Contoh Teks Persuasif

contoh teks persuasif

Contoh Teks Persuasif – Teks persuasif umumnya berisi ajakan yang ditujukan untuk pembaca agar melakukan hal tertentu. Paragraf persuasif harus dibuat semenarik mungkin supaya lebih banyak orang membaca. Bagaimana contoh teks persuasif, berikut uraian selengkapnya


1. Contoh Teks Persuasif Tema Pendidikan

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tema Pendidikan

Isi dari paragraf persuasif dengan tema pendidikan yaitu berisi pesan pesan yang di dalamnya mengandung unsur pendidikan. Pada umumnya, paragraf persuasif seperti ini digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Misalnya untuk membuat supaya lebih banyak murid yang termotivasi belajar, panduan belajar para siswa, dan lain-lain. Berikut contoh teks selengkapnya :

Hingga saat ini masih saja banyak ditemukan para guru maupun orang tua yang terlihat kurang sabar saat mendidik murid atau anaknya. Terutama dalam hal memberikan pendidikan yang layak dan sesuai umur mereka. Padahal kesabaran bisa dikatakan sangat diperlukan untuk mendidik anak. Bahkan seorang filsuf asal Yunani pun ikut mengutarakan pendapatnya.

Yaitu pendidikan merupakan salah satu proses kehidupan yang cukup panjang dan kemungkinan akan terus dijalani seumur hidup. Semua proses tersebut dijalankan dari mulai seseorang lahir hingga beranjak dewasa. Hal tersebut lah yang kemudian bisa mendasari jika orangtua maupun guru memang harus sabar dalam mendidik anak.

Hendaknya mereka lebih berorientasi pada proses. Ini penting dan harus diterapkan, karena dengan begitu anak dapat berkembang dengan baik sesuai usia mereka. Nantinya, hal ini juga akan membuat potensi anak yang sebenarnya lebih mudah digali. Selanjutnya potensi tersebut dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Baca Juga: Contoh Teks Debat


2. Contoh Teks Persuasif Tema Propaganda

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tema Propaganda

Paragraf persuasif bertema propaganda, berisi himbauan keras yang ditunjukkan pada masyarakat luas. Persuasif propaganda ini juga banyak dimanfaatkan untuk kegiatan kampanye. Tujuannya agar pembaca mengikuti apa yang disarankan pada propaganda tersebut. Berikut uraian contoh selengkapnya :

Masyarakat Indonesia memang sudah sangat familiar dengan cara makan unik yaitu dengan mencampurkan nasi putih dengan mie instan. Padahal tidak semua paham, cara makan yang seperti ini akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan adalah meningkatnya resiko obesitas.

Mungkin masih belum banyak yang paham dari mana seseorang bisa terkena obesitas. Obesitas ini bisa terjadi karena adanya penumpukan zat karbohidrat pada tubuh. Penumpukan ini terjadi karena cara makan nasi putih yang bebarengan dengan mie instan. Memang makan dengan cara seperti itu akan membuat perut seakan kenyang seketika.

Namun percayalah, rasa kenyang itu tidak akan lama dapat dirasakan. Oleh karena setelah beberapa saat, rasa kenyang tersebut akan hilang dan malah menambah seseorang jadi lebih lapar dari sebelumnya. Hal ini akan membuat lebih menginginkan makan lebih banyak dari sebelumnya. Inilah yang menjadi pemicu tubuh akan makin lama menumpuk karbohidrat.

Maka ketika hal tersebut terjadi, maka resiko obesitas tidak akan bisa dihindari. Ketika obesitas menyerang, penyakit lain juga akan terpicu untuk timbul. Sebut saja kolesterol penyakit jantung, juga gagal ginjal. Oleh karena itu, jika ingin tubuh sehat hindarkan diri dari memakan nasi putih bebarengan dengan mie instan.


3 .Contoh Teks Persuasif Politik

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Politik

Persuasi bertema politik berisi mengajak masyarakat untuk memilih wakil rakyat atau partai. Baik saat pemilihan umum maupun pemilihan daerah. Jenis paragraf persuasi seperti ini memang dominan digunakan oleh partai politik supaya masyarakat memilih mereka. Biasanya persuasi seperti ini banyak ditemukan di media cetak maupun elektronik. Begini contoh selengkapnya :

Tidak terasa pemilihan umum akan tiba sedikit lagi. Setidaknya beberapa minggu kedepan masyarakat Indonesia akan melakukan PEMILU 2019. Diingatkan sekali lagi, ayo gunakan hak pilih untuk PEMILU esok. Jangan sampai terlibat golput.

Ingatlah golput adalah pilihan yang sangat salah. Jaman sekarang sudah banyak terjadi hak suara diselewengkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Nasib bangsa Indonesia berada pada pilihan anda terhitung beberapa minggu lagi.

Bangsa Indonesia selama 5 tahun ke depan tergantung pada pemilu tanggal 2 Juni nanti. Maka dari itu, pada hari tersebut hendaklah pergi ke TPU serta gunakan hak pilih sebaik mungkin. Selalu ingat bahwa jadilah pemilih yang bijak.


4. Contoh Teks Persuasif Tema Lingkungan

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tema Lingkungan

Paragraf persuasif tema lingkungan berisi ajakan pembaca agar lebih peduli lingkungan. Biasanya paragraf seperti ini banyak ditemukan di media cetak maupun internet. Sekaligus sebagai edukasi pada masyarakat tentang begitu pentingnya menjaga lingkungan. Berikut contoh teks selengkapnya

Salah satu penyebab dari pencemaran lingkungan yang hingga kini makin menjadi yaitu karena banyaknya limbah rumah tangga. Bahkan semakin bertambah buruk karena limbah rumah tangga tersebut dibuang di sembarang tempat. Jumlah limbah rumah tangga yang dibuang sembarangan ini jumlahnya kian hari kian meningkat.

Hal ini sudah masuk kategori masalah serius dan harus segera dipecahkan serta dicari solusi terbaiknya. Yang paling utama untuk menyelesaikan masalah ini sebenarnya yaitu kesadaran setiap individu tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Limbah sendiri bisa berasal dari mana saja. Salah satunya yaitu limbah rumah tangga yang berasal dari aktivitas sehari-hari.

Contoh dari limbah rumah tangga bisa dari sabun, detergen, maupun shampoo. Bisa juga dari sisa makanan, buah maupun sayuran yang tidak habis dikonsumsi. Atau dari barang-barang bekas pakai seperti kardus maupun foam. Jika semua itu dibuang sembarangan, maka pencemaran lingkungan tidak bisa dihindari.

Upaya termudah dilakukan untuk menghindari resiko tersebut ada 2 cara. Pertama dengan memilih bahan bahan yang lebih ramah lingkungan. Misalnya dengan menggunakan sabun dengan bahan alami yang minim bahan kimia akan secara otomatis mengurangi pencemaran air. Cara berikutnya bisa dengan mendaur ulang sampah tersebut dengan menjadikannya barang yang lebih bermanfaat.

Misalnya dengan mendaur ulang sisa sayuran yang tidak termakan dengan menjadikannya kompos. Bisa juga dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi beberapa kerajinan dan lain sebagainya. Itulah setidaknya ada 2 cara untuk menghindarkan lingkungan dari resiko pencemaran. Ingatlah lingkungan yang bersih akan membuat penghuninya semakin betah dan nyaman.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato


5. Contoh Teks Persuasif Tema Agama Islam

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tema Agama Islam

Ada juga salah satu contoh teks prosedur yang temanya adalah seputar agama. Untuk contoh di bawah ini agama yang menjadi fokus adalah agama islam. Mengajak umat islam untuk senantiasa mendirikan sholat. Karena selain sholat merupakan tiang agama, juga yang akan menjadi amalan di akhirat nanti. Berikut uraian contoh selengkapnya

Bagi umat islam, sholat sudah menjadi ritual wajib yang harus selalu dijalankan. Sholat menurut hadist merupakan tiangnya agama islam. Maksud dari pelafalan hadist tersebut bermakna sholat merupakan pondasi. Ketika seseorang mengamalkan sholat dengan baik, artinya pondasi agamanya begitu kuat. Maka otomatis bisa menunjukkan betapa kokohnya iman orang tersebut.

Selain daripada itu, sholat juga termasuk salah satu rukun islam yang kedua. Bahkan urutannya ada di bawah syahadat. Hal tersebut sudah cukup membuktikan jika sholat merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan terutama bagi umat muslim. Apalagi sholat merupakan amalan yang dihisap pertama kali nanti saat di akhirat.

Oleh karena itu Allah Subhanallahu Wataala tidak segan-segan memberikan ganjaran yang berat pada umatnya yang tidak melakukan sholat 5 waktu.  Umat islam yang meninggalkan sholat akan kehilangan pahala yang sangat besar. Oleh karena itu, janganlah para umat islam meninggalkan amalan ini, karena sangat sayang.

Setelah tahu apa yang akan didapatkan apabila sampai meninggalkan sholat, hendaknya jangan pernah lagi melupakan ibadah tersebut. Luangkan waktu sebisa mungkin untuk melaksanakan sholat. Apalah daya meninggalkan sejenak yang dilakukan demi melaksanakan ibadah sholat yang notabene tidak memakan banyak waktu. Jadikan sholat sebagai media untuk memperdalam ilmu agama.


6. Contoh Teks Persuasif Tema Kesehatan

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tema Kesehatan

Ada banyak juga paragraf persuasi yang berisi ajakan pembaca untuk lebih memperhatikan kesehatan. Contoh di bawah ini adalah teks persuasi supaya pembaca tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Jika ingin tahu bagaimana contohnya, berikut penjelasan selengkapnya

Dimasa kini semakin banyak saja orang yang sengaja melewatkan sarapan di pagi hari. Banyak diantara mereka beralasan sudah terlambat pergi ke sekolah, kantor atau ke kampus. Banyak juga yang merasa tidak terbiasa sarapan atau tidak merasa lapar saat pagi hari. Padahal memulai hari dengan sarapan sebenarnya sangat penting.

Hal ini benar adanya, karena jika seseorang kurang asupan energi pada pagi hari akan memicu timbulnya rasa lemas saat siang hari. Efeknya tubuh tidak bersemangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Tentu saja akan membuat pekerjaan yang dikerjakan menjadi tidak maksimal. Itulah sebabnya sarapan sangat perlu apalagi buat orang yang punya segudang aktivitas.

Ada banyak jenis asupan yang diperlukan tubuh agar semangat melakukan aktivitas setidaknya sampai waktu makan siang tiba. Bisa sayuran, buah-buahan, bahkan semangkuk bubur gandum pun sudah cukup bisa menjadi menu pilihan sarapan di pagi hari. Yang harus diingat, sarapan pagi bukan soal banyak sedikitnya makanan yang dikonsumsi.

Malahan banyak terjadi saat terlalu banyak mengkonsumsi makanan di pagi hari dapat membuat kantuk. Hal ini tentu saja akan berdampak pada menurunnya produktivitas. Maka hendaknya hindari sarapan dengan menu makanan yang terlalu banyak dan berlebihan. Sarapan lah secukupnya hanya supaya perut tidak kosong.

Sarapan pagi juga punya manfaat lain. Salah satunya adalah menghindarkan seseorang dari resiko mudahnya terserang penyakit akibat kelelahan. Tidak sarapan juga bisa mengakibatkan tidak lancarnya asupan darah ke otak sehingga menjadi sulit konsentrasi. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan sarapan supaya tubuh lebih berenergi.


7. Contoh Teks Persuasif Tentang Iklan

Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tentang Iklan

Contoh teks persuasif yang terakhir yaitu tentang iklan. Isi dari teks persuasif ini merupakan ajakan agar pembaca mau menggunakan produk yang ditawarkan. Jika ingin tau contohnya, simak selengkapnya di bawah ini yaitu teks persuasif iklan sabun mandi herbal

Sabun mandi merupakan hal yang cukup penting, karena bagian dari perlengkapan pembersih badan.  Namun masih banyak orang yang kurang memahami sebenarnya ada banyak sekali bahan kimia dalam sabun mandi yang dipakai sehari-hari. Dampaknya pun sangat beragam.

Mulai dari bisa menimbulkan iritasi di tubuh pemakai, maupun bisa jadi mencemari air maupun tanah. Hal ini karena zat kimia yang menjadi kandungan sabun mandi terkadang terlalu banyak ditambahkan. Maka cara paling baik adalah dengan menggunakan sabun mandi “herbal”.

Sabun mandi “herbal” dipastikan menggunakan bahan-bahan alami yang akan mengurangi dampak iritasi pada tubuh pemakai. Selain itu, secara tidak langsung akan dapat mengurangi bahaya pencemaran air maupun tanah. Yang sudah diketahui bahwa resiko pencemaran banyak ditimbulkan oleh bahan kimia berbahaya.

Maka dari itu, segeralah beralih pada sabun mandi “herbal”. Sabun mandi “herbal” ini sudah lebih mudah ditemukan. Harganya juga cukup terjangkau, dan pastinya sangat aman sehingga bisa dipakai sehari-hari.

Itulah ada 7 contoh teks persuasif. Sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui bagaimana membuat contoh teks persuasif yang benar. Bisa menggunakan paduan contoh di atas.

Contoh Teks Persuasif

Tinggalkan Balasan