TARI SALSA: Sejarah, Properti, Asal, Gerakan dan Pola Lantai

Tari Salsa

Tari Salsa – Jenis tarian modern yang ada di dunia ini sangat banyak. Dengan banyaknya jenis tersebut, tentunya semua bisa memberikan keunikan tersendiri untuk para penontonnya.

Tari Salsa adalah salah satu konsep tari modern yang menarik untuk ditelaah dari berbagai sisi dan aspek pendukung dalam tariannya secara menyeluruh.

Saat ini, Tarian Salsa juga menjadi golongan tarian yang diminati banyak kalangan. Hal ini dikarenakan segala aspek pendukung yang ada dalam tarian ini memang menarik. Mulai dari gerakannya, musiknya, bahkan pada propertinya.

Untuk itu, segala aspek yang menarik tersebut akan dibahas dan dijelaskan lengkap di bawah ini:


Asal Tari Salsa

Asal Tari Salsa

Secara khusus, Tarian Salsa ini adalah golongan tarian yang berasal dari Spanyol. Karena berasal dari wilayah tersebut, maka tarian ini secara tidak langsung akan memakai unsur budaya yang ada di Spanyol.

Hal ini akan terlihat dengan jelas pada penggambaran gerak dan iringan musik yang dipakai dalam penampilannya.  Dulu, tarian ini pasti akan memakai musik Spanyol yang menarik dan dinamis.

Namun saat ini, tarian ini bisa ditampilkan dengan jenis musik apa saja namun tetap sesuai dengan gerakannya.  Bagi yang sedang mendalami tarian ini, maka secara tidak langsung juga akan merasakan unsur Spanyol yang kuat di dalamnya.

Baca Juga: Tari Saman


Sejarah Tari Salsa

Sejarah Tari Salsa

Menurut catatan sejarah, tarian ini dibuat oleh orang Spanyol yang berasal dari Karibia. Selain itu, imigran Spanyol yang tinggal di Amerika juga turun serta dalam pembuatannya.

Setidaknya sejarah inilah yang dipercaya paling banyak orang. Namun sebenarnya, sejarah jelas dari tarian ini masih sering diperdebatkan.

Banyak pihak yang percaya jika tarian ini berasal dari wilayah Kuba. Sedangkan sebagian lainnya percaya jika Amerika Utara adalah asal tarian ini.

Terlepas dari perdebatan tersebut, tarian ini masih terus eksis sampai sekarang. Bahkan, tarian ini juga sudah dikembangkan oleh komunitas Latin yang ada di Amerika.


Properti Tari Salsa

Properti Tari Salsa

Komponen properti tentunya penting untuk setiap tarian. Tari Salsa ini juga memerlukan beberapa properti mendasar yang harus ada dalam pertunjukannya. Jika salah satu properti tidak ada, maka tariannya tidak bisa ditampilkan secara lengkap dan menyeluruh. Berikut beberapa jenis properti yang bisa dimanfaatkan:

1. Kostum Penari

Komponen properti pertama yang akan dipakai oleh penari adalah kostum. Secara khusus, kostum yang dipakai penari adalah kostum modern yang kekinian.

Untuk penari pria, biasanya akan memakai celana panjang dan kemeja yang diisi dengan beberapa ornamen. Pakaian ini akan pas di badan penari pria namun tetap mudah untuk bergerak saat dipakai.

Kemudian untuk penari wanita, biasanya akan memakai gaun dengan berbagai bentuk. Semakin menarik baru, maka penari wanita juga akan semakin anggun.

Biasanya, gaun yang dipakai penari wanita memiliki warna yang mencolok. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat penari semakin menonjol.

2. Sepatu Khusus

Sepatu yang dipakai penari juga bukan sepatu sembarangan. Agar bisa menghasilkan pergerakan yang mudah, maka sepatu penari pria ini akan dibuat khusus seperti sepatu pantofel.

Selain itu, sepatu penari pria ini juga tidak jauh berbeda dengan sepatu penari swing. Hal ini dikarenakan tarian ini juga memiliki unsur swing di dalamnya.

Sedangkan untuk penari wanita, maka akan memakai sepatu hak tinggi. Dengan memakai sepatu jenis ini, tentunya penari tidak akan terlalu mudah dalam bergerak.

Namun karena penari sudah profesional, setiap pergerakannya tetap akan mudah. Dengan memakai sepatu jenis ini, maka tampilan penari akan lebih menarik.

3. Aksesoris

Komponen aksesoris juga diperlukan dalam tariannya. Tentunya ada beberapa komponen aksesoris yang diperlukan penari, khususnya penari wanita.

Biasanya, penari wanita akan memakai gelang atau kalung sebagai komponen tambahan. Selain itu, ada juga penari yang memakai komponen bunga di bagian kepalanya agar lebih indah.

4. Make Up

Make up juga menjadi salah satu komponen yang penting dalam tarian. Dengan memakai make up yang menarik, maka penggambaran karakter wanita akan lebih jelas.

Karena tarian ini akan memberikan kesan gembira, maka ekspresi penari juga penting. Make up ini tentunya juga bisa dipakai untuk menunjang ekspresi penari.

5. Iringan Musik

Properti lain yang juga harus ada dalam tarian ini adalah iringan musik. Seperti yang sudah diketahui bersama, tarian ini akan memberikan kesan gembira di berbagai pertunjukannya.

Oleh sebab itu, pemilihan musiknya juga penting. Untuk tarian ini, tidak ada aturan khusus dalam pemilihan lagu yang akan dipakai.

Asal musiknya menarik dan bisa dipakai dalam tarian, maka bisa dipilih. Jadi lagu apa saja tetap bisa dipakai dan dimanfaatkan.

Dengan adanya iringan musik ini, maka penari bisa memakainya sebagai acuan dalam bergerak. Tanpa adanya musik, maka tarian ini tidak akan pernah bisa ditampilkan secara menarik.

Baca Juga: Tari Samba


Pola Lantai Tari Salsa

Pola Lantai Tari Salsa

Untuk pola lantainya sendiri, Tari Salsa ini fokus pada ketukannya. Secara khusus, tarian ini akan memakai empat ketukan yang diulang menjadi dua bar.

Kemudian untuk polanya, penari akan memakai pola lantai tiga langkah untuk tiap bar. Setiap empat ketukan tersebut, akan ada satu ketukan yang dilewatkan dan diganti dengan gerakan lainnya.

Biasanya, gerakan yang paling umum untuk menggantinya adalah tendangan, hentakan kaki, atau sentilan. Dengan adanya pola ini, maka akan terlihat dengan jelas ketukan yang dipakai penari untuk tiap perpindahannya. Hal ini tentunya bisa menciptakan pola lantai yang menarik dalam setiap penampilannya.

Baca Juga: Tari Sapu Tangan


Gerakan Tari Salsa

Gerakan Tari Salsa

Jika berbicara mengenai gerakannya, Tari Salsa ini memiliki ragam gerak yang dinamis dan unik. kaki dan pinggang adalah dua komponen utama yang pastinya dimanfaatkan dalam gerakan.

Sedangkan untuk komponen geraknya biasanya akan fokus pada tendangan, hentakan kaki, sentilan, dan ragam gerak lainnya.

Gerak dalam tarian ini juga berbeda untuk setiap gayanya. Jika penari memakai gaya Los Angeles, maka gerakannya memiliki standar tersendiri yang jauh lebih susah.

Sedangkan jika penari memakai gaya Kuba, maka gerakannya lebih bervariatif dan lebih mudah. Biasanya, gaya Kuba ini akan dimanfaatkan untuk mendekatkan diri dengan banyak orang.


Keunikan Tari Salsa

Keunikan Tari Salsa

Keunikan tarian ini juga menarik untuk diulas. Komponen keunikannya sendiri muncul dari beberapa aspek berbeda. Dengan memahami setiap aspek keunikannya, maka akan mudah membedakan tarian ini dengan yang lainnya. Penasaran apa saja komponen keunikan yang muncul? Simak penjabarannya berikut ini:

1. Gerakannya Dinamis dan Menarik

Komponen keunikan yang pertama muncul dari komponen gerakannya. Jika dibandingkan dengan tarian lainnya, Tarian Salsa ini jauh lebih dinamis dan menarik dari berbagai sisinya.

Kemudian, unsur romantis juga akan muncul dari berbagai gerakannya. Hal ini tentunya menjadi suatu keunikan tersendiri yang sangat menarik untuk ditonton.

2. Bisa Ditarikan Solo, Berpasangan, atau Berkelompok

Keunikan yang kedua adalah dari sisi penarinya. Sebenarnya, tarian ini adalah tarian tunggal. Namun tarian ini juga bisa ditarikan secara berpasangan dan berkelompok.

Justru jika ditarikan secara berpasangan, maka kesan romantis akan semakin terpancar. Hal ini tentunya sangat unik karena tidak semua tarian membebaskan hal ini.

3. Tarian Dilakukan di Tempat

Berbeda dengan tarian Samba atau Foxtrot, Tarian Salsa ini adalah tarian yang dilakukan di tempat. jadi tidak ada perpindahan penari secara dominan ke segala arah.

Hal yang menjadi fokus tarian bukan pada penguasaan panggungnya. Namun yang menjadi fokus utama adalah pada penerapan geraknya yang menarik.


Fungsi Tari Salsa

MELISSA RYCROFT, TONY DOVOLANI

Seperti jenis tarian lainnya, Tari Salsa ini juga memiliki komponen fungsi yang melekat dalam tariannya. Secara khusus, setidaknya ada dua jenis fungsi yang bisa diamati.

Setiap komponen fungsi akan masuk dalam pementasan tariannya secara menyeluruh. Simak dua jenis fungsi yang ada di bawah ini untuk mengetahuinya:

1. Sebagai Sarana Hiburan

Fungsi pertama yang muncul dalam tarian ini adalah sebagai sarana hiburan. Seperti yang sudah diketahui bersama, tarian ini akan sangat menarik saat ditampilkan dengan segala keunikannya.

Oleh sebab itu, penonton yang menyaksikan komponen tarian ini akan merasa terhibur dengan alunan musik dan gerakan penarinya.

2. Sebagai Sarana Olahraga

Selain sebagai sarana hiburan, banyak juga yang memanfaatkan tarian ini sebagai sarana olahraga. Secara khusus, tarian ini memiliki gerakan yang cepat dan sangat dinamis.

Pergerakan penari juga bisa cepat dengan segala detail yang ada di dalamnya. Saat penari melakukannya, tentu akan ada banyak gerakan dan perpindahan posisi.

Hal ini tentunya bisa membuat badan menjadi sering bergerak dalam tarian ini. Oleh sebab itu, banyak pihak yang akhirnya memanfaatkan tarian ini untuk menjaga kesehatan badan.

Tubuh yang sering bergerak tentunya lebih baik daripada hanya berdiam saja. Selain menyenangkan, tarian ini juga bisa dipakai untuk menjaga kesehatan badan.


Penutup Artikel Tari Salsa

Demikianlah segala penjelasan mengenai Tari Salsa secara lengkap beserta seluruh aspek pendukung di dalamnya. Dengan adanya pembahasan ini.

maka segala komponennya bisa dipelajari tanpa ada yang terlewat. Mulai dari sejarah, properti, gerakan, hingga pola lantainya tentunya menarik untuk diulas dan didalami.

Tari Salsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.