TARI RANDAI: Sejarah, Properti, Asal, Gerakan dan Pola Lantai

Tari Randai

Tari Randai – Minangkabau merupakan salah satu di daerah Sumatera Barat, yang mempunyai berbagai macam kesenian menarik di sekeliling masyarakatnya.

Tari Randai tentunya menjadi satu diantara banyaknya kesenian yang dimiliki oleh daerah satu ini. Gerakan dalam tarian yang merupakan kombinasi antara pencak silat serta beragam kesenian lain membuat tarian ini begitu menarik untuk dikulik.

Biasanya tarian ini sendiri juga dijadikan suatu kesenian tari untuk menyambut tamu dan hal-hal serupa. Lalu bagaimana sebenarnya sejarah terciptanya tarian ini serta perkembangannya? Simak penjelasan berikut:

Tari Randai


Asal Muasal Tarian Randai

Asal Muasal Tarian Randai

Tari Randai telah menjadi bagian kesenian tari dari Minangkabau yang cukup penting bagi masyarakat setempat dan tentunya Indonesia.

Penamaan tarian ini sendiri pada dasarnya diambil dari kata handai yang kemudian mendapat imbuhan ba sehingga menjadi barandai.

Makna dari kata ini sendiri adalah suatu obrolan yang hangat di tengah suasana yang hangat serta intim. Tarian ini yang berasalkan dari provinsi Minangkabau Sumatera Barat ini sendiri pada awalnya merupakan suatu kesenian tari yang digunakan untuk menyampaikan suatu kabar.

Nantinya pesan-pesan tersebut akan disampaikan dalam bentuk gurindam beserta syair-syair indah. Tentunya hal ini juga akan dilakukan dalam kesatuan suatu Tarian Randai yang ditarikan dengan luwes oleh para penari.

Hal inilah yang kemudian membuat tarian ini menjadi cukup unik dengan keberagaman variasi seni didalamnya.

Baca Juga: Tari Rangguk Ayak


Sejarah Singkat Tarian Randai

Sejarah Singkat Tarian Randai

Pada dasarnya Tari Randai ini memiliki versi sejarah yang berbeda. Bahkan dalam kisah yang diceritakan dalam cerita rakyat, Tarian Randai ini memiliki tiga versi. Namun, sayangnya dalam berbagai lisan yang dituliskan, Tarian ini memang masih cukup minim terekspos.

Hal inilah kemudian yang membuat Tarian Randai belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam. Lalu apa saja versi sejarah dari tarian ini? Berikut 3 ulasan untuk mengenal lebih jelas terkait tarian Randai Sumatera Barat:

1. Merupakan Suatu Penyampaian Kabar

Versi pertama dari sejarah Tari Randai ini dulunya dianggap sebagai kesenian tari yang berperan sebagai pembawa kabar ataupun cerita rakyat. Biasanya cerita rakyat akan disampaikan dalam bentuk gurindam maupun syair-syair yang merdu.

Nantinya penyampaian cerita rakyat ini juga akan dilakukan bersamaan dengan penampilan dari para penari Randai. Mulai dari Malin Kundang, Malin Deman serta cerita rakyat lain dari Sumatera Barat adalah beberapa yang menjadi bentuk penyampaian kabar kepada masyarakat.

2. Berasal dari Kebiasaan Pemuda Minangkabau

Pada versi lain yang beredar di masyarakat, Tari Randai ini merupakan suatu tarian yang terinspirasi dari kebiasaan pemuda yang ada di Minangkabau. Kebiasaan yang dilakukan oleh pemuda ini adalah melakukan permainan yang disertai gerakan silek.

3. Bermula dari Tari Ilau Solok

Versi lain lagi mengatakan bahwa tarian ini awalnya terinspirasi dari Tarian Ilau Solok. Tarian ini sendiri awalnya dilakukan oleh wanita. Iringan musik-musik ratapan menjadi irama yang mengiringi tarian yang dilakukan oleh para wanita ini.

Baca Juga: Tari Rantak


Pola Lantai Tarian Randai

Pola Lantai Tarian Randai

Pada dasarnya Tari Randai sendiri hanya memiliki satu jenis pola lantai yang selalu digunakan. Namun, pada gerakannya penari juga akan membuat pola gerakan kaki sehingga mengubah pola lantai yang digunakan. Lalu, apa saja pola yang digunakan? Berikut ulasannya:

1. Lingkaran

Tarian Randai satu ini menggunakan pola lingkaran yang selalu dilakukan oleh penari Randai. Pola ini sendiri nantinya akan membuat penari membentuk suatu lingkaran pada pertunjukkan tari.

2. Pola Sejajar

Pola berikutnya yang dilakukan dalam tarian ini adalah pola sejajar. Biasanya tarian ini akan dilakukan dalam waktu singkat. Nantinya pola ini akan dilakukan saat penari akan mengubah posisi antara penari satu serta lainnya.

Baca Juga: Tari Rara Ngigel


Mengenal Gerakan Tarian Randai

Mengenal Gerakan Tarian Randai

Keberagaman gerakan dalam Tarian Randai memang cukup banyak dapat ditemui. Kombinasi yang ada dalam tarian ini tentu menjadi faktor utama gerakan Tari Randai bisa begitu bervariasi.

Gerakan dalam tarian ini bahkan memiliki 11 variasi gerak yang nantinya akan dilakukan penari. Berikut ini adalah 11 gerakan diantaranya:

1. Gerak Vibrasi

Gerak vibrasi menjadi salah satu gerakan yang dapat ditemui dalam Tarian Randai ini. Pada gerakan ini nantinya penari akan menggerakkan hampir seluruh bagian tubuh meniru gerak balah karambia atau pun tupai bugalui.

2. Gerak Jatuh serta Bangun

Pada gerakan lain yang ada dalam tarian ini disebut sebagai gerak jatuh bangun yang akan dilakukan saat injak baro. Nantinya pada gerakan ini penari akan menjatuhkan diri kemudian kembali berdiri. Namun, hal ini akan dilakukan penari dalam tempo yang cukup cepat.

3. Gerak Berputar

Variasi gerakan berikutnya adalah gerak berputar dalam tempo yang mengikuti ritme dari musik pengiring tarian. Nantinya penari akan melakukan gerakan memutar tubuh ke kanan serta kiri.

4. Gerak Patah-patah

Melakukan gerakan patah-patah juga akan menjadi variasi gerakan lain dalam Tari Randai. Pada porsi gerakan ini nantinya penari akan membuat gerakan patah-patah sehingga membuat tarian tampak lebih unik dengan karakter kuat serta dinamis seiring musik pengiring.

5. Gerak Mengayun

Gerakan berikutnya adalah gerak mengayun yang juga akan dilakukan penari dalam tarian ini. Nantinya penari akan melakukan gerakan mengayunkan tangan kemudian diikuti seluruh tubuh. Gerakan ini sendiri akan memiliki kemiripan gerakan seperti tengah menimang bayi.

6. Gerak Tangan Kendor

Pada gerakan ini nantinya akan menjadi gerakan yang membuat gerak satu dan lainnya memiliki keterkaitan. Hal inilah kemudian yang membuat gerak tangan kendor ini harus dilakukan dengan tepat.

7. Gerak Mengalir

Gerakan unik lain dari tarian ini disebut gerak mengalir. Nantinya pada gerakan ini penari akan melakukan gerakan yang dibiarkan mengalir begitu saja mengikuti irama musik.

8. Gerak Lokomotor

Lokomotor menjadi nama gerak berikutnya yang dapat ditemui dalam Tari Randai. Pada gerakan ini nantinya penari akan melakukan gerakan pencak silat yang tentu saja khas Minangkabau. Hal inilah yang membuat gerakan ini tampak begitu attractive.

9. Gerak Membumi

Gerakan berikutnya adalah gerak membumi yang mengharuskan penari melakukan gerakan kuda-kuda. Pada gerakan ini nantinya akan membuat posisi badan dari penari lebih rendah mengikuti gravitasi dari bumi. Nantinya gerakan inilah juga yang akan memberikan kesan lebih dramatis dalam tarian.

10. Gerak Menahan

Menahan menjadi gerakan unik berikutnya yang dapat ditemui dalam tarian tradisional Minangkabau ini. Pada gerakan ini nantinya penari akan melakukan gerakan lompatan di udara. Penari pun juga akan berusaha bertahan di untuk tetap dalam posisi di udara untuk beberapa detik.

11. Gerak Melayang

Gerakan terakhir dalam tarian ini adalah gerak melayang. Pada gerakan ini nantinya akan menjadi gerak terakhir yang dilakukan setelah gerak membumi. Biasanya gerakan ini sendiri akan dilakukan dengan lompatan atau bisa juga yang lain.


Keunikan Tarian Randai

Keunikan Tarian Randai

Tarian Randai ini memang menjadi salah satu tarian tradisional yang memiliki keragaman dan keunikan dalam berbagai sisinya. Lalu apa saja sih keunikan yang dapat ditemukan dalam tarian ini? Berikut 2 diantaranya:

1. Gerakan

Tentunya gerakan yang ada pada Tarian Randai ini menjadi keunikan tersendiri. Adanya berbagai macam variasi gerakan dengan filosofi yang berbeda membuat tarian satu ini memiliki ciri khas dalam setiap pertunjukannya.

Apalagi dalam setiap gerakan yang dilakukan dalam tarian ini pun memiliki makna tersendiri. Bahkan dalam beberapa gerakan juga menjadikan tarian ini semakin unik dalam setiap pertunjukannya.

2. Musik

Iringan musik tradisional dari Minangkabau juga menjadi daya tarik lain dari tarian satu ini. Mulai dari gendang hingga talempong menjadi alat musik yang dapat ditemui dalam tarian ini.

Tentunya dengan adanya iringan musik tradisional khas dari Minangkabau ini akan menjadikan gerakan lebih padu. Apalagi bila dapat dilakukan penari dengan elok dan luwes dalam pertunjukkan.


Menilik Fungsi Tarian Randai

Menilik Fungsi Tarian Randai

Tentunya Tarian Randai juga memiliki fungsi dalam penciptaannya. Apalagi bagi masyarakat Minangkabau Sumatera Barat sebagai pemilik asli terciptanya tarian ini. Fungsi yang ada dalam tarian ini sendiri terbagi menjadi 2 yang diantaranya adalah:

1. Sebagai Hiburan

Pada era modern ini sendiri Tarian Randai menjadi kesenian tari yang penting bagi Indonesia. Tarian ini sendiri biasanya digunakan sebagai tarian untuk menyambut para tamu yang datang ke Minangkabau Sumatera Barat.

Hal inilah kemudian yang membuat tarian ini menjadi jenis kesenian yang sebenarnya sangat perlu untuk lebih dikenal masyarakat luas. Apalagi dengan beragam keunikan gerak yang ada dalam tarian ini.

2. Sebagai Penyampai Kabar

Fungsi lain dari tarian ini tentunya adalah sebagai penyampai kabar atau pun yang sering disebut cerita rakyat oleh masyarakat. Melalui tarian ini nantinya cerita rakyat akan disampaikan dalam bentuk gurindam serta syair-syair yang indah.

Berbagai cerita rakyat dari Sumatera Barat tentu menjadi kabar utama yang sering disampaikan kepada pendengar. Tentunya disertai dengan tarian elok yang ditampilkan penari.

Begitulah tadi sekilas pembahasan terkait Tari Randai dari Minangkabau Sumatera Barat. Tarian ini sendiri memiliki ciri khas yang menjadikannya begitu unik dengan berbagai gerakan yang ditampilkan.

Melalui gerakan inilah nantinya tarian ini juga dapat menyampaikan berbagai filosofi yang ada didalamnya.

 

Tari Randai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.