Dampak Gempa Bumi

Dampak Gempa Bumi

Dampak Gempa Bumi – Gempa bumi merupakan bencana yang akhir-akhir ini terjadi baik di dunia maupun di Indonesia. Terjadinya bencana alam ini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Bencana ini tentunya dapat memberikan dampak positif dan juga negatif. Untuk itu, berikut ini adalah dampak gempa bumi secara positif dan secara negatif:


Dampak Positif Gempa Bumi

Dampak Positif Gempa Bumi

Tidak hanya dapat mendatangkan dampak negatif, dampak positif gempa bumi juga dapat muncul. Untuk itu, berikut ini adalah dampak positif dari gempa bumi yang tentu dapat membuat orang tidak harus khawatir jika ada gempa bumi.

1. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Tidak dapat dipungkiri, bencana alam yang satu ini juga dapat membuat orang tergugah akan rasa kemanusiaannya. Dari adanya kepedulian, orang-orang akan membantu mereka yang sedang terkena musibah dengan cara menyumbangkan bahan makanan serta pakaian pantas pakai. Di samping itu pula, ada juga yang memberikan bantuan berupa uang.

Tentunya ada yang lebih mulia lagi dan mendapatkan tabungan pahala, yaitu membantu di tempat bencana sebagai relawan. Meskipun pekerjaan mereka cukup berisiko, setidaknya para relawan ini mampu meringankan beban para korban bencana. Maka dari itu, bencana alam seperti ini bisa menambahkan rasa empati pada korban bencana.

2. Sebagai Bahan Pembelajaran

Bagi para seismolog dan para pakar gempa bumi, kejadian tersebut mampu membuat pengetahuan mereka meningkat. Adanya gempa bumi di berbagai tempat tersebut tentu menjadi bahan pembelajaran mereka. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak kepulauan dengan dataran yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Dari data tersebut, para peneliti bencana akan mempelajari seberapa kuat tekanan gempa di setiap tempat. Hasil dari setiap tempat tentunya berbeda-beda. Dari hasil yang berbeda tersebut, tentunya akan menghasilkan data serta beberapa cara untuk bertahan dan menyelamatkan diri. Cara untuk menyelamatkan diri ini tentu akan diberikan kepada semua orang agar mereka bisa tetap bertahan hidup saat gempa.

3. Keseimbangan Alam Terjaga

Dari gempa yang terjadi di beberapa tempat ini tentunya akan memunculkan beberapa gunung serta dataran yang baru. Dari situ, keseimbangan alam akan terjaga dengan baik. Dataran-dataran yang terbentuk itu dapat membuat manusia bisa tinggal di dataran yang baru tersebut.

Selain dataran baru yang terbentuk, nutrisi yang ada di bumi juga bisa terbaharui. Nutrisi yang terbaharui tersebut sudah tentu muncul dari dataran yang baru terbentuk saat terjadi gempa bumi. Apabila tidak terjadi gempa bumi, maka bumi dan kehidupannya akan mengalami kesulitan karena mengikisnya nutrisi di bumi.

4. Kepadatan Penduduk Berkurang

Indonesia merupakan negara yang memiliki kenaikan pada pertumbuhan penduduk. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya anak muda yang menikah saat waktunya belum tepat. Di samping itu pula, kaum-kaum yang memiliki istri lebih dari satu juga memperbesar pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Kepadatan penduduk tersebut dapat membuat bumi menjadi sesak dan pencemaran makin bertambah. Ketika ada bencana terjadi di sebuah tempat yang padat penduduknya, maka penduduk tersebut akan berkurang. Akan tetapi, berkurangnya penduduk tersebut dapat membuat kehilangan para anggota keluarga karena bencana.

5. Kewaspadaan Akan Bencana Semakin Meningkat

Seperti yang sudah disampaikan di atas, dampak gempa bumi secara positif adalah dapat meningkatkan rasa kemanusiaan. Selain itu pula, manusia juga akan ditingkatkan rasa kewaspadaan terhadap bencana. Orang-orang akan lebih siap jika bencana terjadi di tempat tinggal mereka. Hal ini karena mereka sudah siap sedia jika ada bencana.


Dampak Negatif Gempa Bumi

Dampak Negatif Gempa Bumi

Hal yang sudah jelas ada dari setiap bencana yang ada di bumi ini adalah dampak negatif yang ada dalam bencana tersebut. Dampak negatif yang muncul tentu saja akan membuat siapa saja akan memohon kepada Sang Pencipta agar tidak terjadi gempa lagi. Berikut ini adalah dampak negatif akan adanya gempa bumi.

1. Robohnya Bangunan Tinggi

Goyangan dari lempeng bumi ini tentu saja akan membuat bangunan yang sudah berdiri tegak di suatu tempat akan roboh. Itulah mengapa ketika orang-orang yang ada di bangunan tinggi akan buru-buru keluar karena bangunan yang sudah berdiri akan roboh. Tentunya ini akan menghasilkan kerugian yang berlipat ganda akibat robohnya bangunan.

Di samping kerugian yang terjadi, infrastruktur negara dan fasilitas umum juga turut hancur bersama dengan bangunan yang berdiri tersebut. Hal itu juga membuat orang-orang harus mengungsi ke tempat yang aman jika terjadi bencana. Untuk itu ketika ada bencana, segera untuk mengungsi ke tempat yang aman.

2. Jaringan Komunikasi Terganggu

Saat kita sedang mengevakuasi diri ketika ada bencana, tentunya kita akan kesusahan ketika akan menghubungi orang. Hal ini dikarenakan jaringan komunikasi yang terganggu ketika ada bencana. Dampak gempa bumi tersebut akan menghambat seseorang ketika akan memberikan kabar terbaru mengenai seseorang di tempat bencana.

Jaringan telepon, internet, bahkan jaringan seluler juga akan terganggu karena ada bencana alam terutama gempa bumi. Tidak jarang juga dari gempa bumi ini akan membuat tower telepon dan kabel jaringan akan rusak dan bahkan putus. Maka dari itu, ketika akan berkomunikasi carilah tempat yang sekiranya aman untuk berkomunikasi.

3. Menimbulkan Banyak Pengangguran Dan Transportasi Terganggu

Karena hancurnya infrastruktur di bumi yang hancur akibat bencana, tentu akan menimbulkan meningkatnya pengangguran di sebuah tempat. Tentunya Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang padat ini tentu tidak ingin pengangguran semakin banyak berkembang. Maka dari itu, lapangan pekerjaan harus dibuka secara besar-besaran.

Di samping meningkatnya pengangguran di lokasi bencana, transportasi juga akan terganggu. Tentu saja hal ini terjadi karena goyahnya lempengan bumi dan akses transportasi menjadi pecah. Tidak hanya dari jalur darat saja yang terganggu, transportasi air beserta dengan transportasi udara sudah tentu akan terganggu.

4. Memunculkan Bencana Tambahan

Dampak negatif gempa bumi tentu saja akan memunculkan banyak bencana baru atau bencana tambahan. Salah satunya adalah terjadi tanah longsor. Gempa yang terjadi di daerah dengan dataran yang tinggi tentu akan membuat struktur tanah berubah sehingga tanah rusak. Kerusakan tanah tersebut tentu akan menimbulkan bencana lagi.

Selain tanah longsor, gempa yang terjadi di dataran rendah akan memunculkan tsunami. Hal ini sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia yang mana dua per tiga bagian di Indonesia adalah lautan. Gempa yang berada di laut tentunya akan menimbulkan tsunami. Bencana alam tersebut tentunya menimbulkan kerugian yang sangat besar.

5. Terjadinya Kebakaran

Kebakaran tentunya merupakan fenomena yang akan terjadi ketika ada bencana alam. Hubungan arus pendek akan terjadi ketika ada gempa bumi. Sehingga tidak jarang akan timbul rumah yang terbakar di saat terjadi gempa bumi. Bencana alam gempa bumi ini tentu akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Gempa bumi merupakan bencana yang terjadi akibat pergesekan lempeng bumi. Selain itu, bencana ini juga terjadi akibat ulah manusia itu sendiri. Dengan adanya dampak gempa bumi secara positif dan negatif ini tentu dapat membuat orang-orang akan siap sedia jika ada bencana. Di samping itu, manusia bisa sadar akan dampak dari gempa bumi.

Dampak Gempa Bumi

Tinggalkan Balasan