Contoh Susunan Acara Pelantikan Osis, Ketua dan Pengurus BEM

Susunan Acara Pelantikan – Susunan acara pelantikan merupakan sebuah rangkaian acara yang digunakan untuk penyerahan sebuah jabatan yang lama kepada jabatan yang baru. Dimana sebenarnya susunan acara pelantikan tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah susunan acara pelantikan BEM.

Acara pelantikan BEM ini biasanya dihadiri selain mahasiswa, juga dihadiri oleh bapak/ibu dosen dan juga pengurus BEM yang baru dan yang lama. Dimana tempat pelaksanaan biasanya dilakukan di aula Universitas.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa susunan acara pelantikan ini terdiri dari beberapa jenis, tapi pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas susunan acara pelantikan BEM. Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Susunan Acara Pelantikan Ketua dan Pengurus BEM

Gambar Acara Pelantikan Ketua Dan Pengurus BEM Https Kemahasiswaan.bsi.ac.id
kemahasiswaan.bsi.ac.id

BEM merupaka sebuah organisasi kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, dimana BEM tersebut mempunyai banyak pekerjaan, dimulai dari program kerja yang berada di kampus hingga berguna untuk mewakili aspirasi dari mahasiswa. 

Maka dari itulah, menjadi anggota BEM tidaklah mudah, dimana sebelum kalian bisa dijadikan sebagai anggota, kalian harus terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti berbagai macam seleksi untuk mengalahkan banyak mahasiswa.

Seperti yang kita tahu, bahwa sebelum kita bisa menjadi anggota BEM secara tetap, maka anggota baru harus terlebih dahulu melalui proses pelantikan.

Ya, acara pelantikan bukan hanya diterapkan pada pejabat, atau OSIS saja, melainkan BEM juga menggunakan acara pelantikan tersebut guna mengesahkan anggota yang baru.

Sebenarnya, untuk susunan acara pelantikan BEM ini juga beragam, karena semua itu biasanya akan menyesuaikan dengan universitas masing-masing.

Tapi, bagi kalian yang masih bingung dan masih mencari referensi untuk susunan acara pelantikan BEM ini, maka jangan khawatir karena berikut ini kami berikanlah susunan acara pelantikan BEM secara umum.

Langsung saja yuk, daripada semakin penasaran. Simak penjelasan di bawah ini ya!


Rundown Acara Pelantikan

No Susunan Acara Pelantikan Ketua dan Pengurus BEM
1 Pendahuluan dan Pembukaan.
2 Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
3 Pelantikan Pengurus Ketua dan Pengurus BEM Mahasiswa Fakultas…..
4 Penyampaian Sambutan Oleh Ketua BEM
5 Penyampaian Sambutan Oleh Pembantu Dekan Fakultas…..
6 Penyampaian Sambutan Oleh Dekan Fakultas…..
7 Penutup dan Doa.

Teks MC Acara Pelantikan

Pendahuluan dan Pembukaan.

Pembukaan dan pendahuluan pada umumnya merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara pelantikan BEM. 

Dimana sebenarnya sapaan dan pembukaan tersebut juga sama dengan sapaan acara-acara bersifat formal yang lainnya, sapaan dan pembukaan ini dilakukan guna menyambut semua para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan BEM ini. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk  sapaan dan pembukaan yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara pelantikan BEM.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati bapak…… selaku dekan fakultas…..yang kami hormati bapak…… selaku Pembantu dekan fakultas……yang kami hormati bapak dan ibu dosen fakultas….. yang kami hormati pengurus BEM fakultas…. Periode……/…… (Pengurus BEM lama) dan pengurus BEM fakultas….. periode……/…… (Pengurus BEM baru) serta teman-teman mahasiswa sekalian yang berbahagia. 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir dalam rangkaian proses acara pelantikan BEM fakultas……periode…../…..

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  3. Acara yang ketiga adalah pelantikan pengurus ketua dan pengurus BEM mahasiswa fakultas…..
  4. Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Ketua BEM fakultas…..(Ketua BEM yang baru)
  5. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh pembantu dekan fakultas…..
  6. Sambutan yang ketiga akan disampaikan oleh dekan fakultas…..
  7. Dan Acara yang terakhir adalah penutup dan doa.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama yakni pembukaan.

Agar acara  rangkaian proses acara pelantikan BEM fakultas……periode…../….. bisa berjalan dengan lancar, marilah kita buka acara dengan bacaan basmalah dan Al-fatihah.”

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya merupakan susunan acara yang kedua, dimana disini nantinya ada salah seorang yang bertugas memandu menyanyikan lagu. Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kedua seperti berikut ini!

“Selanjutnya, marilah kita beralih ke acara yang kedua yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan dipimpin oleh ananda….. Kepada ananda….. waktu dan tempat kami persilahkan. Para hadirin sekalian dimohon untuk berdiri”

Pelantikan Pengurus Ketua dan Pengurus BEM Mahasiswa Fakultas…..

Selanjutnya apabila acara yang kedua itu sudah selesai, maka susunan acara akan dilanjutkan ke acara inti, yakni pelantikan kepengurusan BEM Mahasiswa Fakultas…..periode……/……(kepengurusan yang baru) dimana pada acara ini akan dilantik langsung oleh dekan fakultas.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kelima seperti berikut ini!

“Hadirin dipersilahkan duduk kembali.

Selanjutnya marilah kita beralih ke acara inti yakni pelantikan kepengurusan BEM Mahasiswa Fakultas…..periode……/……(kepengurusan yang baru) kepada bapak …..dan ananda…..serta segenap ketua lembaga BEM dan juga pengurus harian dipersilahkan maju kedepan untuk dilantik, waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Ketua BEM

Penyampaian Sambutan Oleh Ketua BEM Fakultas…..periode …../….. (kepengurusan yang baru). Setelah proses pelantikan kepengurusan BEM tersebut selesai, maka acara berlanjut dengan menyampaikan sambutan yang akan dilakukan oleh ketua BEM Fakultas…..periode…../…..(kepengurusan yang baru). 

Dimana biasanya disini ketua BEM akan menyampaikan ketersediaannya untuk menjadi ketua umum, bukan hanya itu saja ketua juga bisa menyampaikan harapan kerjasama dari para anggota agar BEM bisa lebih maju kedepannya.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keempat seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan, selanjutnya marilah kita beralih ke acara penyampaian sambutan yang dilakukan oleh ketua BEM Fakultas…..periode …../….. Kepada ananda……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Pembantu Dekan Fakultas…..

Apabila sambutan yang pertama sudah selesai disampaikan, maka pembawa acara akan mengambil alih kembali acara dan mempersilahkan bapak pembantu dekan fakultas untuk menyampaikan sambutan yang kedua. 

Tetapi, hal yang perlu diingat adalah, sebelum mempersilahkan bapak pembantu dekan fakultas tersebut untuk maju, maka diharapkan pembawa acara mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada penyampai sambutan yang pertama.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kelima seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh anana…… selanjutnya, sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak…… selaku  pembantu dekan fakultas……kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Dekan Fakultas…..

Apabila sambutan yang kedua sudah selesai disampaikan, maka pembawa acara akan mengambil alih kembali acara dan mempersilahkan bapak dekan fakultas untuk menyampaikan sambutan yang ketiga. 

Tetapi, hal yang perlu diingat adalah, sebelum mempersilahkan bapak dekan fakultas tersebut untuk maju, maka diharapkan pembawa acara mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada penyampai sambutan yang kedua.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keempat seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak…… selanjutnya, sambutan yang ketiga akan disampaikan oleh bapak…… selaku  dekan fakultas…..kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penutup dan Doa.

Penutup dan doa merupakan tanda bahwa acara sudah berakhir, dimana penutup ini akan dipimpin oleh seorang pembawa acara sedangkan untuk doa biasanya bisa dipimpin oleh dosen agama atau pembawa acara. Berikut ini merupakan penutup yang bisa dilakukan oleh seorang pembawa acara!

“Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara yakni penutupan dan juga pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak……..yang sekaligus juga akan menutup acara pada hari ini. 

Dengan berakhirnya doa tersebut, maka berakhir pula semua rangkaian acara proses pelantikan BEM periode…../….. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada bapak kepala dekan, para bapak dan ibu dosen, para anggota BEM baik yang lama dan yang baru, serta teman-teman mahasiswa sekalian yang telah hadir dalam prosesi pelantikan BEM fakultas….. periode…../……

Terima kasih para anggota BEM fakultas….. periode…../……yang telah berhasil memajukan BEM fakultas…..selama ….tahun ini, dan selamat datang dan selamat bertugas kepada kepengurusan BEM fakultas…..periode…../…..selaku kepengurusan yang baru, semoga kedepannya BEM fakultas…..lebih maju.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Susunan Acara Pelantikan Osis

Susunan acara pelantikan OSIS merupakan sebuah rangkaian acara yang digunakan untuk penyerahan sebuah jabatan yang lama kepada jabatan yang baru. Dimana sebenarnya susunan acara pelantikan OSIS ini bisa disesuaikan dengan sekolah masing-masing.

Acara pelantikan osis ini biasanya dihadiri selain siswa, juga dihadiri oleh kepala sekolah, pembina dan juga pengurus OSIS yang baru dan yang lama. Dimana tempat pelaksanaan juga bisa disesuaikan dengan konsep yang sudah dirancang.

Ada yang mengadakan acara pelantikan osis di dalam ruangan kelas, upacara pelantikan di halaman sekolah hingga menyewa gedung. Bagi kalian yang ingin mengadakan pergantian kepengurusan osis tetapi masih belum mengetahui apa saja sih susunan acara pelantikan osis tersebut.

Jangan khawatir karena berikut ini kita akan memberikan contoh yang susunan acara pelantikan osis. Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!

Contoh Susunan Acara Pelantikan Osis

Gambar Acara Pelantikan Osis
suarabamega25.com

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan sebuah bentuk organisasi yang berada di lingkungan sekolah, baik itu pada tingkat SMP, SMA hingga SMK.

Osis sendiri biasanya digunakan sebagai tempat penampungan keluh kesah dari para siswa, sesuai dengan namanya, dimana anggota dari osis tersebut adalah para siswa sekolah itu sendiri.

Karena setiap siswa pasti akan mengalami kenaikan kelas, maka disitulah kepengurusan Osis juga berganti, dimana dalam pergantian kepengurusan  osis ini akan diadakan sebuah acara yang dinamakan pelantikan osis.

Acara tersebut berguna untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang sudah dilakukan kepengurusan yang lama dan akan menyerahkan kepada kepengurusan yang baru.

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa sebenarnya susunan acara pelantikan osis ini biasanya sesuai dengan sekolah masing-masing. Tetapi, jangan khawatir bagi kalian yang baru pertama kali membuat susunan acara pelantikan osis ini, karena berikut ini kami berikan contoh susunan acara pelantikan osis secara umum. 

Langsung saja yuk, daripada semakin penasaran. Simak penjelasan berikut ini ya!


Rundown Acara Pelantikan

No. Susunan Acara Pelantikan Osis
1 Pendahuluan dan Pembukaan.
2 Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
3 Pelantikan Pengurus Ketua dan Pengurus BEM Mahasiswa Fakultas…..
4 Penyampaian Sambutan Oleh Ketua BEM
5 Penyampaian Sambutan Oleh Pembantu Dekan Fakultas…..
6 Penyampaian Sambutan Oleh Dekan Fakultas…..
7 Penutup dan Doa.

Teks MC Acara Pelantikan

Baca Juga: Susunan Acara Seminar [/su_note

Pembukaan dan Pendahuluan

Pembukaan dan pendahuluan pada umumnya merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara pelantikan OSIS. 

Dimana sebenarnya sapaan dan pembukaan tersebut juga sama dengan sapaan acara-acara bersifat formal yang lainnya, sapaan dan pembukaan ini dilakukan guna menyambut semua para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan osis ini. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk  sapaan dan pembukaan yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara pelantikan OSIS.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati bapak…… selaku kepala sekolah SMK……yang saya hormati bapak ibu guru SMK…… yang saya hormati pengurus OSIS Periode……/…… (Pengurus OSIS lama) dan pengurus OSIS periode……/…… (Pengurus OSIS baru) serta teman-teman sekalian yang berbahagia. 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir dalam rangkaian proses acara pelantikan OSIS SMK……periode…../…..

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah SMK……
  4. Acara yang keempat adalah pembacaan SK pelantikan pembina periode……/……
  5. Acara yang kelima adalah acara inti yakni prosesi pelantikan pengurus OSIS periode……/……
  6. Acara yang keenam adalah menyanyikan lagu mars harapan.\
  7. Acara yang ketujuh adalah sambutan yang akan disampaikan oleh ketua umum OSIS periode……/…… (Ketua OSIS yang baru)
  8. Dan Acara yang kedelapan adalah penutup dan doa.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama yakni pembukaan.

Agar acara bisa berjalan dengan lancar, marilah kita buka acara dengan bacaan basmalah dan Al-fatihah.”

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya merupakan susunan acara yang kedua, dimana disini nantinya ada salah seorang yang bertugas memandu menyanyikan lagu. Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kedua seperti berikut ini!

“Selanjutnya, marilah kita beralih ke acara yang kedua yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan dipimpin oleh ananda….. Kepada ananda….. waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Kepala Sekolah

Setelah selesai, maka acara akan beralih ke acara yang ketiga yakni penyampaian sambutan dari kepala sekolah. 

Dimana biasanya disini kepala sekolah akan menyampaikan bahwa OSIS termasuk salah satu anggota yang penting, bukan hanya itu saja biasanya kepala sekolah juga akan mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan yang lama dan juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru.  

Biasanya pada momen tersebut jugalah kepala sekolah akan memberikan wejangan-wejangan kepada kepengurusan osis yang lama disertai juga beberapa harapan. Pembawa acara tersebut bisa melanjutkan ke acara yang ketiga seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan, selanjutnya acara yang ketiga adalah penyampaian sambutan yang akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah SMK……Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembacaan SK Pelantikan Pembina Periode …../…..

Setelah pembacaan sambutan selesai, maka acara akan diambil alih lagi oleh pembawa acara guna membacakan susunan acara yang keempat, yakni pembacaan SK pelantikan pembina serta penyerahan SK. 

Dimana pada momen ini juga digunakan untuk mengucapkan terima kasih yang ditujukan kepada kepengurusan yang lama dikarenakan sudah melaksanakan tugas dengan baik. 

Pembawaan acara bisa melanjutkan acara yang keempat tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak……selaku kepala sekolah dari SMK…..acara selanjutnya yakni pembacaan SK pelantikan pembina periode……/……(kepengurusan yang lama).

Kepada para anggota osis periode……/…..(kepengurusan lama) diharapkan untuk maju ke depan untuk pengalungan name tag oleh kepala sekolah SMK…… Kepada bapak kepala sekolah dan anggota yang bertugas waktu dan tempat kami persilahkan.”

Acara Inti Pelantikan Pengurus OSIS Periode …../…..

Selanjutnya apabila acara yang keempat itu sudah selesai, maka susunan acara akan dilanjutkan ke acara inti, yakni pelantikan kepengurusan osis periode……/……(kepengurusan yang baru) dimana pada acara ini biasanya juga dilakukan dengan pembacaan SK dan juga pengalungan name tag yang diwakili oleh bapak kepala sekolah. 

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kelima seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak kepala sekolah SMK…..dan kepada anggota kepengurusan osis periode…../….. yang sudah melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang sudah diberikan.

Selanjutnya marilah kita beralih ke acara inti yakni pelantikan pengurus OSIS periode…../…..(kepengurusan yang baru) kepada bapak wakil kepala sekolah SMK….dan para anggota kepengurusan osis periode…../…..(kepengurusan yang baru) waktu dan tempat kami persilahkan.”

Menyanyikan Mars Harapan

Apabila serangkaian acara prosesi pelantikan kepengurusan yang baru sudah selesai, maka acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu mars harapan. Menyanyikan lagu tersebut biasanya dilakukan atau dipimpin oleh kepengurusan yang baru. 

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keenam seperti berikut ini!

“Terima kasih bapak kepala SMK….dan kepada anggota kepengurusan OSIS periode…../…..(kepengurusan baru) semoga osis kedepannya bisa lebih maju dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya. 

Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang keenam yakni menyanyikan lagu mars harapan, kepada panitia yang bertugas waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Ketua Umum OSIS …../…..

Setelah menyanyikan lagu mars harapan tersebut, cara berlanjut yakni menyampaikan sambutan yang akan dilakukan oleh ketua umum OSIS periode…../…..(kepengurusan yang baru). 

Dimana biasanya disini ketua OSIS akan menyampaikan ketersediaannya untuk menjadi ketua umum, bukan hanya itu saja ketua juga bisa menyampaikan harapan kerjasama dari para anggota agar OSIS bisa lebih maju kedepannya.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang ketujuh seperti berikut ini!

“Terima kasih, selanjutnya marilah kita beralih ke acara penyampaian sambutan yang dilakukan oleh ketua umum OSIS periode…../…… Kepada ananda……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Doa Bersama dan Penutup

Penutup dan doa merupakan tanda bahwa acara sudah berakhir, dimana penutup ini akan dipimpin oleh seorang pembawa acara sedangkan untuk doa biasanya bisa dipimpin oleh salah seorang guru atau pembawa acara. Berikut ini merupakan penutup yang bisa dilakukan oleh seorang pembawa acara!

“Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara yakni penutupan dan juga pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak……..yang sekaligus juga akan menutup acara pada hari ini. 

Dengan berakhirnya doa tersebut, maka berakhir pula semua rangkaian acara proses pelantikan OSIS periode…../….. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada bapak kepala sekolah, para bapak dan ibu guru, para anggota osis baik yang lama dan yang baru, serta teman-teman sekalian yang telah hadir dalam prosesi pelantikan osis periode…../……

Terima kasih para anggota osis periode…../…..yang telah berhasil memajukan organisasi siswa intra sekolah…..selama ….tahun ini, dan selamat datang dan selamat bertugas kepada kepengurusan osis periode…../…..selaku kepengurusan yang baru, semoga kedepannya osis SMK…..lebih maju.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara pelantikan osis dan contoh susunan acara pelantikan BEM. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Pelantikan

Tinggalkan komentar