Contoh Surat Pengangkatan Karyawan

contoh surat pengangkatan karyawan

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan – Surat pengangkatan karyawan adalah surat yang diterbitkan dan diputuskan oleh pihak perusahaan atas tujuan pengangkatan karyawan, staff maupun posisi jabatan tertentu. Contoh surat pengangkatan karyawan yang dijelaskan kali ini adalah beberapa model surat pengangkatan yang bisa diambil untuk dijadikan surat pengangkatan di manajemen atau perusahaan tertentu.

Dalam contoh surat pengangkatan karyawan ini akan terlihat berbagai bentuk yang berbeda namun untuk isi dan tujuan yang disampaikan dalam surat tersebut sama yaitu untuk urusan pengangkatan status karyawan atau kepegawaian.

Contoh surat pengangkatan karyawan dibawah ini sangat menarik untuk dibaca apalagi jika surat tersebut ditujukan kepada diri kita yang bersangkutan. Dengan diangkatnya seseorang karyawan dalam perusahaan biasa akan merubah sistem dan keteraturan tertentu. Mulai dari besaran gaji dan upah, tanggung jawab dan hak kerja serta ruang lingkup pekerjaannya juga akan ikut berbeda.


Contoh Surat Pengangkatan Karyawan dan Jabatan Tertentu

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan

Berikut ini akan dipaparkan masing-masing contoh surat pengangkatan karyawan yang berbeda-beda perusahaan. Masing-masing perusahaan menentukan sendiri tentang peraturan surat yang sesuai dengan perusahaan itu sendiri. Dan yang pertama ini adalah contoh surat yang dikeluarkan perusahaan untuk seseorang yang akan diangkat menjadi karyawan tetap.


Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Tetap

Surat Pengangkatan Karyawan dan Jabatan Tertentu

Karyawan tetap berarti statusnya mengalami peningkatan dari yang tidak tetap menjadi tetap. Dengan demikian biasanya karyawan tersebut akan mendapat kan fasilitas hak dan kewajiban dari perusahaan seperti upah, tanggungan kesehatan, asuransi dan sebagainya.

 

Surat Keputusan

N0:456/67388/HRD/201

Perihal : Pengangkatan Karyawan

 

Sebagai telah dilakukannya tahap evaluasi terhadap kinerja saudara Amrizal Fitrah telah diangkat menjadi karyawan tetap di PT. Garam Berkualitas  Hal ini merupakan ketentuan yang diatur dalam sistem ketenagakerjaan dengan ketentuan yaitu:

Menimbang      : Dilakukannya penilaian dan pengamatan terhadap yang bersangkutan.

Mengingat        : Sesuai dengan Anggaran Dasar dan perusahaan PT Garam berkualitas

Memperhatikan    : Memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia maka dengan ini

Memutuskan         :

Mengangkat saudara Amrizal Fitrah sebagai Kepala Gudang. Dan apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan yang terdapat dalam surat keputusan ini maka PT Gudang Berkualitas akan memperbaiki sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di Medan, 23 Maret 2019

 

Garam Berkualitas

Kepala HRD


Contoh Surat Pengangkatan Menjadi Marketing

Contoh yang berikutnya adalah surat pengangkatan karyawan yang ditujukan kepada seseorang untuk menduduki jabatan marketing pemasaran dalam sebuah cv maupun perusahaan yang bernama Cv. Muslimah. Dalam surat tersebut tertera posisi, hak serta kewajiban kerja yang harus dipertanggungjawabkan dan diperhatikan oleh karyawan yang diangkat tersebut.

Surat Pengangkatan Menjadi Marketing

Surat Pengangkatan Karyawan

Cv. Muslimah

 

Nama               : M. Dian Prasetyo

T.Tgl.Lahir       : Medan 23 Desember 1988

Jenis Kelamin  : Pria

Alamat             : Jln. Beringin Ujung Nomor 45 Medan

Sejak terhitung tanggal 1 September 2019 telah diangkat menjadi salah satu karyawan tetap di CV. Muslimah sebagai Marketing Pemasaran dengan ketentuan yang ditetapkan yaitu;

  1. Berkewajiban melakukan penjualan atau memasarkan produk cv. Muslimah.
  2. Melakukan Kunjungan secara rutin dan terjadwal ke seluruh outlet .
  3. Berhak mendapatkan gaji dan upah sebesar Rp 2.500.000 setiap bulannya.
  4. Harus Merealisasikan penjualan dengan pencapaian target 200 pack coklat lezat dalam setiap bulan
  5. berhak mendapat bonus dari peningkatan dan hasil penjualan yang banyak.

Demikian surat pengangkatan diatas. Kiranya surat ini dapat dijadikan perhatian dan dijadikan dasar pelaksanaan kerja yang baik ke depannya.

 

Medan, 12 Januari 2019

Tito Hari Mukti


Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Lengkap

Jenis model yang satu ini terlihat lebih panjang. Hal ini disebabkan ada beberapa poin penting yang menjadi ketentuan dan peraturan dalam perusahaan yang harus diperhatikan. Biasanya deretan tanggung jawab akan disertakan bersamaan dengan surat pengangkatan tersebut. Berikut simak contoh dibawah ini.

Surat Pengangkatan Karyawan Lengkap

Atlas Senantiasa Luas

Nomor : SK.455//dfru/-HRG/2019

Kepada Yth Saudara

Zefri Sitorus

Di Tempat

Perihal :Pengangkatan Karyawan

 

Bersamaan dengan surat ini maka disampaikan dengan sangat hormat kepada saudara bahwasanya berdasarkan penilaian produktifitas kerja saudara, maka perusahaan telah memutuskan telah mengangkat saudara menjadi karyawan tetap di PT. Atlas Senantiasa Luas.

Sejak terhitung dan diterbitkannya surat ini pada tanggal 1 Oktober 2019 maka saudara telah menjadi karyawan tetap di perusahaan ini. Adapun ketetapan dan ketentuan yang akan berlaku setelah pengangkatan saudara adalah :

Nama               : Zefri Sitorus

T.Tgl.Lahir       : Pematang Siantar 23 Nopember 1980

Jenis Kelamin  : Pria

Alamat             : Jln. Asahan Bukit barisan No 78

Jabatan            : Staff

Gaji                  : Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus rupiah)

Kiranya saudara dapat mematuhi peraturan dan keputusan ini dengan sebagaimana mestinya. Terimakasih atas perhatian saudara, jika terdapat kesalahan serta kekeliruan di dalam surat keputusan ini maka perusahaan akan melakukan perbaikan sebagai mana peraturan yang berlaku.

Demikian surat keputusan ini semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baik. Selamat bekerja di perusahaan kami.

Ditetapkan di Medan

Tanggal 23 28 September 2019-09-06

Atlas Senantiasa Luas

 

Budi Santoso MM

Finace & HR Director


Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Singkat

Berbeda pula dengan contoh berikut. Surat pengangkatan sangat sederhana singkat, padat. Cukup pada poin pengangkatan keterangan surat data yang bersangkutan yang akan diangkat dalam perusahaan tersebut. Surat ini sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan kecil untuk menambah kredibilitas manajemen perusahaan dalam mengelola sumber daya yang ada.

Surat Pengangkatan Karyawan Singkat

Surat Pengangkatan

Nomor: 145/HGJDU/HRD/II/2019

 

Berdasarkan peraturan dalam kebijakan manajemen PT. Citra Meranti serta lampiran hasil seleksi tahap administrasi maka dengan ditetapkannya keputusan yang ditujukan kepada:

Nama               : Ferdi Hasan SE

T.Tgl.Lahir       : Malang, 13 Januari 1981

Jenis Kelamin  : Pria

Alamat             : Jln. Kenanga Nomor 45 Pajak Sore Pekalongan

Jabatan            : Administrasi Kantor

Gaji                  : Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus rupiah)

Dengan demikian saudara telah sah menjadi karyawan dan staff administrasi di perusahaan ini sejak tanggal 5 September 2019. Segala ketentuan hak dan kewajiban diatur sebaik-baiknya dan dilampirkan bersamaan dengan surat ini. Terimakasih atas perhatian saudara, kiranya surat ini dapat diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Medan 5 September 2019

Citra Meranti

 

Dendi Prasetyo Siregar MM

General Manager


Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Untuk Jabatan Tertentu

Contoh ini berisi pengangkatan secara hormat oleh seorang karyawan yang awalnya magang menjadi pegawai. Atas dasar penilaian dan pengambilan kebijakan tertentu karyawan yang memiliki potensi dan linier keilmuan yang cukup membuat karyawan diangkat menduduki posisi yang lebih baik. Berikut contoh surat tersebut

Surat Pengangkatan Karyawan Untuk Jabatan Tertentu

Kencana Pura Jaya

Nomor : UI/hgk/dokumen//65HRD2019

Kepada Yth Saudara

Fitri Amalia MM

Di Tempat

Perihal :Pengangkatan Karyawan

 

Sebagaimana yang telah diputuskan dalam surat ini, bahwasanya saudara Fitri Amalia diangkat menjadi Kepala Divisi Manajemen. Hal ini diputuskan berdasarkan keputusan dan kebijakan manajemen perusahaan kencana Pura Jaya atas dedikasi dan kinerja saudara selama menjadi tenaga magang di perusahaan ini. Maka dengan ini

Nama               : Fitri Amalia MM

T.Tgl.Lahir       : Kisaran, 23 Agustus 1980

Jenis Kelamin  : Wanita

Alamat             : Jln. Bunut Kisaran Kabupaten Asahan

Jabatan            : Kepala Divisi Manajemen perusahaan di PT Kencana Pura Jaya

Gaji                  : Rp 4.000.000 (empat juta  rupiah)

Kiranya saudara dapat mematuhi peraturan dan keputusan ini dengan sebagaimana mestinya. Terimakasih atas perhatian saudara, jika terdapat kesalahan serta kekeliruan di dalam surat keputusan ini maka perusahaan akan melakukan perbaikan sebagai mana peraturan yang berlaku. Saudara dapat melakukan koordinasi dengan pihak manajemen bagian pusat untuk pengaturan sistem dan keteraturan yang akan dijalankan di perusahaan.

Dan sebagaimana ketentuan dan peraturan yang berjalan bahwasanya sejak diberlakukan dan diangkatnya saudara maka secara sistematis saudara akan dikenakan sangsi apabila telah tercatat sebagai karyawan yang melanggar peraturan. Demikian surat keputusan ini semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baik. Selamat bekerja di perusahaan kami.

Ditetapkan di Kisaran

Tanggal  20 September 2019

 

Kencana Pura Jaya

Rudi Sanjaya MM

Finace & HR Director


Contoh Surat Pengangkatan Kepegawaian

Dan contoh terakhir adalah surat pengangkatan untuk pegawai negeri. Meski sedikit berbeda dalam bentuk namun tingkat keresmian surat nya tetap dalam konteks sistem pengangkatan pegawai.

Surat Pengangkatan Kepegawaian

Kementerian Dalam Negeri

 

Petikan

Keputusan Dalam Menteri

Nomor : 87635/KDN/ehie/ 2019

Menimbang                  :dst

Mengingat                    :dst

Memperhatikan            :

Penetapan NIP 987642346338, atas nama saudara Fikri Rido oleh Badan   Kepegawaian Negara tanggal 10 Desember 2019

Memutuskan

Menetapkan

Pertama                        Mengangkat sebagaimana data saudara yang tertera dengan                                                                              kepemilikan nomor urut 234

Nama                            : Fikri Ridho

NIP                               : 546378299.6.8.38

T.Tgl.Lahir                  : Kisaran, 20 Agustus 1970

Jenis Kelamin             : Pria

Pendidikan                  : SMA

Menjadi Calon Tenaga Pegawai  Negeri Sipil dengan masa percobaan

Golongan                     : IIIa

Masa Kerja      : 30 tahun 1 bulan

Dan dengan demikian akan diberikan gaji pokok sebesar 80 % X

Rp. 1.400.000 serta ditambahi tunjangan penghasilan lain sesuai dengan

peraturan dan ketentuan yang berlaku pada tanggal 02 September 2019

Kedua              : Apabila telah terdapat kekeliruan dan kesalahan dalam surat ini maka akan

diperbaiki sebagaimana mestinya.

Keputusan ini disampaikan

  1. Kepala KPPN Provinsi Sumatera Utara
  2. Kepala Biro Keuangan Sekretariat Daerah Prop. Sumatera Utara
  3. Calon Pegawai Negeri Sipil Yang Bersangkutan
  4. Pejabat lain Yang bersangkutan

Ditetapkan       : Di Jakarta

Tanggal             : 01 September 2019

Diberikan sesuai dengan aslinya                                  Menteri Dalam Negeri

 

Kepala Badan Kepegawaian Negeri

Dra. Sutiyoso MM                                                       Soehartono MM


Contoh Surat Pengangkatan Sebagai Ketua Organisasi

Contoh yang terakhir ini adalah contoh pengangkatan seseorang untuk dijadikan ketua dalam organisasi tertentu. Berbeda dengan sebelumnya pengangkatan hanya di perusahaan contoh ini di buat untuk organisasi

Surat Pengangkatan Sebagai Ketua Organisasi

Surat Pengangkatan

Nomor: 34/bkrmi/SekreKordinator /2019

 

Sebagaimana yang telah diputuskan berdasarkan rapat pimpinan oleh Koordinator Remaja Mesjid untuk wilayah Kabupaten Simalungun dan Asahan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2019 yang lalu memutuskan bahwa:

Nama               : Muhammad Zayid Faisal

T.Tgl.Lahir       : Medan, 29 April 1989

Jenis Kelamin  : Pria

Alamat             : Jln. Bahtiar Nasir Nomor 6 Kampung Rambutan

Jabatan            : Wakil Koordinator Remaja Mesjid Wilayah Simalungun

Dengan ini diangkat sebagai ketua Koordinator Remaja Mesjid Pusat. Hal ini berdasarkan keputusan dan peraturan dalam anggaran remaja mesjid untuk Kabupaten Simalungun dan Asahan. Bahwa saudara memiliki kualifikasi untuk menjadi ketua BKRMI. Dan dengan diterbitkannya surat ini maka dengan ini saudara Muhammad Zayid Faisal resmi menjabat sebagai ketua BKRI untuk periode 2019 sampai dengan 2020.

Asahan 12 Januari 2019

 

Ketua Koordinator BKRMI

Muhammad Agus Prasetyo S.Pd

Diangkat untuk menduduki jabatan atau fungsional tertentu memang sangat menyenangkan dan membahagiakan. Apalagi diangkat dengan sangat terhormat dalam surat keputusan yang resmi. Contoh surat pengangkatan karyawan diatas menjelaskan bahwa setiap perusahaan memiliki cara dan sistem sendiri untuk bisa memantau kinerja karyawannya. Bahkan cara dan sistem penilaian tidak diketahui siapapun kecuali pihak yang terlibat dalam ruang internal di perusahaan tersebut.

Contoh surat pengangkatan diatas dibuat berdasarkan ketentuan perusahaan, lembaga maupun organisasi tertentu. yang terpenting dalam surat pengangkatan tersebut jelas identitas surat berkaitan oknum yang menerbitkan surat tersebut. dan tentunya ketelitian untuk mencantumkan data dan tanggal menjadi unsur dalam membuat surat tersebut.

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan

Tinggalkan Balasan