9+ Contoh Susunan Acara Perpisahan KKN ( Kuliah Kerja Nyata )

Susunan Acara Perpisahan KKN

Susunan Acara Perpisahan KKN – Susunan acara perpisahan merupakan sebuah rangkaian acara yang digunakan untuk membantu pembawa acara dalam menyampaikan acaranya, sehingga acara bisa berjalan dengan baik.

Susunan acara perpisahan menjadi salah satu rangkaian yang seringkali dilakukan, baik untuk acara perpisahan sekolah, perpisahan mahasiswa KKN, perpisahan purna tugas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena banyak sekali macam-macam acara perpisahan, maka tak heran bukan jika susunan acara perpisahan mempunyai berbagai macam variasi.

Tapi untuk kali ini, kita hanya akan membahas contoh susunan acara perpisahan mahasiswa KKN. Penasaran apa saja susunan acaranya? Langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!


Susunan Acara Perpisahan KKN

Gambar Acara Perpisahan KKN
abulyatama.ac.id

KKN atau kepanjangan dari kuliah kerja nyata merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh seorang mahasiswa. Dimana pada awalnya mereka disambut antusias oleh warga dengan pembukaan.

Maka pada akhirnya mereka harus mempersiapkan sebuah acara yang berguna sebagai bentuk perpisahan dengan warga desa. Pada acara perpisahan tersebut jugalah seorang mahasiswa harus menyusun susunan acara perpisahan dengan baik dan juga benar.

Dimana sebelumnya mahasiswa juga harus mempersiapkan topik atau tema dari acara tersebut. Banyak sekali kegiatan atau hiburan yang bisa digunakan untuk perpisahan KKN.

Baik itu perlombaan yang menyediakan hadiah bagi para warga, pentas seni dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu bagaimana sih susunan acara perpisahan untuk mahasiswa KKN ini? Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Rundown Acara Perpisahan KKN

No. Susunan Acara Perpisahan KKN
1 Pendahuluan
2 Pembukaan
3 Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
4 Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Desa
5 Sambutan-Sambutan Oleh Dosen Pembimbing Lapangan
6 Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Kelompok KKN
7 Penyerahan Kenang-Kenangan
8 Penutupan dan Pembacaan Doa
9 Hiburan

Teks MC Acara Perpisahan KKN

Contoh Teks MC Acara Perpisahan KKN

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan awalan atau permulaan yang dilakukan oleh pembawa acara, dimana pembawa acara akan menyapa atau sekedar mengucapkan salam kepada tamu undangan dan juga warga sekitar.

Biasanya pada saat ini, pembawa acara akan menyapa terlebih kepala desa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menyapa dosen pembimbing lapangan dan yang terakhir adalah warga desa yang hadir.

Setelah menyapa semua tamu undangan dan juga warga sekitar, maka pembawa acara akan melanjutkan acara dengan cara membacakan susunan acara perpisahan. Pembawa acara bisa membacakan susunan acara seperti berikut ini!

“Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa, bapak/ibu dosen pembimbing lapangan, para warga dan juga teman-teman sekalian yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara perpisahan Kuliah Kerja Nyata atau KKN pada pagi hari ini. Sebelumnya perkenankan saya….selaku pembawa acara pada pagi hari ini untuk membacakan susunan acaranya.

  1. Acara yang pertama adalah pembukaan
  2. Acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan disampaikan oleh ananda…..
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala desa.
  4. Sambutan yang keempat akan disampaikan oleh dosen pembimbing lapangan.
  5. Sambutan yang kelima akan disampaikan oleh ketua kelompok dari kuliah kerja nyata atau KKN.
  6. Acara yang keenam adalah penyerahan kenang-kenangan yang akan diberikan kepada bapak kepala desa selaku perwakilan.
  7. Acara yang ketujuh adalah penutupan dan pembacaan doa.
  8. Acara yang kedelapan adalah acara hiburan.”

Apabila susunan acara tersebut sudah disampaikan, maka selanjutnya seorang pembawa acara bisa melanjutkan ke acara yang pertama yakni pembukaan!

Pembukaan

Pembukaan merupakan acara awalan yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai serangkaian acara perpisahan KKN ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an juga serangkaian acara yang wajib dilakukan. Dimana biasanya yang akan membacakan ayat suci ini adalah perwakilan dari salah satu mahasiswa KKN yang sudah ditunjuk.

Adapun tujuan dari pembacaan Al-Qur’an ini adalah semua masyarakat bisa selalu Istiqomah dan diberikan kemudahan dalam menjalankan berbagai macam aktivitas. Pembawa acara bisa mempersilahkan mahasiswa yang bertugas membaca Ayat Suci Al-Qur’an tersebut seperti berikut ini!

“Acara yang kedua adalah pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang akan disampaikan oleh ananda….kepada ananda….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Desa

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, dimana sambutan ini akan diawali oleh bapak kepala desa setempat. Pembawa acara bisa mempersilahkan bapak kepala desa untuk memberikan sambutan seperti berikut ini!

“Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala desa, kepada bapak….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Dosen Pembimbing Lapangan

Selanjutnya apabila sambutan dari bapak kepala desa tersebut sudah selesai, maka pembawa acara bisa melanjutkan acara dengan sambutan yang kedua, yakni sambutan dari perwakilan dosen atau lebih tepatnya dosen pembimbing lapangan. Pembawa acara bisa mempersilahkan dosen untuk memberikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak….selaku kepala desa yang telah memberikan waktu untuk menyampaikan sepatah dua kata, semoga kuliah kerja nyata di desa ini juga memberikan manfaat bagi para warga sekitar.

Selanjutnya, sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak/ibu dosen pembimbing lapangan, kepada bapak/ibu…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Kelompok KKN

Acara selanjutnya juga masih berisi tentang sambutan-sambutan, dimana sambutan yang terakhir ini akan disampaikan oleh ketua kelompok dari mahasiswa KKN. Biasanya isi dari sambutan ini adalah ucapan terima kasih kepada banyak pihak yang membantu jalannya  kuliah kerja nyata tersebut.

Biasanya untuk ucapan ini akan disampaikan oleh ketua dari kelompok. Pembawa acara bisa mempersilahkan ketua kelompok tersebut untuk menyampaikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak/ibu…..yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke acara perpisahan KKN ini, selanjutnya sambutan yang terakhir akan disampaikan oleh ketua kelompok KKN, kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyerahan Kenang-Kenangan

Apabila semua sambutan tersebut sudah selesai, maka pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keenam, yakni penyerahan kenang-kenangan. Dimana penyerahan ini bertujuan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada warga setempat yang sudah menerima para mahasiswa dengan baik.

Pembawa acara bisa mempersilahkan salah satu perwakilan dari mahasiswa untuk menyerahkan kenang-kenangan tersebut sebagai berikut ini!

“Terima kasih kepada ananda….. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, maka kita akan beralih ke acara selanjutnya yakni penyerahan kenang-kenangan. Kepada ananda…..selaku ketua kelompok KKN dipersilahkan maju ke depan untuk memberikan kenang-kenangan kepada bapak kepala desa, waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penutupan dan Pembacaan Doa

Penutupan atau doa merupakan acara yang digunakan untuk menutup acara. Dimana penutupan ini akan dilakukan oleh seorang pembawa acara yang selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Pembawa acara bisa menutup dan mempersilahkan salah satu perwakilan mahasiswa untuk membacakan doa seperti berikut ini!

“Demikianlah susunan acara pada pagi hari ini, semoga kita bisa tetap menjaga tali silaturahmi meskipun kegiatan kuliah kerja nyata ini sudah selesai. Sebelum kita beralih ke acara hiburan yang sudah dipersiapkan oleh para mahasiswa dan pembacaan doa, maka, acara akan saya tutup terlebih dahulu dengan membaca basmallah.

Selanjutnya kepada ustadz….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Hiburan

Hiburan merupakan acara terakhir yang digunakan sebagai penutup. Dimana acara ini bisa diisi dengan hiburan musik, games, tari-tarian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun tujuan dari acara hiburan ini adalah agar para mahasiswa masih bisa berbaur dengan warga sekitar dan juga sebagai bentuk terima kasih atas segala keramahan dan berbagai macam bantuan yang diberikan warga kepada para mahasiswa.


MC Perpisahan KKNMC Perpisahan KKN Rundown Acara Perpisahan KKN
Rundown Acara Perpisahan KKN Susunan Acara Perpisahan KKNSusunan Acara Perpisahan KKN Susunan Acara Perpisahan Mahasiswa KKN
Susunan Acara Perpisahan Mahasiswa KKN


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara perpisahan KKN. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Perpisahan KKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.