Contoh Naskah Drama

contoh naskah drama

Contoh Naskah Drama – Naskah drama adalah percakapan atau dialog yang dilakukan antar tokoh drama untuk memerankan suatu cerita. Naskah drama ini akan dibedakan dengan cerita karena penulisannya yang tidak menggunakan kutip 2 (“). Contoh naskah drama pun cukup beragam jenisnya.

Selain itu, naskah drama juga merupakan hal penting yang harus ada disetiap cerita yang memerlukan pemain untuk memerankannya. Penggunaan kata kurung sebagai pemisah antara gesture dan percakapan menjadi ciri khasnya.

Beberapa cerita memiliki naskah drama yang berbeda. Tergantung dari segi kebutuhannya dan juga dari segi penulisan dialognya. Berikut ini adalah beberapa contoh naskah drama yang dapat menjadi referensi.


1. Contoh Naskah Drama Percintaan

Contoh Naskah Drama

Naskah drama ini merupakan yang paling sering dilihat. Adegannya yang identik dengan nuansa percintaan menjadikan naskah ini mudah ditebak dan mudah ditirukan. Mengingat kisah percintaan bukanlah hal asing di dunia remaja. Namun, meskipun drama dengan tema percintaan adalah salah satu drama klasik tapi jika dikemas dengan apik maka akan tetap menghasilkan adegan yang menarik.

Contoh :

Lira :  (Lira berlari di sepanjang koridor dan menemukan Genta berdiri di hadapannya sedang tersenyum)

Genta : Hai

Lira : (Lira masih terdiam sambil berusaha sadar di dalam lamunannya mengenai Genta)

Genta : (Genta tersenyum lalu menepuk kepala Lira pelan)

Genta : Makasih karena elo udah sabar nunggu gua latihan setiap pagi dan sepulang sekolah. Makasih juga karna elo udah peduli sama gua. Terutama, dengan perasaan elo itu. Maaf, gua engga bisa membalas perasaan lo ya,

Genta : (Genta salah tingkah lalu menggaruk tengkuknya sambil meringis) Diluar sana, ada cowok yang bernasib sama kaya elo. Bahkan parahnya, dia selama ini deket sama elo dan dia enggak tau harus gimana sama elo.

Genta : (Genta menyerahkan sebuah foto kepada Lira yang ditanggapi dengan sikap bingung dari Lira) Elo bakal tau nanti. Dia lagi nunggu di ruang musik,

Lira : (Lira berlari menuju ke ruang musik  dengan wajah pengharapan) (Sampai di depan ruang music, Lira membuka pintunya dengan kencang)

Zidan : Yaah Lir. Engga romantis banget aku. Masa’ keburu kamu dateng.

Lira :(Lira menyerbu memeluk Zidan sambil tersenyum haru)

Zidan : (Mengerutkan dahi khawatir) Lir, kamu enggak marah kan ?

Lira : (Lira cemberut sambil menggelengkan kepala dalam pelukan Zidan)

Zidan : (Tersenyum lega) Maaf ya, aku baru ngasih tau sekarang soalnya aku takut kalo..

Lira : (Lira melepas pelukan lalu menatap Zidan intens) (Berucap tanpa suara) I love you

Zidan : (Zidan tertawa lalu mencium kening Lira) I love you,


2. Contoh Naskah Drama Sedih

Contoh Naskah Drama

Naskah drama sedih merupakan naskah dengan ide menciptakan emosi yang dapat menguras air mata penonton. Tak jarang banyak penonton yang ikut hanyut dan terbuai dengan drama yang ditampilkan. Para tokoh akan diusahakan mengikuti dialog serta adegan yang tertulis di naskah untuk menciptakan kesan sedih.

Contoh :

Rakka : (Rakka mengusap keringat sambil memompa balon. Beberapa kali matanya melirik keadaan kamar)

Rakka : (Rakka kembali mengusap keringat dan merasakan kepalanya yang sedikit pusing. Namun dihiraukan karena mengingat Ulang Tahun Dania)

Rakka : (Tersenyum puas pada kejutan yang ia siapkan) (tersenyum miris ketika mengingat keadaannya yang mulai memburuk)

Rakka : (Meringis merasakan sakit di kepalanya dan punggungnya) (meringis kesakitan lalu pingsan)

Dania : (Merenung di penghujung kamar, meratapi ke tidak ada kabar dari Rakka) Ini tepat setahun. Aku menunggu surat yang akan datang. Atau mungkin Rakka yang kembali. Tapi, sepertinya tidak mungkin. Karena surat itu sudah datang dengan Pak Pos.

Dania : (Dania mengernyitkan dahi bingung) Selama ini surat itu tak pernah dikirim siapapun. Surat itu biasanya selalu ada di sela jendela kamarku. Ku teliti surat yang kali ini bersampul warna fuschia.

Dania : Wangi parfumnya Rakka. Entah mengapa surat ini terlihat seperti surat istimewa dari Rakka. (masuk ke kamar dan membuka surat lalu membacanya pelan)

Rakka (Monolog) : Happy aniversarry sayang ku Dania Isma wardhani. Kurasa setahun pun tidaklah cukup untuk mencintaimu. Kamu adalah cinta terbaik yang dititipkan oleh Tuhan untuk diriku.

Rakka (Monolog) :Perempuan baik yang Tuhan siapkan untukku tapi sayangnya, Aku tidak ada disampingmu. Dania. Dania ku Kamu adalah Duniaku, Dan. Maafkan aku jika aku belum bisa jadi yang terbaik untukmu.

Rakka (Monolog) :Pacar yang gagal untukmu. Yang tak mampu mencintaimu seumur hidupku. Ketahuilah Dania, sejak hari itu seluruh Duniaku sudah tersedot olehmu. Hari dimana semuanya berawal dari tatap. Seperti lagu yang kamu senangi.

Rakka (Monolog) : Lagu yang selalu membuatku rindu untuk memandangmu. Dania, aku punya sebuah cerita. Sebuah cerita cinta dimana pemeran laki-lakinya harus meninggalkan perempuan yang ia sayangi.

Rakka (Monolog) : Aku fikir, cerita seperti itu hanya ada di film dan ftv yang sering kita anggap berlebihan tapi, Aku melihatnya sendiri. Laki-laki itu mencintai perempuannya.

Rakka (Monolog) :Bahkan ia rela melupakan penyakitnya hanya untuk melihat perempuannya tersenyum.

Rakka (Monolog) : Laki-laki itu laki-laki bodoh yang meninggalkanmu Dania. Laki-laki itu aku. Di hari terakhir kita bersama, sakit itu datang. Hanya saja aku tidak mau kamu mengetahuinya. Maafkan aku.

Rakka (Monolog) : Aku terlalu menyayangimu hingga aku tak sanggup mengatakannya. Aku juga minta maaf. Kejutan ulang tahunmu hancur karena penyakitku kambuh. Sehari sebelumnya kak Mayang sudah memaksaku untuk dirawat tapi aku menolak.

Rakka (Monolog) : Aku ingin merayakan hari terakhir bersamamu. Tapi apa daya, penyakitku menghancurkan semuanya. Aku sakit kanker sumsum tulang belakang, Dan. Dan itu tak bisa menahan hidupku lebih lama.

Rakka (Monolog) : Selama ini aku menghilang darimu dan dirawat di rumah sakit bersama kak Mayang. Selama itulah aku selalu mengirimu surat melalui perantara Lando. Lando adalah pria baik, Dan

Rakka (Monolog) : . Dia pria baik yang mencintaimu sama tulusnya denganku. Belajarlah mencintainya Dania. Bahagia bersamanya. Untukku dan hatimu sendiri. jangan biarkan dirimu terlalu memikirkanku.

Rakka (Monolog) : Dania, aku menyayangimu. Sangat, amat menyayangimu.

Dania :(Dania menitikkan air mata) Rakka pergi. Benar-benar pergi. Aku melihat ke amplop dan menemukan alamat disana. Aku bergegas pergi ke alamat itu dengan taksi. Berharap menemukan jawaban tentang surat ini.


3. Contoh Naskah Drama Persahabatan

Contoh Naskah Drama

Naskah drama persahabatan menampilkan cerita persahabatan yang erat dengan nuansa komedi, keakraban, permusuhan bahkan perdebatan. Seringkali di naskah drama jenis ini memiliki dialog yang sedikit dan dipenuhi dengan beberapa adegan saja.

Contoh :

Ghani : (Ghani keluar kelas mengikuti langkah Gian. Ia memutuskan meninggalkan rapat forum karena mendengar Gian ingin bicara serius dengannya)

Ghani : Mau kemana, yan? Gua masih ada rapat forum.

Gian : (Menghentikan langkahnya) Elo suka sama Gina?

Ghani : (Bertanya dengan dahi berkerut) Maksud lo?

Gian : (Menyeringai) Gua juga suka sama Gina.  Udah lama gua suka dia. Bahkan gua stalkerin semua sosmed nya. Gua cuma nyari waktu yang tepat buat nyatainnya. Tapi..

Gian : (Wajah Gian berubah marah) gua gak sangka kalo gua punya saingan. Yaitu sahabat sendiri.

Gian : Gua mau kita bersaing sehat buat deket sama Gina. Gua gak nerima penolakan. Laki-laki dilihat dari pengorbanannya.

Ghani : (Ghani hanya menghela nafas)


4. Contoh Naskah Drama Satu Tokoh

Contoh Naskah Drama

Naskah drama satu tokoh ini dikhususkan bagi pembuatan film atau sinetron yang memiliki tokoh yang banyak. Penulis skrip akan sengaja memisahkan bagian tiap tokoh untuk memudahkan mereka menghafalkannya.

Yang membedakan adalah terdapat menit dan detik dimana mereka harus berucap sesuai dengan dialog agar tidak terjadi miss antar satu pemain dengan pemain lainnya.

Contoh :

Kinar : (duduk disamping pusara sepupu dan pacar sepupunya) (Bermonolog) Elo sangat sayang sama dia ternyata, Den. Gua sampe gak nyangka saat denger doa dia yang terakhir kali. Elo enggak mau ninggalin dia sendirian.

Kinar : (Menahan tangis sambil tersenyum) Enggak butuh waktu lama, hanya selang waktu 15 menit untuk kalian bertemu lagi di dunia yang baru.

Kinar : (Kinar menghela nafas) Gua baru tau kalo selama kalian kenal, kalian saling menyembunyikan penyakit kalian. Entah takdir apa yang berada di kalian tapi, kalian itu saling menguatkan dengan semangat masing-masing.

Kinar : (Tersenyum dengan isakan yang masih belum berhenti) Den, gua tau kecelakaan ini murni bukan karena elo menghindar dari truk itu. Tapi karena penyakit itu lagi datang dan elo kehabisan obat makanya elo buat alibi seakan elo kecelakaan. Pathetic.

Kinar : (Kinar menatap pusara itu dengan teduh.) Den, gua pulang ya. Gua gak akan kuat lama-lama disini. Cerita cinta elo ngalahin cerita Romeo dan Juliet. Gua pulang, Denaz.

Kinar : (beralih ke makam yang ada di sebelah Denaz) Dan elo,  gadis itu menatap ke pusara sebelah pusara Denaz. , jagain sepupu gua ya. Elo emang yang paling baik buat dia.

Kinar : (bangkit lalu mengusap dan memberikan bunga lily di makam di sebelah Denaz yang bertuliskan Veana Alexandra).


5. Contoh Naskah Drama Tanpa Adegan

Contoh Naskah Drama

Naskah drama satu ini tidak memiliki adegan seperti naskah kebanyakan. Biasanya sutradara sengaja menciptakan naskah drama ini untuk menciptakan suasana baru yang akan diimprovisasi oleh sang actor.

Contoh :

Daffa Alkatiri : gua happy banget

Arya Dhimas Putra : kenapa?

Adhimaha Fiqih : gw tebak, kita akan bertemu di kantin

Alga Rarendra : Salah cerita cuk!!

Arya Dhimas Putra : hahaha.. Qiqi bego.

Adhimaha Fiqih : tnp diriku maka grup ini akan hilang

Alga Rarendra : Gilak beneran sumpah!!

Daffa Alkatiri : pd mau dengerin gk sih?

Alga Rarendra : Sup, baru juga balik ke rumeh udeh repot aja lo anjay.

Daffa Alkatiri : justru krn beberapa chat basa basi selama gua di dalem taksi, akhirnya something happened.

Arya Dhimas Putra : what’s happened?

Adhimaha Fiqih : ngomong gak lo cuk?

Daffa Alkatiri : sabar napa qi..

Daffa Alkatiri : first, naskah gua diterima di penerbit Jogja.. Sukron, kamsahamnida, arigatou, terimakasih.

Adhimaha Fiqih : yang kedua?

Alga Rarendra : Gua tebak, nina mau jadi pacar lo?

Itulah beberapa contoh naskah drama yang dapat dijadikan referensi. Perbedaan penulisannya dengan percakapan biasa adalah menggunakan titik dua (:) sebagai tanda penghubung antara nama tokoh dengan adegan yang akan diperankan.

Sang tokoh haruslah memeragakan adegan yang ada di dalam tanda kurung untuk menciptakan suasana yang diinginkan penulis skrip. Selain itu, kalimat yang ada di dalam tanda kurung sebagai penegas beberapa adegan yang mungkin ingin diimprovisasi oleh setiap pemain.

Contoh Naskah Drama

Contoh Soal Psikotes

Miftahul
13 min read

Contoh Rpp

Kartika Aryani
5 min read

Contoh Skripsi

Miftahul
10 min read

Tinggalkan Balasan