8+ Contoh Susunan Acara Isra Miraj dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Isra Miraj

Susunan Acara Isra Miraj – Perayaan hari besar Isra Mi’raj merupakan acara yang sudah tidak asing bukan bagi masyarakat muslim, dimana acara Isra Mi’raj tersebut bertujuan untuk selalu mengenang akan perjalanan yang dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Dalam perayaan acara tersebut juga dibutuhkan sebuah susunan acara, dimana susunan acara Isra Mi’raj tersebut berguna untuk mendetailkan kegiatan yang akan dilakukan.

Lalu apa saja daftar susunan acara Isra Mi’raj pada umumnya? Dari pada semakin penasaran langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Pengertian Isra Miraj

Gambar Pengertian Isra Miraj
smaia1.al Azhar.sch.id

Sebelum kita membahas tentang susunan acara Isra Mi’raj, alangkah  baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bukan pengertian dari acara Isra Mi’raj.

Jadi, Isra Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW di malam hari, dimana perjalanan tersebut dimulai dari Masjidil Haram kemudian berlanjut ke Masjidil Aqsa dan naik ke atas Sidratul Muntaha yakni di langit ketujuh dalam waktu satu malam.

Para ulama berpendapat, bahwa Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang terjadi satu tahun sebelum Baginda Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, atau lebih tepatnya pada tanggal 27 Rajab.

Hal tersebut juga berdasarkan Ayat Suci Al-Qur’an pada surat Al-Isra ayat 1 yang mempunyai arti “Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad)

Pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.


Contoh Susunan Acara Isra Miraj

Gambar Contoh Susunan Acara Isra Miraj
www.beinyu.com

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui kan apa sebenarnya yang dimaksud Isra Mi’raj, dimana memang pada hari tersebut mayoritas masyarakat muslim.a

Akan merayakan sekaligus mengenang perjalanan yang dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Tentunya agar acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka dibutuhkan susunan acara isra mi’raj.

Lalu apa saja susunan acara yang bisa di praktekkan? Langsung yuk, simak penjelasan di bawah ini!


Rundown Acara Isra Miraj

No. Susunan Acara Isra Miraj
1 Muqodimah
2 Pembukaan
3 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
4 Sambutan Ketua Panitia
5 Sambutan Kepala Sekolah
6 Ceramah Agama
7 Pembacaan Doa
8 Penutup

Teks MC Acara Isra Miraj

Contoh Teks MC Acara Isra Miraj

Muqodimah

Muqodimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara. Dimana biasanya muqodimah ini berisi untuk mengajak para tamu hadirin memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk muqodimah!

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sebelumnya yang saya hormati bapak kepala sekolah (apabila acara dilangsungkan di sekolah), para bapak ibu guru serta teman-teman yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam acara Isra Mi’raj guna memperingati perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu kami selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara isra mi’raj pada hari ini!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan disampaikan oleh ananda…
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan yang akan disampaikan oleh ketua panitia.
  4. Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan yang akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah.
  5. Acara yang kelima adalah ceramah agama.
  6. Acara yang keenam adalah pembacaan doa.
  7. Acara yang terakhir adalah penutup.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung hari ini, langsung saja mari kita menuju acara yang pertama yakni pembukaan.

Pembukaan

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa pembukaan merupakan susunan acara yang paling pertama. Dimana pada acara ini pembawa acara akan membuka dengan membacakan basmallah dan juga Al-fatihah.

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana agar acara bisa berjalan dengan baik maka mari kita baca basmalah.”

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dimana pembawa acara akan mempersilahkan seseorang yang memang sudah ditunjuk untuk membacakan ayat suci Al-Qur’an tersebut.

“Acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan disampaikan oleh ananda…. kepada ananda…. waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan Ketua Panitia

Sebelum beralih ke acara selanjutnya, hendaklah pembawa acara terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada seorang tilawah yang sudah melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan nada yang indah. Kemudian pembawa acara melanjutkan dengan meminta ketua atau perwakilan dari panitia untuk memberikan sambutan-sambutan.

“Terima kasih untuk ananda yang telah melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan indah, semoga dengan pembacaan ayat suci tersebut bisa bermanfaat bagi para hadirin semuanya. Selanjutnya mari kita berlanjut ke acara sambutan-sambutan.

Untuk sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia, kepada panitia yang bertugas waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan Kepala Sekolah

Setelah sambutan dari ketua panitia selesai, maka pembawa acara juga akan mempersilahkan kepada kepala sekolah (apabila acara dilakukan di tingkat pendidikan) untuk maju dan juga memberikan sepatah dua kata ucapan sambutan.

“Terima kasih atas sambutan dari ananda…Semoga sambutan tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua. Selanjutnya sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah, yakni bapak….kepada bapak…waktu dan tempat kami persilahkan.”

Ceramah Agama

Acara selanjutnya adalah memasuki acara inti. Dimana sebagian besar peringatan isra mi’raj dilakukan dengan ceramah agama, biasanya para ustadzah yang akan menyampaikan ceramah agama ini.

Sebenarnya, bukan hanya ceramah agama saja, melainkan acara inti juga bisa diisi dengan menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut tentunya harus sesuai dengan keputusan dari panitia, karena panitia juga berhak menentukan topik yang akan dibawakan oleh ustadz tersebut.

“Terima kasih atas sambutan yang telah disampaikan oleh bapak…Semoga sambutan tersebut juga bisa bermanfaat bagi para hadirin semuanya.

Acara selanjutnya adalah cerama agama yang akan disampaikan kepada ustadz…kepada ustadz…waktu dan tempat kami persilahkan”

Pembacaan Doa

Acara selanjutnya adalah pembacaan doa, dimana tujuan pembacaan doa adalah agar acara yang sudah diadakan tadi bisa memberi berkah dan bermanfaat bagi semua tamu undangan. Adapun yang bertugas untuk membaca doa adalah ustadz yang tadi telah memberikan ceramah agama atau juga bisa dengan ustadz yang berbeda.

“Demikianlah ceramah yang sudah disampaikan oleh ustadz…semoga ceramah tersebut bisa berguna dan juga bermanfaat bagi kita semua.

Acara selanjutnya adalah pembacaan doa, pembacaan doa akan dipimpin oleh ustadz…kepada ustadz…waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penutup

Acara selanjutnya adalah penutup. Dimana apabila tadi pembawa acara membuka acara dengan membacakan basmalah, maka acara penutup akan dilakukan dengan membaca hamdalah.

“Acara yang terakhir adalah penutup. Terima kasih buat para hadirin yang sudah menyempatkan waktu untuk menghadiri acara dalam rangka memperingati perjalanan acara isra mi’raj.

Kami sebagai pembawa acara mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik yang disengaja atau yang tidak sengaja. Langsung saja mari kita tutup acara dengan bacaan Hamdallah.”


Hikmah Acara Isra Miraj

Gambar Hikmah Acara Isra Miraj
smkn12malang.sch.id

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui pengertian sekaligus susunan acara isra mi’raj. Tapi, belum lengkap bukan jika kita tidak mengetahui hikmah dari perjalanan acara isra mi’raj, apa saja hikmahnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

  1. Hikmah dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad pada malam hari adalah tentang waktu wajib shalat dan juga wajib untuk melakukan pengukusan.
  2. Hikmah yang kedua adalah tentang ujian kepada pada kaum muslimin untuk mempercayai hal ghaib.
  3. Hikmah yang ketiga adalah para muslim hendaknya selalu berdoa di setiap waktu, karena Allah adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Susunan Panitia Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Susunan Panitia Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad

Susunan Acara Isra Mi’raj

Susunan Acara Isra Mi'raj

Susunan Kegiatan Acara Isra Mi’raj

Susunan Kegiatan Acara Isra Mi'raj


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai susunan acara Isra Mi’raj, semoga pembahasan di atas bisa diterima dan dipahami dengan baik.

Semoga juga bisa bermanfaat bagi kalian yang memang ingin mengadakan acara untuk memperingati perjalanan dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Susunan Acara Isra Miraj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.