dilakukan guna menyambut semua para peserta acara gathering komunitas.

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk  sapaan dan pembukaan yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara pembukaan pelatihan.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati bapak direktur universitas……yakni bapak……yang saya hormati ketua jurusan…..yakni ananda…..yang saya hormati ketua pelaksana gathering komunitas……yakni ananda……serta para peserta gathering komunitas……yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir dalam rangkaian proses acara gathering komunitas…..tanpa halangan suatu apapun.

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara yang akan dilakukan selama dua hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

Susunan acara pada hari pertama diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah penyampaian sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ananda…..selaku ketua pelaksana acara gathering komunitas…..
  3. Kemudian sambutan yang kedua yang akan disampaikan oleh ananda…..selaku ketua jurusan……
  4. Sambutan yang ketiga akan disampaikan oleh bapak….selaku bapak direkturnya universitas…..
  5. Acara yang kelima yakni sholat, istirahat dan juga makan sore.
  6. Acara yang keenam adalah diskusi serta pembahasan komunitas…..
  7. Acara yang ketujuh adalah istirahat, sholat dan makan malam.
  8. Acara yang kedelapan adalah acara hiburan
  9. Acara yang terakhir adalah istirahat tidur.

Itulah susunan acara yang dilakukan pada hari pertama, sedangkan berikut ini merupakan susunan acara yang dilakukan pada hari kedua, susunan acara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

  1. Acara yang pertama adalah persiapan sholat subuh secara berjamaah.
  2. Acar yang kedua adalah senam bersama.
  3. Acara yang ketiga adalah sarapan pagi.
  4. Acara yang keempat adalah acara game.
  5. Acara yang kelima adalah bersih-bersih.
  6. Dan acara yang terakhir adalah penutup serta pembagian hadiah.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada dua hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama pada hari pertama yakni pembukaan.

Agar acara bisa berjalan dengan lancar, marilah kita buka acara dengan bacaan basmalah dan Al-fatihah.”

Penyampaian Sambutan Oleh Ketua Pelaksana

Setelah pembukaan, maka acara akan beralih ke acara yang kedua yakni penyampaian sambutan oleh ketua pelaksana. Pembawa acara tersebut bisa melanjutkan ke acara yang kedua seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan, selanjutnya acara yang kedua adalah penyampaian sambutan yang akan disampaikan oleh ananda……selaku ketua pelaksana acara gathering komunitas……Kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Ketua Jurusan

Apabila ketua pelaksana sudah selesai menyampaikan sambutannya, maka pembawa acara bisa mempersilahkan ketua jurusan untuk menyampaikan sambutan yang kedua.

Pembawa acara bisa mempersilahkan ketua jurusan tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh ananda….. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh bapak……selaku ketua dari jurusan….. Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Direktur

Apabila ketua jurusan sudah selesai menyampaikan sambutannya, maka pembawa acara bisa mempersilahkan bapak direktur untuk menyampaikan sambutan yang ketiga

Pembawa acara bisa mempersilahkan bapak direktur untuk memberikan sambutan yang ketiga seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak….. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh bapak…..selaku bapak direktur universitas….. Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Istirahat, Sholat dan Makan

Selanjutnya apabila semua sambutan sudah selesai dilakukan. Maka pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta untuk istirahat, sholat dan juga makan sore, pembawa acara bisa mengkondisikan peserta seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak….. Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang kelima yakni istirahat, sholat dan juga makan. Para peserta gathering komunitas…..bisa memasuki kamar untuk bersih-bersih, sholat dan juga makan.

Dimohon para peserta bisa kembali tepat pada pukul 16.00 guna melanjutkan acara selanjutnya. Para peserta dipersilahkan memasuki kamar masing-masing.”

Diskusi Pembahasan Komunitas

Diskusi pembahasan komunitas merupakan susunan acara yang keenam. Dimana disini semua peserta bisa saling bertukar pendapat antar sesama dan juga bisa melakukan sesi tanya jawab.

Tapi, sebelum itu pembawa acara harus mengkondisikan peserta agar bisa hadir didalam ruangan aula. Pembawa acara bisa mengkondisikan seperti berikut ini!

“Kepada para peserta gathering komunitas…..dimohon untuk kembali keruangan aula, sekali lagi bagi para peserta gathering komunitas…..yang masih berada di dalam kamar, dimohon untuk segera kembali ke ruangan aula guna mengikuti diskusi pembahasan komunitas…..terima kasih.”

Istirahat, Sholat dan Makan

Acara diskusi akan berakhir tepat sebelum Maghrib, dimana disini para peserta dikondisikan kembali untuk beristirahat, sholat dan juga makan malam, kemudian mereka akan kembali lagi setelah melangsungkan sholat isya’.

Pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta seperti berikut ini!

“Mohon perhatiannya, para peserta bisa beristirahat, melangsungkan sholat dan juga makan malam. Diharapkan kalian bisa kembali ke ruangan aula tepat pada pukul 19.00 terima kasih.”

Acara Hiburan

Acara hiburan biasanya dilakukan setelah sholat isya’. Dimana seperti acara hiburan pada umumnya, yakni acara hiburan bisa dilakukan dengan bermain game, bernyanyi, menari, drama dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta seperti berikut ini!

“Disampaikan kepada para peserta gathering komunitas…..untuk segera turun ke ruangan aula, dikarenakan acara hiburan akan segera dimulai. Sekali lagi, Disampaikan kepada para peserta gathering komunitas…..untuk segera turun ke ruangan aula, dikarenakan acara hiburan akan segera dimulai, terima kasih.”

Acara Bebas Istirahat Tidur

Acara bebas dan juga istirahat tidur merupakan acara penutup pada hari pertama. Dimana disini, para peserta dipersilahkan untuk memasuki kamar masing-masing atau bisa juga dengan saling bertegur sapa tapi tetap harus ada batasan waktunya.

Pembawa acara bisa mengkondisikan para peserta tersebut seperti berikut ini!

“Bagi para peserta gathering komunitas…..bisa beristirahat kembali ke kamar masing-masing, apabila masih ada yang ingin saling bertegur sapa dipersilahkan tetapi dengan batas waktu pukul 23.00 terima kasih.”


Hari ke 2

Berikut ini merupakan acara gathering komunitas pada hari kedua.

Persiapan Sholat Subuh

Acara pada hari kedua diawali dengan persiapan sholat subuh, dimana disini biasanya para panitia akan menggunakan bantuan berupa alarm untuk membangunkan semua peserta guna melakukan sholat subuh secara berjamaah.

Melakukan Senam Pagi

Selanjutnya, apabila sholat subuh selesai dilakukan, maka acara dilanjutkan dengan melakukan senam pagi. Disini panitia acara gathering bisa mencari atau meminta salah satu perwakilan peserta untuk memimpin jalannya senam pagi tersebut.

Sarapan Pagi

Selanjutnya acara bisa dilanjutkan dengan sarapan pagi secara bersamaan.

Acara Game

Acara game merupakan salah satu acara yang bisa dijadikan opsi pilihan, dimana bisa dilakukan atau bisa juga tidak dilakukan. Tetapi, biasanya games tersebut memang dilakukan pada hari kedua sebelum acara penutup.

Dimana dengan game tersebut maka para peserta juga bisa mendapatkan hadiah pada akhir acara nanti.

Bersih-Bersih

Bersih-bersih menjadi acara yang dilakukan sebelum acara penutupan dimulai. Dimana disini para peserta bisa dibagi, ada yang membersihkan kamar, aula, ruang tamu atau halaman belakang dan halaman depan.

Penutupan dan Pembagian Hadiah

Penutupan dan pembagian hadiah merupakan acara paling akhir dalam gathering komunitas. Dimana disini pembawa acara akan menyiapkan terlebih dahulu para peserta untuk turun dan kembali ke aula villa.

Sebelum pembawa acara bisa menutup acara, maka pembawa acara bisa membacakan nama-nama yang memenangkan acara games yang sudah dilakukan pagi tadi.

Kemudian apabila hadiah sudah diberikan, pembawa acara bisa menutup acara seperti berikut ini!

“Mohon diperhatikan kepada peserta acara gathering komunitas…. yang masih berada di dalam kamar untuk segera turun ke aula villa, karena acara penutupan dan pembagian hadiah akan segera dimulai.

Terima kasih kepada para peserta gathering yang sudah ikut berpartisipasi dalam berbagai acara dalam dua hari ini. Selanjutnya akan saya bacakan nama-nama yang berhasil meraih hadiah dalam acara games yang dilakukan pada pagi tadi.

Nama-nama tersebut diantaranya…….. (Membacakan nama-nama pemenang) kepada nama-nama yang sudah saya bacakan, harap maju ke depan untuk menerima hadiah.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada para peserta yang sudah menerima hadiah, dan terima kasih para peserta sekalian yang sudah hadir dalam acara gathering komunitas…..Karena acara sudah kita awali dengan membaca basmalah, maka alangkah lebih baiknya acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Rundown Acara Family Gathering

Rundown Acara Family Gathering

Rundown Acara Family Gathering
Rundown Acara Family Gathering

Susunan Acara Gathering Komunitas Susunan Acara Gathering Komunitas


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara gathering komunitas. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Gathering Komunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.