Makalah Sistem Informasi Manajemen

makalah sistem informasi manajemen

Makalah Sistem Informasi Manajemen – Sistem informasi yang berkembang saat ini tidak saja memberikan kemudahan namun memberikan keuntungan dalam aktifitas bisnis di perusahaan-perusahaan. Sistem informasi manajemen adalah bidang khusus yang selalu mendapatkan perhatian yang banyak dalam setiap diskusi penting dalam bisnis. Dalam makalah sistem informasi manajemen ini akan menguraikan beberapa penjelasan singkat tentang peranan sistem informasi dalam dunia bisnis.

Salah satu kemudahan yang tidak saja dirasakan perusahaan melainkan semu orang yang terlibat dalam transaksi bisnis. Transaksi apapun saat ini dapat dilakukan dengan mudah dan bisa dimanapun sistem informasi melakukan dengan sangat canggih. Informasi lain akan didapat dari makalah sistem informasi manajemen sederhana dibawah ini.

Laporan dan data apapun dalam organisasi dapat dikelola dengan sistem informasi manajemen. Keputusan penting akan mudah diputuskan dengan adanya data lengkap yang disajikan sistem informasi manajemen. Tertarik menggeluti bidang sistem informasi manajemen berikut beberapa konsep sederhana tentang sistem informasi manajemen dasar.


Download Makalah Sistem Informasi Manajemen File Doc

Copy Link Makalah Pancasila di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1AcvvOshvzRcCHI76r9hJP7cyT6c2M3vw

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Makalah Sistem Informasi Manajemen

Makalah Sistem Informasi Manajemen

Membahas sistem informasi manajemen berarti membahas perkembangan dunia digital dan teknologi dalam sendi kehidupan manusia. Salah satunya dalam dunia bisnis, transaksi, maupun layanan. Berikut ini akan dibahas secara singkat tentang sistem informasi manajemen dalam perusahaan serta bisnis tertentu.


Latar Belakang

Perkembangan sistem informasi saat ini menjadi salah satu bukti bahwa dunia saat ini sangat bergantung pada teknologi untuk setiap esensi kehidupan manusia. Informasi adalah satu-satunya tujuan manusia melakukan interaksi, serta sosialisasi. Namun cara-cara manual seperti itu di nilai tidak lagi efektif untuk bisnis.

Saat ini sistem informasi manajemen telah menjadi model praktis serta efisien untuk memperlancar jalanya proses aktifitas dalam sebuah perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem membuat segala sesuatu lebih mudah dicapai. Misalnya untuk mengetahui berapa penjualan yang dicapai dalam sehari oleh perusahaan tidak mungkin dihitung dengan menghitung satu-satu barang yang dijual. Cara yang paling efektif adalah dengan melakukan sistem informasi manajemen untuk memberikan data transaksi jual beli dalam waktu tertentu.

Selain lebih efektif tentunya lebih efisien, sangat mudah dan lebih hemat waktu itu bahasa sederhana. Dengan demikian dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa sistem informasi adalah sebuah perpaduan dan kombinasi dalam menyajikan, memberikan suatu informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Canggihnya sistem informasi dalam sebuah perusahaan tertentu menjadi poin penting dalam menentukan kesuksesan ketercapaian dunia bisnis.

Artinya sistem informasi manajemen dalam perusahaan berfungsi dalam menyajikan data yang telah diolah dalam sistem informasi yang lebih tersistem, efektif, serta efisien atau yang sering disebutkan dalam istilah effective business system. Dalam makalah sistem informasi manajemen akan dibahas ruang lingkup serta definisi dan konsep sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan dan bisnis.

Baca Juga: Makalah Tentang Ham


Rumus Masalah

Yang menjadi rumusan masalah dalam makalah sistem informasi manajemen ini adalah

  1. Apa itu sistem informasi manajemen?
  2. Bagaimana aplikasi sistem informasi dalam manajemen perusahaan?
  3. Apa fungsi informasi manajemen dalam perusahaan?

Manfaat dan Tujuan Masalah

Selain untuk mengetahui definisi dan ruang lingkup tentu saja makalah ini bertujuan untuk memberikan masukan da info baru tentang sistem informasi manajemen di perusahaan dan dunia bisnis. Untuk membatasi pembahasan maka tujuan makalah ini adalah

  1. Untuk mengetahui apa itu sistem informasi manajemen?
  2. Serta untuk tujuan tentang bagaimana aplikasi sistem informasi dalam manajemen perusahaan?
  3. Sebagai informasi tentang apa fungsi informasi manajemen dalam perusahaan?

Pembahasan

Sistem informasi manajemen adalah sebuah bentuk teknologi yang di gunakan dengan mengkombinasikannya dengan sumber daya manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Agar sistem informasi tidak saja dipandang sebagai teknologi namun sistem informasi manajemen harus dipandang sebagai suatu pandangan baru tentang cara mudah mengendalikan kegiatan tertentu.

1. Sistem Informasi Manajemen

Jika dilihat dari sisi penggunaannya maka sistem informasi manajemen adalah sebuah teknik pengendalian dan pengelolaan sumber daya yang ada seperti teknologi, manusia, dan data atau dokumen tertentu untuk dijadikan sebuah sistem dalam menjalankan aktifitas perusahaan yang berkaitan dengan produk serta layanan.

Sistem informasi manajemen adalah satu bagian khusus dari sistem informasi pada umumnya. Sistem informasi manajemen lebih kepada sistem operasional pada perusahaan tertentu yang berfungsi sebagai alat yang dapat menyajikan informasi penting perusahaan seperti aktifitas transaksi perusahaan. Antara informasi, penjelasan status dan penjelasan transaksi adalah merupakan sumber daya sistem informasi yang akan berfungsi sebagai dasar dibuatnya perencanaan taktis dan sebagai pengendalian manajemen.

2. Sistem Informasi Manajemen Beradasarkan Aktifitas Manajemen

Berdasarkan kegiatan atau aktifitas manajemen sistem informasi manajemen terdiri dari 3 bagian yang terdiri dari:

  • SI Sebagai Pengendalian Operasional yaitu sistem yang mampu mengendalikan keputusan akan setiap operasional yang terjadi berdasarkan prosedur dan aturan yang telah di konsep menjadi sistem yang di program.
  • SI Sebagai Pengendalian Manajemen yaitu sistem informasi yang didesain dan di program untuk fungsi pengendalian yang dilakukan oleh manajer departemen misalnya mengalokasi sumber daya, menerapkan sistem operasional, atau untuk memutuskan keputusan baru.
  • SI sebagai Perencanaan Srategis. Yaitu sebagai dasar menentukan strategis yang lebih baik dalam mencapai tujuan tertentu.
  • SI Sebagai Manajemen Fungsi Organisasi. Yaitu aplikasi-aplikasi yang disiapkan sebagai proses manajemen operasional sebagai suatu federasi sub sistem yang saling berhubungan. Aplikasi ada yang berbentuk modal base, database serta program komputer lainnya yang dapat menjadi aplikasi yang berfungsi untuk transaksi, pengendalian serta perencanaan dalam sebuah perusahaan.

3. Fungsi Sistem Informasi Manajemen Dalam Perusahaan

Dengan adanya rancangan sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan maka semua bentuk aktifitas dan kegiatan perusahaan dapat dipermudah. Manajemen perusahaan akan lebih mudah mengelola data, transaksi dan kegiatan lainnya. Selain itu penyajian yang aplikatif dari sistem informasi manajemen dapat memudahkan pihak manajemen dalam mengambil sebuah keputusan penting dalam perusahaan.

Misalkan jika tidak ada data dan informasi yang akurat dan akuntabel tentang ketersediaan bahan dasar perusahaan untuk dikelola maka tentunya pihak manajemen akan lamban memutuskan sebuah kebijakan atau bahkan bisa salah dalam mengambil keputusan. Fungsi sistem informasi manajemen dalam dunia bisnis atau perusahaan adalah :

  • Operasional bisnis menjadi sangat terbantu dengan adanya sistem informasi manajemen misalkan salah satunya penelusuran pesanan pelanggan respon yang cepat dan baik tentunya menjadi salah satu andalan operasional perusahaan.
  • Pengambilan keputusan manajerial dapat lebih cepat dan tepat hal ini dikarenakan di dukungnya informasi yang disajikan. Identifikasi dan teknik evaluasi jauh lebih baik dan efisien.
  • Mendukung strategi yang baik karena pencapaian lebih tepat sasaran.

4. Klasifikasi Sistem Informasi Manajemen

Adapun fungsi serta klasifikasi sistem informasi manajemen dalam perusahaan adalah sebagaimana yang dijelaskan dibawah ini:

  • SI untuk operasi bisnis yaitu menggunakan Transaction Processing System (TPS) sistem ini melakukan proses data hasil transaksi bisnis seperti pembelian, penjualan, dan perubahaan persediaan. Melalui sistem ini perusahaan dapat mengetahui cek gaji karyawan, pernyataan konsumen, kuitansi penjualan, Rekening keuangan, bahkan order pembelian.
  • Procces Control Systems membuat keputusan secara rutin unutk mengendalikan proses operasional. Sistem ini mengatur proses produksi fisik secara sistematis.
  • Office Automation System yang membantu proses seperti surat elektronik (elektronicmail), teleconferencing dan yang lainnya.

5. Dasar Pengembangan Sistem

Pengembangan sistem informasi manajemen pada umumnya didasari oleh hal-hal berikut ini:

  • Produktifitas sistem informasi bukanlah benda ajaib yang dapat melakukan semua aktifitas dengan sendiri. Tentunya akan ada faktor lain sebagai pengendali dan penggunanya agar bisa digunakan. Oleh sebab itu sistem informasi akan maksimal apabila didukung oleh kemampuan seorang proggramer, serta penganalisa suatu sistem tertentu, perawatan sistem atau maintenance.
  • Reliabilitas adalah tingkat akurasi aplikasi sistem dalam menyajikan atau melakukan aktifitas yang manusia inginkan. Tetap saja akan da waktu terjadinya kesalahan yang akan diakibatkan oleh sistem ini. Disinilah fungsi sumber daya manusia sebagai pengendali murni terhadap sistem informasi agar akurat. Misalnya saja terjadi kesalahan dalam mengelola data maka sumber daya manusia harus mampu melakukan koreksi atas kesalahan yang ditimbulkan dengan cara mengganti program.
  • Maintabilitas atau sering juga disebut dengan perawatan namun bentuk perawatan untuk sistem informasi manajemen adalah dengan memodifikasi sistem sesuai perkembangan dan kebutuhan. Konversi, maupun melakukan peningkatan pelacakan kesalahan.

Sistem informasi komputer sebenarnya memiliki kemampuan melebihi sistem non komputer. Sistem yang telah ada untuk mengelola informasi dapat di revolusi menjadi sistem manajemen yang lebih baik. Adapun kemampuan teknik dalam sistem komputer adalah melakukan pemrosesan data tunggal, komunikasi data dan switching pesan, pemrosessan data base, pemrosesan online-dan real time melakukan pencarian record dan analisis, pemasukan data jarak jauh dan up date file, serta algoritme dan model keputusan atau juga otomatisasi kantor tertentu.

Dengan demikian sistem informasi tidak saja mampu melakukan pekerjaan teknis yang telah dirancang untuk suatu aplikatif saja namun sistem ini dapat melakukan sesuatu dengan waktu yang lebih cepat dan tepat. Artinya sistem informasi memiliki tiga kegiatan fundamental yaitu input atau menerima data, lalu melakukan pemrosesan serta melakukan penghitungan, dan berikutnya melakukan penggabungan unsur data yang diterima serta pemutakhiran dan menghasilkan out put atau suatu informasi.

Baca Juga: Makalah Korupsi


Penutup

Dalam pembahasan makalah sistem informasi manajemen ini sistem di bahas sangat sederhana. Sebagai penanaman konsep dasar tentang betapa sistem informasi sangat membantu proses aktifitas bisnis dalam sebuah perusahaan.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat di paparkan dalam makalah ini adalah sebagai berikut.

  1. Sistem informasi adalah suatu perkembangan teknologi yang sangat membantu aktifitas sebuah organisasi. Peran penting itu menunjang kegiatan manajemen pengambilan keputusan, operasional bisnis, serta fungsi strategis yang kompetetif dalam sebuah organisasi.
  2. Dengan adanya rancangan sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan maka semua bentuk aktifitas dan kegiatan perusahaan dapat dipermudah. Manajemen perusahaan akan lebih mudah mengelola data, transaksi dan kegiatan lainnya. Selain itu penyajian yang aplikatif dari sistem informasi manajemen dapat memudahkan pihak manajemen dalam mengambil sebuah keputusan penting dalam perusahaan.
  3. Informasi yang akurat dan akuntabel tentang ketersediaan bahan dasar perusahaan untuk dikelola maka tentunya pihak manajemen akan lamban memutuskan sebuah kebijakan atau bahkan bisa salah dalam mengambil keputusan

Inilah pembahasan singkat tentang makalah sistem informasi manajemen dalam organisasi. Perusahaan akan mudah dalam mengelola, memutuskan dan menentukan perencanaan bisnis yang lebih baik dan efektif. Sistem ini memberikan sajian data yang sangat aplikatif serta mudah dan lebih cepat dibanding dengan cara manual.

Makalah Sistem Informasi Manajemen 

Tinggalkan Balasan