Makalah Kebugaran Jasmani

makalah kebugaran jasmani

Makalah Kebugaran Jasmani – Siapa saja pasti ingin terlihat bugar dan sehat jasmani dan rohani. Namun sayangnya tidak semua manusia mengetahui bagaimana caranya agar terlihat bugar. Dalam makalah kebugaran jasmani dapat diketahui bahwa kebugaran itu adalah kondisi manusia yang stabil serta berkemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Makalah kebugaran jasmani ini menjelaskan tentang komponen kebugaran yang terdapat dalam gerakan-gerakan olah raga. Namun olah raga saja tidak menjadi alat ukur seseorang terlihat bugar dan sehat. Ada banyak komponen dan faktor yang dapat membuat seseorang bugar.

Berikut ini makalah kebugaran jasmani  akan membahas gerakan dasar, pengertian dan fungsinya dalam kehidupan manusia. Mahal nya kesehatan seharusnya menjadi perhatian bagi setiap manusia akan pentingnya menjaga stamina dan kesehatan tubuh.


Download Makalah Kebugaran Jasmani File Doc

Copy Link Makalah Kebugaran Jasmani di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1-8OfYDozydkwINOVpS83gd3z86ISVwCo

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Kebugaran Jasmani Dan Fungsinya dalam Kehidupan Manusia

Makalah Kebugaran Jasmani

 

Pentingnya kesehatan menjadi dasar betapa pentingnya materi diketahui dan disosialisasikan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Apalagi kebugaran jasmani adalah komponen utama yang harus dimiliki agar dapat menjalani kehidupan dan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga: Makalah Bola Basket


Latar Belakang

Adapun yang melatar belakangi pentingnya pembahasan makalah ini adalah sebagaimana yang akan dibahas dalam latar belakang berikut ini.

Kebugaran jasmani adalah keinginan banyak orang. Bugar adalah kondisi yang menggambarkan sehatnya dan lancarnya metabolisme dalam tubuh. Memiliki jasmani yang bugar adalah sesuatu hal yang paling diimpikan. Secara umum kebugaran jasmani dibagi beberapa kelompok yaitu Kesehatan fisik dan keterampilan. Jasmani.

Setiap sendi kehidupan saat ini manusia ditopang oleh kesehatan jasmani nya tanpa kesehatan jasmani tentunya manusia tidak dapat melakukan aktivitas lain. Tidak banyak diketahui manusia bahwa kesehatan serta kebugaran sangat lah penting menunjang aktivitas maupun produktifitas manusia dalam kehidupan.

Karena pentingnya kebugaran jasmani menjadikan kesehatan jasmani masuk dalam kurikulum dan menjadi mata pelajaran dalam sistem pendidikan di Indonesia. Apa sih pentingnya memahami kesehatan dan kebugaran jasmani? Bukankah setiap orang memiliki takdir masing-masing tanpa menjaga kesehatan jika ditakdirkan mati maka akan mati. Berikut ulasan lengkapnya dalam makalah kebugaran jasmani dan Fungsinya dalam kehidupan manusia.


Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah

1. Bagaimana agar kebugaran jasmani dapat dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari?

2. Apa yang dilakukan manusia agar terlihat segar dan bugar jasmani serta rohani

3. komponen apa saja yang mempengarungi kebugaran jasmani seseorang

 


Manfaat

Dari sekian banyaknya membahas makalah ini salah satunya adalah untuk mengetahui bahwa kebugaran jasmani bukan sekedar gerakan olah raga. Tetapi teknik pergerakan serta aturan dalam melakukan pergerakan merupakan pemahaman yang penting bagi siapa saja yang akan melakukan gerakan jasmani. Namun manfaat dari makalah ini sendiri adalah

  1. Untuk memahami bagaimana agar kebugaran jasmani dapat dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Bertujuan untuk mengetahui Apa yang dilakukan manusia agar terlihat segar dan bugar jasmani serta rohani.
  3. Agar dapat mengetahui dan menjalankan komponen apa saja yang mempengaruhi kebugaran jasmani diri

Pembahasan

Sebagaimana yang diketahui kebugaran jasmani adalah salah satu aktifitas yang tidak banyak diketahui masyarakat pada umumnya. Padahal kebugaran jasmani merupakan komponen penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu pembahasan ini akan dipaparkan melalui landasan teori dibawah ini.

1. Aspek Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani di klasifikasikan hingga menjadi aktifitas yang dipelajari dalam proses pembelajaran di Indonesia adapun permainan serta olah raga yang tergolong dalam klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Permainan dan Olah Raga yaitu sepak bola, bola basket, bola voli, eksplorasi gerak, ketrampilan lokomotor dan non lokomotor, manupulatif, bulu tangkis, beladiri dan hal lainnya sesuai dengan jenjang pendidikannya.
  • Pengembangan yaitu seperti komponen kebugaran jasamani, bentuk postur tubuh, serta mekanika sikap tubuh.
  • Senam yaitu senam lantai, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan sederhana, ketangkasan dengan alat serta aktifitas lainnya.
  • Ritmik yaitu klasifikasi SKJ, senam aerobic, gerak bebas, senam pagi serta aktifitas lainnya
  • Untuk aktifitas Air yaitu renang, keselamatan air, permainan air, serta bergerak di air dan aktifitas lainnya.
  • Pendidikan luar kelas yaitu pengenalan lingkungan, menjelajah, mendaki gunung berkemah dan sebagainya.
  • Untuk aktifitas kesehatan yaitu merawat lingkungan sehat, penanaman budi daya hidup sehat P3k dan UKS, memilih minuman dan makanan yang sehat serta mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam olah raga.

2. Fungsi Kebugaran Jasmani Dalam kehidupan Manusia

Kebugaran jasmani segala sesuatu gerakan yang berkaitan dengan keseimbangan, kekuatan serta kelenturan tubuh. Gerakan yang terlatih tersebut diharapkan dan merupakan tujuan agar mendapatkan kebugaran serta kesehatan pada tubuh atau jasmani. Kesehatan yang dapat dirasakan dengan melakukan gerakan tubuh yang teratur tersebut dapat bertahan untuk waktu yang lama dalam kehidupan. Berikut ini ada beberapa gerakan dari 3 bentuk aktifitas kebugaran yaitu:

1. Kekuatan (Strength)

sebagaimana diketahui yang disebut dengan strength atau kekuatan adalah suatu aktifitas gerakan unutk melakukan kontraksi pada oto agar mendapatkan tegangan terhadap daya tahan terhadap tahanan. Untuk gerakan ini biasanya dapat dilekukan dengan melakukan mendorong, mengangkat, seta latihan tahanan. Gerakan –gerakan yang akan mendapatkan manfaat ini dalam tubuh adalah seperti: dumbell, weight training, mengangkat barbell, spring divices atau menggunakan per.

Tentunya gerakan ini sangat bermanfaat dalam kesehatan tubuh manusia.  Jika ketahanan semakin kuat maka seseorang dapat melakukan aktifitas apa saja tanpa cidera. Misalnya mengangkat barang, berlari, maupun berjalan membutuhkan ketahanan yang maksimal.

Adapun gerakan untuk mendapatkan ketahanan dan kekuatan tubuh maka seseorang dapat melakukan gerakan seperti

1. Push up

Tujuannya untuk melatih kekuatan lengan maupun otot. Adapun cara melakukannya adalah sebagaimana dibawah ini yaitu: ujung kaki bertumpu pada lantai atau matras lalu belakangkan kedua kaki hingga rapat dengan cara telungkup. Lalu letakkan kedua telapak tangan di lantai tepat di posisi samping dada. Lalu tekukkan siku serta jari-jari menghadap arah kedepan. Dan kemudian angkat badan keatas sampai posisi kedua tangan lurus, sedangkan untuk posisi badan dan kepala serta kaki untuk berada dalam satu garis yang sama atau lurus. Lalu lakukan lagi gerakan menekuk lengan dengan menurunkan badan dan posisi antara kaki, badan, kepala tidak menyentuh lantai atau matras. Lakukan berkali kali sampai mahir dan memiliki ketahanan yang kuat.

2. Mengangkat Tubuh Dengan Menggantung

Tujuannya Melatih Kekuatan Otot pada lengan. Untuk melakukan gerakan ini adalah dengan melakukan sikap awal yaitu dengan menggantungkan kedua tangan pada palang, ukur jarak selebar ukuran bahu, posisi lengan lurus kedepan sesuai dengan arah kepala. Lalu angkat tubuh keatas sampai posisi dagu berada diatas posisi palang. Dan turunkan kembali badan dengan meluruskan lengan, namun tetap meluruskan kaki,badan maupun kepala. Lakukan ini terus berulang-ulang. Sampai benar-benar ini kuat.

3. Faktor Yang Mendukung Kebugaran Jasmani.

Kebugaran jasmani tidak di dapat begitu saja. Atau tidak juga dengan obat atau makanan saja. Namun di dapat dengan melakukan latihan gerakan yang sistematis dan memadai. Sebagaimana yang dikatakan Yunusul hairy bahwa kesegaran jasmani tergantung pada dua komponen dasar yaitu yang terdiri dari kesehatan dinamic dan kesehatan organik. Namun secara dominan kesegaran jasmani biasanya ditopang oleh psikologi, postur tubuh, kerja tubuh.

Adapun kesehatan organik atau dikenal dengan istilah organic finess yang memiliki arti tingkat kesegaran jasmani secara keseluruhan dan sifat khusus yang dimiliki dari faktor herediter seseorang. Sedangkan untuk kesegaran dinamik yaitu segala sesuatu gerakan serta kapasitas yang mengarah kepada gerakan tindakan serta tingkatan seseorang.

Dalam pendapat ain juga dinyatakan oleh Djoko Pekik Irianto yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan kebugaran jasmani maka harus melakukan gerakan-gerakan latihan, memilih model latihan, sarana latihan maupun dosis latihan.

4. Komponen Kebugaran Jasmani

beban fisik seseorang itu memiliki ketahanan yang berbeda serta kafasitas yang berbeda pula. Dikatakan bugar apabila seseorang itu dapat melaksanakan aktivitas sehari-harinya dengan baik tanpa merasa kelelahan yang cukup berarti. Dikatakan tidak kelelahan indikatornya adalah dapat melakukan aktifitas bekerja, bersantai, melakukan hal-hal rutinitas dengan maksimal. Selain itu seseorang masih tetap terlihat tidak kekelahan walaupun setelah melakukan berbagai aktifitas kesehariannya inilah yang dimaksud dengan segar secara jasmani. Adapun komponen kesegaran jasmani itu adalah kecepatan, kelincahan, kekuatan, daya tahan dan kelenturan tubuh.

Kecepatan

Kecepatan atau biasa disebut dengan speed yaitu suatu kemampuan atau kecepatan seseorang untuk melakukan perpindahan dengan waktu yang singkat dari satu tempat ke tempat lain. Speed atau kecepatan yang dimaksud dalam hal ini adalah kecepatan yang memiliki sifat lokomotor dan siklik yaitu pengulangan suatu gerakan atau kecepatan tertentu oleh bagian tubuh misalnya seperti pukulan.  Salah satu contoh latihan ini adalah misalnya lari cepat 100 m, lari cepat 50m, atau lari cepat dengan kecepatan tertentu.

Kelincahan

Dalam bahasa lain disebut dengan agility pengertian ini menunjukkan pada kemampuan mengubah arah tertentu dengan sangat cepat dengan gerakan lainnya. Kelincahan ini sering didalami pergerakannya karena dapat meningkatkan ketangkasan peserta didik secara permanent. Kelincahan ini dapat dilatih dengan melakukan pergerakan lari bolak-balik 5 m, atau zig- zag  atau kombinasi antara keduanya

Baca Juga: Makalah Sepak Bola


Penutup

Itulah makalah kebugaran jasmani dan fungsinya dalam kehidupan manusia dalam makalah ini ada beberapa pengertian gerakan dasar yang menjadi komponen dalam menjadikan tubuh sehat jasmani. Berikut ini kesimpulan dari pembahasan makalah ini yang dirangkum menjadi :

Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari makalah kebugaran jasmani ini adalah sebagaimana yang dapat diringkas dibawah ini:

  • Aktifitas jasmani yang dilakukan seseorang menjadi salah satu faktor kebugaran. Untuk menjaga kesegaran jasmani intensitas olah raga, pelatihan, bahkan dosis jasmani harus sesuai dengan aturan pergerakan dalam kesehatan jasmani.
  • Dijadikan Jasmani sebagai mata pelajaran bertujuan agar jasmani dapat dijadikan pelajaran yang harus dikuasai dilakukan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Saran-saran

Dan untuk saran yang dapat disampaikan dalam makalah ini adalah

  • Dengan pelajaran olah raga atau kesehatan jasmani masyarakat mengetahui gerakan jasmani yang bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan jasmani.
  • Gerakan jasmani di apersepsikan sebagai rutinitas dengan mengandalkan kedisplinan dalam menjalani pola kehidupan, pola asuh bahkan pola asupan. Komponen ini akan menjadi aktifitas yang pada akhirnya akan membentuk sebuah karakter

Itulah pembahasan makalah kebugaran jasmani serta fungsinya dalam kehidupan manusia. Pada intinya kebugaran jasmani adalah pola aktifitas yang diatur sedemikian rupa untuk menjaga ketahanan dan kestabilan asupan agar jasmani memiliki ketahanan, kelenturan dalam tubuhnya. Jasmani sebagaimana yang dipelajari di dalam sekolah atau di dalam sistem pendidikan di Indonesia menjadikan kebugaran tidak saja hanya sebuah harapan namun sesuatu yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Makalah Kebugaran Jasmani 

Tinggalkan Balasan