Cara Menanam Bunga Mawar

cara menanam bunga mawar

Cara Menanam Bunga Mawar – Salah satu jenis tanaman bunga yang sangat populer bahkan di seluruh dunia adalah bunga mawar. Keindahan bunga mawar mampu memikat banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias bahkan dapat dijadikan sebagai hadiah untuk orang terdekat.

Bunga mawar melambangkan kasih sayang. Tak heran banyak orang memberikan hadiah kepada seseorang dengan bunga mawar ini. Lalu, bagaimanakah cara menanam bunga mawar dengan metode yang berhasil?

Mudah saja sebenarnya untuk menanam bunga mawar. Menanam bunga mawar tidak membutuhkan keahlian khusus, bahkan biaya yang besar dan area yang luas.

Namun, dibutuhkan ketelatenan agar tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan baik. Banyak sekali cara menanam bunga mawar yang sangat mudah dilakukan. Namun, dibawah ini akan diulas cara menanam bunga mawar dengan 2 metode terbaik yang dapat dilakukan sendiri.

Baca Juga: cara menanam jagung


Menggunakan Bibit Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Salah satu cara menanam bunga mawar yang dapat dilakukan sendiri yaitu dengan memulainya menggunakan bibit bunga mawar. Bibit bunga mawar atau sering disebut biji ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu metode yang membutuhkan kesabaran ekstra.

Tidak semua biji tanaman bunga mawar dapat langsung tumbuh menjadi tanaman.  Terkadang, ada beberapa biji yang tidak dapat memberikan hasil yang diinginkan.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan

Menanam bunga mawar dimulai dari bibit pun dapat menghasilkan tanaman bunga mawar yang berkualitas jika menerapkan langkah yang tepat. Bahan yang dibutuhkan untuk menanam bunga mawar dari bibit yaitu:

  • Bibit bunga mawar
  • Air seperlunya
  • Tanah bakar dengan sedikit kompos
  • Pot plastik atau polybag

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Bibit

Menanam bunga mawar dapat dikatakan mudah. Apa saja langkah menanam bunga mawar yang dimulai dengan biji bunga mawar? Berikut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menanam bunga mawar dari bibit hingga panen.

1. Mengumpulkan Bibit Bunga Mawar

Untuk menanam bunga mawar yang menggunakan bibit atau biji bunga mawar pastinya harus menemukan biji atau bibit yang akan ditanam. Menemukan biji atau bibit bunga mawar yang tepat dapat dikatakan gampang-gampang susah. Tingkat keberhasilannya tergantung dari kualitas bibitnya sendiri.

Biji atau bibit bunga mawar ini bisa diambil dari bunga mawar yang setengah matang atau langsung membeli di toko tanaman terdekat.

Namun, bibit atau biji bunga mawar ini memiliki lapisan atau cangkang yang sedikit keras. Mungkin ini dapat menjadi salah satu faktor kegagalan tanaman bunga mawar tumbuh di beberapa kasus.

Maka dari itu, sebelum menanam bunga mawar, rendam terlebih dahulu biji-bijian yang akan ditanam dengan menggunakan air hangat. Sehingga tingkat keberhasilan tumbuhnya tanaman bunga mawar akan lebih besar.

2. Semai Bibit Bunga Mawar

Setelah menemukan bibit yang tepat untuk ditanam, langkah selanjutnya yaitu dengan menyemai bibit bunga mawar. Penyemaian yang cukup dilakukan oleh banyak petani bunga mawar yaitu dengan menyemai bibit bunga mawar ini ke dalam kulkas.

Jika menggunakan kulkas yang sering digunakan pada rumah tangga, biasanya bibit yang akan disemai akan diletakkan di bagian tempat penyimpanan sayuran.

Penyemaian ini biasanya membutuhkan waktu 2 bulanan. Selama melakukan penyemaian, pastikan bibit bunga mawar ini tetap lembab sehingga hasil penyemaian akan lebih sempurna.

3. Menanam Bibit Bunga Mawar

Jika penyemaian telah dilakukan, maka waktunya untuk menanam bibit yang telah disemai. Menanam bibit atau biji bunga mawar ini dapat menggunakan media pot plastik ataupun dengan polybag.

Tanah yang digunakan dapat berupa tanah bakar yang dicampur sedikit kompos untuk membuat tanaman bunga mawar menjadi lebih subur. Media tanah yang digunakan harus dipastikan lembab namun tidak basah.

4. Rawat Tanaman Bunga Mawar

Tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dari potnya. Maka dari itu, siapkan pula pot besar agar dapat memindahkan tanaman bunga mawar. Sehingga tanaman bunga mawar dapat tumbuh subur hingga menghasilkan bunga mawar yang siap dipanen.

Baca Juga: cara menanam kangkung


Stek Batang Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

Bunga mawar masih menjadi hasil panen tanaman bunga terfavorit di berbagai kalangan. Selain memiliki makna kasih sayang, bunga mawar memang memiliki keindahan tersendiri yang mampu memikat banyak orang.

Untuk mendapatkan bunga mawar, bisa dimulai dengan menanam tanaman bunga mawar sendiri. Menanam bunga mawar sendiri sebenarnya sangat mudah dilakukan tanpa membutuhkan keahlian khusus.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk menanam bunga mawar dengan menyetek batangnya.

  • Pot atau polybag
  • Tanah yang dikombinasi dengan kompos
  • Induk tanaman mawar
  • Air seperlunya

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek

cara menanam bunga mawar dengan metode lainnya yaitu dengan menyetek batang tanaman bunga mawar juga tidak terlalu sulit. Banyak orang memberikan rekomendasi cara menanam bunga mawar ini dengan menyetek batang tanaman bunga mawar.

Karena dengan menyetek batang tanaman bunga mawar akan membuat tanaman baru lebih cepat tumbuh dan berkembang. Sehingga bunga mawar siap panen pun akan didapatkan segera.

1. Menyetek Batang Bunga Mawar

Sebelum menyetek tanaman bunga mawar, persiapkan terlebih dahulu jenis tanaman bunga mawar yang diinginkan. Kemudian pilih juga induk tanaman mawar yang akan distek. Induk tanaman bunga mawar ini haruslah memiliki kualitas yang baik agar tanaman dapat tumbuh sesuai yang diharapkan.

Memilih batang bunga mawar yang baik untuk ditanam sebaiknya ambil yang terdekat dengan akar. Perhatikan juga induk yang digunakan ini tidak memiliki kecatatan terutama di bagian kambium.

2. Menyiapkan Bibit Tanaman Bunga Mawar

Induk mawar yang siap untuk ditanam sebaiknya diremdam dengan air agar tetap segar sebelum proses menanam. Siapkan pot kecil atau polybag khusus untuk menanam induk tanaman bunga mawar.

Isi dengan tanah yang telah tercampur dengan pupuk kompos supaya dapat membantu proses pertumbuhan tanaman bunga mawar. Sisihkan sedikit lubang di tengah-tengah pot yang telah berisi tanah untuk tempat induk bunga mawar.

Jika media tanam sudah tersedia dengan sempurna, tancapkan induk tanaman bunga mawar di lubang yang telah disediakan. Pastikan induk mawar ini telah menancap dengan kuat agar tidak mudah tumbang. Jika telah selesai, jangan lupa untuk menyiram tanaman induk yang ditanam.

3. Menanam Induk Mawar Yang Tumbuh

Induk yang berhasil tumbuh biasanya akan berkembang besar sedikit demi sedikit. Jika induk mawar ini telah tumbuh cukup besar dari potnya akan beresiko tumbang ataupun gagal panen.

Untuk menghindari hal tersebut, siapkan lagi pot yang lebih besar agar dapat memindahkan induk mawar yang telah tumbuh ke tempat yang lebih luas. Dengan memindahkan tanaman induk ke pot yang lebih besar pastinya akan mmebantu tanaman lebih cepat berkembang untuk panen.

Jika induk telah dipindahkan ke media yang lebih besar dan sesuai dengan ukurannya, jangan lupa untuk menyiram tanaman induk ini. Rawatlah secara rutin agar tanaman dapat tumbuh dan memberikan hasil panen yang memuaskan.


Itulah cara menanam bunga mawar dengan menggunakan 2 metode terbaik untuk memanen bunga mawar yang diinginkan. Berikan perawatan secara rutin supaya tumbuhan bunga mawar dapat berkembang dan tumbuh subur.

Tidak ada keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menanam tanaman bunga mawar ini. menanam bunga mawar dapat dilakukan oleh semua orang dan untuk keberhasilan sendiri tergantung dari usaha yang dilakukan oleh masing-masing.

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Anggur

Nidaul Jannah
3 min read

Cara Menanam Semangka

Nidaul Jannah
3 min read

Cara Menanam Anggrek

Nidaul Jannah
4 min read

Tinggalkan Balasan