Tari Samba dari Brazil: Sejarah, Properti, Gerakan dan Pola Lantai

Tari Samba Dari Brazil

Tari Samba dari Brazil  – Tari Samba tentunya sudah bukan lagi tarian asing bagi sebagian orang diseluruh dunia. Tarian ini sendiri merupakan tarian nasional dari benua Amerika Latin yang lebih spesifiknya adalah negara Brasil.

Biasanya tarian ini menjadi satu pertunjukkan yang paling dinanti dalam acara carnival Rio de Janeiro. Tentunya tarian ini juga memiliki berbagai macam daya tarik yang kemudian membuatnya berhasil di kenal dunia.

Bahkan Brasil sendiri seringkali diidentikkan dengan Tarian Samba di kancah internasional. Namun, bagaimana sebenarnya asal muasal tarian ini? Simak ulasannya berikut!

Tari Samba


Asal Tarian Samba

Asal Tarian Samba

Brasil memang terkenal sebagai negara sepakbola. Negara satu ini berhasil melahirkan pemain-pemain sepakbola yang luar biasa bahkan telah banyak yang memiliki nama besar di Eropa.

Namun, negara yang ada di Amerika Latin ini pun juga memiliki ciri khas lain selain sepakbolanya yang sukses. Tari Samba tentu menjadi identitas lain yang dikenal dari Brasil dan berhasil diperkenalkan di kancah internasional dengan begitu epic.

Tarian ini sendiri pada dasarnya mulai diperkenalkan pada abad ke 19. Awalnya tarian satu ini dikembangkan dari Choro yang merupakan suatu lagu serta gaya tarian pada masa itu.

Samba sendiri memiliki khas musik Candomble yang berasal dari alat musik untuk berdoa. Nama Samba sendiri juga berasal dari kata Doa. Hal inilah kemudian yang membuat tari Samba cukup identik dengan prosesi keagamaan Afro di Brasil pada masanya.

Baca Juga: Tari Sapu Tangan


Sekilas Sejarah Tarian Samba

Sekilas Sejarah Tarian Samba

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa Tari Samba merupakan tarian nasional dari Brasil. Tarian yang menyajikan gerakan luwes para penarinya ini memang begitu menarik dalam penampilannya. Apalagi kostum yang digunakan oleh para penari.

Tarian ini sendiri memang sudah terkenal sebagai salah satu identitas dari Brasil. Imigran dari Afrika adalah pihak yang pertama kali mengenalkan tarian ini pada masyarakat Brasil.

Pada bahasa Afrika sendiri Samba merupakan kata yang diambil dari Semba yang berarti adalah gerakan untuk menyentuh perut. Hal ini merupakan suatu ajakan untuk menari bersama.

Banyaknya versi yang ada pada setiap daerah di Brasil pada akhirnya membuat sejarah dari tarian ini juga memiliki beragam versi.

Namun, memang pada dasarnya tarian ini menjadi suatu bentuk tarian yang begitu penting bagi masyarakat Brasil sebagai identitas negara.


Mengenal Kostum Tarian Samba

Mengenal Kostum Tarian Samba

Tari Samba dari Brazil ini memang identik dengan kostum nyentrik yang digunakan oleh para penari. Bahkan salah satu unsur dalam tarian ini adalah hal yang bisa dibilang paling menarik dari Tarian Samba. Tentunya selain gerakan para penari dalam setiap pertunjukannya.

Biasanya tarian ini sendiri akan dilakukan oleh para wanita. Tentunya hal ini jugalah yang kemudian membuat kostum dari tarian ini memiliki banyak pemilihan warna. Bagaimana kostum yang digunakan oleh penari Samba? Berikut ulasannya:

1. Pakaian Tari Perut

Kostum seksi yang digunakan oleh para penari Samba tentunya bukan lagi hal asing dari tarian dari Brazil satu ini. Biasanya para penari akan menggunakan pakaian mini dengan bagian perut yang terbuka.

Biasanya pakaian yang digunakan oleh penari akan menggunakan aksesoris-aksesoris cantik. Terkadang penari juga bisa saja menggunakan rok panjang ataupun gaun. Tentunya dengan warna serta desain yang menarik dan penuh warna.

2. Mahkota

Mahkota juga menjadi bagian dari kostum Tari Samba. Setiap penari Samba akan selalu menggunakan mahkota pada bagian kepala. Tentunya hal ini dilakukan untuk membuat penampilan penari tampak lebih anggun dan cantik.

Biasanya mahkota yang digunakan oleh para penari pun juga akan selalu bervariasi. Mulai dari warna hingga bentuk mahkota bisa saja berbeda. Namun, tentunya setiap variasi mahkota akan selalu senada dengan pakaian yang digunakan.

3. Bulu Burung

Adanya hiasan serupa bulu burung juga akan ditemukan pada penampilan Tarian Samba. Biasanya bulu-bulu ini akan digunakan pada bagian kepala di belakang mahkota. Namun, terkadang bulu-bulu burung ini juga akan digunakan para penari di bagian sekitaran lengan atau pun punggung.

Tentunya dengan ukuran yang lebih besar dan juga jumlahnya yang cukup banyak. Bulu yang ada disekitar punggung atau pun lengan ini biasanya akan dibuat menyerupai sayap. Hal ini tentunya juga akan membuat penampilan penari tampak lebih cantik seperti halnya burung merak.

Baca Juga: Tari Sekapur Sirih


Alat Musik dalam Tarian Samba

Alat Musik Dalam Tarian Samba

Musik juga menjadi bentuk ciri khas yang dapat ditemukan dalam Tari Samba. Pada tarian ini memang memiliki irama musik yang khas. Lalu apa saja alat musik yang dapat digunakan dalam Tarian Samba? Berikut ulasannya:

1. Senar

Pada zaman dahulu Tarian Samba ini masih menggunakan alat musik seadanya untuk membuat irama yang indah. Senar atau yang biasa disebut cavaquinho serta berbagai jenis senar gitar adalah alat musik utama.

Tentunya melalui alat musik ini nantinya musik akan tercipta dan memiliki nada yang seirama dengan gerakan para penari.

2. Trombone

Trombone yang merupakan alat musik yang juga menjadi bagian alat musik yang dapat ditemui dalam pagelaran Tari Samba. Alat musik ini mulai digunakan sebagai salah satu alat musik untuk mengiringi Tarian Samba setelah perang terjadi.

Pada trombone sendiri memiliki bentuk mirip terompet sehingga mengharuskan penggunanya meniup alat musik ini untuk dapat menimbulkan bunyi. Kata dari trombon sendiri artinya adalah terompet besar dalam bahasa Italia.

3. Flute

Flute juga menjadi bagian alat musik yang dapat ditemukan dalam tarian nasional Brazil satu ini. Alat musik tiup ini akan memberikan efek suara yang unik saat dibunyikan. Bentuknya mirip seperti halnya seruling yang memiliki lubang-lubang udara pada bagian atas.

Melalui adanya lubang udara inilah nantinya suara yang ditimbulkan akan memiliki irama yang enak untuk didengar. Hal inilah kemudian yang membuat Tarian Samba memiliki irama musik yang indah dan unik saat diperdengarkan.

4. Klarinet

Alat musik lain yang dapat ditemui dalam tarian dari Brazil ini adalah klarinet. Irama musik yang khas dari klarinet tentunya akan membuat kesatuan musik yang lebih unik dengan perpaduan alat musik lain.

Bentuk dari alat musik ini sendiri juga tampak seperti halnya terompet dimana memiliki ujung cukup besar pada bagian sisinya. Sedangkan pada sisi lainnya akan memiliki ujung yang kecil sebagai tempat untuk meniup.

Baca Juga: Tari Selamat Datang


Menilik Keunikan Tarian Samba

Menilik Keunikan Tarian Samba

Amerika Latin memang memiliki ciri khas baik dalam sepakbola maupun tariannya. Tentunya Tari Samba dari Brazil bisa menjadi contoh nyata dari ciri khas negara-negara di Amerika Latin ini.

Tarian Samba sendiri memiliki berbagai macam ciri khas yang pada akhirnya membuat tarian ini dapat dikenal dalam kancah internasional.

Bahkan Tarian Samba seringkali dijadikan sebagai salah satu pertunjukkan dunia dalam pagelaran akbar suatu acara internasional. Lalu apa saja keunikan yang dapat ditemukan dalam tarian ini? Berikut ulasan mengenai keunikan tarian samba:

1. Gerakan

Tentunya gerakan dalam tarian ini adalah ciri khas nyata yang dapat ditemui. Pada tarian ini sendiri menggunakan gerakan ketukan kaki yang cukup cepat sehingga dapat menciptakan irama yang unik.

Pada gerakan lain dari tarian ini nantinya penari juga akan bergerak melenggak lenggokkan pinggul seirama dengan musik yang mengalun. Tentunya gerakan ini akan membuat tarian tampak begitu menarik dalam pertunjukannya.

2. Kostum

Tidak bisa dipungkiri bahwa kostum dari Tari Samba adalah daya tarik utama dari tarian nasional Brazil ini. Pakaian yang seringkali bervariasi dengan desain yang unik membuat tarian ini semakin menarik.

Apalagi dengan adanya tambahan aksesoris seperti halnya bulu burung yang diletakkan pada bagian kepala atau pun lengan. Hal ini tentunya akan membuat penampilan dari penari tampak lebih anggun.

3. Irama Musik

Keunikan lain yang dapat ditemukan dalam tarian ini adalah irama musik yang diperdengarkan. Berbagai macam instrumen dapat didengarkan dalam tarian ini.

Apalagi dengan penggunaan alat musik petik serta tiup yang dipadukan menjadi satu. Tentunya akan menciptakan irama yang penuh semangat dalam pertunjukkan nya.


Fungsi Tarian Samba

Fungsi Tarian Samba

Seperti yang diketahui bahwa setiap seni pasti memiliki fungsinya masing-masing. Pada Tari Samba ini pun juga memiliki fungsi dalam penciptaannya. Hal ini tentunya menjadikan tarian dari Brazil ini begitu spesial. Berikut ini adalah dua fungsi utama dari tarian ini:

1. Hiburan

Tarian ini tentunya menjadi suatu bentuk kesenian yang dijadikan hiburan bagi masyarakat Brazil. Bahkan tarian ini juga seringkali ditampilkan dalam berbagai acara karnaval di Rio de Janeiro atau bahkan acara-acara internasional lainnya.

2. Sebagai Bentuk Protes

Sebagian besar masyarakat Brazil juga menjadikan tarian ini sebagai bentuk protes atas berbagai hal. Mulai dari politik, ekonomi dan hal-hal lain yang memiliki keterkaitan sosial. Hal ini biasanya akan disampaikan dalam suatu pertunjukkan dalam Karnaval Rio de Janeiro.


Penutup Artikel Tari Samba dari Brazil

Itulah tadi sekilas tentang Tari Samba dari Brazil yang identik dengan berbagai macam kebudayaan dari Brazil. Tarian ini juga seringkali dijadikan sebagai bentuk protes atas segala permasalahan sosial yang ada di Brazil.

Tari Samba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.