Pantun Gembira

Pantun Gembira – Pantun merupakan jenis puisi lama dari Melayu yang kemudian dijadikan ciri khas dari budaya Indonesia. Pantun biasanya terdiri dari 4 larik di mana larik awal pertama dan kedua mengandung sampiran.

Sementara itu, larik terakhir ketiga dan keempat memiliki pesan tersirat. Pantun memiliki tema menarik di setiap pesannya, contohnya seperti pantun gembira. Pantun merupakan karya sastra yang tidak memiliki nama penulis. Karena mulanya penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

Namun, seiring berkembangnya waktu penggunaan pantun bisa dilakukan dengan cara lisan dan bisa juga melalui tulisan. Pada pantun bertema kegembiraan, penyebarannya bisa dilakukan melalui apapun karena fungsinya sebagai hiburan.

Pengertian Pantun Gembira

Pantun gembira merupakan sebuah ungkapan kebahagiaan seseorang melalui bentuk karya sastra yang terikat dengan aturan. Seiring perkembangan bahasa yang terus meningkat.

Penggunaan pantun sering dijadikan sebagai tradisi dalam percakapan formal dan informal. Pantun semakin banyak digemari oleh sebagian orang karena bentuk bait dan rimanya teratur. Pantun sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yang dikenal luas ke seluruh Nusantara.

Awalnya pantun digunakan sebagai bentuk ungkapan dan pikiran seseorang yang disampaikan dengan tujuan untuk menghibur, menegur, dan memberi nasehat. Tetapi, saat ini pantun bisa dikreasikan menjadi banyak makna dan dijadikan sebagai pesan tersirat bagi yang mendengarnya.

Contoh Pantun Gembira dan Maknanya

Menyuarakan perasaan yang sedang bergembira bisa disalurkan melalui pantun. Alasannya karena dapat mengekspresikan hati melalui karya sastra.

Perasaan gembira dapat bermacam-macam, seperti misalnya gembira karena mendapatkan hadiah, berwisata, berprestasi, bersama keluarga, bertemu idola, atau mendapatkan pacar. Hal ini bisa diungkapkan melalui pantun.

Makna pantun bernada gembira bisa diungkapkan secara lisan atau dengan tulisan. Karena fungsinya memang sebagai hiburan dan pantun ini biasanya sering dilakukan oleh seorang pria yang hendak melamar pujaan hatinya.

Namun, pantun yang bernada gembira bisa diungkapkan untuk kebahagiaan lainnya. Berikut contoh pantun dengan nada yang gembira yang bisa dicoba:

Pantun Gembira Bersama Keluarga

Pantun Gembira Bersama Keluarga

Menikmati momen bersama keluarga adalah kebahagiaan yang tak ternilai harganya. Memakai pantun ketika sedang bersama keluarga dapat membuat suasana menjadi seru dan menyenangkan.

Selain itu, bisa menambah kosa kata dalam Bahasa Indonesia. Coba gunakan pantun di bawah ini untuk mengungkapkan perasaan agar suasana menjadi hangat:

Siang sore ada acara

Pulangnya harus istirahat

Hati ini sungguh gembira

Melihat ibu dan bapak sehat

Makna: melihat orang tua sehat merupakan kebahagiaan hati seorang anak.

Pergi ke luar melihat bintang

Tidak lupa membawa makanan

Senang sekali mendapatkan uang

Dari bapak yang baru gajian

Makna: seorang anak yang senang karena mendapatkan uang dari bapaknya yang baru saja gajian.

Beli pizza asal Italia

Dimakannya sebagai cemilan

Bersama keluarga aku bahagia

Karena mereka memberi kehangatan

Makna: tidak hal yang lebih bahagia selain bersama dengan keluarga. Karena keluarga memberikan kehangatan dan kenyamanan.

Ke hutan mengambil bambu

Sampai di sana ada kancil

Terima kasih kepada ibu

Karena merawatku sedari kecil

Makna: kasih sayang ibu kepada anaknya tidak ada batasnya. Mengatakan terima kasih kepada ibu akan membuat ibu merasa bahagia.

Pantun Gembira saat Lamaran

Siapa yang ingin dilamar menggunakan pantun? Proses lamaran menggunakan pantun menjadi ciri khas tersendiri dalam sebuah adat lamaran maupun pernikahan.

Selain menjadikan sebuah adat tradisi, pantun dapat bertujuan untuk membuat suasana acara tidak menjadi canggung. Walaupun acara lamaran bersifat resmi, dengan ditambahnya pantun bisa memberikan kebahagiaan bagi yang mendengarnya.

Selain menjadi hal romantis dalam mengungkapkan perasaan, dengan memberikan pantun bisa mengurangi kecemasan bagi calon pengantin juga.

Biasanya, pantun saat lamaran berciri khas pantun berbalas antara pihak pria dan wanitanya. Polanya seperti bertanya dan membalas pantun. Berikut contoh pantun yang bisa digunakan saat melamar dan menikah:

Pantun gembira dari laki-laki untuk wanita saat sedang melamar:

Pantun Gembira Dari Laki Laki Untuk Wanita Saat Sedang Melamar

Burung dara burung gelatik

Terbang tinggi ke arah kota

Walaupun banyak wanita cantik

Hanya eneng yang abang cinta

Makna: walaupun banyak wanita yang memiliki paras cantik, tidak akan membuat si pria menyukai wanita lain. Karena dia hanya mencintai satu wanita yang dilamarnya.

Ke Subang lewat tol barat

Bawa mobil sampai berhenti

Kami datang membawa niat

Ingin menyampaikan keseriusan hati

Makna: seorang pria dengan niat hati yang tulus dan serius ingin meminang pujaan hatinya di depan orang tuanya. Tujuannya untuk melamar wanita yang dicintainya.

Di Jawa Tengah ada Cilacap

Sebelahnya lagi ada kota Batang

Apakah dinda sudah bersiap

Berumah tangga bersama abang

Makna: seorang pria menanyakan keseriusan dan kesanggupan wanitanya untuk melanjutkan hidup ke jenjang pernikahan dan berumah tangga bersama.

Jawaban pantun gembira dari wanita kepada laki-laki yang melamarnya:

Jawaban Pantun Gembira Dari Wanita Kepada Laki Laki Yang Melamarnya

Jalan jalan ke kota Sumedang

Enaknya membeli stroberi

Janji akang untuk meminang

Eneng nantikan setiap hari

Makna: seorang perempuan yang sudah lama menanti keseriusan dan janji yang diberikan oleh pacarnya untuk segera menikahinya.

Pergi ke hutan menangkap domba

Tidak lupa membawa senapan

Hari yang dinanti akan tiba

Bersama tuan di pelaminan

Makna: setelah penantian lama untuk menikah, akhirnya kini calon pengantin berbahagia duduk berdua di pelaminan.

Beli rujak dikasih bengkoang

Rasanya enak walau asinan

Saya siap bersama abang

Sampai maut memisahkan

Makna: seorang perempuan yang sudah siap untuk menghadapi bahtera rumah tangga bersama calon suaminya hingga akhir hayatnya.

Pantun Gembira saat Berwisata

Pantun Gembira Saat Berwisata

Pengalaman berwisata sangatlah menyenangkan. Bisa jalan-jalan menikmati pemandangan yang indah bersama orang terkasih. Berwisata dapat menghilangkan kejenuhan dengan rutinitas dan membuat pikiran lebih segar.

Ketika merasa bosan di perjalanan cobalah hibur dengan memberikan pantun agar suasana tidak terasa hening. Berikut pantun saat berwisata agar suasana semakin menyenangkan:

Di kantor mengurus berkas

Untuk disimpan sebagai aturan

Sudah lelah dari rutinitas

Maka dari itu kita liburan

Makna: setiap hari bekerja dengan rutinitas yang sama, mengalami kejenuhan dalam kegiatannya. Akhirnya memutuskan untuk liburan untuk menyegarkan pikiran.

Si kakek pergi ke sawah

Perginya bersama kita

Senang hati cuaca cerah

Jadi bisa pergi wisata

Makna: setelah menunggu waktu yang lama untuk berwisata, akhirnya bisa berwisata lagi dengan cuaca yang cerah dengan hati yang senang.

Ke warung beli makaroni

Sampai di sana abangnya pergi

Sungguh indah kota Malang ini

Semoga kita bertemu lagi

Makna: pengalaman seseorang pergi ke kota Malang. Menikmati suasana liburan yang menyenangkan dan berharap agar suatu hari nanti bisa kembali ke sana.

Di balai desa ada pengumuman

Kata pak kades ada musyawarah

Saya ingin beli buah tangan

Agar bapak ibu gembira di rumah

Makna: bentuk pengabdian anak kepada orang tua saat sedang berwisata jauh. Mengingat untuk membelikan oleh-oleh kepada orang tua agar mereka ikut merasakan kebahagiaan.

Pantun Gembira saat Mendapatkan Prestasi

Pantun Gembira Saat Mendapatkan Prestasi

Mendapatkan prestasi adalah sebuah kegembiraan bagi diri sendiri maupun orang tua. Selain itu, guru akan sangat menyayangi muridnya yang berprestasi.

Dengan memiliki kecerdasan yang mumpuni, murid harus memiliki literasi bahasa yang baik untuk keseimbangan otaknya. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, biasanya murid akan ditugaskan untuk membuat pantun dengan berbagai tema.

Tujuannya agar murid bisa belajar menyusun bait dan rima yang tepat. Berikut ini beberapa contoh pantun saat mendapatkan prestasi di sekolah yang layak dicoba:

Ke sekolah naik Lamborghini

Sampai sana rantainya putus

Gembira sekali hari ku ini

Karena mendapat nilai seratus

Makna: seorang murid yang baru saja mendapatkan nilai baik di sekolahnya dan merasa begitu bahagia dengan prestasinya.

Ada bebek dibawa petani

Bebeknya jalan lewat bendungan

Bangga sekali diriku ini

Karena menang kejuaraan

Makna: seorang siswa yang sangat bahagia karena menjadi kebanggan sekolahnya dengan memenangkan kejuaraan.

Si kakak pergi bersama Ani

Sambil membawa aksesori

Siapa sangka anak pendiam ini

Bisa kuliah di luar negeri

Makna: jangan pernah meremehkan kepribadian seseorang. Walaupun memiliki sifat pendiam, seorang anak bisa membuktikan bahwa dirinya mampu untuk bisa melanjutkan pendidikannya keluar negeri.

Beli baju ukuran gede

Agar terlihat pemberani

Senang sekali ikut olimpiade

Menjadi kebanggaan sekolah ini

Makna: seorang anak yang bergembira karena terpilih untuk mengikuti olimpiade sebagai perwakilan murid di sekolahnya.

Pantun Gembira saat Bermain

Pantun Gembira Saat Bermain

Biasanya, pantun selalu berisi tentang nasehat yang mengandung amanat. Anak-anak diajarkan membuat pantun untuk mengamalkan pesan-pesan tersirat.

Saat sedang bermain, coba ajarkan anak-anak untuk melestarikan budaya sastra Indonesia melalui sebuah pantun. Cara ini dilakukan agar anak dapat menghafal berbagai macam kosa kata Bahasa Indonesia. Berikut contoh pantun saat bermain:

Beli motor dapat hadiah

Hadiahnya untuk si Somat

Senang sekali ada tanggal merah

Bisa berkumpul bersama sahabat

Makna: mengalami rutinitas sekolah atau bekerja setiap hari menyebabkan sulitnya berkumpul bersama sahabat. Pada akhirnya ada jadwal hari libur untuk bisa berkumpul dengan sahabat yang dinantikan.

Martabak Bandung martabak Bangka

Beli satu gratis buku

Selalu tertawa bersama mereka

Karena mereka sahabat setiaku

Makna: selalu ada cerita menarik jika sedang berkumpul bersama sahabat. Memiliki sahabat setia pasti akan selalu berbagi cerita, bertukar pikiran, hingga menertawakan hal lucu membuat hati menjadi gembira.

Ke sekolah membawa uang saku

Berangkatnya sambil berlari

Ayo main bersamaku

Agar kamu tidak sendiri

Makna: seorang yang sangat perhatian dengan temannya agar tidak bermain sendirian. Ajakan ini berguna untuk menambah teman baru.

Jalan ke puncak berliku-liku

Sambil melihat bulan bintang

Selalu teringat masa kecilku

Bermain layangan di tanah lapang

Penutup

Makna: seorang yang sedang mengingat masa kecilnya yang tanpa beban bisa sepuasnya bermain bersama temannya. Bermain layangan di lapangan membuat hatinya gembira.

Pantun digunakan sebagai sarana komunikasi dalam pemeliharaan bahasa. Pantun melatih seseorang untuk berpikir dahulu sebelum berucap dan selalu mengingat kosa kata.

Misalnya, pantun gembira yang mengungkapkan sebuah kegembiraan hati lewat ucapan atau tulisan. Dengan adanya pantun diharapkan dapat melestarikan budaya literasi Bahasa Indonesia agar terus bisa digunakan dalam segala kegiatan.

Pantun dapat dikreasikan sesuka hati asalkan memiliki rima yang teratur. Menggunakan pantun bisa dijadikan sebagai media permainan kata dan penuturan pesan yang tepat.

Walaupun begitu, pantun harus tetap sesuai kaidah aturannya. Apalagi aturan pantun mudah diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

Pantun Gembira

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!