Contoh Susunan Acara Ulang Tahun dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Ulang TahunSusunan acara ulang tahun merupakan serangkaian susunan kegiatan yang dilakukan untuk melancarkan acara ulang tahun.

Seperti yang kita tahu, bahwa acara ulang tahun merupakan salah satu acara untuk memperingati hari kelahiran sang buah hati.  Acara ulang tahun tersebut bukan hanya dilakukan oleh anak-anak bahkan tak jarang juga acara tersebut dilakukan oleh orang-orang dewasa. 

Acara ulang tahun ini mempunyai berbagai bentuk, bisa berupa ulang tahun anak, ulang tahun orang tua, ulang tahun pernikahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dimana sebenarnya susunan dari bentuk acara ulang tahun tersebut juga secara garis besar adalah sama, hanya terdapat sedikit perbedaan pada acara hiburannya. Tapi, untuk kali ini kita hanya akan membahas susunan acara ulang tahun anak-anak.

Penasaran apa saja susunannya? Langsung saja yuk simak penjelasan berikut ini!


Susunan Acara Ulang Tahun

Susunan Acara Ulang Tahun
tamasyaku.com

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa acara ulang tahun merupakan acara yang sangat lumrah untuk dilakukan. Hal tersebut juga bukan tanpa alasan ya, melainkan dengan merayakan acara ulang tahun kita bisa menyampaikan bentuk kasih sayang, baik itu kepada anak-anak, orang tua, hari pernikahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apabila pada zaman dahulu yang merayakan ulang tahun hanyalah orang-orang berada, maka berbeda pada zaman saat ini. Dimana acara ulang tahun sudah bisa dirayakan dari berbagai kalangan ekonomi, tentunya mungkin hanya terdapat perbedaan dari bentuk konsep yang digunakan ya.

Acara ulang tahun bisa dilakukan dimana saja, ada yang hanya melakukan acara ulang tahun dirumah, ada yang dengan menyewa sebuah gedung, taman dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi, hal yang perlu kalian tahu selain tempat acara, terdapat pula susunan acara ulang tahun yang juga sama pentingnya.

Bagi kalian yang ingin merayakan ulang tahun sang buah hati dan masih belum mengetahui apa saja susunan acara ulang tahun yang nantinya dilakukan. Jangan khawatir, karena berikut ini kami berikan susunan acara lengkap dengan penjelasannya.

Rundown Acara Ulang Tahun

No. Susunan Acara Ulang Tahun
1 Penyambutan Tamu Undangan
2 Pembukaan
3 Penyampaian Sambutan Oleh Orang Tua
4 Games atau Hiburan
5 Mempersiapkan Kue Ulang Tahun
6 Pembacaan Doa
7 Tiup Lilin dan Potong Kue
8 Acara Makan-Makan
9 Foto Bersama
10 Penutupan dan Penutup Acara
11 Bersalam-Salaman dan Pembagian Bingkisan

Teks MC Acara Ulang Tahun

Penyambutan Tamu Undangan

Susunan acara yang pertama adalah penyambutan tamu undangan. Dimana yang bertugas untuk menyambut tamu undangan tersebut tentunya adalah orang tua beserta sikecil dan juga seorang pembawa acara. 

Pembawa acara, orang tua dan juga sang anak biasanya akan berdiri di depan pintu masuk tempat acara. Mereka akan menyapa semua tamu undangan yang hadir dan juga memberikan bingkisan kepada tamu undangan. 

Karena itulah, tamu undangan juga biasanya akan membawakan kado yang ulang tahun untuk sang anak. Setelah menyapa dan memberikan bingkisan, maka sang pembawa acara bisa mempersilahkan tamu undangan tersebut untuk duduk di tempat yang sudah disediakan dan menunggu tamu undangan lain yang akan datang.

Pembukaan 

Acara selanjutnya adalah pembukaan yang akan dipimpin oleh pembawa acara. Sebisa mungkin, pembawa acara harus orang yang mudah berbaur terutama dengan anak-anak, hal tersebut mencegah anak-anak yang kemungkinan akan bosan nantinya.

Bukan hanya itu, sangat disarankan juga untuk menyewa atau menyuruh pembawa acara seorang guru di sekolahnya atau tetangganya dekat. Hal tersebut juga bukan tanpa alasan, melainkan bertujuan agar anak-anak sudah lebih mengenal dan suasana lebih meriah.

Pembawa acara selain bertugas untuk menyambut tamu juga bertugas untuk mengatur jalannya acara agar berjalan dengan lancar. Dari mulai pembukaan hingga penutupan.

Penyampaian Sambutan Oleh Orang Tua

Acara selanjutnya adalah penyampaian sambutan yang dilakukan oleh orang tua. Dimana pada susunan ini, orang tua dari sang anak yang sedang berulang tahun akan mengucapkan sepatah dua patah kata. 

Sambutan tersebut biasanya berupa pengucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke pesta perayaan ulang tahun sang anak. Bukan hanya itu saja, biasanya para orang tua juga mengucapkan harapan dan doa untuk anak sang kedepannya.

Tetapi, hal yang perlu diingat adalah untuk penyampaian sambutan ini usahakan tidak terlalu lama, hal ini dikarenakan semua tamu undangan didominasi oleh anak-anak dimana mereka juga pasti akan cepat bosan, berbeda dengan acara ulang tahun para orang tua.

Games atau Hiburan

Susunan acara yang ketiga adalah games atau hiburan. Seperti pada penjelasan diatas, bahwa anak-anak pasti akan sangat bosan, maka dari itulah sebaiknya acara hiburan juga dimasukkan kedalam sebuah susunan acara ulang tahun, bukan hanya itu saja dengan games tersebut maka anak-anak juga bisa berinteraksi dengan sang pemilik acara atau para tamu undangan yang lainnya.

Ada beberapa bentuk games atau hiburan yang bisa digunakan, seperti menyanyi bersama, menari, sambung kata dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal tersebut bisa disesuaikan oleh masing-masing pembawa acaranya sendiri.

Mempersiapkan Kue Ulang Tahun

Susunan acara yang keempat adalah mempersiapkan kue ulang tahun. Seperti yang kita tahu, bahwa ulang tahun pasti sudah identik dengan kue dan juga tiup lilin.

Dimana yang bertugas untuk menyiapkan kue ulang tahun tersebut adalah orang tua dari sang anak. Untuk kue ulang tahun tersebut disarankan memilih ukuran yang tidak terlalu besar, karena apabila ukurannya terlalu besar maka bisa saja sang anak kesusahan untuk memotongnya.

Pembacaan Doa

Pembacaan doa merupakan susunan acara yang dilakukan sebelum kita memasuki acara inti, tapi ada juga doa yang di lakukan setelah acara inti dilakukan. Adapun tujuan dari pembacaan doa ibu adalah agar umur yang bertambah dari sang anak bisa bermanfaat dan juga agar sang anak bisa selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Sebenarnya, untuk pembacaan doa ini bukan hanya ditujukan untuk keluarga dari sang pemilik acara saja, melainkan juga ditujukan kepada para tamu undangan yang hadir, yakni agar semua anak-anak juga selalu berbakti dan sayang kepada kedua orang tua mereka.

Tiup Lilin dan Potong Kue

Tiup lilin dan juga potong kue merupakan acara inti dari sebuah acara ulang tahun. Dimana pembawa acara mengajak para tamu undangan untuk menyanyikan lagu “tiup lilin dan juga potong kue”.

Pada acara ini, anak-anak akan menutup lilin yang ada pada kue tadi yang sudah disiapkan. Selanjutnya, acara bisa langsung beralih dengan memotong kue ulang tahun. 

Pada umumnya untuk anak-anak yang masih terlalu kecil, mereka akan dibantu oleh orang tua untuk memotong kuenya. Biasanya potongan kue pertama akan diberikan kepada kedua orang tua yang juga dipandu oleh pembawa acara.

Jangan lupakan untuk mengambil gambar ya pada saat meniup lilin, memotong kue ulang tahun dan juga menyuapkan kue kepada kedua orang tua tersebut. Karena foto tersebut bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan pada saat dewasa kelak.

Acara Makan-Makan 

Acara makan-makan merupakan acara yang dilakukan setelah sesi tiup lilin dan juga pemotongan kue selesai. Dimana para tamu undangan bisa menikmati hidangan baik berupa kue atau makanan ringan lainnya yang sudah disediakan oleh orang tua yang mengadakan acara. 

Agar suasana tidak bosan, biasanya acara makan-makan ini juga dilengkapi dengan berbagai hiburan musik ulang tahun atau lagu anak-anak yang lainnya. Dimana mereka juga bisa ikut bernyanyi bersama-sama dan suasana juga bisa menjadi lebih ceria.

Foto Bersama

Sebelum acara ditutup, maka acara yang tidak bisa ditinggalkan adalah foto-foto bersama. Dimana sesi foto ini bisa dibagi menjadi beberapa sesi, yakni foto dengan orang tua atau keluarga dan juga foto bersama-sama dengan para tamu undangan. 

Adapun foto bersama tamu undangan juga bisa dibagi lagi menjadi beberapa sesi apabila tamu yang datang banyak ya. Biasanya juga sesi foto ini akan dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris yang bisa digunakan, seperti topeng, mahkota, kacamata hingga aksesoris yang lainnya.

Penutupan dan Penutup Acara

Penutupan dengan doa merupakan acara akhir yang ada dalam susunan acara. Dimana disini, pembawa acara bisa menutup acara dengan mengucapkan terima kasih dan mewakili dari tuan rumah.

Bersalam-Salaman dan Pembagian Bingkisan

Acara yang paling-paling akhir adalah bersalam-salaman dari sang pemilik acara dan juga bisa dengan pembagian bingkisan. Sebenarnya untuk pembagian bingkisan ini bisa diletakkan di awal acara tadi atau diletakkan di akhir acara. 

Semua itu bisa sesuai dengan permintaan dari sang pemilik acara. Pada sesi pembagian bingkisan ini sebaiknya dilakukan oleh si kecil sendiri, karena secara tidak langsung orang tua juga bisa mengajarkan kepada sang anak untuk selalu berbagi kepada sesama temannya.

[/su_note]

Penutup

Demikianlah contoh susunan acara ulang tahun anak-anak. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Ulang Tahun

Tinggalkan komentar