Contoh Teks Berita

contoh teks berita

Contoh Teks Berita – Teks berita umumnya berisi tentang segala macam fakta yang terjadi di dunia. Kadang berita ditulis pada media cetak. Bisa juga disiarkan lewat radio atau televisi. Bahkan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini berita juga diunggah pada situs-situs di Internet. Di bawah ini akan dijelaskan tentang contoh-contoh teks berita.

Pada penulisan text berita sendiri umumnya memiliki setidaknya 3 struktur utama. Pertama orientasi berita, peristiwa, serta sumber berita. Dan yang paling penting penulisan berita harus mengandung unsur 5W+1H. Yaitu apa, kapan, dimana, siapa dan bagaimana sebuah peristiwa itu terjadi. Untuk selengkapnya, ikuti uraiannya berikut ini


1. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Banjir

Contoh yang pertama adalah teks berita tentang kejadian banjir di sebuah daerah. Dalam teks berita tersebut di dalamnya akan turut dijelaskan tentang kapan, dimana, siapa korbannya,serta  bagaimana kejadiannya. Berikut teks berita dengan judul “Kali Brantas Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Hampir 3 Meter”.

Peristiwa banjir bandang akhirnya terjadi lagi. Kali ini menimpa beberapa desa di daerah sekitar kali Brantas. Banjir bandang tersebut diduga disebabkan karena intensitas hujan yang turun deras mulai jam 20.00 WIB hingga 06.00 WIB. Setidaknya sudah 2 desa yang terendam akibat kejadian ini.

Diantara warga korban yang rumahnya tergenang air, sudah mulai mengungsi ke kampung sebelah. Diperkirakan karena kejadian ini ada sekitar 165 kepala keluarga terpaksa kehilangan tempat tinggalnya. Pemerintah juga sudah tanggap dengan memberikan bantuan yang diperlukan. Seperti air bersih, makanan, minuman, pakaian, serta obat-obatan.

Menurut catatan, sebelumnya juga pernah terjadi banjir di wilayah ini tepatnya sekitar 3 tahun yang lalu. Namun diperkirakan, banjir bandang kali ini jauh lebih besar daripada tahun sebelumnya. Dugaan sementara, kejadian ini akibat dari masyarakat kali Brantas sendiri yang membuang sampah sembarangan di sekitaran kali Brantas.

Hal ini lah yang kemudian membuat banjir bandang datang menimpa daerah tersebut. Apalagi saat seperti ini ketika musim hujan datang.

Baca Juga: Contoh Teks Hikayat


2. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan

Teks berita ada juga yang menerangkan tentang peristiwa kecelakaan. Seperti contoh di bawah ini tentang kecelakaan yang terjadi jalan Tol Cipali yang diduga karena rem blong. Dalam teks berita ini akan dijelaskan secara cukup terperinci tentang kejadian tersebut. Simak uraian selengkapnya berikut ini

Telah terjadi peristiwa kecelakaan sekitar dini hari tadi tanggal 5 mei 2015 tepatnya di Jalan Tol Cipali. Kecelakaan ini melibatkan sebuah mobil mewah yang dikemudikan oleh seorang anak di bawah umur. Pengendara ditengarai bernama Bagus. Dirinya diduga mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 130 KM/jam.

Mobil bernomor polisi B 5643 itu terlihat oleh cctv menabrak pembatas jalan. Kejadian ini diduga karena rem mobil blong. Untungnya, mobil Ferrari hitam itu tidak sampai membuat kecelakaan yang hebat. Hal tersebut karena saat kejadian tol dalam keadaan sepi dan kebetulan sudah dini hari.

Kecelakaan yang bisa dikategorikan tunggal  tersebut juga tidak sampai merenggut korban jiwa. Hanya saja, bagus si pengendara mobil terlihat mengalami luka berat. Hingga saat ini dirinya masih dirawat intensif di salah satu rumah sakit terdekat.


3. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

Kejadian kebakaran juga sering menjadi topic beberapa teks berita. Seperti contoh teks berita di bawah ini yang membahas tentang kejadian kebakaran di sebuah rumah. Diduga kejadian tersebut akibat meletakkan lilin yang kurang berhati-hati. Simak contoh paragraf berita ini dengan judul “Diduga karena lilin, rumah habis dilalap si jago merah”.

Kejadian tak terduga terjadi di salah satu perumahan Griya Suci Permai di Gresik kemarin malam sekitar pukul 21.00 WIB. Rumah milik keluarga Pak Agus tersebut kini habis tak bersisa akibat kebakaran. Diduga peristiwa itu terjadi akibat salah satu penghuni rumah yang kurang berhati-hati meletakkan lilin.

Siska, anak pak Agus mengaku jika dirinya sempat menaruh lilin di atas lemari kayu di kamarnya. Sesaat sebelum dirinya pergi menginap ke rumah saudaranya. Untungnya tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Pemilik rumah, Pak Agus saat itu sedang pergi tahlillan ke rumah tetangga perumahan. Sang anak siska sedang menginap ke rumah saudara mereka.

Sementara istri pak Agus sendiri sedang pulang ke kampung halamannya. Namun pemilik rumah ditafsir menderita kerugian ratusan juta rupiah akibat kejadian ini. Termasuk ikut terbakarnya sejumlah dokumen penting. Yaitu akta kelahiran, ijazah, serta beberapa surat-surat penting lainnya.


4. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Gempa Bumi

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Gempa Bumi

 

Sejumlah peristiwa alam seperti gempa bumi juga bisa dijadikan topik menulis teks berita. Seperti contoh di bawah ini tentang kejadian gempa bumi yang mengguncang daerah Lombok. Berikut teks berita dengan judul “Gunjangan Gempa Lombok, Mengundang Kepanikan Warga”.

Lagi-lagi, bencana kembali menerpa bumi pertiwi. Kali ini gempa bumi mengguncang tanah Lombok, Nusa Tenggara Timur. Gempa berkekuatan 7 skala ritcher mampu membuat kepanikan warga. Sebagian warga Lombok langsung mengungsi ke dataran tinggi sesaat setelah pihak BMKG memberi peringatan ada potensi tsunami.

Gempa 7 skala ritcher ini terjadi sekitar pukul 18.00 waktu Indonesia Tengah. Pusat gempa diperkirakan berada di jarak  20 km barat laut Lombok timur. Kedalaman gempa terukur hingga 15 kilometer. Kepanikan warga sempat bertambah saat berita potensi tsunami diturunkan serta listrik yang mati total.

Dengan segala kegentingan yang terjadi mereka memutuskan mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Namun akhirnya, demi meredam kepanikan warga BMKG mencabut peringatan potensi tsunami. Gempa yang berkekuatan cukup tinggi itu pun berakibat pada naiknya air laut di beberapa daerah.

Diantaranya daerah Bada Sumbawa serta pelabuhan Carik Lombok utara. Sementara hingga berita ini diturunkan, warga masih merasakan beberapa kali gempa susulan.

Baca Juga: Contoh Teks Recount


5. Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita

Teks Berita Tentang Pendidikan

Contoh lain dari teks berita adalah membahas tentang pendidikan. Seperti teks berita di bawah ini yang berjudul “Menilik lebih jauh potret pendidikan di daerah tertinggal”. Simak ulasan selengkapnya berikut ini

Anak-anak sekolah dasar di desa Harum Sekar Kabupaten Kepulauan Aru sesaat setelah turun hujan harus berusaha keras untuk menuntut ilmu. Hal tersebut dikarenakan mereka harus berjalan kaki bahkan tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi jalan yang memprihatinkan. Selain becek jarak yang harus ditempuh anak-anak tersebut bahkan mencapai 6 kilometer jauhnya.

Semua dilakukan semata-mata untuk menuntut ilmu dan mencapai cita-cita. Mereka pun tidak hanya harus bertahan melewati jalur yang terjal, bahkan keadaan sekolah bisa dikatakan kurang layak dan cukup mengkhawatirkan. Diketahui jumlah pelajar SDN 11 tersebut tergolong sangat sedikit, dan bangunan yang digunakan untuk operasional belajar mengajar juga dalam kondisi rusak.

Hal tersebut tak pelak membuat sejumlah pelajar terpaksa digabung dengan siswa kelas lain. Hingga berita ini diturunkan, belum terlihat adanya sarana maupun prasarana sekolah yang mumpuni. Termasuk gedung kelas yang rusak, kurangnya stok buku perpustakaan, dan minimnya tenaga pendidik. Diketahui jumlah pengajar SDN 11 tersebut hanya sekitar 6 orang saja.

Pihak sekolah berujar jika pihaknya telah lama dan seringkali melaporkan kondisi ini pada dinas pendidikan kabupaten terkait. Namun hingga saat ini masih belum juga ada perhatian sedikitpun yang dilakukan oleh pemerintah setempat.


6. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebudayaan

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Kebudayaan

Topik kebudayaan juga bisa menjadi salah satu bahasan dari teks berita. Seperti teks berita di bawah ini yang menjelaskan tentang peringatan imlek di sebuah daerah. Jika ingin tahu selengkapnya, simak teks berita dengan judul “Sambut Imlek, Warga Tionghoa Gelar Beragam Tradisi Menarik” berikut ini.

Tak kurang dari 2 hari lagi menjelang tanggal 10 februari 2008. Hari dimana etnis tionghoa akan merayakan hari spesial. Pada tanggal tersebut, semua etnis tionghoa di seluruh dunia akan memperingati hari raya imlek 2559. Tahun ini bertepatan dengan tahun tikus berdasarkan penanggalan Cina.

Warga Tionghoa pun tak ketinggalan melakukan berbagai tradisi menarik untuk sambut hari raya ini. Salah satunya yaitu bersih-bersih Vihara. Tak terkecuali warga pecinan di daerah sekitar Vihara Danagun Bogor. Setidaknya ada ratusan warga etnis tionghoa berbondong-bodong membersihkan perabotan dalam Vihara termasuk patung dewa.

Semua patung dimandikan dengan ritual khusus dengan doa-doa. Mereka juga memasang pernak-pernik khas imlek di sekitar jalan menuju Vihara untuk menambah kesan meriah. Lain hal nya dengan warga tionghoa daerah kota Semarang. Di kota tersebut, umat pecinan memilih melakukan tradisi yang cukup unik yaitu menggelar pasar tumpah.

Pasar tumpah yang diselenggarakan dikenal dengan nama pesta Semawis. Pada pagelaran pasar tumpah tersebut diadakan beragam penampilan. Mulai dari tarian barongsai hingga pertunjukan budaya khas masyarakat setempat.


7. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kesehatan

Contoh Teks Berita

Teks Berita Singkat Tentang Kesehatan

Kesehatan juga banyak yang mengangkatnya menjadi topik bahasan sebuah teks berita. Untuk contoh berita di bawah ini yaitu tentang wabah chikungunya yang menyerang salah satu provinsi Di Indonesia. Supaya lebih jelas, simak teks berita dengan judul “Utamakan Kebersihan Lingkungan Demi Kesehatan” berikut ini

Dinas kesehatan provinsi Jawa Tengah belum lama ini telah menetapkan kasus Chikungunya sebagai kejadian luar biasa. Jika merujuk dengan data, kasus wabah ini telah menyentuh angka 2.801 kasus. Angka ini termasuk tinggi karena tahun 2008 silam jumlah kasus hanya berjumlah 86 kejadian. Namun, selain Chikungunya, demam berdarah diduga juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan data kasus demam berdarah tahun 2006 terjadi 10.924 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 220 orang. Sedangkan untuk tahun ini kasusnya mencapai 18.845 kejadian dengan total korban yang meninggal sebanyak 301 orang. Kasus kedua wabah ini diduga disebabkan oleh beragam alasan.

Pertama bisa jadi karena perubahan iklim, pemanasan global, juga peningkatan suhu bumi hingga 3 derajat tiap tahun. Pemerintah menghimbau para warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan mengupayakan membersihkan tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Langkah pencegahan penyakit memang harus dilakukan lebih serius oleh Pemerintah provinsi Jawa Tengah.

Hal ini diperlukan karena sebagian warga belum terlalu paham tentang beragam cara preventif demi mencegah timbulnya penyakit. Oleh karena hal inilah juga akhirnya pemerintah provinsi jawa tengah membuat peraturan tentang pengendalian penyakit tertentu. Kabar baiknya lagi, langkah pemerintah ini juga disambut baik oleh masyarakat.

Itulah beberapa contoh teks berita yang bisa menjadi media pembelajaran. Mulai dari tema kebakaran, peristiwa bencana alam, pendidikan, kesehatan, serta kebudayaan. Namun seharusnya masih banyak lagi topik yang bisa diangkat menjadi sebuah teks berita. Yang perlu diingat adalah pengangkatan topik sebaiknya harus paling informatif bukan sekedar menarik.

Contoh Teks Berita

One Reply to “Contoh Teks Berita”

  1. Teks berita umumnya berisi tentang fakta yang terjadi di dunia. Berita bisa juga lewat radio atau televisi. Berita ada 3 struktur yaitu orientasi peristiwa serta sumber berita.

    1.Teks berita tentang banjir
    Kejadian banjir di sababkan oleh sampah yang
    tersumbat. dan sungai pun terlihatan kotor dan
    tidak tercemar akibat ulah manusia.

    2.Teks berita tentang kecelakan
    kita kalau membawa kendaraan itu kita harus
    berhati-hati agar kita salamat sampai tujuan
    Jika kita tidak berhati-hati akak menyebabkan
    kecelakan.

    3.Teks berita tentang kebakaran
    Jika kita sedang menghidupkan lilin atau
    sebagainya kita harus meletakkan di tempat
    yang aman. agar tidak terjadi kebakaran.

    4.Teks berita tentang gempa bumi
    Gempa bumi itu kita gak tau kapan datangnya
    Jika kita merasakan bumi itu bergoyang kita
    harus lari ketempat yang aman.

    5.Teks berita tentang penbelajaran
    Kita harus giat dalam belajar dan rajin dan
    terus semangan untuk menjadi anak yang
    berprestasi.

    6.Teks berita temtang kebudayaan
    Kita sesama budaya lain harus saling
    menyayangi sesama manusia.

    7.Teks berita tentang kesehatan
    Kita harus menjga kesehatan.

Tinggalkan Balasan