Alat Musik Marakas : Contoh, Gambar dan Cara Memainkan

Alat Musik Marakas – Alat musik marakas juga dikenal sebagai rumba shaker, dimana markas merupakan sebuah alat musik perkusi tangan yang dimainkan berpasangan.

Dimana alat musik ini sudah cukup umum di wilayah Karibia, Amerika Latin dan juga Amerika Selatan. Lalu bagaimana sejarah dari alat musik marakas ini dan bagaimana cara memainkannya? Maka dari itu, yuk simak penjelasan berikut ini!


Daftar Isi Artikel

Sejarah Alat Musik Marakas

Gambar Sejarah Alat Musik Marakas
Gambar Sejarah Alat Musik Marakas
https://www.alatmusik.id/

Pada zaman dahulu, masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Benua Afrika dan juga Amerika Selatan telah menggunakan alat musik marakas ini secata tunggal. Dimana dulunya instrumen ini dimainkan dengan tujuan sebagai alat untuk penyembuhan dalam berbagai macam jenis ritual daerah.

Tetapi yang perlu diketahui adalah, bahwa alat musik marakas ini juga masih menjadi bagian penting dalam berbagai grup musik yang berada di Amerika Latin, misalnya adalah Charanga, Cuba, Rumba, Trova Ensemble, Orkes dan sejumlah band besar lainnya yang juga sering menggunakan alat musik ini.

Hingga pada zaman saat ini, instrumen marakas masih bisa ditemukan di berbagai negara, bahkan keberadaan musik ini juga mempunyai peran penting dalam berbagai musik-musik tertentu. Instrumen marakas dilengkapi dengan pegangan atau yang biasanya disebut dengan kayu silinder, kayu tersebut berfungsi agar marakas mudah digenggam pada saat dimainkan.

Marakas juga mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda-beda, dimana ada yang mempunyai bentuk seperti apel besar, telur kecil dan ada juga yang mempunyai bentuk lonjong.

Sebagai contoh dalam musik latin seperti salsa , marakas yang digunakan adalah marakas uang mempunyai bentuk besar dan juga sedang, biasanya alat musik ini digunakan sebagai pengiring di berbagai acara, misalnya adalah karnaval terbuka.


Pengertian Alat Musik Marakas

Gambar Pengertian Alat Musik Marakas
Gambar Pengertian Alat Musik Marakas
https://felderfans.com

Alat musik marakas merupakan sebuah instrumen musik yang mempunyai bentuk kecil dan pas dengan pegangan tangan siapapun. Alat musik ini dibuat dari bahan kayu atau labu berongga, sedangkan suaranya berasal dari beras atau biji yang digoyangkan.

Di Indonesia sendiri, instrumen marakas bisa dibentuk hanya dengan menggunakan botol bekas dan diisi dengan menggunakan pasir atau beras. Dalam bahasa asing, instrumen marakas ini disebut dengan Maracas, Maracax’a, Maraca’, Mbarak’a dan dikategorikan menjadi salah satu instrumen perkusi.

Hampir di seluruh wilayah Amerika Selatan, Afrika dan Karibia, dimana alat musik ini dimainkan secara tunggal dan digunakan sebagai alat musik untuk media penyembuh dalam proses ritual. Bukan hanya itu, marakas juga termasuk kedalam bagian penting dari musik salsa, cuba, rumba, charanga dan juga trova ensemble.

Alat musik ini masih bisa ditemui di berbagai dunia, biasanya alat musik ini juga digunakan dalam acara orkestra, hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari berbagai musik latin. Adapun cara memainkan alat musik marakas juga sama dengan tamborin, yakni dengan cara digoyangkan.

Apabila dilihat dari jenisnya, alat musik ini mirip dengan Kongo, yakni keduanya merupakan instrumen yang tidak mempunyai nada, kecuali Kongo yang sudah dimodifikasi sehingga bisa menghasilkan sebuah melodi atau nada. Kongo dan alat musik marakas juga biasanya digunakan sebagai backsound atau lagu pengiring.

Marakas merupakan alat musik yang berasal dari Amerika Selatan, dimana instrumen ini dibuat dari labu berongga yang dijahit dan berisikan biji-bijian atau dibuat dari kayu yang berisikan manik-manik.

Bukan hanya kayu saja, melainkan juga bisa dengan menggunakan kelapa, jerami, dan juga plastik yang berisikan biji-bijian atau tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang bisa menghasilkan bunyi apabila bertemu dengan labu kering atau kulit luarnya.

Musik marakas mempunyai ukuran dengan panjang sekitar 25 cm dan berat mencapai kurang lebih 20 gram. Pada setiap alat musik ini juga terdapat satu batang atau tongkat kayu yang mempunyai bentuk silinder dan digunakan sebagai tempat untuk pemegang apabila alat musik dimainkan.


Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Gambar Cara Memainkan Alat Musik Marakas
Gambar Cara Memainkan Alat Musik Marakas
http://jasabacklinkindonesia.com/

Alat musik marakas dimainkan dengan cara diguncangkan, sehingga material yang berada di dalamnya akan membentur dinding dari alat musik dan akan menghasilkan suara yang khas. Tetapi, cara untuk mengguncangkan marakas juga harus sesuai dengan irama dalam ketukan.

Pada awalnya beberapa budaya yang ada di dunia sering menganalogikan bahwa suara marakas disebut sebagai suara gemericik hujan atau ular derik. Hal ini tentunya dikarenakan memang volume gemericik yang ditimbulkan dari alat musik ini bisa lebih keras jika dibandingkan dengan instrumen lainnya.

Lantas bagaimana cara memainkan alat musik marakas? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pilihlah terlebih dahulu dua buah marakas yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhannya. Pada saat memilih marakas, usahakan untuk memperhatikan ukuran dan juga bahannya, hal ini dikarenakan kedua hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas volume nada yang dihasilkan oleh alat musik.
  2. Apabila telah selesai memilih marakas, maka selanjutnya adalah dengan memegang masing-masing instrumen dengan kedua tangan. Dimana posisi dari marakas harus tegak lurus dengan bagian kepala berada di atas.
  3. Setelah itu, goyangkan alat musik dengan pergelangan tangan secara cepat, dimulai dari atas hingga ke bawah.
  4. Kemudian lakukan hal yang serupa, tetapi dengan arah yang sebaliknya (atas). Marakas akan menghasilkan suara meskipun hanya dengan menggerakkannya saja.
  5. Kemudian kita bisa menambahkan kecepatan pada gerakan marakas dari atas hingga ke bawah. Tetapi yang perlu diinginkan adalah bagian kepala dari instrumen ini harus terlihat tegak lurus.
  6. Apabila kalian sudah terbiasa dalam memainkan marakas dengan teknik dasar tersebut, maka anda bisa melanjutkan dengan berbagai macam variasi atau improvisasi tempo, selain itu juga bisa dengan mengkombinasikan dengan berbagai macam tarian sederhana agar terlihat lebih menarik lagi.

Cara Membuat Alat Musik Marakas

Gambar Cara Membuat Alat Musik Marakas
Gambar Cara Membuat Alat Musik Marakas
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Pada penjelasan diatas kita sudah belajar tentang cara memainkan alat musik marakas, bagaimana? Cukup mudah bukan cara memainkannya? Lalu bagaimana sih cara membuat alat musik marakas yang sederhana? Langsung saja simak tutorial berikut ini ya!

Sebelum membuat alat musik marakas yang sederhana ini, maka alangkah lebih baiknya menyiapkan beberapa bahan diantaranya adalah:

  1. Gelas plastik atau botol plastik.
  2. Beras atau biji-bijian.
  3. Plester.

Selanjutnya apabila semua bahan tersebut sudah ada kita bisa langsung membuatnya dengan cara berikut ini!

  1. Beras atau biji-bijian yang sudah disiapkan tadi, masukkan ke dalam botol atau ke dalam gelas plastik.
  2. Plesterlah bagian lubang plastik yang terbuka. Apabila kalian menggunakan botol, maka kalian hanya tinggal menutup botol plastik dengan menggunakan tutupnya.
  3. Pastikan gelas atau botol tersebut telah tertutup rapat, hal ini mencegah untuk beras atau biji-bijian berhamburan keluar.
  4. Alat musik marakas sudah siap untuk digunakan.

Penutup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat musik marakas, dimulai dari sejarah, pengertian, teknik dan cara memainkan, cara membuatnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam mengenali dan memahami tentang alat musik marakas dan semoga penjelasannya dapat dipahami dengan baik!


Alat Musik Marakas
sumber referensi:

https://felderfans.com/alat-musik-marakas/
https://www.alatmusik.id/sejarah/Alat-Musik-Marakas/
https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-marakas/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!