13+ Contoh Susunan Acara Malam Keakraban (Makrab) Teks Rundown

Susunan Acara Malam Keakraban

Susunan Acara Malam KeakrabanAcara malam keakraban merupakan salah satu bentuk acara yang tidak asing lagi di kalangan siswa SMA, mahasiswa atau sebuah organisasi. Biasanya acara ini diselenggarakan oleh perwakilan kelas, angkatan hingga organisasi kampus atau sebuah sekolah.

Biasanya ada panitia yang bertugas untuk membuat susunan acara malam keakraban yang menarik dan tidak membosankan. Untuk susunan acara malam keakraban ini juga beragam, semua itu tergantung dengan kreativitas dari sang panitia acara.

Tapi, bagi kalian yang masih bingung bagaimana menyusun rundown acara malam keakraban jangan khawatir, berikut ini kami berikan susunan acara yang bisa dijadikan referensi.


Pengertian Malam Keakraban

Gambar Malam Keakraban Https I2.wp.com Suaramasyarakatindonesia.com
suaramasyarakatindonesia.com

Sebelum kita membahas susunan acara malam keakraban atau rundown, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, pengertian dari malam keakraban. Jadi, malam keakraban bisa juga diartikan sebagai masa keakraban antar sesama anggota, dimana pada acara ini biasanya dilakukan dalam sebuah organisasi.

Sesuai dengan namanya, bahwa acara malam keakraban ini bermaksud untuk mengakrabkan antar sesama anggota agar bisa lebih mengenal antar anggotanya. Dalam acara malam keakraban ini bisa dilakukan dengan berbagai cara loh.

Ada yang biasanya mengisi dengan kegiatan permainan yang dilakukan secara berkelompok, makan bersama, saling berbagi pengalaman atau pendapat hingga menyewa satu tempat secara khusus selama 1 atau 2 hari.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa dari kegiatan itulah sesama anggota bisa saling mengenal kepribadian masing-masing, sehingga pada saat mereka harus bekerja sama maka mereka tidak akan merasa canggung lagi.

Malam keakraban ini juga bisa membantu kita untuk mengetahui tingkat kerja sama antara sesama anggota, sehingga acara ini juga termasuk salah satu bentuk acara yang paling ditunggu-tunggu oleh semua anggota organisasi.


Contoh Susunan Acara Malam Keakraban

Susunan Acara Malam Keakraban
unit.my.id

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bulan pengertian sekaligus tujuan dari malam keakraban. Dimana dalam acara malam keakraban ini biasanya para anggota panitia akan berbagi tugas.

Ada yang bertugas untuk menyusun sebuah susunan acara malam keakraban, ada yang bertugas sebagai pembawa acara, ada yang bertugas sebagai penanggung jawab konsumsi, dokumentasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk kali ini, kita akan membahas susunan acara malam keakraban yang bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk mengadakan acara tersebut loh, penasaran bagaimana bentuknya? Langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Malam Keakraban

No. Susunan Acara Malam Keakraban
Hari Pertama
1 Mempersiapkan keberangkatan
2 Mempersiapkan makan siang
3 Istirahat sholat
4 Perlombaan
5 Acara bebas
6 Mempersiapkan makan malam
7 Lomba atau hiburan
8 Istirahat
Hari Kedua
10 Waktu untuk sarapan
11 Tukar kado dan pengenalan organisasi
12 Makan siang
13 Penutupan

Teks MC Acara Malam Keakraban

Contoh Teks MC Acara Malam Keakraban

Hari Pertama

Berikut ini merupakan susunan acara pada hari pertama malam keakraban!

Mempersiapkan keberangkatan

Apabila kalian berencana untuk membuat acara malam keakraban dengan menyewa sebuah tempat, maka langkah yang pertama adalah memastikan jam untuk mempersiapkan keberangkatan.

Sebagai contoh mempersiapkan keberangkatan dari pukul 06.30 hingga 07.00 WIB, dimana para panitia harus memastikan bahwa tepat pukul 07.00 semua peserta harus sudah berkumpul.

Berangkat menuju tempat yang sudah direncanakan

Selanjutnya apabila semua peserta sudah berkumpul, maka panitia akan mengkondisikan peserta untuk memasuki kendaraan yang sudah disiapkan dan selanjutnya menuju tempat yang dituju.

Sebagai contoh waktu keberangkatan menuju tempat….dari pukul 07.00 sampai pukul 10.00 WIB.

Mempersiapkan makan siang

Acara selanjutnya adalah panitia menyiapkan para peserta untuk makan siang, tentunya ini dilakukan pada saat semua peserta dan panitia sudah mencapai tempat yang direncanakan.

Tentunya waktu untuk makan siang ini juga ditentukan, misalnya dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Istirahat sholat

Acara selanjutnya adalah mempersiapkan peserta agar beristirahat terlebih dahulu, biasanya untuk beristirahat ini dilakukan dimulai dari pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB, yakni tepat setelah semua peserta selesai makan.

Biasanya pada waktu yang diberikan ini para peserta akan membagi kamar atau bisa saling bertegur sapa antar sesama anggota.

Perlombaan

Acara selanjutnya adalah acara hiburan, yakni para peserta akan mengikuti perlombaan yang sudah disiapkan para panitia. Acara perlombaan ini bisa dimulai dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB, dimana tentunya acara lomba tersebut dilakukan secara berkelompok.

Kelompok biasanya sudah dibagi sebelum keberangkatan atau bisa juga baru dibagi pada saat sudah sampai tempat tujuan. Hal tersebut bisa disesuaikan dari konsep para panitia.

Acara bebas

Setelah para peserta melakukan lomba, maka peserta diberikan waktu bebas, biasanya dilakukan dari pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

Pada waktu ini, para anggota bisa saling mengenal kembali antara sesama anggota atau ada juga yang memanfaatkan waktu bebas untuk beristirahat sebelum memasuki acara yang selanjutnya.

Mempersiapkan makan malam

Setelah para peserta menikmati waktu istirahat mereka, maka para peserta akan diarahkan oleh pembawa acara untuk melangsungkan acara makan malam secara bersama-sama. Biasanya untuk makan malam ini dimulai dari pukul 19.00 hingga 20.00 WIB.

Lomba atau hiburan

Acara selanjutnya adalah melakukan perlombaan kembali, karena acara lomba kali ini diadakan pada malam hari, maka acara bisa dilakukan dengan menggantinya sebagai acara hiburan. Dimana para peserta bisa dimintai untuk bernyanyi, menari atau yang lainnya.

Acara lomba atau hiburan ini juga tentunya disesuaikan oleh konsep yang sudah diatur oleh panitia ya. Biasanya untuk acara ini dimulai dari pukul 20.00 wib hingga 22.00 WIB.

Istirahat

Acara penutup pada hari pertama adalah dengan beristirahat. Dimana para peserta disuruh untuk memasuki kamar masing-masing guna mengistirahatkan tubuh mereka agar besok bisa mengikuti kegiatan penutupan.


Hari Kedua

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui acara pada hati pertama. Dimana pada hari pertama biasanya digunakan untuk berlomba atau bisa dengan menyampaikan materi, berkenalan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal tersebut tentunya kembali lagi, yakni sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan oleh para panitia. Apabila acara malam keakraban diadakan dua hari, maka berikut ini merupakan susunan acara malam keakraban hari kedua yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Waktu untuk sarapan

Acara yang pertama adalah para panitia dan juga para peserta akan memulai untuk makan pagi secara bersama, dimana biasanya acara sarapan ini dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 08.00 WIB.

Tukar kado dan pengenalan organisasi

Acara selanjutnya adalah bisa diisi dengan bertukar kado dan juga mengisi materi berupa perkenalan dari organisasi. Dimana acara ini bisa dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB

Makan siang

Jika sudah, maka acara selanjutnya adalah mempersiapkan makan siang, dimana para panitia lah yang bertugas untuk menyiapkan makan siang, sedangkan para peserta bisa menikmati waktu bebas mereka. Biasanya persiapan makan siang sekaligus beristirahat ini dimulai dari pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Penutupan

Acara selanjutnya adalah penutupan, dimana penutupan ini bisa diisi dengan ucapan terima kasih atas antusias dari masing-masing peserta dan juga berdoa agar perjalanan nanti bisa terhindar dari berbagai macam bahaya.


Cara Membuat Acara Malam Keakraban yang Menarik

Acara Malam Keakraban Yang Menarik
ridingread.com

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui susunan acara malam keakraban beserta pengertiannya, tapi sebelum kita melangsungkan acara malam keakraban tersebut, tentunya kita harus mempersiapkan beberapa hal bukan? Lalu apa saja hal atau cara agar acara malam keakraban dapat lebih menarik? Langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  1. Para panitia yang bertugas sebagai konseptor acara hendaknya terlebih dahulu menyurvei apakah tempat yang sudah direncanakan tersebut strategis dan nyaman bagi semua peserta.
  2. Tentukan juga tema yang akan digunakan untuk acara malam keakraban tersebut, alangkah lebih baiknya menggunakan tema yang sederhana tapi pembawaan yang ceria.
  3. Untuk menjaga kekompakan maka alangkah lebih baiknya untuk menentukan dresscode yang akan dipakai selama acara malam keakraban berlangsung.
  4. Bagilah panitia yang bertugas untuk mendekorasi tempat acara. Tentunya konsep dekorasi juga harus sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.
  5. Memanfaatkan berbagai fasilitas dari tempat acara yang disewa. Biasanya acara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kolam renang, menyalakan api unggun apabila mengadakan acara di lapangan terbuka dan masih banyak lagi yang lainnya.
  6. Jangan lupa untuk selalu mendokumentasikan berbagai macam kegiatan, hal ini bertujuan agar kelak acara tersebut bisa dikenang meskipun hanya dengan melihat fotonya saja.

Contoh Susunan Acara Malam Keakraban

Contoh Susunan Acara Malam Keakraban

Susunan Acara Makrab
Susunan Acara Makrab Susunan Acara Malam KeakrabanSusunan Acara Malam Keakraban


Penutup

Demikianlah susunan acara malam keakraban yang bisa kalian jadikan sebagai referensi, dimana tentunya susunan acara tersebut bisa disesuaikan oleh para konseptor acara. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan semoga pembahasan ini bisa dipahami dengan baik!

Susunan Acara Malam Keakraban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.