Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi – Terdapat berbagai jenis teks yang sering kita jumpai, seperti narasi, prosedur, eksposisi, laporan dan deskripsi. Semua jenis teks tersebut memiliki ciri-ciri, kaidah penulisan, fungsi dan cara membuat yang berbeda-beda.

Begitu pula pada teks deskripsi yang umumnya digunakan untuk menggambarkan suatu hal. Teks deskripsi membuat pembaca seolah masuk ke dalam suasana yang diceritakan di dalam teks.

Teks deskripsi umumnya digunakan pada novel atau cerpen agar pembaca seolah terbawa dengan suasana yang digambarkan. Lebih lanjut mengenai pengertian beserta contoh teks deskripsi akan diuraikan berikut.


Pengertian Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Teks deskripsi merupakan jenis teks yang terdiri dari beberapa paragraf yang menggambarkan suatu kejadian, objek, tempat dan lain-lain secara detail. Untuk Teks deskripsi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu deskripsi subyektif, spatial, dan objektif.

Teks deskripsi juga dapat dikatakan sebagai upaya mengolah kata menjadi paragraf yang diutarakan dengan jelas dan tepat agar dapat dimengerti oleh pembaca yang tidak langsung mengalaminya.


Cara Membuat Teks Deskripsi Yang Baik Dan Benar

Contoh Teks Deskripsi

Terdapat langkah-langkah atau cara-cara untuk membuat sebuah teks deskripsi. Salah satu hal yang membuat teks deskripsi baik adalah terletak pada susunan kata-kata yang secara rinci menjelaskan suatu objek. Beberapa cara-cara berikut dapat dilakukan untuk membuat teks deskripsi dengan baik dan benar.

  • Menentukan topik atau tema yang akan dibahas.
  • Menentukan tujuan mendeskripsikan objek tersebut.
  • Mengamati secara langsung.
  • Kumpulkan data dan informasi.
  • Buat kerangka karangan dari data-data yang telah terkumpul.
  • Kembangkan kerangka menjadi sebuah teks deskripsi

Kaidah Membuat Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Dalam membuat teks deskripsi, tidak dapat sembarangan membuatnya. Terdapat kaidah-kaidah atau aturan-aturan dalam pembuatannya. Karena kaidah inilah yang memberikan ciri khas sebuah teks.

Sebab teks deskripsi berbeda dengan teks narasi, dimana keduanya karena memiliki kaidah yang berbeda. Beberapa kaidah dalam membuat teks deskripsi yaitu:

  • Dalam teks deskripsi menggunakan kata benda yang disesuaikan dengan topik. Contohnya seperti rumah, mobil, kereta, gelas.
  • Dalam teks deskripsi mengandung frase yang mengandung kata benda. Contohnya seperti dia adalah seseorang yang cukup keras kepala.
  • Dalam teks deskripsi mengandung kata sifat yang sifatnya menggambarkan. Contohnya seperti warna bulunya kuning kecokelatan, buah ini terasa manis saat dimakan.
  • Dalam teks deskriptif mengandung kata kerja transitif atau memberikan informasi pada subjek. Contohnya bangunan sekolah ini dikelilingi oleh rerumputan dan pepohonan.
  • Dalam teks deskriptif mengandung kalimat ungkapan perasaan atau pendapat untuk mengungkapkan pendapat pribadi penulis tentang subjek yang diceritakan. Contohnya saya sangat beruntung memiliki teman seperti dia, saya rasa pantai adalah satu-satunya tempat terbaik untuk dikunjungi saat sedang stress.
  • Dalam teks deskripsi terdapat kata keterangan sebagai informasi tambahan. Contohnya dengan cepat, di pantai, dengan sepeda.
  • Dalam teks deskripsi mengandung kata kiasan seperti perumpamaan atau metafora. Contohnya kicauan burung di langit seolah sedang bersenandung, gemercik air seperti sedang menyapa pengunjung.

Contoh Teks Deskripsi Dari Beberapa Objek

Hampir semua objek dapat dibuat teks deskripsi. Dengan demikian banyak sekali contoh teks deskripsi yang dapat kita buat, mulai dari tempat, orang, peristiwa, tanaman, hewan dan berbagai objek hidup maupun mati lainnya.

Berikut ini ditampilkan berbagai macam teks deskripsi yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat teks deskripsi sendiri:


1. Contoh Teks Deskripsi Alam

Contoh Teks Deskripsi

Gunung

Gunung adalah salah satu kenampakan alam yang indah yang bisa juga dikatakan sebagai dataran yang menonjol dan lebih tinggi dari dataran disekitarnya. Pada umumnya gunung dapat mencapai tinggi hingga ratusan meter di atas permukaan laut.

Ketinggin ini yang menyebabkan gunung tampak indah jika dipandang dari bawah maupun dari puncaknya. Dari atas puncak gunung kita bisa menikmati kesegaran air terjun yang turun dari tebing yang tinggi, sungai dengan aliran air yang jernih, bukit, bebatuan dan tebing yang kokoh, serta birunya langit di siang hari.

Keindahan alam ini sangat menyejukkan dan membuat diri menjadi tentram. Suasana alamnya juga sangat menentramkan. Kicauan burung di hutan, hembusan angina yang sejuk, dan gemercik air sungai disela bebatuan membuat kita betah jika berlama-lama mendaki gunung.

Gunung juga memiliki berbagai jenis dan ciri-ciri masing-masing. Indonesia adalah negara yang memiliki gunung paling banyak. Di Indonesia, ada gunung api aktif dan tidak aktif. Gunung berapi yang aktif memiliki lava yang dapat menyembur ketika meletus.

Lava tersebut berasal dari perut bumi yang keluar melalui puncak gunung. Lava tersebut berwarna merah menyala dan panas seperti api. Sedangkan gunung yang tidak aktif, tidak mengeluarkan lava dan tidak bisa meletus.


2. Contoh Teks Deskripsi Hewan

Contoh Teks Deskripsi

Kucing

Namanya adalah kenzi, dia adalah kucing kesayanganku. Dia adalah kucing jantan yang saat itu aku temukan di pinggir jalan. Kenzi memiliki bulu yang halus dan berwarna cokelat belang putih. Bulu halusnya menyelimuti tubuhnya dari kepala sampai ke ekornya.

Semua bulunya berwarna cokelat dan berwarna putih pada kakinya. Sedangkan ekornya berwarna cokelat dan sangat menggemaskan. Kumisnya sedang, tidak panjang dan tidak pendek.

Kenzi memiliki bentuk kaki yang lebih pendek dari bentuk kaki kucing pada biasanya. Hidungnya kecil dan kumisnya sedikit panjang. Berat tubunya sedang yaitu sekitar 4 kg. Matanya berwarna hijau kekuningan dan sangat lucu ketika dia terkejut sambil membuka matanya lebar-lebar.

Kenzi lebih menyukai tidur seharian di atas keranjang tempat tidurnya. Ketika tidur kenzi lebih suka di elus bagian punggungnya. Saat mengelus, dia memainkan ekornya ke kanan dan ke kiri.

Kenzi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Dia baru bangun jika merasa lapar. Ketika lapar dia akan menuju ke tempat makan yang telah disediakan yang disimpan di dapur.

Saat lapar dia akan terus mengeong sampai dia mendapatkan makanannya. Dia akan memasang muka menyedihkan ketika tidak diberi makan. Kucing ini sangat lucu dan sangat disayangi keluarga kami.


3. Contoh Teks Deskripsi Sekolah

Contoh Teks Deskripsi

SMA Negeri 1 Gadingrejo

SMA Negeri 1 Gadingrejo adalah salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Lokasi SMA Negeri 1 Gadingrejo tepatnya berada di Jalan Tegalsari No. 1 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung. SMA ini memiliki luas sekitar 2,89 Ha, terdiri dari 17 kelas, 1 ruang guru, 4 laboratorium, 1 perpustakaan, I UKS, I ruang koperasi siswa, 1 masjid, dan 1 aula besar.

Sekolah ini mengusung konsep hijau, sehingga hampir semua area di SMA Negeri 1 Gadingrejo ditumbuhi rumput dan beraneka pepohonan. Fasilitas parkir juga luas, dimana tersedia untuk parkir mobil dan motor. SMA Negeri 1 Gadingrejo juga memiliki 3 lapangan yaitu basket, volley dan futsal.

Lapangan basket terletak di pusat sekolah, dimana lokasi ini berada di tengah-tengah kelas, ruang guru, perpustakaan dan terpampang jelas ketika melewati pintu masuk.

Disekitar lapangan basket juga disediakan hamparan lantai yang luas yang mengelilingi lapangan. Perpaduan lapangan basket dan lantai ini sangat luas sehingga biasanya digunakan sebagai tempat untuk upacara bendera.


4. Contoh Teks Deskripsi Buah

Contoh Teks Deskripsi

Semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah semangka memiliki biji di dalamnya. Biasanya ada semangka yang memiliki biji warna putih atau hitam kecokelatan. Buah semangka sendiri berwarna merah merona.

Buah ini sangat cocok dinikmati ketika musim panas. Kesegaran buah ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus. Sensasi buah semangka ketika dimakan pada saat digigit akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya ke dalam mulut. Sensasi ini yang menjadi favorit banyak orang.

Kulit buah semangka berwarna hijau belang-belang putih, hijau tua dan kuning keputihan. Meskipun kulitnya hijau tapi buah semangka tetap berwarna merah dan rasanya manis. Buah semangka memiliki berbagai ukuran sesuai beratnya. Semakin besar buah semangka maka semakin besar pula ukurannya.

Bobot buah semangka bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Semangka yang berukuran kecil pada umumnya mencapai 4 sampai 5 kg. Sementara buah semangka yang berukuran sedang beratnya mencapai 6 sampai 10 kg. Jika beratnya sudah lebih dari itu, berarti sudah termasuk buah semangka berukuran besar.


5. Contoh Teks Deskripsi Sayur-sayuran

Contoh Teks Deskripsi

Kentang

Kentang termasuk ke dalam sayur-sayuran meskipun kentang tidak memiliki warna hijau seperti sayuran pada umumnya. Meskipun kentang merupakan jenis sayuran yang tidak berwarna hijau, namun kandungan nutrisi pada kentang juga penting bagi tubuh. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh selain nasi.

Kulit kentang berwarna kecokelatan. Biasanya pada permukaan kulit kentang terdapat bintik-bintik kecil. Sementara kentang itu sendiri berwarna kuning kecokelatan. Jika diiris atau dipotong, permukaan kentang keras tapi lembut atau masir.

Banyak makanan yang terbuat dari kentang. Kentang yang diolah dengan telur lalu digoreng disebut perkedel kentang, kentang yang diiris kemudian digoreng disebut kentang goring, kentang yang di iris lembut kemudian dimasak dengan cabai merah dan gula disebut balado kentang.

Kentang juga digunakan sebagai sayuran di sop. Ada banyak makanan yang diolah dari kentang. Jika memakannya, selain kenyang juga memberikan rasa yang lezat di lidah.


6. Contoh Teks Deskripsi Tempat Wisata

Contoh Teks Deskripsi

Candi Borobudur

Salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi peninggalan Umat Hindu yang dibangun sejak 780-840 Masehi, dengan ketinggian sekitar 400 meter. Suasana indah terpancar ketika berada di atas candi. Kita bisa melihat area sekitar candi yang sejuk dikelilingi pohon.

Banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi candi ini. Terdapat 504 buah arca yang ada dalam bangunan candi. Untuk bisa mencapai Candi Borobudur, harus menaiki banyak anak tangga. Beberapa anak tangga ada yang curam sehingga harus berhati-hati ketika berwisata ke sana. Candi Borobudur sangat megah karena memiliki wilayah yang sangat luas yaitu sekitar 2.500 m2.

Untuk mencapai ke pusat Candi, pengunjung harus berjalan ratusan meter dari pintu masuk. Selama menuju candi, pengunjung akan disuguhkan berbagai dagangan khas orang Jawa mulai dari kaos, gelang, gantungan kunci dan berbagai aksesoris lainnya. Jalan menuju candi ini dari pintu masuk terbentang luas dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang.


7. Contoh Teks Deskripsi Orang

Contoh Teks Deskripsi

Yuniar Dwi Anggita

Yuniar Dwi Anggita yang memiliki nama panggilan Yuniar adalah temanku sejak kecil. Dia memiliki tubuh kecil dan cukup langsing. Dia memiliki wajah oval dengan mata cokelat cerah dan bibir yang tipis. Yuniar dwi anggita memiliki rambut bergelombang coklat panjang tapi biasanya dia memakainya dengan kuncir kuda. Dia sangat cantik, terutama ketika dia tersenyum.

Dia selalu ceria dan terlihat dalam suasana hati yang baik. Kami memiliki hobi yang hampir sama yaitu menari. Terkadang pendapat kami juga sama. Pembawaan yang selalu energik maka dia selalu membawa energi positif dalam diri saya.

Dia seperti bagian dari keluarga saya. Saya percaya padanya sama seperti saya mempercayai anggota keluarga dekat saya. Dia adalah tipe teman yang sangat jujur. Dia selalu berbicara apa adanya meskipun itu buruk. Yuniar dwi anggita selalu mengatakan apa yang dia pikirkan. Kami sangat dekat satu sama lain. Bahkan dia bisa tahu apakah aku berbohong atau tidak. Aku sangat beruntung memiliki teman seperti dia.


8. Contoh Teks Deskripsi Benda

Contoh Teks Deskripsi

Rumah

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung. di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna orange. Sementara pada jendela, kusen dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan di sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintu untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan.


9. Contoh Teks Deskripsi Perjalanan

Contoh Teks Deskripsi

Naik Kereta

Saat itu dipertengahan bulan oktober. Aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta suasana sangat ramai namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 6 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal namun seiring berjalannya waktu kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca, ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata seakan memanjakan untuk tidur. Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan ingin mengulanginya kembali.


10. Contoh Teks Deskripsi Suasana

Contoh Teks Deskripsi

Pantai

Salah satu tempat yang sangat saya sukai ketika berlibur adalah pantai. Hal yang membuat saya menyukai pantai karena suasana di sana, apalagi ketika sore hari. Pemandangan sore di pantai sangat indah.

Ombaknya yang menabrak dipadukan dengan matahari yang sedang terbenam. Orang-orang tertawa dan bermain di bawah matahari terbenam. Butiran pasir menyentuh kaki perlahan melalui jari-jari ketika berjalan di sepanjang garis pantai.

Tak hanya itu, awan putih di langit juga turut menambah suasana di pantai semakin menentramkan. Kicauan burung seperti sedang mendendangkan lagu. Semilir anginnya yang berhembus membelai rambut menambah kesejukan di pantai.

Belum lagi air laut yang biru jernih terombang ambing dibawa ombak. Sesekali ikan-ikan tampak berenang ketika dilihat dari atas tebing di pinggir pantai. Suasana ini menjadi moment terindah bagi semua orang karena hamparan pasir, gemercik air, kicauan burung, serta terjangan ombak yang kian waktu kian mengagumkan.


11. Contoh Teks Deskripsi Tempat Umum

Contoh Teks Deskripsi

Pasar Tradisional

Semua orang pasti tahu pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dan mereka saling bertransaksi. Pasar tradisional memang salah satu tempat umum dan dikunjungi banyak orang.

Penjual dapat menjual dagangannya di toko, di los bahkan lesehan. Di sini interaksi positif terjadi antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan dagangannya secara langsung dan pembeli bisa menawarnya.

Pasar biasanya memiliki lahan yang cukup luas, dikerumuni banyak orang, dan menjadi pusat keramaian. Pada umumnya pasar memang dibangun di tengah-tengah atau di pusat wilayah yang ramai. Di depan pasar juga tersedia pangkalan ojek, angkutan umum, becak, bentor serta berbagai alat transportasi lainnya.

Pasar tradisional biasanya memiliki bangunan yang lawas. Bangunan pasar juga bertingkat dan luas. Bangunan yang berada di atas digunakan untuk toko-toko pakaian, peralatan sekolah, makanan, alat musik, dan peralatan olahraga. Sedangkan bangunan di bawah digunakan untuk menjual sayuran, ikan dan buah-buahan.


12. Contoh Teks Deskripsi Produk

Contoh Teks Deskripsi

Tas Birkin

Tas Birkin atau yang sering disebut Tas Birkin Hermes termasuk salah satu jenis tas yang paling fenomenal dikalangan wanita. Arti tas Birkin merupakan aksesori pribadi Hermes yang dibuat dari bahan kulit dan diberi nama sesuai aktris dan penyanyi Jane Birkin.

Tas tersebut merupakan mode sebagai simbol kekayaan karena harganya yang tinggi dan digunakan oleh selebriti. Untuk Tas ini sangat populer di kalangan kolektor tas.

Tas ini juga tersedia dalam berbagai bahan kulit seperti kulit lembu, kadal, dan burung unta. Di antara yang paling mahal yang digunakan yaitu kulit buaya air asin. Tas dengan skala kulit buaya yang lebih kecil harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang lebih besar.

Setiap tas dikelilingi dengan kulit kambing. Pilihan warna interior juga cocok dengan eksterior. Harga untuk tas Birkin tergantung pada jenis kulit, warna, dan aksesoris kelengkapannya.

Ukuran berkisar dari 25, 30, 35, hingga 40 sentimeter. Sementara tas bepergian berukuran 50 dan 55 sentimeter. Tas Birkin juga hadir dalam berbagai warna seperti hitam, coklat, emas, biru laut, hijau zaitun, oranye, merah muda, biru, merah, dan putih.

Tas ini dilengkapi dengan kunci dan diapit oleh tali dari kulit dan kemudian dililitkan pada pegangan. Penutup kunci menggunakan satu atau dua nomor yang terdapat di bawah kunci. Tas ini sangat dikagumi kebanyakan wanita.


13. Contoh Teks Deskripsi Kendaraan Umum

Contoh Teks Deskripsi

Bus

Bus merupakan kendaraan besar dan memiliki roda yang biasanya digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang. Untuk Bus ini memiliki roda empat, body yang panjang dan besar, serta dapat memuat banyak orang.

Terdapat berbagai macam jenis bus yang ada di Indonesia, seperti bus abodemen untuk antar jemput siswa, bus pariwisata, dan bus angkutan sehari-hari.

Selain itu Bus juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bus besar yang biasanya digunakan untuk pariwisata dilengkapi dengan AC, selimut, bantal, toilet, tempat untuk mengecas dan televise. Jenis bus ini merupakan memiliki fasilitas yang lengkap.

Melakukan perjalanan menggunakan bus sangat menyenangkan. Biasanya Bus akan berjalan pada jalan raya beraspal dengan cepat sehingga tanaman dan daun-daun pohon berterbangan terhempas oleh angina dari bus. Jendela-jendela berjajar, sangat cocok untuk sesekali merenung menatap jalanan di luar.

Sesekali ketika hujan turun dan menjatuhi atap, seolah terdengar dentuman drum yang berisik. Belum lagi suara obrolan orng di bangku belakang dan suara musik yang dibunyikan, semakin menambah ramai suasana di dalam bus.


14. Contoh Teks Deskripsi Tanaman

Contoh Teks Deskripsi

Bunga Melati

Hampir semua orang mengenal bunga ini. Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya. Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa.

Bahkan karena harumnya yang sangat khas, ada minuman teh yang memiliki aroma melati. Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma saat melakukan terapi kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkotanya sedikit lonjong dan kecil mungil. Mahkota bunga melati sangat lembut dan halus serta wangi. Bagi seseorang yang menciumnya maka timbul perasaan ingin menciumnya lagi. Mahkota bunga melati ada tujuh dan berlapis, susunannya datar dan menyirip saling berhadapan menjadikan bunga ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk ovate atau bundar telur, pangkal daunnya berbentuk lingkaran yang indah dan semakin ke ujung bentuknya semakin runcing. Pada bagian pinggir daun melati sedikit bergelombang dan permukaannya sedikit berkerut semakin indah ketika tertiup angin. Tak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering dijadikan sebagai terapi kesehatan.


15. Contoh Teks Deskripsi Kejadian Atau Peristiwa

motto hidup

Kebakaran

Peristiwa menyedihkan ini terjadi di sebuah rumah kos yang berada di pusat kota Tarakan. Wilayah ini memang sangat terkenal keramaiannya karena menjadi pusat rumah kos yang ada di Tarakan.

Saat itu adalah weekend, beberapa teman kos sudah pulang ke rumah masing-masing. Hanya ada aku dan beberapa orang saja. Bahkan pemilik kos juga sedang berlibur ke luar kota.

Kejadian ini terjadi pada sore hari. Saat itu aku baru selesai menyuji baju dan ingin tidur. Sebelum tidur aku terlebih dahulu mengecas handphone. Kemudian aku tidur agar ketika bangun baterai handphone sudah penuh.

Namun yang terjadi di luar dugaan. Stop kontak yang digunakan untuk mengecas handphoneku mengalami konsleting listrik. Aku terbangun karena terdengar suara gemercik listrik.

Ketika aku bangun api telah menyala dan menyambar sofa di dekat meja tempat aku mengecas handphone. Kobaran api semakin besar dan aku semakin panik. Aku keluar dan meminta bantuan. Namun saying, bantuan yang datang cukup lama karena keadaan saat itu tidak ada orang di kosan.

Aku keluar dan meminta bantuan warga. Seorang warga telah memanggil pemadam kebakaran lalu api dapat dipadamkan. Meskipun begitu hampir seisi kamarku terbakar, semua berkas kuliah, baju dan peralatan lain juga ikut terbakar habis.


Demikian cara beserta contoh teks deskripsi berbagai objek. Pada dasarnya membuat teks deskripsi yang utama harus dilakukan yaitu menentukan topik, kemudian membuat kerangka, lalu mengembangkan kata-kata.

Susunan kata-kata menjadi kalimat utuh yang detail adalah salah satu ciri-ciri teks deskripsi. Sebab seperti pengertian teks deskripsi itu sendiri yang merupakan menggambarkan objek secara detail.

Contoh Teks Deskripsi

4 Replies to “Contoh Teks Deskripsi”

Tinggalkan Balasan