9+ Contoh Susunan Acara Wisuda dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Wisuda

Susunan Acara Wisuda – Susunan acara wisuda merupakan sebuah rangkaian proses acara yang dilakukan, baik acara wisuda yang dilakukan dari tingkat TK, SD, SMA hingga perguruan tinggi.

Sebenarnya untuk susunan acara dari masing-masing tingkatan ini pada dasarnya sama, mungkin hanya terdapat beberapa perbedaan kecil dikarenakan memang berbeda dari tingkatannya. 

Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan wisuda lalu bagaimana saja susunan acara wisuda tersebut? Penasaran, langsung aja yuk, simak penjelasan berikut ini!


Susunan Acara Wisuda

Susunan Acara Wisuda
krjogja.com

Sebelum kita membahas susunan acara wisuda, maka alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan wisuda.

Jadi acara wisuda merupakan sebuah acara yang berbentuk upacara untuk peneguhan atau pelantikan bagi seorang siswa atau mahasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya.

Sebenarnya wisuda ini mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah wisuda yang dilakukan untuk menandai mahasiswa masuk ke dalam jenjang universitas dan wisuda akhir yang digunakan untuk menandai bahwa masa belajar telah selesai.

Karena acara wisuda termasuk salah satu acara yang istimewa, maka dari itulah terdapat pakaian khusus yang digunakan pada saat proses acara wisuda berlangsung.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa wisuda bukan hanya digunakan untuk seseorang yang menempuh jalur perkuliahan saja, melainkan acara wisuda juga dilakukan baik untuk siswa TK, SD, SMP hingga SMA.

Sebenarnya banyak sekali bentuk susunan acara, semua tersebut tergantung dengan sekolahnya masing-masing.

Tapi, pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan bentuk susunan acara wisudah pada umumnya. Apa saja susunannya? Langsung saja dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!


Rundown Acara Wisuda

No. Susunan Acara Wisuda
1 Muqodimah
2 Pembukaan
3 Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
4 Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Sekolah
5 Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Perwakilan Wali Murid
6 Penyampaian Kesan Pesan Oleh Perwakilan Wisudawan
7 Pembacaan Ikrar Pelajar
8 Prosesi Wisuda Purna Siswa
9 Penutup/Doa

Teks MC Acara Wisuda

Contoh Teks MC Acara Wisuda

Muqodimah

Pendahuluan atau mukadimah merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara wisuda. Dimana muqaddimah ini dilakukan guna menyambut semua para tamu undangan yang hadir, baik itu wisudawan dan wisudawati, para orang tua dari wisudawan, dosen, guru hingga tamu undangan.

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk mukadimah yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara wisuda.

” Selamat datang kepada calon wisudawan dan wisudawati SMA…… kepada calon wisudawan dan wisudawati dipersilahkan untuk menempati tempat yang sudah disediakan.

Selamat datang kepada bapak ketua yayasan, bapak kepala sekolah dan tak lupa juga dewan guru. Para bapak ibu guru dipersilahkan untuk menempati tempat yang sudah disediakan.

Selamat datang bagi para tamu undangan, dimohon untuk segera memasuki ruangan yang sudah disediakan. Karena acara akan segera dimulai.

—————— Acara dimulai ——————

Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati keluarga bapak ketua yayasan, yang saya hormati bapak kepala sekolah SMA……yang saya hormati bapak ibu guru SMA…….yang saya hormati para tamu undangan, serta tidak lupa teman-teman wisudawan dan wisudawati yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir dalam rangkaian proses acara wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di SMA….. selama 3 tahun. Semoga ilmu yang diberikan selama 3 tahun bisa bermanfaat bagi kedepannya.

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an.
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak kepala sekolah SMA…….
  4. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh salah satu perwakilan dari wisudawan dan wisudawati.
  5. Acara yang kelima adalah penyampaian kesan dan juga pesan dari salah satu perwakilan wisudawan dan wisudawati.
  6. Acara yang keenam adalah ikrar pelajar
  7. Acara yang ketujuh adalah prosesi wisuda purna siswa.
  8. Dan acara yang terakhir adalah penutup dan doa.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama yakni pembukaan.

Pembukaan

Pembukaan merupakan susunan acara wisuda yang selalu dilakukan sebelum memulai acara. Dimana pembukaan ini juga akan dipimpin oleh pembawa acara dengan membaca basmallah.

Pembawa acara bisa membuka acara seperti berikut ini!

“Acara yang pertama adalah pembukaan, dimana sebelum memulai acara wisuda purna siswa pada hari ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dimana acara ini dilakukan dengan harapan agar prosesi wisuda purna siswa bisa berjalan dengan lancar, dimana pembawa acara bisa mempersiapkan susunan acara yang kedua seperti berikut ini!

“Selanjutnya, agar acara bisa berjalan dengan lancar marilah kita lanjutkan acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan di lantunkan oleh ananda…….kepada ananda…….waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Kepala Sekolah

Setelah proses pembacaan ayat suci Al-Qur’an tersebut telah selesai, maka pembawa acara bisa menyampaikan susunan acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan.

Pembawa acara bisa mempersilahkan kepala sekolah untuk menyampaikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih, kepada ananda…..yang telah melantunkan ayat suci Al-Qur’an, semoga dengan lantunan tersebut bisa berkah bagi kita semua. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak…..selaku ketua sekolah dari SMA….. Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Sambutan-Sambutan Oleh Perwakilan Wali Murid

Setelah proses pembacaan ayat suci Al-Qur’an tersebut telah selesai, maka pembawa acara bisa menyampaikan susunan acara yang ketiga adalah sambutan-sambutan.

Pembawa acara bisa mempersilahkan kepala sekolah untuk menyampaikan sambutan seperti berikut ini!

“Terima kasih, kepada ananda…..yang telah melantunkan ayat suci Al-Qur’an, semoga dengan lantunan tersebut bisa berkah bagi kita semua. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh bapak…..selaku ketua sekolah dari SMA….. Kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penyampaian Kesan Pesan Oleh Perwakilan Wisudawan

Penyampaian kesan dan pesan merupakan salah satu susunan acara wisuda yang kelima adalah menyampaikan kesan dan juga pesan yang dilakukan oleh salah satu perwakilan dari wisudawan. Pembawa acara bisa mempersiapkan perwakilan siswa tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh bapak……selalu salah satu perwakilan wali murid. Selanjutnya, marilah kita beralih ke acara yang lainnya yakni menyampaikan kesan dan pesan wisudawan dan wisudawati yang akan disampaikan oleh ananda…….kepada ananda…….waktu dan tempat kami persilahkan. “

Pembacaan Ikrar Pelajar

Pembacaan ikrar pelajar merupakan susunan acara yang keenam. Dimana pembacaan ikrar ini dilakukan oleh salah seorang perwakilan dan diikuti dengan semua peserta wisudawan dan wisudawati.

Pembawa acara bisa mempersilakan perwakilan untuk maju ke depan seperti berikut ini!

“Terima kasih atas kesan dan pesan yang sudah diberikan. Selanjutnya marilah kita melanjutkan acara yang lainnya yakni pembacaan ikrar yang akan dipimpin oleh ananda……dengan diikuti oleh seluruh calon wisudawan dan wisudawati SMA…..kepada ananda……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Prosesi Wisuda Purna Siswa

Prosesi wisuda Purna siswa menjadi acara inti dalam proses acara wisuda ini, dimana calon wisudawan akan dipanggil satu persatu untuk maju ke depan panggung. Pembawa acara bisa menyampaikan susunan ini seperti berikut ini!

“Terima kasih kami ucapkan. Selanjutnya marilah kita melanjutkan ke acara inti pada hari ini yakni prosesi wisudawan dan wisudawati. Prosesi wisuda purna siswa akan dipimpin oleh ananda……yang kemudian semua calon peserta akan dipanggil satu persatu untuk melangsungkan proses wisuda tersebut. Kepada ananda…….dan bapak ibu guru yang bertugas waktu dan tempat kami persilahkan.”

Penutup/Doa

Penutup dan doa merupakan tanda bahwa acara sudah berakhir, dimana penutup ini akan dipimpin oleh seorang pembawa acara sedangkan untuk doa biasanya bisa dipimpin oleh salah seorang guru atau pembawa acara. Berikut ini merupakan penutup yang bisa dilakukan oleh seorang pembawa acara!

“Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara yakni penutupan dan juga pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak……..yang sekaligus juga akan menutup acara pada hari ini.

Dengan berakhirnya dia tersebut, maka berakhir pula semua rangkaian acara prosesi wisuda purna siswa. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada para bapak dan ibu guru serta tamu undangan dan semua wisudawan dan wisudawati sekalian yang telah hadir dalam prosesi wisuda ini.

Semoga ilmu yang sudah didapatkan oleh seluruh siswa SMA…..bisa bermanfaat, dan semoga semua siswa bisa lancar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Susunan Acara Kegitan Wisuda Politeknik Negeri Jakarta

SUSUNAN ACARA KEGIATAN WISUDA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Susunan Acara Wisuda Universitas Padjajaran

Susunan Acara Wisuda Unpad

Susunan Acara Wisuda Universitas Widya Husada Semarang

SUSUNAN ACARA WISUDA Universitas Widya Husada Semarang

Susunan Acara Wisuda Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

Susunan Acara Wisuda Fakultas Hukum Universitas Mulawarman


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara wisuda Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Wisuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.