10+ Contoh Susunan Acara Seminar dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Seminar

Susunan Acara Seminar –  Susunan acara seminar merupakan bentuk rangkaian atau rincian jalannya acara seminar, dimana tujuan dari susunan acara seminar tersebut adalah agar acara bisa berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan tanpa ada hambatan.

Susunan acara seminar ini menjadi salah satu hal yang penting terutama bagi pembawa acara. Hal ini dikarenakan memang pembawa acara akan memandu acara dengan berpatokan susunan acara yang sudah dibuat.

Lalu apa saja sebenarnya susunan acara seminar itu? Langsung saja daripada semakin penasaran, mari simak penjelasan berikut ini!


Susunan Acara Seminar

Gambar Susunan Acara Seminar Https Www.hervent.co.id
hervent.co.id

Seminar, merupakan acara yang sudah tidak asing lagi terutama bagi para mahasiswa bukan? Dimana seminar ini bisa diikuti baik secara online maupun offline. Acara seminar biasanya juga akan dipimpin oleh seorang pembawa acara yang akan mempersilahkan pemateri untuk memberikan materinya.

Banyak sekali hal yang bisa dibahas melalui acara seminar loh, dengan seminar juga wawasan kita bisa bertambah secara luas serta kita bisa mendapat banyak relasi melalui kegiatan tersebut. Susunan acara seminar pun sebagian besar sama saja, dimana susunannya terdiri dari materi, outbound dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya bukan hanya terdiri dari materi dan outbound saja, tetapi ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di acara seminar. Penasaran apa saja susunan acara seminar tersebut? Langsung saja yuk, simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Seminar

No. Susunan Acara Seminar
1 Pendahuluan
2 Pembukaan
3 Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia
4 Sambutan-Sambutan Oleh Bapak Direktur Universitas…..
5 Penyampaian Seminar Sesi I
6 Coffee Break
7 Penyampaian Seminar Sesi II
8 Pelaksanaan Outbound
9 Kesimpulan
10 Penutup

Teks MC Acara Seminar

Contoh Teks MC Acara Seminar

Pendahuluan

Pendahuluan atau mukadimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara. Dimana biasanya muqodimah ini berisi untuk mengajak para dosen, siswa, wali murid, tamu undangan untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk mukadimah yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara seminar yang diadakan di universitas.

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati Bapak Prof…. selaku direktur dari universitas……, yang kami hormati ibu Dr….selalu kaprodi…..yang saya hormati para tamu undangan seminar sekalian…. serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul dalam aula ini guna menghadiri acara seminar yang bertemakan…..

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh  ananda….. selaku ketua panitia acara seminar.
  3. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak prof…. selaku Direktur dari universitas…..
  4. Acara yang keempat adalah acara inti yakni penyampai seminar. Seminar yang pertama akan disampaikan oleh bapak……
  5. Acara yang kelima adalah coffe break dengan durasi waktu 20 menit.
  6. Acara yang keenam adalah seminar sesi kedua yang akan disampaikan oleh ibu…..
  7. Acara yang ketujuh adalah pelaksanaan outbound atau games.
  8. Acara yang kedelapan adalah pemaparan kesimpulan.
  9. Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengawali acara yang pertama yakni pembukaan.”

Pembukaan

Pembukaan merupakan susunan acara perpisahan yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini juga akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai acara seminar pada pagar hari ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia

Acara yang kedua setelah pembukaan, maka pembawa acara akan mempersiapkan ketua panitia terlebih dahulu untuk menyampaikan sepatah dua kata sambutan. Adapun pembawa acara bisa mempersilahkan ketua panitia atau pelaksana tersebut seperti berikut ini!

“Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Dimana sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ananda ….. Selaku ketua pelaksana acara seminar yang bertemakan….., Kepada ananda……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Bapak Direktur Universitas…..

Apabila sambutan yang pertama sudah selesai, maka pembawa acara harus mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada ketua pelaksana teras sebelum melanjutkan sambutan yang kedua. Apabila sudah, makan pembawa acara bisa mempersilahkan bapak direktur untuk menyampaikan kata sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh ananda…. Selanjutnya, sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak Prof….. Selaku bapak direktur dari universitas ……, kepada bapak….. Waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sebenarnya untuk urutan penyampaian sambutan ini juga bisa dibalik, yakni sambutan pertama oleh bapak direktur terlebih dahulu dan sambutan yang kedua yakni dari ketua panitia, atau sebaliknya. Semua itu biasanya tergantung dari konseptor acara atau hasil diskusi dari pasangan pembawa acara.

Penyampaian Seminar Sesi I

Apabila semua sambutan sudah diberikan, maka pembawa acara akan menyampaikan sesi seminar. Dimana biasanya seminar ini akan dibagi dua sesi, apabila pemateri lebih dari 1 orang.

Setelah penyampaian seminar maka pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta untuk bertanya mengenai materi yang sudah disampaikan. Pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta dan pemateri seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak Prof….. Acara selanjutnya adalah acara inti, yakni penyampaian materi.

Materi yang pertama adalah…….yang akan dibawakan oleh bapak……kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.

——————————–Sesi tanya jawab————————————

Ya, itulah materi yang sudah disampaikan oleh bapak…… Sebelum melanjutkan materi yang kedua, saya mempersilahkan kepada 3 orang peserta untuk mengajukan pertanyaan. Bagi yang ingin bertanya silahkan untuk angkat tangan.”

Coffee Break

Coffee break merupakan sesi istirahat secara singkat, baik itu untuk pemateri atau peserta. Dimana waktu dari coffe break ini juga beragam, ada yang hanya 10 menit atau 20 menit.

Waktu tersebut tentunya harus disesuaikan oleh durasi acara seminar yang dijalankan. Coffee break ini bisa dilakukan dengan menikmati makanan ringan yang sudah disiapkan oleh para peserta, pembawa acara bisa mempersilahkan para peserta seperti berikut ini!

“Ya, terima kasih kepada para peserta yang sudah mengajukan pertanyaan dan terima kasih kepada bapak Prof….. atas jawaban serta materi yang sudah diberikan.

Selanjutnya kita akan memasuki waktu coffee break selama 20 menit. Bagi para peserta bisa menikmati hidangan yang sudah kami sajikan. “

Penyampaian Seminar Sesi II

Apabila batas waktu untuk coffe break ini sudah selesai, maka pembawa acara harus mengkondisikan para peserta untuk menempati tempat seperti sedia kala guna untuk melanjutkan materi yang kedua.

Adapun seminar sesi 2 ini biasanya akan berbeda materi serta materinya, tapi ada juga yang menggunakan pemateri sama dengan tema yang berbeda, hal tersebut tergantung dari konsep panitia. Pembawa acara bisa menyiapkan para peserta seperti berikut ini!

” Waktu untuk coffe break telah selesai, maka bagi para peserta diharapkan untuk kembali ke tempat masing-masing. Selanjutnya kita akan memulai materi yang kedua yakni tentang…..materi tersebut akan disampaikan oleh ibu…..kepada ibu….. waktu dan tempat kami persilahkan.

Pelaksanaan Outbound

Pelaksanaan outbound ini dilakukan sebelum para peserta meninggalkan tempat, dimana outbound ini bisa juga diisi dengan praktik tentang materi yang sudah disampaikan, atau digunakan untuk sesi tanya jawab. Pembawa acara bisa menyiapkan peserta seperti berikut ini!

“Ya, itulah materi yang sudah disampaikan oleh ibu…..agar lebih memahami materi yang sudah disampaikan, maka acara selanjutnya adalah pelaksanaan outbound atau praktik materi yang sudah disampaikan. Disini saya membutuhkan (2) orang peserta untuk mempraktekkan materi yang sudah disampaikan.

Bagi yang bersedia dipersilahkan untuk maju ke depan, apabila tidak ada maka akan saya tunjuk.”

Kesimpulan

Pelaksanaan outbound ini dilakukan sebelum para peserta meninggalkan tempat, dimana outbound ini bisa juga diisi dengan praktik tentang materi yang sudah disampaikan, atau digunakan untuk sesi tanya jawab. Pembawa acara bisa menyiapkan peserta seperti berikut ini!

“Ya, itulah materi yang sudah disampaikan oleh ibu…..agar lebih memahami materi yang sudah disampaikan, maka acara selanjutnya adalah pelaksanaan outbound atau praktik materi yang sudah disampaikan. Disini saya membutuhkan (2) orang peserta untuk mempraktekkan materi yang sudah disampaikan.

Bagi yang bersedia dipersilahkan untuk maju ke depan, apabila tidak ada maka akan saya tunjuk.”

Penutup

Penutup merupakan acara terakhir, dimana karena pembukaan tadi dipimpin oleh pembawa acara, maka susunan acara penutup ini juga harus dipimpin oleh pembawa acara. Pembawa acara tersebut bisa menutup acara seperti berikut ini!

“Terima kasih kepada ananda….yang sudah menyampaikan kesimpulan materi pada pagi hari ini. Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara.

Karena pada pembukaan tadi kita tutup dengan basmalah maka alangkah lebih baik acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Terima kasih kepada para peserta, panitia dan juga para tamu undangan yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara seminar pada pagi hari ini. Semoga materi-materi yang sudah disampaikan bisa bermanfaat dan semoga kita bisa bertemu di lain waktu.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Susunan Acara Seminar NasionalSusunan Acara Seminar Nasional Susunan Acara Seminar
Susunan Acara Seminar

SusunanAcara WorkshopSUSUNAN ACARA WORKSHOP


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara seminar. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Seminar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.