Contoh Susunan Acara Yudisium dan Teks MC Rundown Acara

Susunan Acara Yudisium – Susunan acara yudisium merupakan serangkaian acara yang bersifat resmi. Dimana yudisium termasuk salah satu acara yang sangat penting bagi mahasiswa.

Apakah kalian tahu, susunan acara yudisium ini sama seperti dengan susunan acara yang lain, dimana bisa disesuaikan dengan universitasnya masing-masing. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh susunan acara yudisium pada umumnya!


Susunan Acara Yudisium

Susunan Acara Yudisium
yudharta.ac.id

Sebelum kita membahas mengenai susunan acara yudisium, maka alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bukan apa yang dimaksud dengan yudisium.

Jadi, yudisium merupakan sebuah proses akademik yang berkaitan erat dengan penerapan nilai dan juga mahasiswa dari semua proses akademik. Yudisium sendiri bisa diartikan sebagai pengumuman yang berkaitan dengan nilai akhir dari semua mata kuliah.

Dimana nilai akhir dari keseluruhan mata kuliah tersebut tentunya sudah diprogramkan dan juga sudah ditetapkan menjadi sebuah nilai akhir. Nilai akhir itulah yang akan dibacakan oleh bapak ibu dosen dalam kegiatan yudisium dari mahasiswa tersebut.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa yudisium merupakan sebuah keputusan yang menyatakan apakah mahasiswa tersebut sudah memenuhi syarat untuk bisa lulus dalam bangku perkuliahan. Adapun acara yudisium juga membutuhkan susunan acara loh.

Lalu, apa saja susunan acara yudisium tersebut? Dari pada semakin penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini!


Rundown Acara Yudisium

No. Susunan Acara Yudisium
1 Pendahuluan dan Pembukaan
2 Mendengarkan Lagu Wajib
3 Penyampaian Sambutan Oleh Direktur Pascasarjana…..
4 Pembacaan Keputusan Direktur Pascasarjana tentang Yudisium
5 Pembacaan Lampiran Keputusan Direktur Pascasarjana
6 Pembacaan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana
7 Penyampaian Kesan dan Harapan Wakil Yudisi
8 Pembacaan Doa
9 Foto Bersama
10 Penutup

Teks MC Acara Yudisium

Pendahuluan dan Pembukaan 

Pendahuluan dan Pembukaan merupakan salah satu bentuk awalan yang dilakukan oleh pembawa acara sebelum memulai acara yudisium. Dimana Pendahuluan dan Pembukaan ini dilakukan guna menyambut semua para tamu undangan yang hadir.

Berikut ini merupakan salah satu contoh bentuk Pendahuluan dan Pembukaan yang bisa diterapkan pembawa acara untuk susunan acara wisuda. 

” Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu ‘ala asrofil anbiya i wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya yang kami hormati keluarga bapak Direktur Pascasarjana Universitas…..,yang kami hormati Wakil Direktur 1 Universitas…..,yang kami hormati Wakil Direktur 2 Universitas…..,yang kami hormati Ketua Program Studi Magister….. (Menyebutkan masing-masing ketua program studi magister), Serta yudisium Pascasarjana Universitas….yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa hadir dalam rangkaian proses acara yudisium Pascasarjana Universitas……

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan sholawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya!

  1. Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  2. Susunan acara yang kedua adalah mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya dan Hymne Universitas…..
  3. Acara yang ketiga adalah sambutan yang akan disampaikan oleh bapak Direktur Pascasarjana Universitas…..
  4. Acara yang keempat adalah Pembacaan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana yang berkaitan erat tentang Yudisium Pascasarjana Universitas……Periode….tahun akademik …../…..
  5. Acara yang kelima adalah Pembacaan Lampiran Keputusan Direktur Pascasarjana Universitas…..yang berkaitan erat tentang Yudisium Pascasarjana Universitas ……Periode…..tahun akademik …../…..
  6. Acara yang keenam adalah Pembacaan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana Universitas…..yang berkaitan erat tentang Yudisi Berprestasi Untuk Yudisium Pascasarjana Universitas…..Periode…..Tahun Akademik …../…..
  7. Acara yang ketujuh adalah Penyampaian Kesan dan Harapan dari Wakil Yudisi
  8. Acara yang kedelapan adalah Pembacaan Doa
  9. Acara yang kesembilan adalah Foto Bersama
  10. Dan acara yang terakhir adalah penutup dan doa.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengikuti susunan acara yang pertama yakni pembukaan.

Sebelum memulai acara yudisium pada hari ini, maka alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al-fatihah”

Mendengarkan Lagu Wajib

Mendengarkan lagu wajib merupakan rangkaian acara yudisium yang dilakukan setelah pembukaan. Dimana disini pembawa acara mengkondisikan para tamu undangan untuk mendengarkan lagu dengan khidmat.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kedua seperti berikut ini!

“Selanjutnya, untuk mengawali acara marilah kita mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya beserta Hymne Universitas…..para hadirin sekalian dimohon untuk berdiri.”

Penyampaian Sambutan Oleh Direktur Pascasarjana…..

Susunan acara yang ketiga adalah penyampaian sambutan. Dimana disini yang menyampaikan sambutan tersebut adalah bapak direktur dari universitas itu sendiri.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang ketiga seperti berikut ini!

“Hadirin dimohon duduk kembali. Selanjutnya, marilah kita beralih ke acara yang ketiga yakni menyampaikan sambutan yang akan disampaikan oleh bapak…..selaku bapak Direktur Pascasarjana Universitas…..kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembacaan Keputusan Direktur Pascasarjana tentang Yudisium

Susunan acara yang keempat yakni pembacaan keputusan direktur yang berkaitan dengan yudisium. Dimana untuk pembacaan surat keputusan ini akan disampaikan oleh wakil direktur 1 dari universitas.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keempat seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak….., Selanjutnya acara yang keempat adalah pembacaan keputusan direktur Pascasarjana tentang yudisium Pascasarjana universitas…..periode…..tahun akademik…./…. yang akan disampaikan oleh bapak……selaku wakil direktur 1 Pascasarjana Universitas….. Kepada bapak……waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembacaan Lampiran Keputusan Direktur Pascasarjana

Susunan acara yang kelima adalah pembacaan lampiran keputusan direktur Pascasarjana. Dimana pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kelima seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak….. Selanjutnya, acara yang kelima adalah pembacaan lampiran keputusan Direktur Pascasarjana Universitas……tentang Yudisium Pascasarjana Universitas…… periode….akademik tahun…./….yang akan disampaikan oleh ananda…..selaku perwakilan dari yudisi. Kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan.”

Pembacaan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana

Susunan acara yang keenam adalah pembacaan surat keputusan yang berkaitan dengan Yudisium. Dimana surat keputusan ini juga berkaitan dengan mahasiswa berprestasi. 

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang keenam seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan kepada ananda….. Selanjutnya acara yang keenam adalah pembacaan lampiran keputusan Direktur Pascasarjana Universitas….. tentang yudisium Pascasarjana Universitas…… periode…. akademik tahun…./….

  1. …….(nama mahasiswa berprestasi) – …… (Program studi)-……(nilai IPK)-……(Predikat kelulusan: status)-……(lama studi).
  2. (Membacakan kembali daftar mahasiswa berprestasi sesuai dengan format nomor 1).

Pembacaan lampiran keputusan Direktur Pascasarjana Universitas….. tentang Yudisium Pascasarjana Universitas…… periode….Akademik tahun …./…. Telah selesai.”

Penyampaian Kesan dan Harapan Wakil Yudisi

Acara yang ketujuh yakni penyampaian kesan dan juga pesan yang akan disampaikan oleh wakil dari yudisi. Pembawa acara bisa mempersilahkan perwakilan tersebut seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan, selanjutnya acara yang ketujuh adalah penyampaian kesan dan harapan yang akan disampaikan oleh wakil yudisi Pascasarjana Universitas…..yang akan disampaikan oleh ananda…..dari program studi……kepada ananda…..waktu dan tempat kami persilahkan”

Pembacaan Doa

Apabila penyampaian kesan dan harapan tersebut sudah selesai, maka acara bisa dilanjutkan dengan pembacaan doa. Dimana disini pembacaan doa akan dipimpin oleh dosen agama yang ada pada universitas.

Pembawa acara bisa melanjutkan acara yang kedelapan seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan kepada ananda….., Selanjutnya acara yang kedelapan adalah pembacaan doa yang akan dipimpin oleh bapak…..kepada bapak…..waktu dan tempat kami persilahkan.

Foto Bersama 

Foto bersama merupakan susunan acara yang kesembilan, dimana foto bersama dilakukan sebelum acara ditutup. Pembawa acara bisa menyiapkan peserta yudisi seperti berikut ini!

“Terima kasih kami sampaikan kepada bapak….. acara selanjutnya yakni foto bersama, kepada operator bisa menyiapkan terlebih dahulu keperluan untuk foto bersama, untuk para hadirin sekalian bisa maju ke depan.”

Penutup

Penutup merupakan tanda bahwa acara sudah berakhir, dimana penutup ini akan dipimpin oleh seorang pembawa acara. Berikut ini merupakan penutup yang bisa dilakukan oleh seorang pembawa acara!

“Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara yakni penutupan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada para bapak dan ibu dosen serta semua yudisi sekalian yang telah hadir dalam prosesi acara yudisium ini. 

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.”


Penutup

Demikianlah contoh susunan acara yudisium. Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca dan juga semoga bisa dipahami dengan baik oleh pembaca sekalian.

Susunan Acara Yudisium

Tinggalkan komentar