8+ Contoh Susunan Acara Tirakatan dan Teks MC Rundown

Susunan Acara Tirakatan – Susunan acara tirakatan merupakan serangkaian acara yang dilakukan dalam malam tirakatan atau malam yang digunakan untuk memperingati hari kemerdekaan RI.

Biasanya banyak daerah yang merayakan malam ini dan tentunya dengan tema dan susunan acara yang berbeda-beda. Banyak sekali cara untuk merayakan malam tirakatan tersebut, bisa dengan makan nasi tumpeng secara bersama-sama, mengadakan pentas seni hingga dia bersama.

Tapi, untuk pembahasan kali ini, kita hanya akan membahas tentang susunan acara tirakatan, penasaran apa saja susunannya?  Langsung saja yuk simak susunan acara beserta penjelasan dan contohnya dibawah ini!


Susunan Acara Tirakatan

Gambar Susunan Acara Tirakatan Https Solo.tribunnews.com
tribunnews.com

Seperti yang kita tahu, bahwa malam tirakatan adalah malam yang digunakan untuk memperingati hari kemerdekaan rutin, dimana biasanya malam ini adalah tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Malam tirakatan pada umumnya dilakukan tepat pada malam hari setiap tgl 16 agustus, atau lebih tepatnya malam 17 Agustus.  Pada malam itu.

Seluruh masyarakat akan melakukan perenungan atau mengenang akan sejarah panjang yang terjadi sebelum kemerdekaan. Bukan hanya itu saja, pada malam itu para masyarakat akan mengenang jasa yang sudah diberikan oleh para pahlawan.

Maka dari itulah, peringatan ini juga bisa dilakukan hanya dengan berdoa bersama atau melakukan beberapa macam acara, lalu apa saja susunan acara malam tirakatan ini? Yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Tirakatan

No. Susunan Acara Tirakatan
1 Pendahuluan
2 Pembukaan
3 Menyanyikan Lagu 17 Agustus dan Lagu Indonesia Raya
4 Melakukan Doa bersama
5 Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia
6 Sambutan-Sambutan Oleh Ketua RW……
7 Hiburan dan Acara Ramah Tamah
8 Penutup

Teks MC Acara Tirakatan

Contoh Teks MC Acara Tirakatan

Pendahuluan

Pendahuluan atau mukadimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara malam tirakatan. Dimana biasanya muqodimah ini berisi untuk mengajak para masyarakat untuk memanjatkan puji syukur atas berkah dan juga rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk mukadimah yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara tirakatan

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati ananda… selaku ketua panitia malam tirakatan….., yang kami hormati bapak ketua RW….., dan yang saya hormati para bapak/ibu saudara sekalian.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di jalan poros ini untuk memperingati malam tirakatan HUT RI yang ke….

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga lagu 17 Agustus
  3. Acara yang ketiga adalah melakukan doa bersama.
  4. Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh  ananda….. selaku ketua panitia malam tirakatan.
  5. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh bapak….. selaku ketua rw…..
  6. Acara yang keenam adalah acara hiburan dan ramah tamah
  7. Dan acara yang terakhir adalah penutup.

  8+ Contoh Susunan Acara 17 Agustus dan Teks MC Rundown

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengawali acara yang pertama yakni pembukaan.

Pembukaan

Pembukaan merupakan susunan acara tirakatan yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini juga akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai acara malam tirakatan pada hari ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Menyanyikan Lagu 17 Agustus dan Lagu Indonesia Raya

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan lagu 17 Agustus merupakan susunan acara tirakatan yang terletak setelah pembukaan. Dimana lagu tersebut akan dinyanyikan oleh semua warga sekitar dengan 1 orang perwakilan untuk memimpin nyanyian tersebut.

Pembawa acara bisa memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia raya seperti berikut ini!

“Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia raya dan juga lagu 17 Agustus yang akan dipandu oleh ananda …… waktu dan tempat kami persilahkan.”

Melakukan Doa bersama

Membacakan doa merupakan salah satu susunan acara yang bertujuan untuk mendoakan agar para pahlawan selalu tenang di sisi-Nya dan digunakan untuk mengenang semua jasa para pahlawan. Pembacaan doa ini biasanya akan dipimpin oleh salah seorang ustadz yang ada atau bisa juga perwakilan dari salah seorang warga.

Pembawa acara bisa mempersilahkan warga yang bertugas tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih, acara selanjutnya yakni pembacaan doa bersama untuk mengenang jasa dari para pahlawan bangsa. Pembacaan doa akan dipimpin oleh bapak…..kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Ketua Panitia

Setelah proses pembacaan doa bersama tersebut telah selesai, maka pembawa acara bisa menyampaikan susunan acara yang keempat yakni sambutan-sambutan.

Pembawa acara bisa mempersilahkan bagi ketua panitia untuk menyampaikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih, kepada bapak…..yang telah bersedia untuk memimpin pembacaan doa tersebut. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. 

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ananda…..selaku ketua panitia acara pada malam hari ini. Kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Sambutan-Sambutan Oleh Ketua RW……

Apabila ketua panitia sudah selesai menyampaikan sambutannya, maka pembawa acara bisa mempersilahkan ketua RW untuk menyampaikan sambutan yang kedua.

Pembawa acara bisa mempersilahkan ketua RW untuk menyampaikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh ananda….. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh bapak…..selaku ketua RW dari desa…. Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Hiburan dan Acara Ramah Tamah

Sebelum acara penutup, biasanya malam tirakatan diisi dengan berbagai macam jenis hiburan dan juga acara ramah tamah. Tujuan dari acara ramah tersebut adalah agar para warga bisa tetap menjaga tali silaturahmi antar sesama. 

Pembawa acara bisa membawakan acara hiburan seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah disampaikan oleh bapak…..selaku ketua RW dari desa….. Acara selanjutnya adalah acara hiburan dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

Hiburan pertama berupa pencak silat yang akan dilakukan oleh ananda…..kepada ananda…..dipersilahkan untuk naik ke panggung.

Terima kasih atas pertunjukan yang sudah diberikan oleh ananda……hiburan yang kedua berupa drama yang akan diperankan oleh remaja dari RT …. Kepada para pemain yang bertugas dipersilahkan untuk maju ke depan pentas.”

  9+ Contoh Susunan Acara: Singkat, Rapat, Formal dan Perpisahan

Penutup 

Penutupan merupakan akhir dari acara. Dimana pembawa acaralah yang bertugas untuk menutup jalannya acara ini, pembawa acara bisa menutup acara malam tirakatan dengan kalimat berikut ini!

“Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara.

Karena pada pembukaan tadi kita tutup dengan basmalah maka alangkah lebih baik acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Terima kasih kepada para bapak dan ibu warga serta adik-adik sekalian yang sudah menghadiri acara malam tirakatan pada malam hari ini. Hendaklah kita selalu mengingatkan jasa para pahlawan untuk membuat negara ini bisa merdeka, semoga juga kita bisa bertemu malam tirakatan lagi di lain waktu.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara malam tirakatan HUT RI. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Tirakatan

Tinggalkan komentar