Contoh Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran – Dewasa ini Surat penawaran menjadi salah satu hal penting, utama dalam hal perdagangan. Penawaran suatu barang, jasa bahkan kerjasama dengan pihak lain akan lebih baik jika menggunakan surat penawaran.

Sayangnya, banyak yang belum memahami apa itu surat penawaran. Untuk itu diperlukan pengertian serta contoh surat penawaran yang baik.

Membuat surat penawaran yang baik menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Karena melalui surat penawaran lah negosiasi awal dilakukan.

Sehingga di bawah ini akan dijelaskan mengenai surat penawaran serta berbagai contoh surat penawaran yang baik. Berikut beberapa hal mengenai surat penawaran yang harus diketahui sebelum mulai membuat surat penawaran.


Apa Itu Surat Penawaran?

Contoh Surat Penawaran

Pertama kita harus mengetahui lebih dahulu mengenai apa itu surat penawaran. Jadi sebenarnya surat penawaran adalah surat yang digunakan untuk tujuan menawarkan baik barang, jasa maupun kerjasama dengan perusahaan tujuan.

Adanya surat penawaran ini diharapkan menjadi awal pembuka kerjasama antara pihak perusahaan dengan klien.

Biasanya surat penawaran keluar pasca adanya surat permintaan. Jadi umumnya pihak klien akan membuat surat permintaan. Surat inilah yang kemudian menjadi pegangan bagi distributor untuk mengeluarkan surat penawaran.

Lewat surat ini kedua perusahaan akan melakukan kerjasama. Mungkin banyak yang masih bingung terkait surat penawaran. Tapi, jangan khawatir karena nantinya akan dihadirkan contoh surat penawaran yang baik.


Kelengkapan Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran
Dalam setiap surat penawaran harus ada kelengkapan-kelengkapan surat yang wajib diperhatikan. Berbagai kelengkapan surat ini merupakan hal penting yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Untuk membuat surat penawaran yang baik, kelengkapan surat ini harus ada. Lalu ada kelengkapan surat apa saja yang ada di sini? Berikut beberapa di antaranya.

1. Kop Surat

Salah satu hal yang wajib disertakan dalam pengiriman surat penawaran adalah kop surat. Contoh surat penawaran yang baik memiliki kop surat yang ada pada bagian awal surat. Ada pun kop surat menyertakan nama perusahaan, alamat perusahaan serta kontak hingga email yang dapat dihubungi.

Bagian kop surat ini berfungsi untuk memberikan identitas pada surat tersebut. Sehingga penerima akan mengerti dari mana surat tersebut berasal. Selain itu kop surat juga menunjukkan profesionalitas dari pengirim. Sehingga sebaiknya masalah kop surat ini tidak dilupakan.

2. Kepala Surat

Kemudian hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah masalah kepala surat. Dalam contoh surat penawaran, akan dijelaskan lebih lanjut terkait kepala surat.

Di kepala surat ini berisi beberapa bagian penjelasan. Umumnya bagian kop surat mencantumkan tanggal, nomor, jumlah lampiran, perihal, hingga tujuan surat.

Seperti halnya kop surat, bagian kepala surat ini juga penting untuk diperhatikan. Seperti halnya kop surat, bagian kepala surat ini juga penting untuk diperhatikan. Karena di bagian inilah beberapa keterangan terkait isi surat diberikan.

3. Pembuka Surat

Bagian surat yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bagian pembuka surat. Di bagian ini pembuat surat penawaran memberikan sebuah penjelasan singkat.

Isi dari penjelasan tersebut adalah perihal beberapa hal umum. Seperti menanggapi surat yang mana, serta perihal apa surat ini dikirimkan. Ada juga yang menyertakan terkait produk penawaran yang akan diberikan.

4. Isi Surat

Hal yang penting dari surat tentu bagian isi surat. Pada bagian ini dijelaskan berbagai macam hal yang menyangkut tentang surat penawaran.

Utamanya yang berisi penjelasan mengenai produk yang akan ditawarkan (jika berupa produk). Selain itu lebih baik juga dijelaskan mengenai cara pemesanan, pembayaran dan pengiriman produk.

Pada bagian isi ini juga dapat diberikan penjelasan sesuai dengan permintaan klien. Berikan penjelasan secara singkat tepat dan padat.

Jika ada hal-hal yang harus lebih rinci dijelaskan dapat diberikan dalam lampiran. Pastikan jika informasi yang dibutuhkan klien sudah terlampir di dalam bagian isi surat tersebut.

Bagian lebih rinci dari isi surat ini dapat diberikan pada bagian lampiran. Rincian terkait dengan katalog untuk barang yang jumlahnya banyak sampai dengan mekanisme kerjasama dapat diberikan di sana.

Lalu jika memang detail akan diberikan pada bagian lampiran, sebaiknya jelaskan mengenai apa saja yang dilampirkan pada bagian isi. Berikan juga penjelasan singkat tentang masing-masing lampiran jika diperlukan.

5. Penutup Surat

Terakhir ada bagian penutup surat. Di bagian penutup surat ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Utamanya terkait himbauan hubungan kerja yang akan berlangsung.

Jangan lupa sertakan kembali kontak yang dapat dihubungi. Buatlah sebuah penutup yang baik dengan ajakan yang dapat memicu terjadinya kerjasama antara pengirim dan klien.

Lebih baik jika mempelajari dulu terkait bagaimana membuat penutup surat penawaran yang baik. Berikan penutup yang nantinya membuat klien yakin untuk melakukan kerjasama.

Jangan lupa gunakan kalimat penutup yang sopan. Ini guna memberi kesan baik pada pihak klien. Ada berbagai macam contoh surat penawaran yang memberikan gambaran penutup surat yang baik.


Cara Membuat Surat Penawaran Yang Baik

Contoh Surat Penawaran

Jika tadi sudah dibahas terkait bagian-bagian surat penawaran, sekarang saatnya membahas tentang cara membuat surat penawaran yang baik. Ada beragam contoh surat penawaran yang beredar di internet.

Namun, perlu diingat jika tidak semua contoh surat penawaran tersebut baik. Ada beberapa hal yang menjadi indikator cara membuat sebuah surat penawaran yang baik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Identitas Perusahaan

Hal yang pertama harus dilampirkan dalam sebuah surat penawaran adalah terkait identitas dari pengirim surat penawaran tersebut. Dari identitas inilah klien kemudian mengetahui siapa pengirim surat tersebut.

Identitas perusahaan salah satunya dapat dilampirkan pada bagian kop surat. Sehingga klien akan langsung memahami siapa yang mengirim surat tersebut.

Tak ada salahnya juga mencantumkan identitas perusahaan pada bagian utama surat. Bahkan jika ingin memberikan profil singkat perusahaan tak ada salahnya untuk memberikannya pada bagian lampiran. Sehingga klien lebih mengenal terkait dengan profil singkat perusahaan yang menjadi pengirim surat tersebut.

2. Jumlah Stok Barang

Selanjutnya yang harus dilampirkan adalah jumlah stok barang yang dimiliki. Adanya lampiran jumlah stok barang ini untuk mempermudah klien mengerti kemampuan pengirim yang akan menjalin kerjasama dengannya.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi klien. Karena di sini klien akan mempertimbangkan kemampuan pengirim surat penawaran dalam memenuhi kebutuhan klien.

Berikan stok barang yang ada serta seberapa banyak kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika pasokan kebutuhan dilakukan secara rutin.

Tak ada salahnya jika melampirkan rincian terkait hal ini dalam surat penawaran. Sehingga klien dapat memiliki pertimbangan yang baik. Untuk pengaplikasian stok barang dalam isi surat, sebaiknya cari contoh surat penawaran yang memberikan hal tersebut.

3. Penjelasan Produk

Hal yang kemudian juga harus diberikan pada surat penawaran adalah terkait produk. Berikan penjelasan yang rinci terkait produk yang akan ditawarkan. Spesifikasi produk serta pilihan produk yang dapat diberikan. Apalagi jika ada berbagai jenis produk yang dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan klien.

Penjelasan produk serta lampiran penjelasan produk ini akan memberikan gambaran yang baik bagi klien terkait kondisi produk yang dimiliki.

Sehingga klien dapat memberikan pertimbangan dalam segi produk saat akan melakukan kerjasama. Selain itu melampirkan jenis-jenis produk yang dapat menjadi alternatif juga dapat memberikan peluang kerjasama baru.

4. Harga Khusus

Masalah harga menjadi salah satu pertimbangan utama saat akan melakukan pembelian barang. Sehingga perihal harga menjadi masalah krusial yang perlu dicantumkan dalam surat penawaran.

Karena setiap klien pasti ingin mendapatkan harga terbaik dengan kualitas terbaik. Tak ada salahnya untuk melampirkan ‘harga khusus’ bagi klien yang akan diajak melakukan kerjasama.

Harga khusus yang dilampirkan tersebut menjadi suatu ‘kelebihan’ yang dapat ditonjolkan pada klien. Apalagi untuk pembelian dalam jumlah yang banyak. Sertakan juga range harga jika harga barang tersebut naik turun.

5. Tata Cara Pembayaran

Tata cara pembayaran menjadi hal yang penting untuk dijelaskan di dalam surat ini. Karena kesepakatan pembayaran ini menjadi salah satu perjanjian yang akan mempengaruhi kerjasama ke depannya.

Apalagi tiap perusahaan memiliki kriteria pembayarannya masing-masing. Untuk itu perlu diberi penjelasan bagaimana tata cara pembayaran di awal.

Ada berbagai tata cara pembayaran yang biasanya ditawarkan. Mulai dari pembayaran lunas di depan, pembayaran dengan DP(uang muka), hingga pembayaran di tempat. Jika memang masalah pembayaran dapat dibicarakan lebih lanjut sebaiknya sertakan keterangan tersebut.

6. Pengiriman Barang

Selanjutnya adalah masalah pengiriman barang. Dalam contoh surat penawaran yang baik, seharusnya masalah pengiriman barang ini menjadi hal yang wajib dilampirkan.

Masalah pengiriman barang ini akan berkaitan dengan masalah pembayaran. Karena biasanya barang dikirim setelah perjanjian pembayaran menemui kesepakatan.

Bagi barang-barang tertentu tak ada salahnya mencantumkan, bagaimana barang tersebut dikemas, metode transportasi yang akan digunakan serta berbagai hal lainnya.

Ini penting untuk memberikan jaminan pada klien jika barang yang dipesan akan selamat sampai ke tujuan. Sehingga perlu meyakinkan klien terkait dengan hal ini.

7. Sifat Penawaran Dengan Klien

Ada berbagai sifat penawaran yang dapat ditawarkan pada klien. Berbagai sifat penawaran ini sebaiknya dijelaskan pada bagian surat penawaran. Beberapa sifat penawaran yang ada antara lain sebagai berikut.

  • Penawaran terikat. Pada penawaran jenis ini maka penawaran yang terjadi antara klien dan perusahaan pengirim penawaran sifatnya terikat. Sehingga jika ada perubahan harga atau jumlah barang pihak perusahaan wajib memberitahukan pada pihak klien. Begitu juga sebaliknya.
  • Jenis penawaran tidak terikat atau penawaran bebas. Di penawaran jenis ini maka jika ada perubahan harga maupun jumlah produk pihak perusahaan maupun klien tidak wajib saling memberitahukan. Inilah yang membuat penawaran ini diberi nama penawaran bebas. Karena pihak klien dan perusahaan tidak saling terikat.
  • Penawaran berjangka waktu. Jenis penawaran yang satu ini berlaku di jangka waktu tertentu. Biasanya jenis penawaran yang satu ini berlaku untuk penawaran jasa. Sehingga kerjasama hanya berlaku pada jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian.

8. Administrasi Pendukung

Masalah administrasi pendukung ini juga penting untuk dilampirkan. Ini karena masalah administrasi dapat menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat klien menjadi semakin tertarik.

Sertakan berbagai macam administrasi yang dapat membuat klien menjadi semakin yakin. Beberapa administrasi yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut.

  • NPWP.
  • Surat Izin Perdagangan (SIUP).
  • Daftar Rekam Jejak (TDR).

Serta berbagai administrasi pendukung lain yang dirasa nantinya membuat klien semakin yakin untuk mengadakan kerjasama. Masukkan hal-hal tersebut ke dalam surat lampiran. Untuk lebih jelasnya cari contoh surat penawaran yang memuat cara pemberitahuan lampiran tersebut.


Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran

Tak hanya diperlukan pemahaman yang baik akan kebutuhan surat penawaran, namun juga harus dicermati contoh surat penawaran. Sehingga dapat dibuat surat penawaran yang sesuai. Inilah beberapa contoh dari surat penawaran di bidang jasa:


1. Contoh Surat Penawaran Jasa Keamanan

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Jasa Keamanan

PT JAYA ABADI

SIAP MELAYANI KEBUTUHAN KEAMANAN ANDA

Jl Bendungan Sengguruh 29, Malang Tlep : 0341-67777

Malang, 22 Juli 2018

Nomer                  : 77/S.Pen/VII/2018

Lampiran             : 1 Bandel Company Profile

Hal                          : Penawaran Jasa Keamanan

Kepada,

Manager PT Sawojajar Indah

Jl Danau Bintan No 4 Sawojajar

Malang

Dengan hormat,

Sehubungan adanya surat permintaan company profile serta daftar jasa dari perusahaan saudara dengan nomor 22/MN/VII/2018 yang sudah kami terima. Maka kami ucapkan terimakasih banyak untuk permintaan penawaran yang telah ditujukan pada perusahaan kami.

Kami merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa keamanan yang telah memiliki kerjasama dengan sejumlah perusahaan ternama. Di sini kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk masalah keamanan di PT Sawojajar Indah. Bersama dengan surat ini izinkan kami untuk mengajukan penawaran untuk pekerjaan jasa keamanan di PT Sawojajar Indah. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan Profil Company perusahaan kami. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk menjalin kerjasama dengan kami.

Demikian Surat Penawaran ini kami buat. Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama dengan PT Sawojajar Indah untuk ke depannya. Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi customer service di nomor 0341-67779. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

PT Jaya Abadi

Dara Ayu M.

Manager Pemasaran


2. Contoh Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

PT SURYA ELEKTRO MANDIRI

Supplier kebutuhan listrik, instalasi dan perawatan instalasi listrik terpercaya

Jl Bendungan Wlingi 99, Malang Tlep : 0341-99997

Malang, 27 April 2017

Nomer                  : 22/PEN/IV/2017

Lampiran             : 1 (Satu) rangkap

Hal                          : Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Kepada,

Manager Pengadaan PT Lintas Alam Sejahtera

Jl Oro-oro Ombo No 99

Batu

Dengan hormat,

Bersama surat ini izinkan kami untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT Surya Elektro Mandiri yang bergerak dibidang pengadaan, instalasi dan perawatan alat-alat listrik. Sehubungan dengan rencana pekerjaan Instalasi Listrik di Gudang Baru PT Lintas Alam Sejahtera. Dengan ini kami mengajukan penawaran kerjasama untuk pekerjaan tersebut.

Adapun penawaran instalasi yang kami ajukan telah memenuhi persyaratan yang diminta dalam dokumen pengadanaan untuk pekerjaan instalasi tersebut. Kami juga telah memenuhi syarat-syarat sertifikasi dalam bidang instalasi listrik. Sebagai salah satu pertimbangan bersama surat ini kami melampirkan beberapa dokumen berikut ini.

  1. Dokumen Profil Perusahaan.
  2. Fotokopi Sertifikat Instalasi.
  3. Dokumen Perjanjian Kerjasama.
  4. Berkas Kualifikasi Tenaga Ahli.
  5. Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan.

Demikian Surat Penawaran ini kami buat. Semoga kerjasama dapat terjalin untuk pekerjaan ini dan juga berbagai pekerjaan lain untuk ke depannya. Besar harapan kami agar diberi kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan PT Lintas Alam Sejahtera. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

PT Surya Elektro Mandiri

Rahajeng Risa U.T.

 

Marketing Manager


3. Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

PT ABADI SINAR PERKASA

Siap melayani kebutuhan jasa kebersihan dengan pelayanan terbaik

Jl Ruko Villa Bukit Mas RF-9, Surabaya Tlep : 031-727272

Surabaya, 20 Mei 2017

Nomer                  : 20/S.Penawaran/V/2017

Lampiran             : 1 (Satu) rangkap

Hal                          : Penawaran Jasa Cleaning Service

Kepada,

Manager Pengadaan PT Wijaya Kusuma

Jl Oro-oro Dowo No 77

Malang

Dengan hormat,

Dengan surat ini, pertama izinkan kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami PT Abadi Sinar Perkasa merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di penyediaan jasa cleaning service. Perusahaan kami telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan ternama.

Sehubungan dengan informasi yang kami peroleh, PT Wijaya Kusuma sedang membutuhkan lowongan untuk pekerjaan cleaning service. Sehubungan dengan hal tersebut, maka izinkan kami untuk menawarkan jasa cleaning service yang kami miliki. Di sini kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kebersihan perusahaan yang bekerjasama dengan kami. Berbagai pengalaman yang telah kami miliki kami sertakan sebagai pertimbangan bersama dengan surat ini.

Demikian Surat Penawaran ini. Kami berharap agar surat penawaran ini dapat menjadi salah satu langkah kerjasama kami dengan PT Wijaya Kusuma. Apabila diperkenankan, kami siap untuk memberikan presentasi lanjutan sesuai tanggal yang disepakati. Sekian surat penawaran kami. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

PT Abadi Sinar Perkasa

Tian Rahardjo.

 

Marketing


Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran

Tadi sudah banyak dibahas terkait contoh surat penawaran jasa. Sekarang waktunya membahas seputar contoh surat penawaran barang. Di surat penawaran barang ini modelnya hampir sama dengan surat penawaran jasa. Bedanya di contoh surat penawaran barang ini akan disebutkan terkait barang atau produk yang akan ditawarkan. Berikut beberapa contohnya.


1. Contoh Surat Penawaran Barang Keperluan Kantor

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Barang Keperluan Kantor

CV PAKUSARI GRIYA AGUNG

Menyediakan berbagai kebutuhan kantor kualitas terbaik

Jl Villa Bukit Mas 7, Dukuh Pakis, Surabaya

Tlep : 031-909097                      Email : [email protected]

Surabaya, 27 Juni 2018

Nomer                  : 92/SPX /VI/2018

Lampiran             : 1 (Satu) bendel

Hal                          : Penawaran Peralatan Kantor

Kepada,

Manager Pengadaan PT Rufus Indonesia

Jl Ahmad yani no. 77

Surabaya

Dengan hormat,

Pertama-tama bersamaan dengan surat ini izinkan kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami CV Pakusari Griya Agung merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di suplier kebutuhan kantor. Berpengalaman kurang lebih 15 tahun di bidang suplier peralatan kantor dan sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama.

Bersamaan dengan ini perkenankan kami untuk memberikan penawaran berbagai barang yang siap untuk kami pasok ke depannya. Berbagai barang yang kami sediakan ini hadir dalam berbagai merk serta harga yang pastinya terjangkau. Barang-barang kebutuhan kantor yang kami sediakan juga memiliki kualitas terbaik. Sehingga tak perlu khawatir terkait dengan masalah kualitas hingga harga.

Di sini kami juga siap melakukan negosiasi terkait harga serta mekanisme pembelian. Apabila PT Rufus Indonesia berminat melakukan kerjasama dengan kami. Bersama surat ini juga kami melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Dokumen Profil Perusahaan,
  2. Katalog Produk,
  3. Mekanisme Kerjasama.
  4. Dokumen-dokumen lain yang turut dapat menjadi pertimbangan.

Demikian surat penawaran ini dibuat. Semoga adanya surat penawaran ini dapat menjadi jembatan awal bagi kerjasama antara CV Pakusari Griya Agung dan PT Rufus Indonesia. Sekian surat penawaran kami. Atas Perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

CV Pakusari Griya Agung

Rio Haryadi

Marketing Executive


2. Contoh Surat Penawaran Perlengkapan Elektronik

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Perlengkapan Elektronik

CV SAHABAT SEJATI

Penyedia berbagai perlengkapan elektronik untuk beragam kebutuhan

Jl Ruko Villa Bukit Mas RF-9, Surabaya

Email : [email protected] Fax : 031-724249 Telepon : 031-724247

Surabaya, 20 Maret 2017

Nomer                  : 22/Penawaran/III/2017

Lampiran             : 1 (Satu) rangkap

Hal                          : Penawaran Perlengkapan Elektronik

Kepada,

Manager Pengadaan PT Sariwangi Jati

Jl Bridgen Slamet Riyadi 22

Malang

Dengan hormat,

Pertama-tama melalui surat penawaran ini izinkan kami lebih dahulu memperkenalkan diri. Kami CV Sahabat sejati merupakan sebuah perusahaan yang bekerja di bidang pengadaan alat-alat elektronik. Terhitung sudah lebih dari 100 perusahaan yang mengadakan kerjasama dengan perusahaan kami. Berbagai pengalaman di bidang pengadaan barang elektronik membuat kami tumbuh menjadi salah satu perusahaan penyedia barang elektronik dengan pelayanan terbaik.

Sehubungan dengan informasi yang diperoleh terkait dengan agenda pengadaan perlengkapan elektronik. Maka bersama dengan ini kami memberikan penawaran kerjasama untuk pengadaan perlengkapan elektronik yang dibutuhkan PT Sariwangi Jati. Adapun berbagai katalog produk yang dapat kami supply turut kami sertakan dalam lampiran surat penawaran ini. Untuk mekanisme pembayaran yang kami tawarkan sendiri mencakup tiga mekanisme pembayaran.

  1. Mekanisme pembayaran cash saat barang diantarkan menuju ke PT Sariwangi Jati.
  2. Pembayaran menggunakan kartu kredit. Untuk pembayaran kartu kredit ini menggunakan bank BNI maupun BCA.
  3. Sistem pembayaran cicilan selama 3 kali cicilan. Mekanisme pembayaran ini mengharuskan adanya DP minimal 50%.

Mekanisme pembayaran diluar ketiga mekanisme pembayaran tersebut dapat dibicarakan lebih lanjut. Berikut juga terkait masalah harga dan juga potongan untuk pembelian tertentu.

Demikian Surat Penawaran ini. Besar harapan kami jika ke depannya kami dapat melakukan kerjasama dengan PT Sariwangi Jati dalam pengadaan barang-barang elektronik. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

CV Sahabat Sejati

Ria Lovendita Ayun

Manager Marketing


3. Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

Contoh Surat Penawaran

Surat Penawaran Barang Bangunan

PT SUKMA KARYA MANGUN

Distributor bahan-bahan bangunan terpercaya

Jl Ruko Villa Bukit Mas RD-90, Surabaya

Email : [email protected] Fax : 031-274492 Telepon : 031-704240

Surabaya, 7 November 2017

Nomer                  : 99/SPn/XI/2017

Lampiran             : 1 (Satu) Bendel

Hal                          : Penawaran Bahan-bahan Bangunan

Kepada,

Manager Pengadaan PT Indokontraktor Nusantara

Jl Rungkut Industri I/7

Surabaya

Dengan hormat,

Dengan surat ini izinkan kami lebih dahulu memperkenalkan diri. Kami PT Sukma Karya Mangun adalah sebuah perusahan yang bergerak di distributor bahan bangunan. Berbagai jenis bahan bangunan sudah siap kami sediakan. Semuanya dengan berbagai kualitas terbaik serta harga yang bersaing.

Bersamaan dengan surat ini kami bermaksud untuk memberikan penawaran kerjasama dengan PT Indokontraktor Nusantara. Penawaran yang kami ajukan adalah terkait dengan suplai bahan bangunan yang ditujukan untuk berbagai bidang pengerjaan dari PT Indokontraktor Nusantara. Di sini kami siap memberikan barang-barang yang berkualitas dengan harga bersaing. Adapun sebagai bahan pertimbangan kami menyertakan beberapa dokumen, antara lain sebagai berikut.

  1. Dokumen bukti distributor resmi produk-produk tertentu.
  2. Katalog produk lengkap beserta harga.
  3. Mekanisme kerjasama yang kami ajukan.
  4. Dokumen perjanjian kerjasama.
  5. Metode pembayaran yang kami tawarkan.

Kami berharap beberapa dokumen yang kami sertakan ini dapat menjadi pertimbangan untuk keberlangsung kerjasama ke depannya. Untuk hal-hal yang berkait dengan keberlanjutan kerjasama, negosiasi mekanisme pembayaran serta berbagai hal lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami buat. Besar harapan kami jika ke depannya kerjasama antara kami dan pihak PT Indokontraktor Nusantara dapat berjalan. Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi customer service kami di 031-704240. Sekian surat penawaran ini. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

CV Sukma Karya Mangun

Radyan Avelia R.

Marketing


Kesimpulan

Beberapa contoh surat penawaran di atas dapat menjadi acuan ketika akan membuat surat penawaran. Namun harus dipastikan jika contoh surat penawaran yang menjadi acuan merupakan contoh surat penawaran yang sesuai. Pastikan jika pas dengan beberapa indikator kelengkapan surat penawaran seperti yang disebutkan di atas.

Ada berbagai contoh surat penawaran lain yang dapat dijadikan pedoman saat akan membuat surat penawaran. Semuanya bergantung pada kebutuhan surat penawaran yang akan dibuat. Untuk itu harus menyesuaikan dengan kebutuhan surat penawaran tersebut. Apakah surat penawaran jasa atau termasuk surat penawaran barang.

Contoh Surat Penawaran