Contoh Makalah Penelitian

contoh makalah penelitian

Contoh Makalah Penelitian – Contoh makalah penelitian ini adalah penelitian yang membahas tentang sebuah permasalahan yang terjadi dalam sebuah sekolah di daerah tertentu. Penelitian yang dipaparkan ini  juga dalam bentuk sederhana namun sesuai dengan struktur pada makalah penelitian. Biasanya makalah penelitian dilakukan  untuk memenuhi suatu tugas dan ada juga untuk memahami suatu hal tertentu dengan melakukan eksperimen dan penelitian.

Contoh makalah penelitian ini dapat memberikan wawasan pengetahuan berkaitan tentang dampak pemberian tugas terhadap siswa di daerah tertentu. Hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk makalah oleh sebab itu informasi dan contoh berikut sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membuat makalah penelitian dan yang ingin menambah  wawasan pendidikan.


Dowbload Makalah Penelitian File Doc

Copy Link Makalah Penelitian di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=13eUW6cqeza8Ba-eyCMGVo2wb2uWfSM4X

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Makalah Penelitian Tentang Dampak Pemberian Tugas Terhadap Siswa SD Muhammadiyah Kabupaten Simalungun

Contoh Makalah Penelitian

Berikut ini akan dibahas suatu contoh topik yang akan dibahas dalam makalah penelitian berikut ini. Membuat makalah penelitian dapat bermanfaat dalam memgembangkan potensi analisis dalam diri seseorang.


Latar Belakang Masalah

Dalam makalah penelitian tentang pengaruh pekerjaan rumah (pr) terhadap prestasi belajar siswa SD  Muhammadiyah Desa Haru Kecamatan Hilir Kabupaten Simalungun. Sebagaimana fakta yang dapat ditemukan oleh peneliti berkaitan dengan hal ini maka akan dijelaskan melalui bagian latar belakang masalah berikut ini.

Pekerjaan rumah atau yang biasa anak menyebutnya dengan PR atau home work adalah salah satu aktifitas yang belajar. Di akhir masa seperti saat ini PR menjadi sebuah diskusi penting di berbagai kalangan mulai dari orang tua, praktisi maupun ahli psikologis.

Salah satu dasar tentang pentingnya masalah ini dibahas adalah karena PR berkaitan dengan aktifitas siswa dan keterlibatan orang tua dalam proses pengerjaan PR tersebut. Sebagian orang berpendapat bahwa PR adalah merupakan tugas dan tanggung jawab siswa dalam menuntut ilmu. Maka PR harus diselesaikan dengan baik.

Namun ternyata ada sebagian masyarakat menganggap bahwa PR adalah salah satu tugas yang memberatkan karena banyak PR yang tidak mampu di selesaikan karena belum paham. Namun ternyata bukan hanya hal itu saja. PR dianggap mengganggu karena banyak orang tua yang tidak mampu membantu pekerjaan rumah anaknya tersebut.

Semu alasan sebenarnya logis dan dapat diterima. Lalu jika di lakukan pengamatan yang lebih mendalam apakah pekerjaan rumah atau PR memiliki pengaruh positif dalam aktifitas belajar siswa. karena keraguan pada masyarakat terhadap manfaat PR karena adanya pendapat bahwa PR dapat membuat siswa menjadi stres dan tertekan.

Semakin kemari semakin menarik pembahasan makalah penelitian yang satu ini. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang dampak PR terhadap prestasi belajar siswa. dan selain itu akan di bahas tentang bagaimana aturan teknis PR yang bik dan benar sehingga tidak memberikan dampak stres dan tertekan pada siswa.

Baca Juga: Pendahuluan Makalah


Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah penelitian ini adalah

  1. Aspek apa saja yang terkena dampak dari pemberian tugas dalam aktifitas belajar siswa?
  2. Apakah manfaat pekerjaan rumah dalam prestasi dan nilai akademik siswa?
  3. Pekerjaan rumah yang seperti apa yang baik untuk siswa

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat  dalam  makalah penelitian ini adalah

  1. Untuk mengetahui Aspek apa saja yang terkena dampak dari pemberian tugas dalam aktifitas belajar siswa.
  2. Bertujuan untuk mengetahui apakah manfaat pekerjaan rumah dalam prestasi dan nilai akademik siswa.
  3. Agar mengetahui pekerjaan rumah yang seperti apa yang baik untuk siswa.

Hipotesa penelitian

Adapun yang menjadi hipotesa dalam makalah penelitian ini bahwa adanya pengaruh dampak pemberian pekerjaan rumah terhadap nilai dan prestasi anak di SD Muhammadiyah

Kajian Teoritis

Berikut ini akan dibahas kajian pustaka atau landasan teoritis berdasarkan pokok pembahasan penelitian ini. Adapun yang menjadi landasan pokok tersebut adalah:

a. Pekerjaan Rumah (PR)

pekerjaan rumah atau PR adalah sebuah beban atau tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada siswa sebagai peserta didik yang waktu pengerjaannya adalah di rumah masing-masing siswa. ada juga pengertian lain yang menyatakan pekerjaan rumah adalah suatu pekerjaan lanjutan yang wajib diselesaikan oleh siswa yang diakibatkan tidak cukupnya waktu pengerjaanya di dalam kelas.

Tujuan guru dalam memberikan pekerjaan rumah juga beragam ada yang dikarenakan agar siswa mau mengulang materi ajarnya. Dan ada juga bertujuan agar anak tidak menghabiskan waktunya dengan bermain –main atau aktifitas yang tidak berguna dalam menunjang prestasi belajarnya.

Namun ada juga yang memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik karena kurang pahamnya anak-anak terhadap suatu materi ajar sehingga untuk mengulanginya agar paham maka diberikan lah sejumlah tugas yang pembahasannya sama dengan materi tersebut.

b. Jenis Pekerjaan Rumah

tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan guru juga berbagai macam jenis adanya yang sifatnya individu, ada juga yang sifatnya kelompok. Tugas individu berarti akan dinilai sebagai nilai individu. Sedangkan kelompok adalah nilai kelompok atau nilai bersama.

Sistem pengerjaanya juga berbeda jika kelompok diharapkan peserta didik dapat mengerjakan kelompok bersama –sama dengan teman-teman sekelas ynag telah ditunjuk dalam satu kelompok.

c. Efektifitas Pekerjaan Rumah

Sebenarnya secara langsung tidak ada peraturan yang resmi tentang aturan memberikan tugas rumah dalam proses pembelajaran. Namun sebagai seorang guru penting halnya mengukur dan mempertimbangkan beratnya suatu pekerjaan rumah agar dapat diselesaikan degan baik oleh siswanya. Selain itu seorang guru juga dalam memberikan tugas juga pasti telah memperhitungkan kemampuan siswa dalam meluangkan waktu pengerjaannya dirumah.

Secara teoritis pekerjaan rumah adalah hak penuh guru dalam memilih cara dan teknik agar peserta didik dapat meraih prestasi belajarnya. Seharusnya orang tua dan masyarakat sangat mendukung dengan adanya sistem pekerjaan rumah. Namun dengan catatan sesuai dengan kapasitas dan pertimbangan psikologi siswa. Guru juga harus mempertimbangkan faktor lain dalam memberikan tugas kepada siswanya.

d. Manfaat dan Fungsi Didaktis Pekerjaan Rumah Terhadap Siswa

pekerjaan rumah adalah bagian dari materi pembelajaran yang erat kaitannya dengan prestasi akademik siswa. manfaat pekerjaan rumah adalah agar anak terlatih mengerjakan soal-soal dalam suatu materi. Semakin banyak tugas yang dapat dikerjakan maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapatkan peserta didik. Namun sebaliknya bahwa semakin sedikit materi yang dikaji dan diselesaikan maka siswa akan semakin sedikit memahami materi ajar tertentu.

Namun perlu juga diketahui bahwa peserta didik memiliki potensinya masing-masing. Sehingga terkadang kemampuan anak dalam setiap materi ajar berbeda. Ada anak yang potensi di mata pelajaran matematika tetapi ada juga yang tidak memiliki kemampuan yang cukup mempelajari matematika.

Hal ini penting dipertimbangkan agar anak benar-benar merasakan manfaat pekerjaan rumah tersebut. Salah satunya memberikan nilai atau reward atas tugas yang baik. Dan memberikan sangsi sesuai dan sifatnya memotivasi bagi yang belum bagus.

Baca Juga: Saran Dalam Makalah


Pembahasan

Sebagaimana hasil observasi tentang dampak yang dirasakan akibat diberikannya tugas dan beban pekerjaan rumah bagi anak-anak sekolah dasar yang bersekolah di SD Muhammadiyah ini adalah terdiri dari berbagai aspek yaitu :

1. Pengaruh Akademik Siswa

Dari sampel yang telah didapatkan bahwa siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau terbiasa diberikan tugas rumah oleh guru terlihat peningkatan akademik. Hal ini disebabkan karena pemberian tugas menjadikan kebiasaan anak menjadi terbangun untuk selalu mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh guru.

2. Pengaruh Terhadap Non Akademik Siswa

Jika diamati lebih dalam anak yang senantiasa mengerjakan pekerjaan rumah akan lebih mandiri. Namun dari beberapa sampel siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah terlihat lebih dewasa dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan anak-anak yang tidak mengerjakan terlihat lebih santai dan bahagia karena merasa tidak ada beban namun anak akan menjadi terbiasa mengabaikan tugas dan cenderung melakukan kebohongan.

3. Hubungan Pekerjaan Rumah Dengan Pengaturan Siswa

Untuk beberapa sampel menunjukkan anak-anak yang disiplin dalam mengerjakan pekerjaan rumah memberikan dampak akan lebih pintar dalam mengatur waktu. Karena telah mengenal-jam dan waktu-waktu tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi anak-anak yang kesehariannya mengikuti berbagai les privat dan yang lainnya terlihat lelah karena waktunya sangat sedikit.

4. Kesehatan Siswa

Dan untuk dampaknya terhadap kesehatan siswa hasil pengamatan menunjukkan bahwa lebih sehat. Karena berkurangnya rasa kecemasan dan justru semangkin termotivasi untuk datang ke sekolah setiap pagi. Dan ada beberapa hasil penelitian juga menunjukkan kalau anak yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah akan terlihat cemas yang berhubungan dengan kondisi psikologis anak-anak.

5. Dampaknya Terhadap Keharmonisan Keluarga

Anak-anak yang memiliki rutinitas mengerjakan pekerjaan rumah terlihat lebih akrab dan terlihat lebih harmonis hal ini disebabkan anak-anak yang mengerjakan pekerjaan rumah didampingi oleh orang tua dan anggota keluarga yang lain. Interaksi terjalin saling membantu dan memberikan pendapat sehingga terjalin hubungan yang sangat baik dibanding anak-dan siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah tersebut.


 Penutup

Berikut ini pembahasan kesimpulan dan saran yang bermanfaat dalam pembahasan makalah penelitian ini. Adapun yang menjadi kesimpulan dalam pembahasan penelitian tentang dampak Pekerjaan Rumah Terhadap aktifitas Belajar siswa di SD Muhammadiyah ini adalah sebagai berikut:

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat dijelaskan dalam makalah penelitian ini adalah bahwa:

  • Pekerjaan rumah memberikan dampak positif kepada siswa dan siswi namun dengan prosedur dan ukuran pekerjaan yang disesuaikan dengan baik oleh guru.
  • Ketentuan pekerjaan rumah yang baik adalah yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu berat sehingga siswa dapat mengerjakan tugas dengan waktu 30 menit atau paling lama 1 jam
  • Pekerjaan rumah yang terlalu sulit dan membutuhkan banyak waktu pengerjaan dapat membuat siswa menjadi lelah dan memilih untuk tidak mengerjakanya. Terlebih apabila tidak didampingi dan di motivasi oleh keluarga.

Saran-saran

Adapun saran yang dapat disumbangkan dan diberikan kepada pembaca dalam makalah penelitian ini adalah bahwa

  • Diharapkan guru dapat memberikan pekerjaan rumah atau PR yang telah disesuaikan jumlah dan tingkat kesulitannya. Tugas yang baik dan benar adalah pekerjaan tentang diskusi sosial antara siswa dan keluarga.
  • Dan begitu juga dengan kedua orang tua harus mampu mendampingi anak-anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah agar anak-anak termotivasi dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Selain itu diharapkan juga orang tua dapat memanfaatkan momen pengerjaan pekerjaan rumah untuk berdiskusi dan memantau aktifitas anak dalam sekolah.

Demikian ini adalah contoh makalah penelitian tentang topik dampak pekerjaan rumah terhadap anak siswa SD Muhammadiyah. Dapat dipahami penelitian yang disajikan dalam bentuk makalah tersebut dapat dijadikan contoh dalam membuat makalah penelitian jenis lainnya.

Contoh makalah penelitian diatas secara langsung memaparkan bahwa penyajian penelitian dalam bentuk makalah berbeda sedikit dengan makalah biasa. Pembahasan dan dasar penjelasan juga berbeda jika makalah berdasarkan referensi buku sedangkan makalah penelitian berdasarkan hasil observasi di lapangan.

Contoh Makalah Penelitian

Tinggalkan Balasan