Contoh Susunan Acara Perpisahan TK, SD, SMP, SMA dan Rundown

Susunan Acara Perpisahan TK, SD, SMP, SMA – Perpisahan sekolah merupakan sebuah acara yang rutin diadakan setiap tahun, baik dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

Biasanya acara ini akan dipandu oleh pembawa acara yang tentunya sesuai dengan susunan acara perpisahan TK, SD, SMP dan SMA tersebut. 

Acara perpisahan merupakan sebuah acara yang dilakukan untuk melepas murid-muridnya ke jenjang yang lebih tinggi, maka dari itulah diadakan sebuah acara agar bisa memberikan kenang-kenangan terakhir.

Seperti yang kita tahu, karena tujuan dari acara perpisahan ini digunakan sebagai kenang-kenangan, maka dibutuhkanlah sebuah konsep hingga susunan acara itu sendiri, agar acara bisa berjalan dengan tertib.

Lalu apa sih susunan acara perpisahan TK, SD, SMP, SMA itu? Langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini!


Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah TK, SD, SMP, SMA

Susunan Acara Perpisahan Sekolah TK, SD, SMP, SMA Https Desainspandukkeren.blogspot.com
desainspandukkeren.blogspot.com

Pada dasarnya sebuah susunan acara perpisahan sekolah dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA adalah sama. Dimana dimulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an hingga penutupnya.

Perbedaannya mungkin hanya terletak pada konsep atau tema yang diadakan, bukan hanya itu sama perbedaan masing-masing susunan acara perpisahan dari berbagai tingkat sekolah tersebut juga bisa dari urutan acara hiburan yang diadakan.

Tapi, untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas susunan acara perpisahan TK, SD, SMP, SMA tersebut secara umum. Penasaran bagaimana susunan acaranya? Langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini ya!


Rundown Acara Perpisahan Sekolah

No. Susunan Acara Perpisahan Sekolah
1 Pendahuluan
2 Pembukaan
3 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
4 Penyampaian Sambutan Oleh Kepala Sekolah
5 Penyampaian Sambutan Oleh Perwakilan Wali Murid Kelas XII
6 Penyematan Samir
7 Pemberian Hadiah Siswa Berprestasi
8 Hiburan
9 Penutup

Teks MC Acara Perpisahan Sekolah

Pendahuluan

Pendahuluan atau mukadimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara. Dimana biasanya muqodimah ini berisi untuk mengajak para siswa, wali murid dan guru untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk mukadimah yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara perpisahan TK, SD, SMP dan SMA.

“ Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati bapak kepala sekolah SMA…., yang kami hormati bapak ibu guru SMA…. dan yang kami hormati bapak/ibu wali murid, serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam aula ini untuk melangsungkan acara perpisahan SMA….

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh ananda…
  3. Susunan acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah 
  4. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh perwakilan dari salah satu wali murid kelas XII. 
  5. Acara yang kelima adalah penyematan samir.
  6. Acara yang keenam adalah pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi.
  7. Acara yang ketujuh adalah hiburan yang akan dibawakan oleh perwakilan masing-masing kelas
  8. Dan acara yang terakhir adalah penutup dan doa.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengawali acara yang pertama yakni pembukaan.”

Pembukaan

Pembukaan merupakan susunan acara perpisahan yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai serangkaian acara pelepasan untuk siswa tingkat akhir dari SMA….maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an juga serangkaian acara yang juga selalu ada di dalam susunan acara. Dimana biasanya yang bertugas untuk membacakan Ayat Suci Al-Qur’an tersebut adalah perwakilan dari salah seorang siswa. 

Pembawa acara bisa mempersilahkan siswa yang bertugas membaca Ayat Suci Al-Qur’an tersebut seperti berikut ini!

“Selanjutnya, marilah kita memasuki acara yang kedua yakni pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang akan disampaikan oleh ananda….kepada ananda….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Kepala Sekolah

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, dimana sambutan ini akan diawali oleh bapak kepala sekolah. Pembawa acara bisa mempersilahkan bapak kepala sekolah untuk memberikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada ananda….yang sudah melantunkan Ayat Suci Al-Qur’an dengan indah. Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah, kepada bapak….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan Oleh Perwakilan Wali Murid Kelas XII

Selanjutnya apabila sambutan dari bapak kepala sekolah tersebut sudah selesai, maka pembawa acara bisa melanjutkan acara dengan sambutan yang kedua, yakni sambutan dari perwakilan wali murid kelas XII. Pembawa acara bisa mempersilahkan wali murid tersebut untuk memberikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak….selaku kepala sekolah atas sambutanya.

Selanjutnya, sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak….selaku perwakilan dari para wali murid kelas XII, kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyematan Samir

Selanjutnya apabila semua sambutan sudah selesai, maka pembawa acara bisa melanjutkan acara inti yakni penyematan samir.

Pembawa acara bisa menyampaikan acara inti tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada bapak….yang telah memberikan sambutan-sambutannya. Selanjutnya kita akan beralih ke acara yang kelima, yakni penyematan Samir yang dilakukan oleh bapak….selaku kepala sekolah dari SMA….kepada para hadirin wisudawan dan wisudawati dipersilahkan untuk maju sesuai dengan nama yang dipanggil.”

Pemberian Hadiah Siswa Berprestasi

Apabila semua para wisudawan sudah maju ke depan, maka para wisudawan dipersilahkan untuk kembali ke tempat asalnya guna melanjutkan acara yang selanjutnya yakni pemberian hadiah. Dimana hadiah tersebut tentunya hanya diberikan kepada wisudawan yang sudah mengharumkan nama sekolah atau berprestasi.

Pembawa acara bisa membacakan siswa yang termasuk berprestasi tersebut seperti berikut ini!

“Para wisudawan dan wisudawati harap duduk ke tempat masing-masing. Selanjutnya marilah kita beralih ke acara yang keenam yakni pemberian hadiah untuk siswa berprestasi.

Untuk nama-nama berikut ini dipersilahkan maju ke depan panggung untuk menerima hadiah dari kepala sekolah.”

Hiburan 

Hiburan merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu. Dimana pada acara ini, banyak sekali pertunjukan yang disajikan, dimulai dari pembacaan puisi, pementasan sebuah drama, permainan musik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pembawa acara tersebut bisa melanjutkan acara hiburan seperti berikut ini 

“Semoga hadiah tersebut bisa memotivasi para alumni sekalian untuk tetap selalu berprestasi dimana dan kapanpun. Para hadirin sekalian, selanjutnya kita akan melanjutkan acara yang paling ditunggu-tunggu, yakni acara hiburan.

Langsung saja untuk mempersingkat waktu marilah kita sambut dengan meriah acara hiburan yang pertama yakni pembacaan puisi yang akan disampaikan oleh ananda…… perwakilan dari kelas….kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih atas puisi yang sudah disampaikan oleh ananda…..acara hiburan selanjutnya adalah pementasan drama, di mana pementasan drama ini akan dimainkan oleh siswa-siswi kelas……kepada siswa-siswi kelas…..waktu dan tempat kami persilahkan.

Penutup

Penutup dan doa menjadi acara terakhir dalam acara perpisahan para siswa-siswi tersebut. Dimana acara penutupan ini dilakukan oleh seorang pembawa acara. Pembawa acara bisa menutup acara perpisahan tersebut seperti berikut ini!

“Demikianlah susunan acara perpisahan dari SMA…. Semoga para siswa-siswi bisa terus melanjutkan pendidikan hingga ke tingkat yang lebih tinggi dan tentunya semoga semua ilmu yang sudah diajarkan bisa tetap diterapkan. Selanjutnya apabila kita buka acara tadi dengan bacaan basmalah, maka marilah kita tutup acara dengan bacaan Hamdallah.

Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara perpisahan TK, SD, SMP, SMA Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Perpisahan TK, SD, SMP, SMA

Tinggalkan komentar