Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan Ulang Tahun

Ucapan Barakallah Fii Umrik – Barakallah fii umrik adalah semoga Allah memberi keberkahan pada umurmu, ucapan ini diberikan kepada yang berulang tahun. Ucapan yang bernuansa islam ini mengganti ucapan happy birthday yang selama ini dipakai semua kalangan termasuk umat islam.

Setelah mendapat ucapan seperti itu, wajib untuk menjawab atau membalas ucapan dengan doa juga. Kebanyakan menjawabnya dengan aamiin. Atau bisa juga dengan menjawab wafiika barakallahu bagi laki-laki yang mendapat ucapan. Sedang bagi perempuan bisa menjawab dengan wafiiki barakallahu, yang arti dari keduanya sama yakni semoga Allah memberi keberkahan padamu juga.


Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berulang Tahun

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal dalam berulang tahun dalam pandangan islam. Hal tersebut mencakup, hukum, larangan dalam perayaan pesta dan anjuran yang baik dalam merayakan hari jadi. Hal ini bermaksud agar umat islam membatasi diri dalam menyikapi hari ulang tahunnya.

Hukum Dalam Mengucap Ulang Tahun

Ada dua hukum yang mengatur dalam pengucapan selamat ulang tahun, yakni dari segi sosial dan agama. Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki hubungan dengan manusia lain, seperti teman, rekan bisnis, keluarga jauh dan lingkungan sekitar. Sebagai contoh dalam riwayat Bukhari Rasulullah SAW juga dulu sering menerima hadiah dan biasa membalas pemberian hadiah.

Dalam hukum agama pun terdapat dua hukum yang berbeda dalam menyikapi ucapan selamat ulang tahun. Pertama ada yang membolehkan atau biasa disebut mubah walau tidak memiliki dalil kuat. Sedang yang kedua mengharamkan ucapan selamat ulang tahun karena tidak adanya dalil dan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah dan juga para sahabatnya.

Yang Dilarang Dalam Perayaan Ulang Tahun

Ketika berulang tahun biasanya manusia merayakan dengan mengadakan sebuah pesta dengan berbagai macam konsep, bahkan ada yang menggunakan jasa EO. Dalam islam ada beberapa hal yang diatur agar tidak melanggar dari ketentuan hukum islam itu sendiri. Di antaranya seperti, musik yang terlalu keras, baju yang memperlihatkan aurat, dan tiup lilin.

Perayaan Yang Dianjurkan Dalam Islam

Ada anjuran yang lebih baik dilakukan untuk merayakan hari jadi, bahkan bisa mendapat keberkahan juga pahala di dalamnya. Sebaiknya yang tengah berulang tahun, mengadakan acara kecil-kecilan, seperti syukuran, salawatan, mengundang anak yatim, berbagi dengan fakir miskin. Atau bisa juga yang berulang tahun mengintropeksi diri, dengan mencatat segala kekhilafan setahun belakangan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Menikah


Kumpulan Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Di bawah ini ada beberapa ucapan yang baik kepada orang yang tengah merayakan ulang tahunnya. Seperti yang telah diuraikan di atas, ucapan yang diberikan lebih baik adalah sebuah doa, hal itupun sesuai dengan yang dianjurkan. Berikut ucapan-ucapan yang islami untuk orang terdekat juga keluarga :

1. Ucapan Untuk Sahabat

“Sahabatku, barakallah fii umrik ya, semoga di hari ulang tahunmu, engkau mendapat keberkahan serta rejeki yang melimpah dari Allah SWT. Namun, tak lupa doa yang terpenting adalah semoga kau selalu sehat dan diberikan iman islam. Menjadi lebih dewasa dan diberikan banyak kesabaran dalam menjalani hidup, aamiin. Selamat ulang tahun sobat.”
“Ied milad sohib terbaikku, bertambah satu tahun lagi usiamu sekarang ini, dan hanya doa yang bisa aku berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan, rejeki yang melimpah dan kesuksesan, serta umur panjang. Dan tak lupa, semoga kau juga diberi keberkahan juga semakin bertambahnya iman dan islam dalam hatimu, aamiin Allahuma aamiin.”
“Milad saeid mubarak sahabatku, Alhamdulillah wa syukurillah, telah bertambah satu tahun umurmu. Doa merupakan hadiah terbaik untukmu, semoga Allah memberimu rejeki yang melimpah, kesehatan jiwa dan raga, serta keberkahan yang luar biasa. Iman islam yang makin kuat tertanam dalam hati, dan selalu tak berhenti untuk berbuat baik pada sesamanya, aamiin.”

2. Ucapan Untuk Suami

“Happy milad suamiku tersayang, satu tahun bertambah usiamu, dan hanya doa yang bisa aku persembahkan untukmu. Semoga Allah memberkahi setiap kau melangkah, memberimu kelancaran rejeki, keselamatan dalam perjalanan serta kesehatan lahir juga batin. Makin sayang terhadap anak dan istri, semakin cinta dengan keluarga dan menjaga kesetiaan serta keharmonisan berumah tangga.”
“Suamiku, barakallah fii umrik, mari kita mengucap syukur kehadirat Allah SWT, karena telah bertambah satu tahun lagi umurmu. Semoga lancar rejekimu, diberi kesehatan yang baik, tambah sayang dengan keluarga, semakin cinta pada anak dan istrinya. Dan semoga menjadi imam yang baik untukku di dunia hingga akhirat aamiin yaa Rabbal alamiin.”
“Ied milad Mubarak suamiku tercinta, kuucapkan alhamdulillahirabbil alamin atas keberkahan yang telah Allah berikan kepadamu. Semoga kau diberi kesehatan lahir batin, rejeki yang lancar dan halal dan keselamatan. Semakin cinta padaku, pada anak-anakmu, tetap menjaga kesetiaan dan semakin sayang terhadap keluarga. Selamat ulang tahun sekali lagi, aku cinta kamu, suamiku.”

3. Ucapan Untuk Istri

“Barakallah fii umrik istriku sayang, Alhamdulillah satu tahun lagi bertambah usiamu. Hanya doa yang bisa kuberikan sebagai hadiah untukmu, semoga kau diberikan kesehatan dan umur panjang, semakin sayang terhadap keluarga, dan semakin cinta padaku. Semoga Allah melapangkan hatimu dengan kesabaran yang penuh, keikhlasan yang besar dan kecantikan, aamiin ya Allah.”
“Satu tahun usiamu bertambah, milad mubarak istriku sayang, hanya doa yang bisa kuberikan untukmu sebagai pengganti hadiahnya. Semoga Allah memberimu kesehatan, iman dan takwa dalam menjalankan kewajibanmu, senakin cinta terhadap keluarga, sayang terhadap anak-anak dan juga sabar terhadapku. Semoga Allah memberkahi segala apa yang telah kau korbankan terlebih untukku, aamiin.”
”Ied milad mubarak, istriku tercinta, satu tahun bertambah usiamu kini, terimalah hadiah kecil dan tak lupa kupersembahkan doa untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan lahir dan batin, memberimu hati yang lapang dan terus bertambah iman islamnya. Dan semoga Allah meridhoi segala usaha yang telah kau berikan untuk keharmonisan rumah tangga kita.”

4. Ucapan Untuk Ibu atau Ayah

“Milad saeid mubarak Ma, selamat ulang tahun, barakallah fii umrik, hanya doa yang bisa kuberikan kepadamu. Semoga kau panjang umur, selalu diberi kesehatan dan semoga Allah memberimu limpahan rahmat dan hidayahNya. Sehat terus ya, Ma, tambah sayang ke cucu-cucunya, kami semua sayang Mama, semoga Mama diberi perlindungan oleh Allah SWT.”[/su_note]

“Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin, puji syukur kehadirat Allah SWT, telah bertambah satu tahun usiamu Bunda, hanya doa yang bisa kami berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan lahir dan batin, bertambah iman dan islamnya, memberi keberkahan dalam hidup. Dan semoga Allah SWT memberimu kelapangan rejeki, dan selalu mendoakan kami, aamiin yaa Rabal’alamin.”
“Ibu, milad mubarak ya, hari ini usia Ibu bertambah satu tahun lagi, terimalah beberapa hadiah keci dan doa dari kami anak-anakmu. Semoga Ibu diberikan kelimpahan rahmat dari Allah SWT, diberi kesehatan yang mumpuni, kelapangan rejeki dan cinta untuk kami. Semakin sayang sama keluarga, tetap mendoakan semua anak-anaknya, aamiin ya Allah.”
“Untuk Ayah kami tersayang, barakallah Yah, milad mubarak, tak ada hadiah yang special dari kami kecuali untaian doa. Semoga Ayah selalu diberi kesehatan, diberi kebahagiaan oleh Allah SWT, dan dilimpahkan rahmat dan rahimNya. Kami sangat menyayangi Ayah, semoga Allah membalas semua peluh yang kau berikan untuk kami, aamiin yaa Allah.”
“Saeid milad mubarak Papa, hari ini adalah hari kelahiranmu, terimalah hadiah kecil dari kami anak-anakmu, sebait doa untukmu. Ya Allah, berikanlah Papa kami kesehatan dan umur panjang, berikan pula Papa kami kkenikmatan iman dan islam, semoga Papa kami diberi keberkahan dariMu ya Allah. Ya Allah, tambahkanlah kebahagiaan dan pahala, aamiin. “
“Barakallah Pak, hanya doa yang  bisa kami berikan untukmu, semoga di hari lahirmu ini, Allah memberikan kesehatan yang melimpah. Semoga Allah memberi ridhoNya untukmu, dilimpahkan rahmat dan rahimNya padamu, diluaskan rejekinya diberi keselamatan serta diberi kemudahan dalam hidup. Sekali lagi selamat ulang tahun untuk Bapak sehat ya, aamiin yaa Rabbal’alamiin.”

5. Ucapan Untuk Saudara

“Kedewasaan tidak selalu identik dengan bertambahnya usia, barakallah fii umrik adikku, semoga Allah selalu melindungi setiap langkahmu. Memberi keberkahan dalam hidupmu, dengan bertambahnya usiamu, semakin bertambah pula keimananmu terhadap Allah, semakin tinggi pula ketaqwaanmu. Semoga Allah memberimu rejeki yang lancar, kesehatan jiwa dan raga dan rejeki melimpah, aamiin Allahuma aamiin.”
“Bertambah lagi usia Abang, barakallah ya Bang, tak ada yang bisa aku berikan selain doa yang aku panjatkan kepada Allah. Semoga Abang selalu diberi kesehatan jasmani dan rohani, terus bertambah iman dan islamnya dalam hati, dan diberi kelapangan rejeki. Tak lupa, semoga Abang semakin dekat dengan jodohnya, aamiin ya Allah.”
“Milad mubarak Kakak tersayang, selamat ulang tahun, semoga panjang umur dan sehat selalu. Hanya doa yang bisa aku berikan untukmu, semoga Allah memberimu rejeki yang melimpah, kemudahan dalam hidup, serta keberkahan di dalamnya. Semoga keimanan dan keislamanmu bertambah dan semakin sayang terhadap keluarga, semoga lekas didekatkan jodohnya, aamin yaa Allah.”

6. Ucapan Untuk Guru

“Untuk guruku tersayang, barakallah ya, semoga Allah memberimu berkah dalam bertambahnya usiamu, selalu diberi kesehatan jasmani dan rohani. Semoga diberikan wasilah dan keberkahan dalam hidup, diberikan kelapangan rejeki dan kelapangan hati, diberikan kesabaran dalam memberikan ilmu yang bermanfaat. Sekali lagi, milad mubarak guruku, semoga Allah selalu menyertai setiap langkahmu, aamiin.”
“Saeid milad mubarak wahai guru kami, di hari ulang tahunmu ini terimalah persembahan dari kami yang tiada artinya ini. Semoga Allah memberimu kesehatan dan kelapangan rejeki, dan semoga juga Allah memberkahi setiap langkahmu, menambah terus keimanan islammu. Sekali lagi barakallah fii umrik, semoga Allah memberikan ridhoNya padamu, aamiin yaa Allah.”

Baca Juga: Ucapan Anniversary


Keutamaan Dalam Ucapan Islami

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik bukan hanya sekedar ucapam yang tanpa arti, sebagai umat islam, wajib mengganti kebiasaan terdahulu. Jika dahulu ramai orang mengucap happy birthday, seperti penjelasan sebelumnya, umat islam mengganti ucapannya menjadi lebih islami. Sedangkan untuk memeriahkan ulang tahun disarankan untuk berbagi dengan para anak yatim piatu dan fakir miskin.

Keutamaan dalam mengucap secara islami ini menitik beratkan akan arti dalam perkataan barakallah fii umrik itu sendiri. Barakallah memiliki arti berkah Allah, sedangkan fiika artinya bagimu, sedangkan umrik berarti umurmu. Maka arti dari keseluruhannya adalah semoga keberkahan Allah untukmu dan umurmu. Sangat indah dan lebih bermakna dibanding dengan ucapan lainnya.

Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan Idul Adha

Kartika Aryani
10 min read

Ucapan Pernikahan

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Motto Hidup

Kartika Aryani
10 min read

Tinggalkan Balasan