Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal

Cara Mendapatkan Uang dari Internet – Perkembangan zaman semakin maju dengan dibuktikannya era teknologi yang berkembang sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi ini, maka orang bisa mencari uang di internet dengan mudah.

Bagi para pemula tentu mencari cara mendapatkan uang dari internet karena penghasilan di internet bisa dibilang cukup menjanjikan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube


Tips Mendapatkan Uang Dari Internet

Sebelum para pemula mencari uang di internet, para pemula harus membangun niat terlebih dahulu. Jika sudah mantap dengan niat untuk mencari uang di internet, maka tidak ada salahnya untuk mempraktekkan tips untuk mendapatkan uang di internet. Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan uang di internet yang bisa diterapkan.

1. Membuat Portofolio

Sebelum para pemula mencari uang di internet, ada satu hal yang harus dilakukan yaitu membuat portofolio mengenai keahlian yang dimiliki. Membuat portofolio adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh para perusahaan yang merekrut orang secara online. Dengan memberikan portofolio maka perusahaan akan percaya dan merekrut para pemula.

Portofolio bisa dibuat semenarik mungkin dan bisa mendeskripsikan tentang diri para pemula. Di samping membuat portofolio, para pemula juga bisa membuat CV. Membuat CV tidak perlu formal karena beberapa orang membuat CV dengan menarik. Beberapa contoh CV yang menarik bisa didapatkan di internet dengan mudah.

2. Fokus

Di samping memiliki portofolio dan CV, para pemula internet juga harus fokus dalam berbisnis online. Sebenarnya para pemula tidak salah untuk melakukan dua atau lebih bisnis secara online yang dijalankan secara bersamaan. Akan tetapi dengan fokus pada satu pekerjaan, maka hal yang dirasakan jauh berbeda jika dibandingkan dengan dua pekerjaan bersamaan.

Pikiran para pemula juga tidak akan terpecah belah jika fokus pada satu bidang pekerjaan. Hal ini nantinya akan dirasakan jika para pemula menjalankannya secara langsung. Banyak para pemula di luar sana yang gagal dalam berbisnis karena pikirannya terbagi antara bisnis satu dengan bisnis yang lain. Belum lagi dihadapkan dengan pikiran dengan keluarga dan hal lainnya.

3. Belajar Dari Yang Berpengalaman

Jika para pemula memiliki teman atau saudara yang bergelut di bidang bisnis online, maka tidak ada salahnya untuk berbagi mengenai bisnis online. Hal ini dikarenakan teman atau saudara yang berkutat di bidang tersebut tidak segan-segan untuk mengajari para pemula untuk terjun ke bisnis online. Itulah mengapa para pemula harus membangun relasi.

Relasi yang terbangun tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pemula. Dengan orang yang mampu di bidang yang ingin digeluti, maka para pemula bisa berkonsultasi dengan orang yang mampu tersebut. Selain berkonsultasi, orang tersebut bisa mengatasi permasalahan yang dialami oleh para pemula ketika menjalankan bisnis online.

4. Mau Belajar Dari Kegagalan

Guru yang paling baik adalah pengalaman menurut kata pepatah orang bijak. Sering kali banyak orang yang gagal dalam berbisnis online sehingga berhenti dari kegiatan ini. Bagi para pemula, alangkah baiknya jika belajar dari kegagalan yang ada.

Dengan belajar dari kegagalan, maka para pemula bisa mengevaluasi diri dan menghindari kegagalan yang pernah terjadi. Hal ini pula sudah dipraktekkan oleh orang yang sukses di luar sana. Maka dari itu, jangan pernah gagal dalam mencari uang di internet dan jika gagal lagi dalam berusaha maka mencoba lagi. Hal yang paling penting adalah jangan menyerah.

5. Aktif Bersosial Media

Di zaman yang serba online ini, para pemula harus aktif dalam menjalankan sosial media. Hal tersebut dikarenakan sosial media memberikan semua informasi yang dibutuhkan termasuk cara mendapatkan uang dari internet. Jangan sampai sosial media digunakan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat dan mulai untuk mencari informasi terkait mencari uang di internet.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal


Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Jika sudah mengetahui beberapa tips di atas, saatnya para pemula mengetahui beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Cara mendapatkan uang dari internet di bawah ini bisa dibilang mudah untuk dilakukan para pemula. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mendapatkan uang dari internet untuk para pemula

1. Membuat Aplikasi

Para pemula yang menggunakan ponsel android tentu sering melihat beberapa iklan yang ada pada aplikasi tertentu. Misalnya adalah iklan yang ada pada aplikasi chord lagu offline yang mana iklannya bisa mendatangkan keuntungan bagi pembuat aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan aplikasi yang diunduh mencapai ribuan di play store.

Aplikasi-aplikasi yang meringankan pekerjaan manusia dan aplikasi yang mempercantik tampilan Android terkadang juga memiliki iklan. Membuat aplikasi bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Akan tetapi, ada beberapa syarat yang cukup memberatkan bagi para pemula untuk membuat aplikasi Android.

Pertama, para pemula harus belajar programming terlebih dahulu dan menguasai coding untuk membuat aplikasi Android. Sebenarnya ada aplikasi coding yang menyediakan template sehingga para pemula tinggal mengubahnya. Template untuk aplikasi juga tersedia bebas secara gratis di situs seperti Github dan lain sebagainya.

Selain menguasai coding, para pemula juga harus mendaftarkan diri melalui Google Play Store. Untuk link pendaftarannya bisa dicari sendiri di internet. Selain itu, para pemula juga harus mengeluarkan biaya sebesar $25 untuk mendaftarkan aplikasi lewat Google Play Store. Cara ini mungkin sangat memberatkan sebagai pemula.

Akan tetapi jika para pemula sudah menguasai coding dan memiliki uang sebanyak itu, maka tidak ada salahnya jika membuat aplikasi. Sekadar saran untuk yang ingin membuat aplikasi, sebaiknya untuk membuat aplikasi yang unik seperti misalnya Kipas Angin. Aplikasi yang unik seperti itu membuat orang akan penasaran untuk mencobanya.

Selain membuat aplikasi yang unik, para pemula juga bisa membuat aplikasi yang berguna untuk kehidupan manusia seperti aplikasi kalkulator. Aplikasi yang dijual ke Google Play Store akan lebih baik jika tidak meniru aplikasi lain. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak tiruan yang ada di Play Store sehingga tidak mendatangkan keuntungan.

2. Menjadi Youtuber

Jika mendengar kata Youtuber, tentu akan teringat dengan Atta Halilintar, Jess No Limit, dan beberapa youtuber lainnya. Youtube merupakan salah satu media berbagi video yang saat ini digeluti oleh beberapa orang di dunia. Selain berbagi video, website yang satu ini bisa menghasilkan uang dari mengunggah video di Youtube.

Uang yang didapatkan dari Youtube berasal dari iklan yang masuk di dalam video. Para pemula yang kerap mengakses youtube tentu akan menemui iklan ketika menyaksikan beberapa video di Youtube. Hal tersebut karena channel yang disaksikan sedang mendulang uang dari iklan yang ada dari video Youtube yang diunggah.

Untuk cara mencari uang dari internet dengan mengunggah video di Youtube adalah para pemula harus memikirkan konten apa yang ingin diunggah ke Youtube. Akan lebih baik jika dalam satu channel yang dimiliki membahas satu topik saja. Hal ini tidak akan membuat subscriber atau pelanggan cepat bosan dengan konten yang bervariatif.

Akan tetapi jika para pemula ingin memaksakan dengan konten yang bervariatif, para pemula bisa membuat dua channel. Dua channel tersebut bisa membahas topik A untuk channel A dan topik B untuk channel B. Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuat konten di Youtube dan menghasilkan uang dari Youtube.

Para pemula harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 watch time terlebih dahulu. Untuk menyiasati watch time yang tinggi, para pemula bisa membuat konten dengan durasi yang cukup panjang. Mengunggah beberapa konten per minggu dengan durasi 10 menit bisa dilakukan oleh para pemula dalam mencari watch time dan subscriber.

Di samping itu, alat untuk membuat konten juga dibutuhkan oleh para pemula. Alat membuat konten tersebut berupa kamera digital atau kamera dari hp bisa digunakan untuk membuat konten di Youtube. Selain itu, para pemula juga membutuhkan komputer untuk mengedit video. Bagi yang tidak memiliki komputer atau laptop bisa juga mengedit melalui hp.

3. Membuat Ebook

Ebook menjadi solusi untuk membaca buku di era sekarang ini. Hal ini dikarenakan ebook bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Membuat ebook memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan membuat buku.

Kelebihan yang didapatkan jika para pemula membuat ebook adalah memiliki pelanggan setia atau yang bisa disebut dengan subscriber. Sama seperti ketika para pemula mencari uang dari youtube, para pemula juga bisa mencari subscriber dengan mencari subscriber via email. Para pemula juga bisa menggunakan social media untuk menyediakan fitur subscribe.

Untuk cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat ebook ini bisa dilakukan dengan menyiapkan aplikasi untuk mengetik di komputer atau laptop. Para pemula bisa menggunakan Microsoft Office Word atau Libre Office di komputer atau laptop. Siapkan juga aplikasi pengolah gambar untuk membuat cover dari ebook.

Aplikasi pengolah gambar bisa menggunakan Adobe Photoshop atau menggunakan GIMP. Jika sudah menyiapkan kedua aplikasi tersebut, para pemula bisa melakukan riset kata kunci untuk ebook yang dibuat. Ada beberapa website yang digunakan untuk mencari kata kunci, yaitu Google Trending dan Ubersuggest.

Apabila sudah mencari kata kunci yang tepat, para pemula bisa memulai dengan menyusun outline atau kerangka ebook. Dengan menyusun kerangka ebook, maka para pemula bisa lebih fokus pada kata kunci yang sudah di riset. Setelah menyusun dengan baik, maka saatnya untuk menulis ebook yang ingin dibuat.

Di samping menulis, para pemula juga harus mencari gambar yang digunakan untuk ilustrasi ebook. Apabila ebook tersebut berisi tutorial, alangkah baiknya jika menyertakan screenshot untuk mempermudah pembaca dalam memahami ebook. Setelah selesai menyusun ebook, maka para pemula bisa menyimpan ebook ke PDF dan mempromosikan ebook.

4. Membuat Blog

Membuat ebook sepertinya lebih membutuhkan banyak pikiran dan sedikit ribet, maka membuat blog bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. Saat ini blog atau website bisa menjadi media untuk menghasilkan uang dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan orang banyak yang ingin mencari beberapa artikel mengenai website.

Salah satu website atau blog yang laku untuk dikunjungi adalah blog atau website yang menyediakan tutorial tertentu. Website sejenis sangat disukai mengingat kebutuhan orang akan mempelajari hal tertentu sangat banyak. Hal inilah yang membuat website teknologi dan sejenisnya dikunjungi oleh banyak orang.

Untuk membuat blog atau website, para pemula bisa membuatnya dengan modal yang terbatas maupun dengan modal yang besar. Bagi yang memiliki modal yang tidak sedikit, para pemula bisa membuat blog menggunakan layanan blog gratis. Salah satu layanan blog yang gratis dan bisa dicoba untuk menghasilkan uang adalah WordPress dan Blogger.

Akan tetapi jika para pemula memiliki uang yang lebih untuk membuat blog, maka bisa menggunakan jasa hosting dan membeli domain. Setelah itu, pikirkan blog tentang apa yang ingin dibuat oleh para pemula. Blog bisa berisi satu topik atau berbagai topik sesuai dengan keinginan para pemula ingin membuat blog seperti apa.

Jika sudah menentukan topik, maka para pemula bisa menuliskan materi yang ingin ditulis ke dalam blog atau website tersebut. Agar tidak monoton, para pemula bisa menggunakan desain template untuk blog atau website yang dibuat. Ada banyak sekali penyedia template gratis untuk tampilan blog maupun untuk tampilan website.

Salah satu jasa yang mendatangkan uang dari blog adalah Adsense. Adsense untuk blog cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan Youtube dan usaha yang dijalani tidak seberat membuat Youtube. Hal itu pula membuat orang-orang memilih blog dibandingkan memilih Youtube.

5. Menulis Artikel

Saat ini banyak website yang ada di internet dengan tulisan-tulisan yang menarik untuk dibaca. Selain menarik untuk dibaca, tulisan-tulisan di internet juga terkadang bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca. Bagi para pemula yang hobi menulis, tentu saja bisa menyalurkan diri untuk menulis artikel di beberapa website.

Kegiatan menulis artikel seperti ini sudah mulai dilakukan oleh orang-orang yang ingin mencari uang hanya dengan menulis artikel. Tidak ada salahnya untuk menyalurkan kegiatan hobinya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Setidaknya dari hobi tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bagi para pemula yang ingin menulis artikel, tentu ada beberapa hal yang disiapkan salah satunya adalah komputer atau laptop untuk mengetik. Jangan lupa laptop atau komputer tersebut sudah dipasang dengan aplikasi yang digunakan untuk mengetik seperti Microsoft Word. Selain itu, para pemula juga harus menyediakan koneksi internet.

Koneksi internet tidak harus yang cepat, yang penting koneksi internet tersebut berguna untuk mengunggah artikel serta mencari referensi. Referensi tersebut digunakan sebagai bahan untuk menulis artikel ketika para pemula tidak tahu ingin menulis apa. Tidak hanya menyiapkan laptop dan koneksi internet saja, tetapi sediakan rekening bank.

Rekening bank ini berguna untuk pembayaran penulis nantinya. Setelah beberapa hal sudah disiapkan, para pemula tinggal mencari website yang membuka penulis artikel baru. Misalnya seperti UC News, Jalan Tikus, Sribulancer, dan lain sebagainya. Selanjutnya para pemula bisa mendaftarkan diri ke website tersebut untuk menulis artikel.

Selain itu ada juga beberapa jasa penulisan artikel yang membuka penulis baru yang ingin bergabung ke sana. Untuk itu para pemula harus mencari informasi jasa mana saja yang membuka lowongan untuk penulis baru. Dengan itu, para pemula yang hobi menulis bisa menyalurkan hobi dan bakatnya untuk mencari uang dari internet.

6. Mengerjakan Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bidang yang akhir-akhir ini dapat mendatangkan uang. Hal ini dipelopori oleh website yang bernama 99design yang mana siapa saja bisa bergabung ke website tersebut untuk berkompetisi dalam desain grafis. Tentu saja yang menang dalam kompetisi tersebut akan mendapatkan uang.

Banyak orang-orang yang memiliki bakat dalam desain grafis dan terjun ke beberapa website seperti 99design dan sejenisnya untuk mencari uang. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi para pemula yang sedang mencari cara mendapatkan uang dari internet. Sama seperti menulis artikel, para pemula yang hobi menggambar bisa menyalurkan hobinya.

Mengerjakan desain grafis dan mengunggahnya ke internet memang tidak mudah dan ada beberapa peralatan yang dimiliki oleh para pemula. Pertama, para pemula tentu saja harus memiliki komputer atau laptop yang mampu untuk melakukan desain grafis. Komputer atau laptop tersebut tentunya harus berspesifikasi tinggi agar tidak ada gangguan saat membuat desain.

Untuk yang kedua, para pemula harus menguasai terlebih dahulu aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain grafis. Aplikasi yang banyak digunakan orang untuk membuat desain grafis adalah Corel Draw. Para pemula setidaknya harus menguasai dasar-dasar dari aplikasi tersebut dan sisanya bisa belajar sendiri dari internet.

Jika kedua persyaratan tersebut sudah dimiliki, para pemula tinggal mendaftarkan diri ke website 99design dan sejenisnya. Ketenaran 99design membuat banyak website sejenis yang memungkinkan orang-orang untuk mengunggah desain grafis. Para pemula tinggal mendaftar saja ke website tersebut dan mencari orang yang membuka submisi.

Submisi yang dimaksud di sini adalah submisi mengenai desain grafis yang bisa diikuti oleh banyak orang yang bergabung di 99design. Ada banyak submisi atau kompetisi yang bisa diikuti oleh para pemula. Jika beruntung, para pemula bisa mendapatkan uang dari memasukkan desain grafis ke website tersebut.

7. Menjual Foto

Fotografi juga menjadi salah satu bidang yang akhir-akhir ini diikuti oleh banyak orang di Indonesia. Hal ini juga didukung oleh beberapa tempat wisata yang sangat bagus untuk objek fotografi. Ketenaran dunia fotografi ini juga dipengaruhi dengan banyaknya orang yang berburu foto dengan berbagai objek yang ada di Indonesia.

Foto yang dijepret dari berbagai objek ini bisa dijual ke berbagai situs seperti misalnya Shutterstock. Banyak orang yang sudah mulai menjual foto ke situs tersebut. Hal ini membuat foto yang dijepret oleh para fotografer tidak dibiarkan sia-sia di memori dan bisa menghasilkan uang dengan mengunggah ke situs tersebut.

Banyak website yang memberikan komisi mencapai 70 persen untuk setiap foto yang diunduh oleh orang-orang yang mengunjungi web stok foto. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan bagi para pemula yang ingin mencari uang dari internet. Untuk mencari uang dengan menjual foto, ada beberapa peralatan yang harus dimiliki oleh para pemula.

Para pemula harus memiliki yang namanya kamera terlebih dahulu. Kamera yang dimiliki tidak harus mahal-mahal, para pemula bisa menggunakan ponsel sebagai kamera. Hal ini dikarenakan ponsel di zaman sekarang memiliki kamera kualitas tinggi. Hasilnya tentu jangan ditanya karena hasilnya hampir menyamai foto dari kamera profesional.

Selain itu, para pemula juga harus menguasai teknik untuk fotografi agar hasil yang didapatkan bisa lebih disukai banyak orang. Teknik fotografi ini bisa dipelajari dari berbagai website atau di Youtube atau juga bisa dipelajari dari orang terdekat. Hal yang menentukan foto yang diunggah bisa laku adalah teknik fotografi yang dimiliki oleh para pemula.

Baru setelah menguasai teknik fotografi dan memiliki kamera, para pemula bisa mengunggah ke website penyedia foto. Ada banyak website yang mana bisa dicari sendiri di internet untuk websitenya. Daftarkan diri dan unggah foto di website tersebut kemudian dapatkan hasilnya dari download dan para pemula bisa membagikan foto tersebut ke sosial media.

8. Mengikuti Afiliate Marketing

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet dengan bermodalkan koneksi internet dan laptop adalah mengikuti afiliate marketing. Untuk memudahkan para pemula dalam mengerti afiliasi, jadi afiliasi ini bisa diibaratkan dengan membantu menjualkan produk atau seperti halnya makelar rumah.

Dengan membantu menjualkan sebuah produk, para pemula bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Uang yang didapatkan merupakan kesepakatan dari yang menjualkan dengan makelar. Produk yang dijualkan untuk program aplikasi ini bisa beragam, tapi yang paling sering adalah meminta untuk mengunduh aplikasi.

Beberapa dari para pemula tentu pernah mendengar pulsa gratis hanya dengan mendownload aplikasi. Kemudian para pemula akan diminta untuk mendownload dan memasukkan kode referal. Hal itu merupakan salah satu contoh program afiliasi yang sering ditemui. Dari sini, para pemula tidak membutuhkan modal untuk mengikuti program afiliasi.

Modal yang dibutuhkan tentu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu koneksi internet dan alat untuk mengakses internet seperti hp atau laptop. Selanjunya, para pemula bisa mencari di internet beberapa website yang membuka program afiliasi. Kemudian website tersebut akan memberikan link referal yang nantinya akan para pemula sebarkan.

Para pemula bisa menyebarkan melalui sosial media atau melalui blog yang dimiliki oleh para pemula. Dari sini, para pemula bisa membuat strategi penawaran yang menarik dengan tujuan agar orang lain bisa tertarik untuk mencoba program tersebut melalui link yang disebarkan. Dengan orang mengklik link tersebut, para pemula akan mendapatkan keuntungan.

Dalam membuat link afiliasi yang menarik, sebisa mungkin para pemula membuat ajakan yang mampu membuat orang tertarik untuk mengklik link tersebut. Setelah membuat ajakan yang menarik, para pemula tinggal menyebarkan ajakan beserta link tersebut ke sosial media atau blog. Cara ini bisa dibilang cukup mudah untuk pemula.

9. Menambang Bitcoin

Mata uang merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari manusia. Uang adalah salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Seiring perkembangan zaman, uang tidak harus berbentuk uang kertas atau uang receh. Uang virtual sekarang ini sudah mulai berkembang dengan adanya Bitcoin dan lain sebagainya.

Bitcoin sendiri bisa dicari dengan melakukan banyak kegiatan, salah satu yang paling ramai dilakukan adalah menambang bitcoin. Menambang bitcoin di rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain. Akan tetapi untuk menambang bitcoin membutuhkan modal yang besar.

Pertama, modal tersebut digunakan untuk membeli VGA yang mana VGA tersebut digunakan untuk menambang koin di internet. Modal yang kedua adalah menaikkan tarif listrik rumah dikarenakan menambang bitcoin membutuhkan daya listrik yang tinggi. Setelah modal listrik, modal selanjutnya adalah komputer yang digunakan untuk menambang.

Agar perangkat untuk menambang lebih dingin, para pemula bisa membeli AC. Selain melakukan mining dengan metode solo mining tersebut, para pemula juga bisa menambang bitcoin dengan menggunakan cloud mining. Cloud mining jauh lebih irit biaya jika dibandingkan dengan solo mining karena modal yang dikeluarkan lebih sedikit.

Modal yang dikeluarkan tentu digunakan untuk sewa alat mining yang bisa diakses kapan saja dari jauh. Selain lebih murah, cloud mining juga tidak memberatkan pemula karena mudah untuk digunakan dan tidak perlu melakukan setting. Akan tetapi para pemula yang ingin menggunakan cloud mining harus berhati-hati.

Hal ini karena banyak situs cloud mining palsu yang memberikan hasil yang cepat untuk mendapatkan bitcoin tetapi beberapa waktu berikutnya langsung tutup. Jika lebih teliti lagi, para pemula bisa mencari website cloud mining yang terpercaya seperti Hashflare, Genesis, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Kesimpulan

Internet merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk mencari uang. Ada banyak cara mendapatkan uang yang bisa didapatkan dari internet seperti beberapa contoh yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dimiliki sebelum mencari uang di internet salah satunya adalah rekening bank.

Rekening bank digunakan untuk mendapatkan kiriman uang dari penghasilan melalui internet. Selain rekening bank, beberapa perusahaan membutuhkan portofolio dan CV sehingga hal tersebut sangat penting untuk dimiliki. Tidak cukup sampai di situ, para pemula harus mantap dan tekun untuk bisa menghasilkan uang dari internet.

Tinggalkan Balasan