Cerpen Tentang Persahabatan

cerpen tentang persahabatan

Cerpen Tentang Persahabatan – Cerpen tentang persahabatan adalah cerita pendek yang mengulas kisah-kisah persahabatan antara satu orang dengan yang lainnya. Tidak saja anak-anak orang dewasa pun suka membaca cerita persahabatan. Jenis dongeng maupun cerpen persahabatan adalah bentuk komunikasi yang hangat dan membahagiakan. Persahabatan lambang kebersamaan antara dua sosok manusia.

Cerpen tentang persahabatan selalu menyajikan cerita yang menarik karena ada pasti ada cerita unik dibalik persahabatan. Setiap orang pasti memiliki persahabatan SD, SMP maupun SMA. Berikut ada beberapa contoh cerpen yang mengisahkan cerita persahabatan sangat cocok untuk anak-anak.


Contoh Cerpen Tentang Persahabatan

Dibawah ini adalah contoh cerpen tentang persahabatan sejati anak SMP dan SMA yang sangat menarik untuk disimak dan dipahami untuk anak-anak yang memiliki sahabat di sekolah dapat dijadikan pelajaran.


1. Cerpen Persahabatan Sejati

Cerpen Tentang Persahabatan

Cerita dibawah ini menceritakan tentang persahabatan dua pemuda. Dari kecil persahabatan mereka selalu dilalui bersama tidak terpisahkan. Namun lihat peristiwa sedih yang menimpa persahabatan  sejati ini.

Cerpen Persahabatan Sejati

Ku Ukir Di Pasir

Mereka bercerita cukup panjang, dan terlihat sangat serius tidak seperti biasanya. Jika mereka bertemu selalu berakhir tawa dan wajah kebahagian. Ia sangat menyayangi sahabat sejatinya itu. Tiba-tiba terdengar suara tamparan. James menampar Beny.

Terdiam, lalu Beny mengatakan terimakasih kawan engkau telah membuatku terluka. Bukan itu maksudku Beny! Percayalah semua itu salah kembalilah Beny aku akan membantumu dari jeratan itu.

Kedua pergi meninggalkan tempat itu dan kembali. Keesokan harinya ia pergi bersama temannya yang lain untuk berenang di danau yang sangat indah itu. Dan meninggalkan james di dalam mes bersama teman yang lainnya.

Ketika terbangun ternyata dilihatnya temannya yang lain menyelamatkan Benny yang tenggelam di danau. James berlari dan melihat sebuah tulisan di pasir bertuliskan, James terimakasih telah menyadarkanku.

Apa yang terjadi. Mereka membawanya ke Mes untuk mendapatkan pertolongan pertama. Sambil membawa dan menggendong tubuh Beny, James mengoceh tidak karuan apa yang engkau lakukan Beny maafkan aku telah menyakitimu. Aku ingin engkau kembali seperti dulu.

Lalu tim sar memberikan pertolongan akhirnya Beny sadar. Sambil menangis James memeluk Beny maafkan aku. Apa yang kau lakukan James kata Beny.

Engkau membuatku takut kehilanganmu. Akhirnya mereka berpelukan aku menulis di pasir tentang apa yang kau lakukan padaku agar aku tidak merasa disakiti olehmu.

Terimakasih telah menyelematkanku aku akan ingat kata-katamu aku akan berhenti menggunakan barang haram itu dan akan menjalani kehidupan seperti dulu. Engkau sahabat sejatiku.

Baca Juga: Struktur Cerpen


2. Cerpen Tentang Persahabatan Di Sekolah

Cerpen Tentang Persahabatan

Cerpen Tentang Persahabatan Di Sekolah

Judul berikut adalah cerita pendek tentang anak smp dengan seorang sahabatnya. Dekatnya persahabatan sampai pada saat yang tidak bisa mereka jalani pun bisa dipertahankan. Sungguh sangat menyedihkan namun berakhir bahagia.

Sebuah kisah persahabatan dua gadis cilik. Mereka selalu saling menyayangi dan saling membantu satu sama lain. Persahabatan mereka terjalin sejak kecil ketika duduk di bangku Taman kanak-kanak hingga saat ini duduk di bangku SMP.

Kemana pun selalu sama, dilakukan bersama karena kebetulan rumah mereka berada di kota yang sama. Membuat mereka juga saling mengunjungi rumah satu sama lain. Kedua keluarga mereka juga mengetahui kedekatan persahabatan kedua anak-anak mereka.

Suatu ketika ada teman mereka yang sangat tidak suka dengan persahabatan mereka. Karena satu hal, ia merencanakan agar dua anak tersebut saling membenci. Aisyah dan fitri tidak pernah bertengkar sama sekali selama bersahabat.

Esoknya mereka sekolah, Aisyah dan Fitri  juga duduk bersama dalam satu meja. Apa –apa dikerjakan bareng, main juga bersama. Tiba-tiba Aisyah kehilangan jam tangan miliknya. Aisyah bertanya kepada Fitri. Apakah ia melihat jam kesayanganya itu

Lalu fitri juga ikut sambil mencari jamnya. Coba lihat dulu di tas kamu siapa tau terselip. Lalu Aisyah mencari jam dalam tasnya ternyata tidak ada. Dan mencari di tas fitri sendiri siapa tau terbawa sewaktu beberes buku saat belajar. Ternyata tidak ada juga

Hei jam kamu hilang ya? Coba cek siapa tahu teman kamu sendiri yang mencurinya. Maksud kamu apa ya? Alah jangan sok suci lo. Coba periksa tasnya sekarang.

Fitri dan Aisyah bingung dan Reina merampas tas Fitri dan mengeluarkan isi tasnya terlihat ada jam miliknya . Mereka pun terkejut. Aisyah menuduh fitri mencuri jamnya dan ia sangat kecewa dengan fitri. Tanpa bicara apapun Aisyah menjauhinya namun akhirnya tetapi ternyata Aisyah mencari tau tentang kebenaranya ternyata Reina telah merekayasa jamnya dan akhirnya ketahuan. Akhirnya Aisyah dan fitri berpelukan kembali dan saling memaafkan. Sahabat ku tidak mungkin melakukan hal yang salah dan aku percaya itu.

 


3. Cerpen Tentang Persahabatan di Sekolah SMP

 

Cerpen Tentang Persahabatan

Cerpen Tentang Persahabatan di Sekolah SMP

Berikut juga tentang persahabatan anak SMP. Kisahnya cukup menarik untuk dibaca dan diresapi agar mengerti arti persahabatan yang sesungguhnya. Meski persahabatan ini terjalin saat SMP namun erat dan saling menyayangi antara mereka sangat tinggi.

Panggil Dia Rina

Namaku Kristina kelas 2 SMP. Aku punya sahabat yang lebih dari segalanya. Kemana aja kita selalu bersama bahkan ketika kelas kami berbeda persahabatan tetap bisa berjalan dengan baik. Kami selalu mengisi kekurangan dan kelebihan.

Suatu ketika ujian sedang berlangsung Rina datang terlambat, lalu guru kami marah dan mengusirnya tanpa berkata apa-apa Rina langsung pergi meninggalkan ruang kelas tanpa rasa ragu. Hatiku tidak tenang ingin berontak kenapa terlambat lagi sih padahal tadi pagi aku telfon supaya jangan terlambat aduh Rina.

Resting pun tiba aku lari kesana kemari mencari sahabatku entah dimana dia. Tepat di kantin pojok kutemukan dia dengan tenang sambil makan dan minum. Rina panggilku. dia pun menoleh kenapa sih terlambat kan tadi sudah aku telfon kamu. Dia tidak menjawab. Aku terus bicara Rina tatap aku kamu kenapa sih? Kenapa akhir akhir ini kamu bersikap seperti ini.

Tidak apa apa. Semua baik baik saja. Enggak pokoknya engkau harus bicara sekarang atau aku tidak akan menganggapmu sebagai sahabat lagi Rina tetap diam dan aku meninggalkannya. Diam diam setelah pulang sekolah aku mengikuti Rina pulang aku ingin tahu siapa yang telah merubahnya. Dan akhirnya tiba di rumahnya aku melihatnya biasa saja bahkan di perjalanan tadi aku tidak menemukan siapapun yang ditemuinya. Sampai aku terdengar suara hentakkan yang sangat keras.

Aku kaget …dan berusaha ingin tahu ada apa?. Untuk mencari tahu dari balik pintu aku mendengar Rina dan ibunya sedang adu mulut hingga menghancurkan semua barang perabotan.

Keesokan pagi aku berdiri di balik pagar rumahnya. Hingga menunggu Rina keluar..tidak lama kemudian Rina keluar betapa kagetnya Rina melihat. Belum sempat mengeluarkan kata-kata aku langsung memeluknya. Mengapa engkau tidak pernah cerita apapun tentang kehidupan dan permasalahanmu bukankah engkau selalu membantuku selama ini aku menangis dan Rina pun bingung.

 


4. Cerpen Tentang Persahabatan Untuk Anak Perempuan SMP

Cerpen Tentang Persahabatan

Cerpen ini menceritakan tentang peristiwa kocak antara persahabatan dua perempuan usia muda. Persahabatan mereka dijadikan momen kebersamaan tanpa harus diketahui orang lain. Walaupun kedua orang tua nya melarang namun persahabatan tetap terjalin.

Cerpen Tentang Persahabatan Untuk Anak Perempuan SMP

Senasib Sepenanggungan

Namaku Dije aku seorang putri ke 3 dari 5 bersaudara ibuku seorang buruh karyawan dan seorang single parent. Dalam hidup aku punya prinsip jalani hidup yang telah ditakdirkan. Bersyukur dan berusaha semampunya. Keseharianku selain sekolah membantu ibuku dirumah.

Aku tinggal di sebuah komplek tidak jauh dari beberapa kawanku yang bernama putri. Tidak jauh beda dengan hanya saja ia masih memiliki ayah dan ibu yang sempurna tentunya. Namun kami merasa hidupnya sama. Harus berjuang demi masa depan yang lebih baik karena berasal dari keluarga yang belum kaya.

Tanpa disadari kejenuhan datang saat ada kemudahan, entah mengapa kami tergiur tanpa berpikir panjang untuk bolos dan main ke pantai bersama teman yang lain dian, Retno dan fitri. Saat kelas kosong bengong dan bingung mau cari kesenangan seperti apa. Akhirnya pilihan jatuh kepada pantai.

Naas kami keciduk guru karena tidak ada di kelas pas jam akhir. Mau tak mau harus dijalani dan diterima hukumanya yaitu kena SP serta pemanggilan orang tua masing-masing merasa bersalah sih atas kejadian itu. Namun seharusnya mereka percaya kami hanya bermain tidak lebih tidak kurang.

Hanya mencari kesenangan menikmati pantai tanpa melakukan hal lain dan aneh. Apa boleh buat kami habis-habisan di marah seharian oleh kedua orang tua. Terutama putri dan aku, sampai-sampai aku dituduh sebagai biang keladi mengajak putri untuk bolos. Sempat renggang persahabatan karena orang tua namun diluar itu kami tetaplah sahabat.

Saat ini alhamdulilah persahabatan tetap terjalin walau rintangan datang menggoda. Namun itulah sahabat dalam apapun kami bersama membuktikan bahwa sahabat tidak ada hubungannya degan perilaku siapapun sahabat tidak akan mempengaruhi pribadi dan diri kami.

Baca Juga: Cerita Timun Mas


5. Cerpen tentang Persahabatan Anak SMA

Cerpen Tentang Persahabatan

Anak SMA adalah waktunya para anak-anak memiliki kawan dan sahabat. Biasanya sahabat tersebut selalu ada dimanapun mereka berada. Nah berikut ini sangat unik, dua sahabat yang terpisah karena kehidupan yang berbeda hingga akhirnya terpisah.

Cerpen tentang Persahabatan Anak SMA

Sahabat Yang Hilang

Aku ingat saat dulu keakraban selalu terjalin diantara aku. Aku orang yang paling susah dekat dengan siapapun sedangkan sahabatku membutuhkan aku karena dia tidak percaya diri di sekolah. Kami saling membutuhkan dan menjadi sahabat. Sekolah bersama bermain dan segalanya bersama.

Tapi itulah meski ia sahabat kami adalah anak-anak yang mengikuti takdir yang dibawa dari keluarga kemana keluarga di situlah kami. Kami terpisah kelas 3 SMP aku harus melanjutkan sekolah di luar kota sedangkan ia merasa putus asa hingga akhirnya memutuskan sekolah di dekat rumah saja.

Tiba akhirnya ia datang ke rumahku setelah beberapa tahun lamanya tidak bertemu. Aku heran mengapa dia sangat merindukan aku. Laila namanya anak yang polos sama cupu nya dengan aku.. namun kegiatan aku saat SMA sangatlah banyak berbeda dengannya yang hanya sekolah dan dirumah.

Malam itu ia tidur di rumahku ia meminta fotoku dan membawanya pulang. Tidak ada yang diceritakan selain kehidupan sekolah masing-masing hingga tiba keesokan harinya aku mendengar dari ibuku kalau Laila nyaris bunuh diri karena hamil diluar nikah.

Aku  bingung mau percaya atau tidak. Tapi itulah adanya. Mungkin itu yang ingin Laila sampaikan padaku malam itu namun mungkin Dia tak tau harus bagaimana. Kasihan dia aku sangat menyesal Mengapa aku tidak bertanya saat itu. Namun sudahlah itu takdirnya padahal 1 tahun lagi kami akan lulus sma namun ia harus terputus karena cintanya.

Itulah contoh cerpen tentang persahabatan yang unik yang terjadi pada anak-anak di SMP dan SMA maupun setelah usia dewasa. Jadikan cerita pendek sebagai wahana pemahaman bahwa berbuat baiklah kepada siapa saja termasuk sahabat yang selalu membantu dan menolong.

Cerpen Tentang Persahabatan

Tinggalkan Balasan