Contoh Surat Somasi

contoh surat somasi

Contoh Surat Somasi – Surat somasi sering dikenal dengan surat teguran atau peringatan atas suatu perihal yang berkaitan dengan calon tergugat. Misalnya perihal hutang piutang, perjanjian yang tidak ditepati, maupun penghinaan juga bisa mengajukan somasi.

Kesimpulannya surat somasi itu adalah upaya teguran secara hukum kepada seseorang untuk diberikan kesempatan melakukan upaya perbaikan dan menyelesaikan permasalahan dengan baik. Ingin tau bagaimana cara membuatnya? Simak contoh surat somasi berikut ini.

Surat somasi adalah surat teguran dengan ketentuan aspek yuridis. Adanya surat somasi tentunya pelanggaran hukum yang dilakukan satu pihak dapat diselesaikan dengan cara yang baik.

Atas dasar hukum terkadang banyak pihak menggunakan jasa advokasi untuk melayangkan surat somasi. Contoh surat somasi berikut ini akan menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan dikeluarkannya surat somasi.


Aturan Membuat Somasi

Contoh Surat Somasi

Somasi tidak dibuat secara asal-asalan. Karena somasi juga akan mengakibat kan sanksi hukum kepada yang tergugat. Agar tidak salah paham ada baiknya memahami aturan tentang bagaimana pembuatan somasi melalui contoh-contoh surat somasi berikut ini:

  • Somasi boleh dan bisa diterbitkan apabila terjadi tidak dipenuhinya sebuah kewajiban oleh suatu pihak tertentu berdasarkan perjanjian yang telah disepakati dan dilakukan perjanjiaan diatas surat perjanjian tertulis.
  • Karena sifatnya adalah peringatan atau teguran maka somasi harus diajukan dalam bentuk surat dengan harapan pihak tergugat dapat memenuhi panggilan atau seruan yang tertulis dalam surat somasi yang diberikan tersebut.
  • Banyaknya somasi yang dikirimkan itu adalah sebanyak 3 kali dengan jarak waktu antara somasi pertama kepada somasi kedua itu adalah berkisar 7 hari minimal.
  • Dan apabila somasi yang dikirimkan kepada pihak tergugat telah mencapai sebanyak tiga kali maka demi hukum pihak yang memberi somasi dapat mengajukan penuntutan hukum pidana maupun perdata kepada pihak tergugat.

Contoh Surat Somasi Untuk Kasus Melanggar Hukum

Contoh Surat Somasi

Sebagai warganegara yang taat hukum tentunya seseorang wajib mengikuti peraturan hukum yang berlaku baik dalam pemerintah, bisnis, maupun yang berkaitan dengan janji penting yang di buat atas dasar hukum yang kuat. Mari simak contoh surat somasi berikut ini.

1. Somasi Terhadap Kelalaian Membayar Kontrak Kerja

berikut ini adalah contoh surat somasi yang dilayangkan oleh suatu pihak terhadap pihak lainnya berkaitan melanggar perjanjian kerja yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

Surat Somasi Untuk Kasus Melanggar Hukum

Nomor : 04/09/Ls/UP2019

Perihal  : Somasi Pertama

Kepada Yth:

Direktur PT. Jaya Prima Pribadi

Bpak. Ir. Rayen Sitanggang

Jl. Cempaka Putih No 4 Medan

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami menyampaikan tentang kewajiban PT. Jaya Prima Pribadi pada perjanjian untuk pembangunan Mall Ciputri Manis. Dalam perjanjian sebagaimana yang telah diatur dalam akad perjanjian nomor 3456712 pertanggal 5 Oktober 2019 tentang kewajiban kami untuk menyelesaikan tahap pembangunan serta atas kewajiban saudara sebagai PT. Jaya Prima Pribadi melunasi pembayaran sebesar Rp. 1.000.000,000 (satu milyar rupiah). Hal ini kami sampaikan berkaitan sudah tibanya masa tempo pembayaran terkait hal tersebut. Dan sehubungan hal ini kami juga ingin menyampaikan bahwa

  1. Pembangunan Mall Ciputri Manis telah selesai dibangun sampai pada tahap penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang disepakati yaitu pada tanggal 30 September 2016 sampai tanggal 20 Agustus 2019.
  2. Sampai pada datangnya waktu tempo pelunasan saudara yang bersangkutan belum juga melakukan kewajiban membayar  tagihan tersebut sebesar Rp. 1.000.000 (satu milyar rupiah) kepada kami.
  3. Dengan begitu maka saudara Ir. Rayen Sitanggang memiliki utang kepada kami sebesar Rp. 1. 000.000.000 (satu milyar rupiah).

Berdasarkan dengan hal diatas maka kami memberikan dan menyampaikan serta memberikan peringatan/somasi kepada saudara untuk:

  1. Agar segera melaksanakan kewajiban saudara sebagai Direktur PT. Jaya Prima Pribadi melakukan pelunasan berkaitan  biaya pembangunan mall ciputri manis kepada pihak kami sebesar Rp 1.000.000.000 (satu milyar) dengan masa waktu selambat-lambatnya satu minggu atau 7 hari setelah diterimanya surat peringatan/somasi ini.
  2. Apabila sampai waktu yang telah diberikan saudara belum melunasi pelaksanaan kewajiban untuk melakukan pelunasan hal terkait diatas, maka pihak kami akan menempuh jalur hukum untuk penyelesaian perihal ini baik untuk perdata maupun pidana.

Demikianlah Peringatan/somasi ini disampaikan kepada saudara yang bersangkutan semoga surat ini menjadi perhatian.

Hormat Kami,

 

PT. Election Kontraktor

Herman Prakoso


2. Surat Somasi Untuk Jual Beli

dan contoh berikut ini adalah somasi yang diakibatkan adanya perjanjian akad jual beli sebuah gedung apartemen sebagaimana yang telah disepakati. tanpa alasan tertentu di waktu yang telah ditentukan pihak penjual belum menyerahkan gedung yang telah dibeli.

Surat Somasi Untuk Jual Beli

Nomor : 04/09/Ls/UP2019

Perihal  : Somasi Kedua

Kepada Yth:

Direktur PT. Abadi Selalu

Bpak. Putra Kesuma Abadi

Jl. STM Hilir Nomor 9 Teluk Ujung Batu Rokan

 

Dengan hormat

Kepada klien kami atas

Nama  : Putra Kesuma Abadi

Alamat : Jl. STM Hilir Nomor 9 Teluk Ujung Batu Rokan

Berkaitan ini kami ingin menyampaikan perihal penting kepada saudara yang berkaitan tersebut yaitu menyampaikan surat somasi kedua yaitu:

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa saudara telah melakukan perjanjian atau suatu pengikatan atas perkara jual beli dengan nomor 30/78.32/2019 per tanggal 3 September 2019 tentang penjualan gedung apartemen bertingkat 5 yang terletak di area

Kompleks        : Gedung Perkantoran Mimbar

Terletak           : di Jln. Merah Jingga Medan Blok VI No 5a.

Luas Tanah      : 700 M2

Jumlah lantai   : 5 (lima ) lantai

Luas bangunan: 700 M2

Sebagaimana yang terdapat dalam pasal 3 ayat 2 tentang perjanjian yang telah disepakati dan disetujui oleh kedua belak pihak yaitu bahwa saudara akan memberikan bangunan untuk dipergunakan oleh pihak klien kami selambat-lambatnya pada tanggal 3 Maret 2019

Kemudian dalam perjanjian tersebut yang jelas terdapat dalam pasal yang bahwa pihak klien akan melunasi sisa harga harga jual beli dengan harga sebesar Rp. 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) dibayar tunai dengan sekali bayar.

Dengan demikian pihak klien kami telah terbukti melakukan kewajibannya sebagaimana yang telah diatur yaitu membayar serta melunasi jual beli gedung tersebut. Namun berkaitan dengan sampai waktu yang ditentukan yaitu pada tanggal 10 Maret 2019 ini saudara belum juga melakukan penyerahan gedung apartemen tersebut yang telah sah saudara jual kepada klien pada tanggal selambat-lambatnya 13 maret 2019 sehingga mengakibatkan terjadinya wanprestasi.

Berkaitan dengan perihal berikut diatas maka melalui surat somasi kedua ini pihak klien kami memberikan waktu dan kesempatan untuk segera melakukan penyerahan gedung apartemen tersebut paling lama 7 hari sejak diterbitkan somasi kedua ini.

Kiranya saudara yang bersangkutan dapat memperhatikan surat ini dengan sebagaimana mestinya sehingga dapat melaksanakan apa yang menjadi kewajiban saudara. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga dapat merusak citra perusahaan yang bapak pimpin tersebut.

Berdasarkan uraian surat somasi kedua ini kami sampaikan kepada saudara. Kami berharap ada itikad baik saudara untuk menyelesaikan perihal ini dengan sebaik-baiknya dan secepatnya. Kami berharap saudara dapat memberikan langsung respon positif atas penyelesaian permasalahan ini. Terimakasih sebelumnya kami ucapkan kepada saudara.

Dengan hormat, Medan 10 Maret 2019

 

Kuasa Hukum

Retno Pakpahan


3. Contoh Surat Somasi Perihal Hutang Piutang

dalam perkara hutang piutang somasi juga dijadikan jalur alternatif untuk menyelesaikan perselisihan, atau pelanggaran akad hutang piutang. berikut ini adalah contoh somasi pertama yang diakibatkan hutang yang belum dilunasi tanpa alasan yang jelas.

Surat Somasi Perihal Hutang Piutang

Perihal  : Somasi Pertama

Kepada Yth:

Reni Panjaitan

Jlan. Puja Sera Kecamatan Grohol Kabupaten Asahan

 

Dengan hormat Kepada

Nama   : Reni Panjaitan

Alamat : Jln. Puja sera Kecamatan Grohol Kabupaten Asahan

Dengan segala hormat bahwasanya saya yang bertanda tangan ini

Nama               : Lily Anggraini Harahap

Alamat             : Jln. Perisai Nomor 5 Asahan

Pekerjaan         : Advokasi

Sebagaimana berdasarkan surat kuasa khusus pada tanggal 3 mei 2019 oleh nama klien kami disertai materai yang cukup yaitu saudara Akbar Maulana  dan dengan alamat Jln. Melati Putih nomor 5 Kabupaten Asahan  ingin menyampaikan surat somasi yaitu.

Dengan ini menyampaikan bahwa antara saudara dengan klien kami telah melakukan perikatan hal hutang piutang pada tanggal 1 Januari 2019 sebesar Rp. 700.000.000 (enam ratus juta rupiah).

Peminjaman uang tersebut bertujuan untuk biaya operasional pembangunan pabrik makanan milik saudara.

Dalam perjanjian tertulis bahwa saudara akan membayar hutang piutang dengan cara mencicil sebesar Rp. 55.000.000 setiap bulan selama 1 tahun. Namun tanpa alasan yang tidak jelas saudara tidak lagi melakukan pembayaran sebagaimana mestinya selama 3 (tiga ) bulan berturut-turut sehingga terjadi wanprestasi. Bahkan sampai pada tanggal 5 April 2019 saudara belum juga membayar angsuran hutang-piutang tersebut sebagaimana mestinya untuk ke 4 kalinya.

Dengan demikian berkaitan dengan hal itu pihak klien kami menyampaikan bahwa saudara melakukan pembayaran paling lama 7 x 24 jam sejak diterbitkannya surat somasi ini kepada saudara.

Apabila dalam waktu yang telah ditentukan tersebut saudara juga tidak dapat memenuhi kewajiban dalam melunasi kewajiban hutang piutang tersebut, maka pihak klien kami akan melakukan gugatan perdata atau juga pidana sebagai jalur hukum.

Demikian surat somasi ini disampaikan kepada saudara dengan harapan dapat menemui titik terang perihal masalah hutang piutang yang tertera diatas.

Hormat Kami

Asahan 5 april 2019

 

Pengacara

Lily Anggraini Hrp


4. Contoh Surat Somasi Untuk Lembaga Pemerintah

Somasi juga bisa dilayangkan kepada lembaga pemerintah. jika telah memenuhi unsur hukumnya somasi dapat di kirimkan  kepada lembaga tertentu yang berkaitan. Sebagai bahan pertimbangan berikut ini penjelasannya dalam bentuk contoh.

Surat Somasi Untuk Lembaga Pemerintah

 

Nomor : 03/768399/LK/2019

Perihal  : Somasi Pertama

Kepada Yth:

Dinas Sosial Pemerintah Kota

Bpak. Sumartejo S.Sos

Jl. Kemarau Deli Medan

 

Dengan hormat,

Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami kepada bapak selaku Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kota Medan  dengan ini saya mewakili pihak PT Kontraktor Perisai menyampaikan surat somasi berkaitan dengan pelanggaran batas perjanjian kerja sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya dengan dasar bukti surat terlampir dalam surat ini.

Bahwasanya saudara selaku pihak Dinas Kota Sosial belum melakukan pelunasan pembayaran proyek rumah sejuta umat yang dibangun di daerah Desa Sileguk. Berdasarkan sebagaimana yang tertera dalam surat perjanjian tersebut apabila pihak kami telah melakukan penyelesaian kerja maka pihak saudara akan melunasi kekurangan pembayaran sebesar Rp. 3.000.000.000 (tiga milyar rupiah)

Terhitung sejak tanggal 4 januari maka masa  pembayaran telah memasuki masa tempo. Dengan ini melalui surat somasi pertama ini kami menghimbau agar kiranya

  1. Agar kiranya saudara selaku Kepala Dinas segera melakukan pembayaran sisa utang pembangunan proyek rumah sebagaimana terlampir dalam surat ini. Selambat-lambat terhitung 7 hari masa penerbitan surat somasi ini.
  2. Namun Jika ternyata dalam waktu yang telah ditentukan sebagaimana kewajiban saudara sebagai Kepala Dinas Sosial belum melakukan pelunasan maka kami akan melakukan jalur hukum dengan menyampaikan gugatan pidana dan perdata sebagaimana mestinya

Demikianlah isi surat somasi ini kami sampaikan besar harapan kiranya pihak Dinas Sosial dapat menunaikan apa yang menjadi kewajiban sebagaimana penjelasan perjanjian yang terlampir dalam surat ini.

Hormat Kami,

 

Kontraktor Perisai

Sesiandi Pramono

Yang namanya perilaku atau tindakan melanggar hukum selalu membuat khawatir siapa saja. Hukum yang berlaku di dalam bangsa Indonesia tidak pandang bulu. Siapa saja yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi akan pelanggarannya. Berdasarkan contoh surat somasi diatas dapat dijadikan dasar agar kita menjadi warganegara yang mengetahui hukum dan taat pada hukum.

Contoh Surat Somasi 

Tinggalkan Balasan