Tari Tango dari Argentina : Sejarah, Properti, Gerakan dan Pola Lantai

Tari Tango – Berbagai negara di dunia memang memiliki keragaman dan keunikan yang berbeda dalam setiap kesenian tarinya. Tari Tango dari Argentina tentu menjadi satu diantara kesenian tari yang menarik untuk dipelajari.

Tarian berpasangan ini memang menjadi identitas lain dari Argentina dalam kesenian tarinya. Bahkan tarian ini sudah berhasil dikenal di kancah internasional.

Tarian ini tidak jarang juga menjadi satu study pembelajaran tari untuk negara lain. Nah, lalu bagaimana sih sebenarnya tarian Tango ini mulai ada? Simak ulasannya berikut ini:


Asal Tari Tango

Asal Tari Tango

Tentu sebagian besar orang di dunia sudah tidak lagi asing dengan tari Tango. Tarian yang berasal dari Buenos Aires Argentina ini menjadi kesenian tari yang begitu terkenal bahkan di seluruh dunia.

Awalnya tarian ini menjadi satu hiburan tari yang disukai oleh para imigran Eropa, pekerja, budak serta masyarakat kelas bawah di negara tersebut.

Kata Tango pertama kali digunakan dalam tarian ini pada pertengahan abad 17 tepatnya di daerah sungai Plata yang merupakan perbatasan Argentina serta Uruguay. Tarian ini awalnya merupakan kombinasi musik populer Argentina serta Uruguay.

Namun, pada masanya tarian Tango ini pernah mengalami penolakan dari pemerintahan Argentina. Hal ini karena pada masa itu, Tarian Tango ini seringkali menjadi perkumpulan para budak serta masyarakat kelas bawah.


Sejarah Singkat Tari Tango

Sejarah Tari Tango

Tarian yang awalnya merupakan kesenian tari masyarakat kelas bawah di Argentina ini mulai mengalami perkembangan pesat pada abad ke 18.

Hal ini terjadi pada masa terjadinya imigrasi besar-besaran di Argentina. Mulai dari orang-orang Eropa, Afrika bahkan Rusia menjadi bagian dari imigrasi besar yang terjadi di Argentina.

Conventillos saat itu menjadi aula besar tempat pertemuan untuk para imigran ini. Pada akhirnya disini jugalah kemudian tari Tango ditampilkan sebagai pertunjukan tari untuk para imigran.

Melalui adanya pertemuan ini kemudian, Tarian Tango mulai dikenal masyarakat luas dan dipentaskan oleh aktor-aktor dengan nama besar.

Pada 1910 tarian Tango berhasil mencapai New York serta pada 1912 sampai di Paris. Tarian ini kemudian mulai dipentaskan di panggung besar serta elegan di kedua kota tersebut. Gerakan energik dari pasangan penari tentu pada akhirnya menjadi daya tarik utama dari tarian ini.

Tidak heran bila pada akhirnya Tarian Tango ini berhasil mendunia dan bahkan menjadi kesenian tari favorit berbagai kalangan khususnya kalangan atas. Kini pun tarian ini sering kali dipentaskan dalam ballroom elegan di kota-kota besar seluruh dunia khususnya Eropa.


Mengenal Busana Tari Tango

Mengenal Busana Tari Tango

Dikenal sebagai tarian yang energik dan penuh energi, tari Tango ini tentu membutuhkan busana yang tepat supaya penari bisa bergerak bebas.

Pada dasarnya memang tidak ada aturan khusus dalam busana Tango. Namun, tentunya pemilihan busana yang nyaman adalah hal utama. Nah, lalu apa saja busana yang tepat untuk tarian Tango? Berikut ulasannya:

1. Gaun

Gaun adalah pilihan busana yang tepat untuk para wanita penari Tango. Menggunakan gaun yang sederhana dengan desain yang cantik juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan gaun yang terlalu ketat pada bagian kaki.

  Tari Dayak : Sejarah, Properti, Pola Lantai dan Makna Gerakan

Gaun yang terlalu ketat pada kaki akan membuat pergerakan menjadi kurang bebas. Tentunya hal ini akan membuat gerakan tarian Tango jadi tidak bisa maksimal.

Biasanya penari Tango wanita juga akan menggunakan sepatu heels untuk mempercantik gerakan tubuh serta penampilan penari.

2. Pakaian Semi Formal

Bagi penari pria, biasanya akan menggunakan pakaian semi formal untuk mendukung penampilan rapi, menarik namun juga bebas dalam bergerak. Menggunakan jas atau pun hanya menggunakan kemeja pada bagian atas akan membuat tampilan penari tampak gagah.

Sedangkan, pada bagian bawahan biasanya penari pria akan menggunakan celana panjang serta sepatu pantofel warna hitam. Penampilan semi formal ini akan membuat kesan elegan dalam setiap gerakan penari Tango pria.


Pola Gerakan Tari Tango

Pola Gerakan Tari Tango

Tari Tango memang memiliki daya tarik paling utama pada gerakan yang ditampilkan para pasangan penari. Tentunya dalam gerakan ini juga ada pola yang dibutuhkan oleh penari untuk menciptakan suasana yang lebih intim.

Melalui adanya gerakan serta pola lantai khusus inilah kemudian tarian Tango dapat dinikmati oleh masyarakat. Baik dari tarian Tango asal Argentina maupun modern. Lalu, bagaimana gerak serta pola lantai dalam tarian ini:

1. Gerak Tarian Tango

Gerakan dalam tari Tango ini pada dasarnya mengedepankan keseimbangan dan kekompakan dari pasangan. Para penari akan menggerakkan kaki, tangan serta kepala dengan dinamis mengikuti irama bersama pasangan.

Pandangan dari setiap penari Tango pun akan cenderung fokus pada pasangan masing-masing penari. Pada tarian Tango Argentina sendiri setiap gerakan akan tampak lebih dinamis serta intim bila dibandingkan dengan gaya modern yang masih menyisakan jarak.

2. Pola Lantai

Pada dasarnya pada tarian tango tidaklah memiliki pola lantai khusus yang perlu dilakukan oleh penari. Hal ini karena pada dasarnya tarian Tango bahkan bisa dilakukan hanya oleh dua orang atau pun satu pasangan.

Tentunya pola yang akan dilakukan nantinya juga hanya akan merubah posisi tempat menarik antar penari wanita serta pria. Sedangkan, dalam tarian Tango masal hal ini pun berlaku sama. Namun, setiap pasangan diharuskan memiliki jarak antara satu pasangan penari dengan lainnya.


Mengenal Irama dalam Tari Tango

Pada musik Amerika Latin memang khas dengan ketukan musik dalam setiap kesenian tarinya. Hal ini pun juga berlaku pada tari Tango yang menggunakan ketukan 2/4 atau bahkan 4/4 sebagai ketukan irama untuk mengiringi tarian Tango.

Alat musik yang digunakan dalam tarian ini sendiri pada dasarnya memiliki pengaruh besar dari budaya musik Jerman serta Bandoneon. Nah, berikut ini adalah 3 alat musik yang biasa ada dalam tarian Tango:

1. Gitar

Gitar menjadi alat musik pertama yang bisa ditemukan dalam tari Tango ini. Alat petik satu ini menjadi alat musik khas yang sudah digunakan sebagai pengiring tarian Tango sejak dulu. Irama dari gitar ini tentunya juga membuat tarian terasa lebih klasik.

  Tari Pendet Berasal dari ? Sejarah, Properti dan Pola Lantai

2. Biola

Biola juga menjadi alat musik yang dapat ditemukan dalam tarian Tango. Tentu bukan rahasia umum bahwa biola dapat menimbulkan irama yang merdu dan indah dalam setiap gesekannya. Alat musik satu ini juga begitu erat kaitannya dengan musik klasik yang tenang.

3. Flute

Alat musik lain yang menjadi bagian dari irama musik tari Tango adalah flute. Suara yang unik dari flute tentunya akan membuat irama dalam tarian Tango terasa lebih intim dan berkesan. Alat musik tiup ini sendiri juga telah masuk dalam bagian tarian Tango sejak lama.


Keunikan Tari Tango

Keunikan Tari Tango

Sebagai tarian yang telah berhasil masuk dalam berbagai kesenian tari dunia. Tari Tango tentunya memiliki ciri khas serta keunikannya tersendiri sehingga berhasil menarik minat masyarakat dunia untuk mempelajari tarian ini. Nah, berikut ini adalah dua keunikan yang dapat ditemukan dalam tarian Tango:

1. Gerakan

Gerakan tentunya menjadi daya tarik utama yang membuat tarian tradisional Argentina ini begitu menarik di kancah internasional. Pergerakan penari yang dinamis, attractive serta kompak membuat tarian ini begitu menarik.

Apalagi bagi para pasangan kekasih maupun suami istri. Tentunya hal ini jugalah kemudian yang membuat tarian ini berhasil membuat banyak seniman dunia tertarik mempelajarinya.

2. Busana

Uniknya lagi, tarian Tango ini tidak menetapkan kostum khusus bagi para penari. Pakaian apapun bisa digunakan dalam tarian ini selama masih dalam kerapian yang diperlukan.

Tentunya memastikan bahwa pakaian yang digunakan nyaman serta bisa membebaskan gerakan adalah hal utama lain yang dapat ditemui dalam tarian elegan dari benua Amerika Latin ini.


Fungsi Tari Tango

Fungsi Tari Tango

Sama seperti halnya kesenian di berbagai negara lain. Tarian Tango juga memiliki fungsinya tersendiri baik bagi masyarakat Argentina sebagai pemilik asli kesenian maupun bagi masyarakat luas. Lalu, apa saja fungsi dari tarian ini? Berikut 2 ulasannya:

1. Hiburan

Hiburan tentunya menjadi fungsi utama dari tarian Tango ini. Seperti fungsi awalnya yang memang dijadikan hiburan bagi masyarakat kelas bawah. Tarian ini pun masih menjadi pertunjukan menarik bagi seluruh masyarakat Argentina bahkan dunia.

Bahkan kini tarian ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat kelas bawah namun juga telah menjadi pertunjukan kelas atas di berbagai pementasan seni tari. Pada beberapa negara pun juga menjadikan tarian ini sebagai salah satu seni tari untuk dipelajari.

2. Sebagai Terapi

Sebagian besar peneliti bahkan mengatakan bahwa tarian Tango merupakan jenis tari yang mampu menjadi obat. Tarian yang mengandalkan keseimbangan, kedinamisan gerakan ini tentunya membutuhkan kekuatan otot dan konsentrasi.

Hal inilah kemudian yang membuat tarian ini bisa memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada sistem motorik seseorang. Bahkan peneliti OSU mengatakan bahwa tarian ini bisa membantu dalam menyembuhkan kanker.


Penutup Artikel Tari Tango

Nah, itulah tadi sekilas tentang tari Tango dari Argentina yang begitu khas dengan gerakan enerjiknya. Tarian yang awalnya merupakan bagian dari hiburan dalam acara masyarakat kelas bawah di Argentina ini, kini telah mendunia dan menjadi tarian yang begitu menarik.

Tari Tango

Satu pemikiran pada “Tari Tango dari Argentina : Sejarah, Properti, Gerakan dan Pola Lantai”

Tinggalkan komentar