TARI KREASI : Sejarah, Properti, Asal, Gerakan dan Pola Lantai

Tari Kreasi

Tari Kreasi – Seni dan budaya merupakan produk karya bangsa yang menggambarkan keindahan dan karakteristik suatu daerah.

Salah satu yang sedang berkembang adalah tari kreasi, yang merupakan pengembangan dari tarian tradisional yang sudah ada sebelumnya. Variasinya yang unik dan tidak kaku membuat rakyat tertarik untuk mempelajarinya.

Tari Kreasi


Asal Tari Kreasi

Asal Tari Kreasi
2.bp.blogspot.com/

Sebagai permulaan, sebelumnya tari klasik/tradisional yang berkembang di rakyat daerah sangat banyak jenisnya. Berbekal keindahan tarian tersebut, muncul inovasi berupa tarian dengan kreasi baru dengan tambahan panduan gerak yang berasal dari daerah bahkan negara lain. Perpaduan ini dapat menghasilkan koreografi yang menarik namun tetap khas.

Sederhananya, tarian kreasi berasal dari beragam jenis tari rakyat yang sudah ada sebelumnya. Kemudian dilakukan modifikasi yang diciptakan para seniman sehingga menghasilkan variasi yang lebih unik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: Tari Kreasi Baru


Sejarah Tari Kreasi

Sejarah Tari Kreasi
rumbelnesia.com

Menilik sejarahnya, tarian ini sebenarnya dipengaruhi oleh gaya tari dari daerah maupun negara lain ditambah dengan kreativitas para penciptanya. Mengkombinasikan berbagai gerakan dengan mengikutsertakan makna dan emosi yang ingin disampaikan bukanlah hal yang sederhana.

Munculnya ide ini bermula dari keinginan masyarakat dalam membangun pernyataan yang baru dan lebih memiliki kebebasan dalam mengekspresikan dirinya. Kungkungan yang terlalu mengikat dianggap mematikan kebebasan manusia sebagai seorang individu, bukan hanya bagian dari sebuah kelompok.

Namun kondisi seperti ini seringkali terhalang oleh kungkungan nilai dan tradisi yang sudah melekat sejak dulu, sehingga muncullah ide untuk menggambarkannya melalui gerak tubuh dan ekspresi. Ini tergambar dalam gerak tarian kreasi yang semakin beragam dan ekspresif, namun tetap tidak meninggalkan unsur tradisional yang menjadi dasarnya.


Properti Tari Kreasi

Properti Tari Kupu Kupu
manjakan.com

Properti dalam tarian memiliki beragam fungsi. Semua jenis tarian dapat memakai lebih dari dua properti dalam satu pertunjukan. Keberadaan properti sangat penting untuk menunjang hal-hal seperti berikut:

  • Menggambarkan tema tarian yang diperagakan sehingga dapat tersalurkan kepada penonton.
  • Membuat gerakan tari lebih indah, karena akan banyak gerakan yang tidak terlihat biasa namun memiliki sentuhan artistiknya sendiri.
  • Sebagai instrumen yang mendukung tarian. Sebagian besar tari tradisional Indonesia tidak dapat ditampilkan apabila tidak memiliki properti, apalagi jenis tarian yang dikreasikan seperti ini tentu lebih banyak modifikasinya.
  • Menunjukkan ciri khas dari tarian. Properti bermanfaat sebagai penanda akan jenis tari tertentu, misalnya properti untuk tarian kreasi asal Sumatera yakni piring.
  • Media filosofis. Semua tarian memiliki makna filosofis tersendiri, artinya bukan hanya dinilai berdasarkan gerakannya namun juga properti yang diikutsertakan dalam tarian. Misalnya tombak yang menggambarkan semangat penarinya.

Dalam tarian kreasi, ada banyak properti yang dipakai dalam pertunjukan. Berikut ini beberapa jenis properti dalam tari kreasi yang paling umum digunakan penari Indonesia:

  • Merupakan properti khas yang berfungsi memperindah gerak tari.
  • Alat musik. Properti yang sangat penting untuk menunjukkan ritme tarian dan menghidupkan suasana.
  • Penutup kepala. Seringkali digunakan untuk menghias kepala penari, bisa dalam bentuk blangko maupun hiasan kepala.
  • Menghadirkan karakter tertentu pada penari.
  • Sering digunakan dengan jenis yang beragam tergantung tema dan ritme tariannya.
  • Berperan untuk memperindah tarian dan menambah kesan ramah.

Baca Juga: Tari Kuda Lumping


Pola Lantai Tari Kreasi

Pola Lantai Tari Kreasi
lisadotfooddotblog.files.wordpress.com

Dalam tarian kreasi, pola lantai memiliki peran yang penting dalam performa ketika penari tampil. Bukan saja untuk memposisikan penari, namun juga memiliki maknanya sesuai dengan tema tarian.

Tarian yang dikreasikan dari berbagai jenis tari tradisional tentu memiliki pola yang berbeda-beda. Berikut beberapa pola yang umum digunakan pada tarian ini:

  • Pola lurus memanjang dimana barisan penari berbentuk garis lurus, dari arah depan menuju belakang dan sebaliknya.
  • Disebut juga pola horizontal, hampir serupa dengan vertikal namun perbedaannya dibentuk barisan yaitu kanan ke kiri maupun sebaliknya. Pola ini menggambarkan hubungan antara manusia dengan sang pencipta.
  • Pola ini membentuk garis yang menyudut dari kanan ke kiri, menggambarkan kesan dinamis namun kokoh.
  • Terdiri dari lingkaran, huruf U, angka 8, serta lengkung ular. Garis lurusnya memberi kesan kuat serta dinamis, sedangkan melengkung melambangkan lembut dan lemah.
  • Pola yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk berbagai bentuk seperti segitiga, segiempat, hingga segilima.

Baca Juga: Tari Kuntulan


Gerakan Tari Kreasi

Gerakan Tari Kreasi
saintif.com

Gerak dalam tarian kreasi tidak terbatas karena merupakan modifikasi dari beragam jenis tari tradisional lainnya. Oleh karena itu, gerakan dalam karya seni ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu gerak murni serta gerak maknawi. Berikut penjelasan lebih lengkap seputar keduanya:

1. Gerak Murni

Pertama ada gerakan yang bersifat murni, artinya berfokus pada bentuk artistik dan kebutuhan akan keindahan geraknya. Gerakan ini diciptakan dengan memfokuskan pada seni artistik yang ditampilkan dalam pertunjukan.

2. Gerak Maknawi

Gerak maknawi sesuai dengan namanya, yaitu gerakan yang dibuat dengan memberikan makna tersendiri. Penari melakukan gerakan seperti ini dengan maksud menyampaikan pesan tertentu kepada penontonnya.

Sedangkan berdasarkan polanya, gerakan yang terdapat dalam tarian ini terbagi dalam dua jenis yakni seperti berikut:

  • Pola seperti ini berkarakter kokoh, tenang, dan sederhana. Fokus sudut pandangnya lebih seimbang jika dilihat, namun jika digunakan terus menerus akan membosankan.
  • Gerakan ini terlihat kurang kokoh, namun lebih dinamis serta menarik. Jika diperhatikan, pola dalam gerakan ini memiliki fokus sudut pandang yang tidak seimbang. Untuk itulah pola ini digunakan sebagai penyeimbang dari pola simetris sehingga menciptakan keragaman pola dalam sebuah tarian.

Keunikan Tari Kreasi

Hal yang membuat tarian ini unik yaitu kesannya yang tradisional namun sekaligus modern. Maksudnya adalah, tarian jenis kreasi ini dikembangkan dari tarian tradisional.

Namun tidak terlalu terikat pakem, keharusan, atau pakem tertentu layaknya tari tradisional. Kendati demikian, tarian ini juga dianggap sebagai tari daerah dengan pengemasan baru yang lebih modern.

Tarian ini tidak saja menampilkan keindahan koreografi, musik, dan properti yang digunakan, namun juga melibatkan aspek manusiawi berupa emosi.

Sikap tubuh dan ekspresi yang terlihat di wajah penari memiliki sifat artistik tersendiri. Penekanan terhadap hal-hal ini menimbulkan lebih banyak unsur estetika dalam pertunjukan.


Fungsi Tari Kreasi

Fungsi utama yang dimiliki oleh tarian kreasi yakni pertunjukan yang menjadi hiburan bagi penontonnya. Tarian ini juga dapat mengenalkan keragaman jenis tari tradisional yang memiliki keunikannya masing-masing.

Sehingga dapat mengedukasi masyarakat. Dengan susunan yang baik serta persiapan latihan yang serius dan panjang, tarian ini berpotensi besar untuk dikenal masyarakat.

Unsur modernnya mudah diterima dan tidak lepas dari makna. Tarian merupakan media untuk ekspresi diri, sebagaimana yang tergambar dalam pertunjukan tari.

Sama halnya penulis menggambarkan dirinya melalui tulisan, penari menuangkan perasaannya dengan gerak tarian yang disampaikan pada penonton.


Penutup Tari Kreasi

Demikian ulasan seputar tari kreasi yang terus berkembang di masyarakat. Keberadaan tarian ini tidak saja memiliki fungsi hiburan, namun sekaligus edukasi dan penyampaian makna. Sebagai karya seni.

Tarian merupakan media untuk menyuarakan diri yang seringkali terhambat. Harapannya, kreasi tarian terus berkembang dan menjadi media ekspresi secara sehat dan kreatif.

Tari Kreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.