Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah – Dalam dunia Pendidikan kita sebagai mahasiswa tentu tidak akan terlepas dari tugas yang diberikan oleh dosen, entah itu tugas membuat makalah, membuat skripsi atau tugas yang lainnya. Dan yang paling penting lagi selama pemberian tugas juga, pasti memiliki jangka waktu pengumpulan tugas tersebut.

Untuk anda yang sedang mencari contoh cover atau sampul, untuk dijadikan sebagai tugas makalah anda, harus anda perhatikan sebenarnya sampul atau cover makalah itu tidak terlalu penting. Namun yang paling penting adalah isi dari makalah tersebut, Tetapi yang pertama dilihat dari membuat makalah adalah covernya, seandainya covernya menarik, maka orang yang melihat akan jadi tertarik untuk membaca isinya.

Sebelum kamu membuat makalah, seharunya mengetahui terlebih dahulu format makalah yang benar itu seperti apa, tidak boleh asal membuat makalah dengan asal-asalan. Nah ini dia, beberapa poin yang harus diperhatikan dalam menyusun cover makalah itu seperti apa saja, berikut ini penjelasan.


Format Bagian Cover Makalah

Contoh Cover Makalah

Dalam menyusun bagian-bagian urutan, dalam penyusunan cover makalah hampir sama semua dalam tata letaknya baik itu makalah skripsi, penelitian, kuliah dan makalah yang lain-lain. Nah, yang harus harus diperhatikan dalam penyusunan cover makalah ada enam yang pertama adalah.

1. Judul Makalah / Proposal

Dalam pembuatan cover makalah pertama diperhatikan adalah judul, pada judul diletakan pada tengah cover. Serta perhatikan terhadap judul yang hendak anda tulis, karena judul akan memberikan informasi, secara singkat mengenai isi makalah yang anda buat. Jadi, buatlah judul yang baik, menarik, dan jelas untuk langsung dipahami.

Serta dalam penggunaan huruf pada judul, gunakan font standart bisa arial, times new roman atau calibri, jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, serta peletakan judul anda taruh pada bagian tengan atas cover makalah.

2. Tujuan Makalah / Proposal

Tujuan makalah bisa anda letakan pada bagian setelah judul atau pada bagian sub judul, dengan anda menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada huruf judul. Semisal anda tadi pada judul menggunakan huruf ukuran font 14.

Maka pada penulisan tujuan makalah, bisa anda gunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital, pada setiap angkaya. Contoh dalam penulisan tujuan makalah sebagai berikut ” Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Sekolah SMK Al-Qolam Magetan” seperti ini pembuatan tujuan makalah tersebut.

3. Logo atau Gambar Makalah

Pemberian gambar atau logo pada sebuah makalah diletakan pada posisi tengah cover sampul, dengan ukuran panjang dan lebar kalau bisa sama, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar dalam pemberian logo pada sampul makalah.

Pada contoh cover makalah, bagian yang paling mencolok terlihat adalah pada bagian logo atau gambar,  sehingga dalam pemilihan ukuran dan warna yang digunakan pada logo harus disesuaikan dengan makalah. Pada umumnya penggunaan logo makalah, sudah menggunakan logo sekolah masing-masing.

4. Data Penulisan Penyusun Makalah

Informasi dalam penulisan dan penyusunan sebuah makalah, harus sesuai dengan proses pembuatan makalah itu sendiri, jika dalam pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut.

Selain dalam menyusun penulis, dalam sebuah makalah sebagai syarat dalam pembuatan sebuah makalah, maka dalam penulisan juga penyusun. Juga berfungsi sebagai menjaga makalah tersebut, supaya tidak diklaim pembuatan oleh orang lain.

5. Nama Fakultas dan Jurusan

Anda bisa menulis tentang keterangan, mulai dari nama fakultas dan jurusan yang sedang dijalani pada saat ini, anda bisa menulisnuya pada bagian bawah cover makalah. Gunakan huruf kapital sama halnya ketika menulis judul makalah.

Jika penulis sedang kuliah di sebuah Universitas atau perguruan tinggi, maka pada bagian ini, bisa anda tuliskan berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Seandainya penulis masih bersekolah dibangku SMP atau SMA juga sama untuk mencantumkan nama sekolah.

6. Tahun Pembuatan

Pada pembuatan contoh cover makalah yang terakhir adalah harus ditulis data kapan pembuatan cover makalah tersebut telah diselesaikan. Kenapa harus diberi data tahun pembuatan? Untuk memudahkan pembaca tahu kapan makalah tersebut dibuat.


Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah

Setelah anda membaca tahapan dalam pembuatan cover makalah tersebut, maka anda tentunya sudah memiliki gambaran yang lebih jelas dalam membuat cover makalah. Jika anda ingin melihat contoh kata pengantar dan juga beberapa contoh makalah anda bisa klik pada link diatas.

Ini dia contoh cover makalah yang benar, eh bukan yang benar tetapi yang baik dan bagus, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan refrensi dalam mencari contoh cover makalah, beberapa diantaranya Sebagai berikut. 


Contoh Cover Makalah Mahasiswa

Contoh Cover Makalah


Contoh Cover Makalah SMA

Contoh Cover Makalah


Contoh Cover Makalah SMP

Contoh Cover Makalah


Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh Cover Makalah


Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah


Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh Cover Makalah

Nah, jika semisal cover makalah diatas diperuntukan untuk kelompok. Karena makalah yang dibikin dilakukan secara bersama-sama. Jadi, mengikuti saja formatnya diatas.


Contoh Cover Makalah Jenis APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE

Pembuatan contoh cover makalah tergantung pada jenis dan format makalah yang digunakan. Ada empat jenis format penulisan makalah yang diakui secara internasional, yaitu APA, MLA, Chicago/Turabian, dan IEEE. Keempatnya memiliki area penulisan sendiri-sendiri.

Seperti APA untuk makalah penelitian, MLA khusus makalah literasi, Chicago/Turabian untuk makalah bisnis atau sejarah, serta IEEE berfokus pada makalah keteknikan.

Semua format makalah tersebut memiliki aturan pembuatan halaman cover yang khusus, kecuali format IEEE. Ini dikarenakan format penulisan makalah IEEE menyerupai format penulisan untuk jurnal, sehingga judul diletakkan pada halaman pertama makalah.

Di Indonesia sendiri, penulisan dan pembuatan contoh cover makalah masih belum memiliki aturan standar khusus. Namun rata-rata memiliki unsur dan susunan yang hampir sama.

Unsur dan susunan tersebut diperoleh dari hasil adaptasi terhadap format struktur lain yang telah baku secara internasional. Yang ditambahkan juga dengan aturan-aturan tersendiri sesuai dengan kaidah penulisan baku.


Pengertian Dan Contoh Cover Makalah Format APA

Contoh Cover Makalah

APA (American Psychology Association) adalah salah satu standar formatting makalah yang diakui di dunia. Khususnya digunakan untuk makalah-makalah tentang psikologi, pendidikan, dan sosial.

Dibuat pada tahun 1929 melalui publikasi pada Psychology Bulletin dengan memaparkan aturan-aturan dasarnya. Publikasi inilah yang kemudian menjadi dasar dalam APA Publication Manual.

Penggunaan APA format bertujuan agar penulis bisa konsisten dalam menjelaskan mengenai ide dan hasil penelitiannya.

Sehingga pembaca dapat mengikuti alur pikiran penulis dari ide awal yang mendasari kenapa penelitian dibuat hingga hasil akhir yang diperoleh. Jenis format ini mulai banyak digunakan pada bangku perkuliahan.

Aturan standar penulisan format APA menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran huruf 12. Penggunaan spasi double tidak hanya pada halaman cover makalah, melainkan pada seisi makalah. Adapun susunan format APA meliputi cover, abstrak, artikel makalah, dan daftar referensi pustaka.

Dalam contoh cover makalah yang menggunakan APA format, harus bisa menyampaikan informasi mendasar. Mengenai tentang apa, siapa, serta dari mana penulis makalah tersebut berasal.

Adapun unsur-unsur yang terkandung dalam cover makalah untuk APA format dan contohnya adalah sebagai berikut:

1. Running Head Dan Nomor Halaman

Running head atau pada format sistem penulisan di Indonesia lebih dikenal sebagai header, yaitu berfungsi sebagai kepala halaman.

Berisikan judul makalah dalam tulisan uppercase (semuanya huruf kapital atau balok). Dan dituliskan rata kiri dengan aturan penulisan “Running Head: (JUDUL DALAM UPPERCASE)”.

Jumlah karakter dalam running head tidak boleh lebih dari 50 karakter, termasuk spasi antar huruf dan tanda baca. Karena itu diperbolehkan untuk menyingkat judul khusus diletakkan pada running head ini. Bukan memperpendek kata, tetapi membuat judul baru dengan kalimat yang lebih singkat.

Format APA tetap meminta penomoran halaman meski pada cover. Jadi jangan kaget jika melihat makalah yang memiliki nomor halaman. Karena cover merupakan sampul makalah dan diletakkan paling depan, maka nomor halaman yang diberikan adalah 1.

Nomor halaman dituliskan rata kanan, sejajar dengan running head. Aturan peletakan adalah sekitar 1 inci dari tepi atas kertas, meski ada beberapa institusi yang mengizinkan jarak ½ inci. Running head dan nomor halaman akan mengikuti untuk halaman-halaman selanjutnya dalam makalah.

2. Judul

Bagi banyak penulis, penulisan judul adalah salah satu yang paling sulit. Karena judul akan mempengaruhi probabilitas keterbacaan dari makalah yang ditulis.

Suatu judul yang menarik akan semakin mengundang rasa penasaran pembaca. Begitu pula sebaliknya, judul yang biasa-biasa saja akan membuat pembaca pun merasa biasa walaupun bahasan makalah menarik.

Judul sebuah makalah haruslah spesifik, artinya menjurus pada bahasan masalah yang diteliti dalam makalah. Contoh judul yang spesifik adalah seperti “Pengaruh Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Tingkat Penerimaan Pelajaran di SMA Suka Maju 1”. Sedangkan judul yang bersifat lebih umum adalah seperti “Kemampuan Belajar Siswa SMA”.

Cara termudah untuk menemukan judul yang spesifik untuk makalah adalah dengan melihat pada hipotesis dan variabel penelitian.

Dari contoh sebelumnya, hipotesis penelitian adalah kemampuan kognitif siswa mempengaruhi tingkatan penerimaan pelajaran. Serta variabel penelitian independen adalah kemampuan kognitif dan variabel penelitian dependent adalah tingkatan dalam penerimaan pelajaran.

Judul haruslah singkat, banyak yang menyarankan untuk tidak lebih dari 12 kata. Tetapi banyak juga yang memberikan batasan maksimal sampai 20 kata.

Intinya, judul mampu menyampaikan topik utama beserta variabel-variabel penelitian. Tujuan dari penelitian yang dilakukan pun harus dapat terbaca dalam judul tanpa dibutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Mudahnya, pembaca harus bisa tahu apa isi makalah tersebut hanya dengan membaca judulnya saja. Perlu pula menghindari kata-kata yang kurang bisa mencerminkan mengenai isi makalah yang sebenarnya.

Juga hindari penggunaan kata-kata seperti: “Penelitian terhadap…”, “Studi pada…”, “Metode…”, atau “Hasil…”. Penulisan judul harus berada di tengah pada sisi atas kertas dengan cara penulisan kapital pada huruf pertama (kecuali kata hubung).

3. Nama Penulis

Nama penulis perlu dituliskan dalam contoh cover makalah agar pembaca tahu hasil pemikiran siapa yang tengah dibacanya.

Dalam penamaan barat, kaidah penamaan menggunakan sistem nama depan, nama tengah (harus disingkat), dan nama keluarga, contohnya: Arthur C. Doyle, bukan ditulis lengkap Arthur Conan Doyle.

Sementara itu, sistem penamaan Indonesia berbeda dengan sistem penamaan barat. Sehingga jika menggunakan format ini, maka nama yang dituliskan adalah nama lengkap penulis.

Apabila penulis memiliki nama yang lebih dari dua kata, yang harus ditulis lengkap adalah nama depan dan belakangnya serta ama tengah tetap disingkat. Misalnya Muhammad I. Hafidz, bukan Muhammad Ibnu Hafidz.

Bagian nama penulis ditulis di bawah judul, dengan spasi double dan juga berada di tengah.

Jika makalah ditulis oleh dua orang penulis atau, maka sertakan kata ‘dan’ di antara nama kedua  penulis, tanpa tanda petik. Tidak disarankan untuk menuliskan gelar pada bagian ini, hanya nama terang tanpa gelar.

4. Instansi Penulis

Instansi penulis berasal merupakan lokasi di mana penelitian tersebut dilakukan. Menunjukkan bahwa instansi tersebut adalah penanggung jawab akhir dari isi makalah yang dituliskan oleh penulis.

Biasanya institusi ini merupakan universitas atau perguruan tinggi. Bisa juga merupakan lembaga penelitian khusus.

Jika terdapat lebih dari satu instansi yang membantu dalam proses penelitian hingga penyusunan makalah. Maka yang boleh dituliskan hanyalah dua instansi saja. Yaitu yang memberikan dukungan paling besar.

Serta jika dituliskan oleh banyak penulis, maka masing-masing penulis hanya boleh menuliskan dua instansi afiliasi saja.

Pada kasus yang jarang terjadi, penelitian dilakukan oleh pribadi. Yang tidak tengah menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dan bukan merupakan anggota lembaga penelitian. Maka menurut pedoman pembuatan contoh cover makalah format APA, disarankan untuk menuliskan nama kota domisili beserta alamat pada bagian ini.

5. Catatan Penulis

Catatan penulis berisi mengenai apa yang ingin penulis sampaikan kepada pembacanya. Menurut aturan harus diletakkan di bawah institusi dengan spasi double dan dipisahkan dari urut-urutan judul-nama-institusi di atasnya. Artinya, beri jarak antara ketiga unsur contoh cover makalah tersebut dengan catatan penulis.

Apabila dosen pembimbing meminta agar namanya dicantumkan dalam makalah, maka di sinilah tempatnya dituliskan. Bagian catatan penulis ini tidak harus ada, sesuai kebutuhan saja.

6. Contoh Cover Makalah Format APA

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah Format APA

(Pada kolom header; RH: rata kiri; Halaman: rata kanan; 1 inci dari tepi atas)

Running Head: KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN 1

(Keluar dari header, pada halaman normal; tengah kertas; spasi double; tengah)

Pengaruh Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Tingkat Penerimaan Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Suka Maju 1

 

(bawah judul; spasi double; tengah)

Muhammad I. Hafidz

 

(bawah nama; spasi double; tengah)

 

Universitas Sebelas Maret

(bawah instansi; spasi double)

 

(spasi double; tengah)

 

Catatan Penulis

Makalah ini ditulis dibawah bimbingan

Professor Drs. Hakim Kusuma, M.PD, Ph.D,

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret


Pengertian Dan Contoh Cover Makalah Format MLA

Contoh Cover Makalah

MLA adalah kependekan dari Modern Language Association, yaitu salah satu asosiasi yang juga mengeluarkan aturan mengenai standar format untuk artikel.

Jika APA digunakan khusus pada makalah-makalah penelitian psikologi, pendidikan, maupun sosial. Maka MLA khusus digunakan untuk makalah pada bidang-bidang kebahasaan dan literatur.

Format ini utamanya resmi digunakan di Amerika Serikat sejak 1883, namun digunakan juga oleh seluruh jurusan bahasa dan sastra di seluruh dunia. Organisasi ini memiliki lebih dari 25.000 anggota dari 100 negara, terdiri dari para pakar yang mempelajari segala hal tentang bahasa dan sastra.

Dibandingkan dengan format APA, format untuk makalah MLA tergolong lebih fleksibel. Penggunaan cover sampul pun opsional, ada yang menggunakan halaman cover dan ada yang tidak.

Asal sudah memenuhi seluruh unsur yang diwajibkan ada dalam paper, yaitu: judul, isi makalah, daftar literasi pustaka. Penggunaan contoh cover makalah, daftar isi atau outline adalah opsional.

Format MLA umum digunakan oleh untuk makalah berupa essay, bukan makalah/jurnal penelitian.

Adapun untuk makalah format MLA yang menggunakan cover, halaman cover harus memuat instansi, judul, sub judul (jika ada), nama penulis, serta keterangan mengenai tujuan dari makalah tersebut. Pada bagian keterangan bisa diisi kelas, program studi, pemberi tugas, serta kapan makalah tersebut dibuat.

Sedangkan pada makalah format MLA yang tidak memiliki cover, informasi-informasi tersebut diletakkan pada halaman pertama, di atas isi makalah. Kedua tata cara penulisan makalah, baik yang memiliki cover atau tidak, juga mengikuti peraturan yang berlaku.

Jenis huruf yang umumnya digunakan adalah Times New Roman 12 pada keseluruhan makalah dengan spasi double. Berikut merupakan unsur yang harus ada dalam cover makalah MLA dan contohnya:

1. Nama Instansi

Instansi menjadi unsur pertama dalam susunan cover makalah format MLA. Nama instansi dituliskan pada bagian atas halaman, dengan aturan penulisan rata kiri.

Seperti halnya seperti pada format APA, penulisan nama instansi pada cover menggunakan ukuran huruf dan spasi yang sama dengan isi makalah.

Instansi merupakan instansi yang berafiliasi dengan penulis. Dapat berupa instansi pendidikan tempat penulis belajar atau mengajar. Bisa juga berupa lembaga penelitian, baik milik negara maupun swasta, tempat penulis bekerja. Umumnya instansi yang mengeluarkan makalah adalah instansi pendidikan.

2. Judul

Penentuan judul dapat dilakukan di awal ataupun akhir proses, akan tetapi disarankan untuk dilakukan di awal. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa bahasan isi makalah sesuai dengan judulnya. Judul ditentukan dengan mengkaji topik bahasan makalah serta arah tujuan yang ingin dicapai dari makalah tersebut.

Judul ditulis di bawah nama instansi dengan memberikan jarak spasi sampai lebih kurang tulisan judul berada pada sepertiga kedua dari tinggi halaman. Penulisan dilakukan dengan aturan rata tengah, menggunakan jenis dan ukuran huruf serta spasi yang sama dengan isi makalah.

3. Nama Penulis Dan Keterangan

Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama lengkap. Jika penamaan sistem barat maka tidak perlu menggunakan nama tengah, cukup nama depan dan belakang saja.

Sedangkan untuk sistem penamaan Indonesia, gunakan nama lengkap. Sebaiknya tidak perlu disingkat apabila tidak dibutuhkan.

Keterangan yang dituliskan di sini berupa keterangan apa fungsi dari penulisan makalah. Biasanya karena sebagai sebuah tugas, maka tuliskan nama mata pelajaran/mata kuliah tersebut. Cantumkan pula program pendidikan yang ditempuh. Terakhir tambahkan tanggal penyerahan makalah.

4. Heading Dan Nomor Halaman

Meskipun makalah menggunakan heading dan nomor halaman di dalam halaman isi makalah, namun jangan dicantumkan pada halaman contoh cover makalah.

Heading dan nomor halaman tidak diperlukan pada halaman depan dan bisa dihilangkan. Caranya adalah dengan memberikan page break setelah keterangan dan set page layout dengan different first page.

Posisi keterangan diletakkan pada bagian bawah bawah halaman. Sekitar sepertiga akhir dari halaman cover.

5. Contoh Cover Makalah Format MLA

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah Format MLA

(bagian atas; tengah)

Universitas Sebelas Maret

 

(enter hingga lebih kurang sampai ke sepertiga kedua bagian kertas; tengah)

 

Serat Centini:

Penyaduran Karya Klasik dalam Sastra Modern

 

(enter hingga lebih kurang sampai ke bagian sepertiga terakhir kertas; tengah)

 

Muhammad Ibnu Hafidz

Mata Kuliah Sastra Indonesia,

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

18 November 2018


Pengertian dan Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian

Contoh Cover Makalah

Nama resminya adalah The Chicago Manual of Style yang diterbitkan oleh University of Chicago Press. Menerangkan tentang aturan penulisan yang banyak digunakan dalam dalam dunia penerbitan yang menekankan pada sistem grammatical khusus untuk Bahasa Inggris Amerika.

Sejak diterbitkan pada 1906, hingga kini sudah ada 17 edisi dan banyak digunakan sebagai panduan dalam dunia penerbitan.

Dikenal pula sebagai kitab sucinya para editor, karena membahas tuntas mengenai tata bahasa dan aturan penulisan yang baik dan benar. Jenis format ini digunakan untuk makalah-makalah bisnis, sejarah, serta seni.

Utamanya format Chicago ini digunakan sebagai pedoman dalam hal pengutipan dan sitasi. Terlebih, pada tahun 2006, dibuat versi online dari cetakan ke-15 yang dapat diakses secara umum.

Karenanya situs ini sangat populer di kalangan penulis dan editor, khususnya yang berfokus pada sistem penulisan Bahasa Inggris Amerika.

Meski memiliki tata bahasa yang berbeda, namun format ini banyak digunakan pula oleh negara-negara lain, termasuk di Indonesia. Terutama pada cara pengutipan dan sitasinya. Sehingga penggunanya pun meluas tidak hanya di Amerika Serikat saja.

Pada penulisan makalah dengan menggunakan format Chicago/Turabian ini tidak memiliki aturan baku. Namun umumnya memiliki beberapa unsur yang harus ada antara lain: cover, isi makalah, lampiran (jika perlu), catatan, dan bibiliografi.

Sedangkan untuk pembuatan contoh cover makalah dengan menggunakan format ini, memerlukan :

1.  Judul

Judul dari makalah yang ditulis, memuat informasi mengenai apa isi dari makalah secara umum. Karena bukan merupakan makalah/jurnal penelitian, penulisan judul lebih umum dan tidak mengandung kata-kata yang seolah menunjukkan proses penelitian.

Proses penentuan judul dapat dilakukan dengan memperhatikan topik bahasan isi makalah yang dituliskan. Jika dari topik yang dibahas masih belum bisa menentukan judul, penentuan judul dapat dilakukan belakangan setelah makalah selesai ditulis.

Lihat alur isi makalah dengan melihat pada bagian kesimpulan akhir. Akan terlihat garis besar makalah dan itu dapat dijadikan sebagai judul.

Misalnya topik makalah adalah tentang sistem perbankan online, maka dapat membuat judul seperti “Keuntungan Penerapan Sistem Perbankan Online.

Pada kasus di mana penentuan judul dilakukan dengan melihat kesimpulan, misalnya pada kesimpulan menyebutkan mengenai kelebihan dan kekurangan sistem perbankan online. Bisa memakai judul seperti “Keuntungan dan Kekurangan Sistem Perbankan Online”.

Penulisan judul adalah dengan rata tengah dan berada pada tengah halaman. Judul contoh cover makalah ditulis dengan menggunakan aturan huruf Times New Roman 12.

Jangan menuliskan judul dengan huruf dekoratif, ukuran berbeda, garis bawah, ataupun menggunakan penebalan. Tuliskan saja secara normal dengan cara kapital di setiap kata (kecuali kata hubung).

2. Nama Penulis

Nama penulis dituliskan tepat di bawah judul, dengan ukuran huruf yang sama (TNR 12). Berbeda dengan format APA yang memiliki kaidah penulisan nama yang khusus, format Chicago sama halnya seperti format MLA yang tidak terlalu berfokus pada hal tersebut. Sehingga nama dapat dituliskan secara lengkap.

3. Keterangan

Bagian ini merupakan tiga baris terakhir pada halaman cover. Berisi tentang keterangan tujuan makalah tersebut ditulis (biasanya merupakan keterangan mata pelajaran/mata kuliah, nama guru/dosen penanggung jawab) serta kapan.

Untuk mengantisipasi halaman yang bersambung, tambahkan page break setelah bagian keterangan ini.

4. Penggunaan Header dan Nomor Halaman

Pada format ini, meskipun isi makalah menggunakan header dan nomor halaman, namun tidak pada halaman cover.

Halaman cover hanya berisi tentang judul, nama penulis, serta keterangan tujuan dan kapan makalah tersebut dibuat. Pada aplikasi pengolah dokumen, atur page layout pada different first page, sehingga cover akan terhindar dari header dan nomor halaman.

5. Contoh Cover Makalah Format Chicago/Turabian

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah Format Chicago/Turabian

(enter sekitar separuh halaman; tengah)

 

Keuntungan dan Kekurangan Sistem Perbankan Online di Indonesia

 

(di bawah judul; spasi double; tengah)

 

Muhammad Ibnu Hafidz

 

(spasi double; skip sampai tiga baris terakhir; tengah)

 

Mata Kuliah Perbankan

Drs. Ahmad Tantowi, MBA, Ph.D.

20 November 2018


Contoh Cover Makalah yang Secara Umum Digunakan di Indonesia

Contoh Cover Makalah

Di Indonesia sendiri, format makalah mengadaptasi dari jenis format yang telah disebutkan sebelumnya dengan penyesuaian terhadap kaidah penulisan Bahasa Indonesia. Dari format APA diadopsi tata cara penyusunan makalah laporan penelitian.

Cara penulisan makalah tanpa halaman cover meniru format MLA. Serta dari format Chicago/Turabian dan IEEE khususnya mengikuti bagaimana penyaduran ulang atau sitasi dilakukan.

Tidak ada aturan khusus dalam struktur penulisan sebuah makalah. Biasanya setiap instansi (khususnya universitas dan perguruan tinggi) memiliki aturan tersendiri sebagai standar yang digunakan.

Jika pada aturan penulisan makalah pada format sebelumnya menggunakan spasi double pada keseluruhan badan makalah, lain halnya di Indonesia. Di sini, spasi yang dijadikan standar adalah spasi 1,5 dengan huruf Times New Roman 12.

Demikian halnya pada pembuatan contoh cover makalah di Indonesia, tidak ada standar yang baku. Dan sedikit berbeda dengan ketiga versi format sebelumnya. Pada umumnya sebuah cover makalah memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

1. Judul

Pada proses pembuatan judul, dapat melakukan cara yang sama dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Karena memiliki proses dan pendekatan yang sama saja. Judul dapat dijadikan sebagai titik awal dalam penulisan makalah, maupun sebagai sebuah kesimpulan dari isi makalah.

Yang perlu diperhatikan di sini, adalah perbedaan cara penulisannya. Jika pada tiga format yang disebutkan sebelumnya menggunakan sistem penulisan dengan ukuran huruf yang sama dengan pada isi makalah serta menggunakan penulisan kapitalis.

Berbeda dengan sistem penulisan judul pada makalah yang umumnya dilakukan di Indonesia. Kebanyakan judul dituliskan dengan menggunakan uppercase (seluruhnya kapital/balok) dengan ukuran minimal 14pt atau lebih besar dibandingkan dengan pada isi makalah.

Dengan jumlah huruf yang ditolerir adalah maksimal 20 kata. Judul diletakkan pada bagian teratas halaman kertas dengan pengaturan penulisan di tengah. Huruf juga biasanya dicetak tebal.

Contoh penulisan judul adalah,

“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEDESTRIAN BAGI PEJALAN KAKI DI JALAN SLAMET RIYADI KOTA SURAKARTA”.

2. Keterangan

Keterangan di sini merupakan alasan kenapa makalah ditulis. Ukuran huruf yang digunakan adalah lebih kecil dari judul (12pt) tanpa penebalan huruf, tulis miring, ataupun garis bawah. Ditulis dengan cara kapitalis (kapital di setiap kata kecuali kata hubung) dengan aturan rata tengah.

Contoh dari keterangan ini seperti, “Ditulis sebagai Tugas pada Mata Kuliah Perencanaan Transportasi”.

Terkadang ada pula yang menuliskan hingga ke dosen pengampu mata kuliah tersebut. Penulisannya berada di bawahnya, misalnya “Ditulis sebagai… (di bawahnya) Dosen Pengampu: Dr. Ir. Andi Taulani, M.T.

3. Logo Instansi

Meskipun pada format acuan internasional tidak menggunakan logo instansi pada cover makalah. namun, pada cover makalah di Indonesia sebagian menggunakan logo instansi. Ini dimaksudkan untuk memberikan indentitas pada makalah, disamping nama instansi yang juga tercantum.

Logo instansi diletakkan pada bagian tengah halaman, di bawah keterangan, dengan ukuran lebih kurang 5×5 cm persegi atau menyesuaikan. Jika tidak ada logo instansi, banyak yang menggantinya dengan garis-garis vertikal sejajar.

4. Nama Penulis

Nama penulis diletakkan di bawah logo instansi, rata tengah, dan dengan aturan penulisan kapitalis. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka ditulis secara berurutan dengan menggunakan urutan alfabetik.

Berbeda dengan format APA yang mengabaikan nama gelar, pada penulisan nama penulis makalah di Indonesia, justru nama gelar disertakan.

Dalam sistem penulisan nama untuk tidak ada penyingkatan nama, selama nama penulis tidak terlalu panjang. Serta sebelum nama penulis, biasanya dituliskan kata “Oleh:” untuk menunjukkan keterangan pelaku.

5. Nama Instansi dan Tahun

Nama instansi dan tahun penulisan makalah diletakkan pada bagian bawah halaman, masih dengan aturan format rata tengah.

Penulisan instansi dimulai dari khusus ke umum, misalnya: program studi, fakultas, universitas. Tahun dituliskan pada bagian akhir di bawah nama universitas dengan didahului oleh nama kota lokasi.

6. Contoh Cover Makalah di Indonesia

Contoh Cover Makalah

Cover Makalah di Indonesia

(bagian atas halaman; 14pt; bold;tengah)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JALUR LAMBAT DI JALAN SLAMET RIYADI KOTA SURAKARTA

(di bawah judul, beri jarak; 12pt; tengah)

Ditulis untuk Memenuhi Nilai Mata Kuliah Perencanaan Transportasi

Dosen Pengampu: Dr. Ir. Andi Taulani, M.T.

(di bawah keterangan; ukuran menyesuaikan; tengah)

[Logo Instansi]

(di bawah logo; 12pt; tengah)

Oleh:

(enter; 12pt; tengah)

Muhammad Ibnu Hafidz

Niken Anggita

(di bawah nama penulis, beri jarak; 12pt; bold; tengah)

PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA 2018


Secara kasat mata, dapat dibedakan dengan jelas bahwa contoh cover makalah di Indonesia jauh lebih padat dibandingkan dengan tiga sistem format lain.

Namun hal tersebut bukanlah masalah, justru dapat menjadi identitas tersendiri bagi makalah-makalah yang dibuat oleh lembaga-lembaga pendidikan di Indonesian.

Selain itu, di Indonesia tidak ada perbedaan khusus dalam bagaimana membuat contoh cover makalah untuk tiap jenisnya. Apakah itu makalah penelitian, makalah literasi, atau makalah tentang sejarah.

Bahkan perguruan tinggi terkemuka dalam negeri serta lembaga penelitian nasional pun mengadopsi apa yang telah dikenal secara internasional ini.

Mungkin dikarenakan sistem literasi yang telah terbentuk, alih-alih menggunakan format baru, para peneliti diharuskan untuk mengikuti kaidah kepenulisan yang sudah ada.

Ini dimaksudkan agar supaya hasil literasi dan penelitian yang dilakukan di Indonesia bisa diakui oleh dunia keilmuan internasional.

Contoh Cover Makalah

Contoh Mind Mapping

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Resume

Kartika Aryani
11 min read

Contoh Laporan

Kartika Aryani
16 min read

Tinggalkan Balasan