Contoh Makalah Bola Voli

6 min read

Makalah Bola voli

Makalah Bola voli – Salah satu olah raga yang mengandung unsur permainan adalah bola voli. Bola voli adalah olah raga fisik yang dimainkan dengan menggunakan dua regu atau kelompok. Bagaimana perkembangan bola voli di Indonesia? Temukan jawaban nya pada pembahasan makalah bola voli dibawah ini.

Dalam makalah bola voli yang dibahas di bawah ini dapat terlihat bahwa bola voli merupakan olah raga yang unik dan mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang menyukai melakukan permainan ini.

Makalah bola voli ini dapat dijadikan perbiandingan dalam membahas tentang ruang lingkup serta pelaksanaannya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Kalau di desa-desa tertentu permainan bola voli masih banyak di mainkan oleh para generasi putra maupun putri.


Download Makalah Bola Voli file DOC

Copy Link Makalah Pancasila di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1acMpr9Z7mLebGmzC2rKO8tqRQatD-Gn0

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Ruang Lingkup Dan Mengenal Aturan Permainan Bola Voli

Makalah Bola voli

Berikut ini ada beberapa poin penting berkaitan ruang lingkup dan pelaksanaan olah raga bola voli di Indonesia. Disamping membahas tentang peraturan  permainan makalah ini juga berisi tentang ulasan sisi lain dari bola voli.

Latar Belakang Masalah

Untuk dapat menjawab rasa ingin tahu pembaca maka dalam makalah bola voli ini akan diulas latar belakang masalah bola voli. Adapun paparan latar belakang masalah dalam makalah ini adalah:

Di era globalisasi olah raga tidak begitu disukai. Olah raga saat ini kalah dengan era digital yang serba teknologi. Kondisi ini membuat pola gaya hidup anak muda jadi berubah. Salah satu dibahasnya makalah ini adalah untuk memberikan paradigma baru tentang pentingnya bola voli dalam kehidupan yang lebih sehat untuk anak muda saat ini. Mulai dari fisik, sampai fsikis seseorang akan berpengaruh ketika memainkan bola voli.

Bola voli adalah olahraga yang melibatkan dua tim atau kelompok yang bertanding untuk mendapatkan score terbanyak. Namun walaupun bola voli adalah cabang olahraga tetapi pelaksanaannya memiliki sejumlah peraturan dan sistem yang wajib diikuti.

Untuk di Indonesia sendiri bola voli merupakan olah raga yang cukup familiar, karena cabang bola voli sering dipertandingkan dalam beberapa event mulai dari sekolah, kecamatan, maupun tingkat nasional. Dalam prosesnya olah raga voli ini kerap menarik perhatian para penontonnya.

Mulai dari keseruan kebahagian karena berhasil mencetak score, sampai kepada seruan karena gagal melakukan tembakan yang tepat. Inilah bentuk ciri dan keunikan permainan olah raga bola voli ini.

Selain menyehatkan para pemainnya olah raga ini dapat memberikan rasa bahagia dan rasa kebersamaan. Hal ini disebabkan karena bola voli sangat mengedepankan kebersamaan dalam tim untuk bisa bermain dengan baik dan sportifitas. Ini mengapa bola voli sangat baik untuk digalakkan dan kembangkan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Makalah Tentang Ham


Rumusan Masalah

Jika bola voli adalah  olah raga yang sangat penting dan banyak manfaat maka pembahasan makalah bola voli harus dijadikan informasi dalam memotivasi generasi muda untuk mau belajar dan bermain voli. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah bola voli adalah yaitu

  1. Apa manfaat terbesar dari olah raga permainan bola voli ?
  2. Mengapa bola voli itu penting digalakkan dan dilakukan bagi kaum muda?

Manfaat

Dan dalam latar belakang masalah yang dipaparkan diatas menyatakan bahwa bola voli adalah salah satu olahraga yang sangat banyak manfaatnya. Namun dalam negara Indonesia permainan olah raga ini belum begitu sangat populer dan digandrungi. Dan untuk itu maka manfaat makalah ini adalah

1. Untuk memberikan informasi dan wawasan yang luas tentang   manfaat terbesar dari olah raga  permainan bola voli khususnya bagi generasi muda.

2. Bertujuan untuk memberikan motivasi dan paradigma baru tentang mngapa bola voli itu penting digalakkan dan dilakukan bagi kaum muda


Pembahasan

Sebagaimana yang tertuang diatas bola voli permainan yang memiliki dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan bola voli di Indonesia. Berikut ini pembahasan bola voli akan diulas berdasarkan ruang lingkup keilmuannya

1. Ruang Lingkup Bola Voli

Sebagaimana pada umumnya yang diketahui banyak orang bahwa bola voli adalah sebuah olahraga yang dilakukan dalam permainan dua group atau kelompok yang berlawanan. Dan masing-masing group memiliki jumlah pasukan sebanyak 6 orang pemain.

Layaknya permainan bola voli juga memiliki sistem dan aturan tertentu dalam menjalankannya. Para pemain juga dijaga dan diawasi permainannya sehingga sangat menjaga aturan dan peraturan yang tidak boleh dilanggar.

Untuk ukuran lapangan untuk memainkan bola voli ini adalah lapangan yang memiliki panjang 18 meter dan 9 lebar meter, dan memiliki garis daerah serang dalam 3 meter atau daerah depan, serta 18 ukuran 18 meter dan lebarnya 9 meter

Bentuk garis batas biasa ditandai dengan pembatas kayu, tali, kapur atau cat, dan kertas dengan ukuran 5 cm.  Atau jika diukur lapangan itu menjadi dua bagian yang masing-masing 9 meter.  Dan untuk dalam tiap bagian lapangan memiliki daerah pertahanan dan daerah serang 9 x 3 meter.

Untuk daerah service berada di belakang tiap garis akhir dengan selebar 9 meter. Selain itu daerah service tersebut memiliki garis pendek berukuran  15 cm dan dibuat di belakang akhir berukuran 20 cm yang merupakan kepanjangan pada garis samping. Bola voli memiliki tekanan di dalam bola 0,39 – 0, 325 Kg/cm atau (4, 26 – 4, 61 Psi) dan beratnya 260 -280 gram dan 294,3 – 318, 82 mbar/hpa.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa dalam lapangan bola voli memiliki bagian batas yang membagi lapangan menjadi dua bagian lapangan yang sama di tandai dengan pembatas yang sering disebut dengan net.

Sebagai acuan dan pedoman bahwa net atau jaring yang digunakan dalam permainan ini memiliki ukuran 9,50 meter serta memiliki lebar dengan ukuran 1,00 meter. Jaring- atau net yang digunakan berbentuk mata jaring yang membentuk petak-petak berukuran 10 x 10 cm.  Untuk ukuran tingginya untuk pemain putra  ukurannya 2,43 meter sedangkan untuk putri 2,24 meter.

Untuk peraturan idealnya permainan bola ini adalah jumlah pemain 6 orang tiap regu, dan biasanya setiap regu memiliki 5 orang untuk cadangan dan 1 pemain libero. Jadi untuk 1 tim pemain bola voli terdiri dari satu coach, satu trainer, satu sistem coach, datu dokter media, dan 12 pemain serta memiliki satu kapten tim.

Dalam permainan ini regu atau tim apa saja yang lebih dulu mengumpulkan score sebanyak 25 akan menjadi pemenangnya. Namun jika dalam permianan terdapat dua angka atau score yang sama diantara kedua regu itu misalnya 24-24 jika salah satu tim dapat menambahkan dua score lagi maka dinyatakan menang.

2. Sistem Memenangkan Permainan Bola Voli

Dalam prosesnya permainan voli di mainkan dengan menggunakan dua sistem yaitu sistem two winning set, dan sistem three winning set. Two winning set adalah memnangkan permainan dengan mendapatkan score lebih tinggi selama dua set. Sedangkan sistem three winning set yaitu permainann dimenangkan dalam tiga set.

Sebagai pengetahuan dasar bola voli dapat dimainkan dengan cara sebagai berikut ini

  • Bola dapat dimainkan sebanyak 3 kali dari samping blok oleh masing-masing regu.
  • Dalam setiap satu pemain dalam tiap regu berhak memainkan atau memukul bola sebanyak dua kali berturut-turut ( tetapi tidak untuk membendung atau memblok)
  • Seluruh bagian tubuh boleh digunakan dalam permainan olah raga ini baik kepala atau kaki dengan peraturan tidak berhenti atau pantulan bola yang dilakukan memantul dengan sempurna.
  • Kemudian dua atau 3 orang pemain dapat dan diperbolehkan memukul bola secara bersamaan atau serentak sampai dua atau tiga kali pukulan.
  • Tetapi sebaliknya jika dalam dua atau tiga pemain hanya menghasilkan satu pilihan maka pukulan hanya dihitung satu pukulan saja.

Ada yang unik di dalam permainan bola voli yaitu ada momen permainan dekat net yang selalu mengundang decak kagum dan keseruan yang sangat dalam. Adapun teknis permainan dekat net ini adalah:

  • Ketika pembendung atau disebut juga degan bloker diperbolehkan menyentuh bola di kawasan daerah lawan, dengan peraturan atau rambu bahwa pemain lawan tersebut tidak menyentuh bola sebelum bola dipukul lawan.
  • Pada saat pemain ingin melakukan smass maka tangan pemain diperbolehkan melewati atau masuk daerah lawan atau melewati net.
  • Kemudian pemain yang melawati ruang pemain lawan atau berada di bawah net selama tidak mengganggu pemain lawan.
  • Kepada pemain tidak diperbolehkan menginjak atau menyentuh garis tengah, dan bagian tubuh atau badan di diperbolehkan menyentuh lapangan lawan pemain.

Selain itu bola juga dinyatakan keluar apabila bola menyatakan seperti yang dibawah ini:

  • Bola berada atau jatuh tepat berada di luar garis batas lapangan
  • Bola menyentuh di luar lapangan.
  • Berada di batas antena atau tiang dan tali net

3. Kesalahan dalam Permainan

Selain peraturan permainan bola voli juga dapat melakukan kesalahan adapun hal tersebut adalah apabila :

  • Melewati garis batas tengah lapangan atau pemain menyentuh net.
  • Bola voli harus dimainkan dan dipantulkan secara maksimal tanpa mengenai dasar lapangan atau bola hanya di lempar atau ditangkap.
  • Apabila bola dipantulkan dari lapangan dinyatakan atau dihitung sebagai out
  • Apabila pemain melakukan servis melewati lapangan maka akan dihitung sebagai poin untuk lawan, begitu sebaliknya jika servis yang dilakukan oleh pemain lawan keluar maka akan menjadi point bagi lawan.
  • ketika pemain akan melakukan serve maka pemain yang lainnya  harus berada di dalam lapangan.
  • Bagi pemain yang hendak melakukan spike harus di atas lapangan lawan.
  • Semua anggota tubuh atau badan dapat melakukan permainan atau memantulkan bola namun tidak diperbolehkan melakukan tendangan.
  • Dan kepada setiap team  akan melakukan pertukaran posisi lapangan pada saat babak terakhir dan sangat tidak disarankan menyentuh net.
  • Kemudian untuk babak penentuan atau set ke tiga tim atau regu yang memiliki nilai atau score terendah boleh meminta bertukar lapangan hal ini dilakukan sesat sebelum lawan mencapai angka akhir atau 13
  • Dan yang terakhir adalah time out hanya dapat dilakukan sekali dalam setiap babak permainan dan hanya berlangsung 1 menit. Itulah semua peraturan permainan dalam olah raga bola voli diluar.

Baca Juga: Makalah Korupsi


Penutup

Bola voli adalah olah raga yang sangat asyik dimainkan, selain memberi kesehatan pada tubuh emosional sosial seseorang juga akan lebih banyak dan efektif berkembang. Bola voli sangat penting di kembangkan pada masyarakat sejak dini .

Kesimpulan

Dalam makalah bola voli akan dijelaskan secara keseluruhan secara singkat. Melalui kesimpulan ini maka yang dapat disimpulkan adalah

  • Bola voli adalah olah raga yang dilakukan dalam sebuah permainan mengumpulkan score antara regu atau kelompok yang berlawanan. Layaknya permainan bola voli juga memiliki sistem dan aturan tertentu dalam menjalankannya. Para pemain juga dijaga dan diawasi permainannya sehingga sangat menjaga aturan dan peraturan yang tidak boleh dilanggar.

Saran

Untuk saran dalam makalah ini adalah bahwa diharapkan dengan makalah ini seluruh generasi muda dan pembaca dapat menyadari akan pentingnya permainan voli dalam kehidupan masyarakat. Dan untuk bisa bermain dengan maksimal maka diharapkan seluruh generasi mau memahami ruang lingkup dan aturan bermain voli.

Dibuatnya Makalah bola voli diatas memiliki tujuan yang tinggi yaitu agar bisa mensosialisasikan gerakan ayo olah raga. Dengan turunnya para generasi ke lapangan olah raga maka para generasi akan lebih sehat dan hidup dengan bahagia.

Makalah Bola voli

Tinggalkan Balasan