Pantun Giveaway

Pantun Giveaway – Sebagian besar orang pernah mendengar tentang pantun, namun banyak yang belum memahami seperti apa itu pantun. Pantun adalah bentuk dari karya sastra yang termasuk jenis puisi lama.

Kendati demikian, pantun semakin bervariasi mengikuti kemajuan zaman. Pantun giveaway merupakan contoh nyata perkembangan tersebut. Giveaway sendiri merupakan aktivitas promosi yang bertajuk memberi hadiah.

Pembuat giveaway biasanya mengadakan kegiatan ini untuk meningkatkan produk, jasa, ataupun personal branding yang dimiliki. Melalui giveaway, peserta bisa mendapatkan hadiah dengan mengikuti persyaratan tertentu.

Contohnya tantangan membuat komentar seputar buku terbaru. Aktivitas ini dapat meramaikan postingan dan meningkatkan jumlah pengunjung yang melihat produknya.


Pengertian Pantun Giveaway

Mungkin belum banyak orang yang mendengar pantun dengan tema giveaway. Umumnya pantun berkisar pada tema seperti nasihat, percintaan, agama, dan sebagainya. Rupanya pantun juga dapat berfungsi sebagai media untuk promosi.

Belum banyak pelaku usaha yang menggunakan strategi ini, sehingga keunikannya bisa menjadi daya tarik tersendiri. Pantun memiliki akhiran yang bernada sama pada setiap baitnya. Kesamaan nada ini menghasilkan keunikan tersendiri yang membedakannya dari jenis puisi lain.

Begitu juga dengan pantun bertema giveaway. Meski terkesan modern, namun penulisannya masih mengikuti kaidah yang berlaku. Bahkan ciri khas pantun yang bernada dengan pengolahan kata yang menarik bisa digunakan untuk promosi.

Pantun giveaway merupakan sejenis puisi berirama yang dibuat dengan maksud memberikan informasi tentang pemberian hadiah dengan mengikuti syarat yang ditentukan.

Strategi marketing ini menjadi terobosan baru dalam dunia pemasaran produk karena berbeda dari ajakan giveaway pada umumnya. Membaca pantun memiliki kesenangan tersendiri, karena mengandung akhiran kata yang serupa di setiap baitnya.

Apalagi pantun yang disusun dengan nada jenaka dan menggelitik orang sehingga tertarik untuk mengikuti giveaway. Diperlukan kepekaan terhadap tren masyarakat, pengolahan kata yang menarik dan interaktif sehingga pembaca bisa merasa terhubung dan penasaran dengan giveaway yang diadakan.


Contoh Pantun Giveaway Beserta Maknanya

Mengetahui definisi dari pantun tema giveaway membuat cukup banyak orang penasaran. Benarkah pantun bisa dijadikan media untuk mempromosikan sesuatu?

Meski terasa asing, namun pantun dapat menjadi sarana efektif sebagai wadah berkreasi sekaligus berjualan. Seperti peribahasa bertajuk “sambil menyelam minum air”. Berikut ini beberapa contoh ajakan mengikuti giveaway dalam bentuk pantun:


Pantun Giveaway Skincare

Pantun Giveaway Skincare

Skincare menjadi kebutuhan yang banyak dicari oleh berbagai kalangan, khususnya wanita. Merawat kulit sejak dini dapat mencegah kerusakan dan masalah di kemudian hari.

Kulit wajah termasuk area sensitif yang rentan akan jerawat, iritasi, dan lainnya akibat terpapar matahari dan kotoran sehari-hari. Giveaway produk skincare bisa dilakukan dengan pantun seperti berikut:

Bangun pagi wajah terasa nyeri

Rupanya dua buah jerawat bertumbuh bebas

Langsung saja kubuka pintu lemari

Mencari obat atau apa saja agar jerawat bisa kutebas

Terbesit rasa tak percaya diri

Iseng saja buka media sosial Instagram

Kubuka beberapa postingan untuk mengawali hari

Sebuah postingan membuat aku sejenak terdiam

Kulihat ada kesempatan mendapat paket skincare jerawat

Seolah tahu kegundahanku di pagi hari

Daripada gundah gulana meratapi masalah

Cukup ambil foto selfie dan buat caption tentang menyayangi diri sendiri

Wajah berjerawat jangan biarkan berulah

Siap sedia amunisi untuk haluskan kembali

Satu foto dengan tulisan yang membuat hati goyah

Senjata lawan jerawat siap diantar ke domisili

Dari pantun tersebut pembaca diarahkan untuk memposting sebuah foto dengan caption yang menarik seputar merawat dan menyayangi diri dengan menggunakan produk perawatan kulit berjerawat.

Dengan mengunggah foto wajah tanpa riasan dan tulisan (caption) yang menarik, kesempatan mendapatkan hadiah berupa produk untuk mengatasi jerawat semakin besar.


Pantun Giveaway Instagram

Pantun Giveaway Instagram

Instagram termasuk dalam media sosial yang masif digunakan untuk berbisnis. Tidak saja melakukan promosi dengan membuat postingan menarik atau tanya jawab dengan fitur story, Instagram juga sering digunakan untuk mengadakan giveaway.

Sebagai contoh, pantun berikut ini yang mengajak penggunanya terlibat dalam giveaway yang mempromosikan sebuah akun review buku bernama bookishbucket:

Suara kicau burung menandakan datangnya pagi

Secangkir kopi dengan ponsel di genggaman

Giveaway Instagram bookishbucket hadir lagi

Kali ini syaratnya mudah dan bisa dilakukan bersama teman

Laptop berusia enam tahun mulai aus

Beberapa keluhan mulai datang di sana sini

Daripada hati gundah lebih baik baca buku bagus

Lalu diunggah ke Instagram siang ini

Begitu sibuk hingga lemari buku jarang dibersihkan

Awas jadi sarang para serangga

Tinggalkan komentar di postingan giveaway lalu kabari lima orang teman

Makin besar kesempatan untuk dapatkan buku langka

Pantun di atas mengajak penghuni Instagram untuk berkomentar di postingan sebuah akun yang rutin melakukan review buku. Dengan ikut memberikan tanggapan tentang judul buku yang diunggah dan menandai (tag) lima pengikut lain, pengguna berkesempatan mendapatkan hadiah berupa buku langka.


Pantun Giveaway iPhone

Pantun Giveaway IPhone

iPhone masih menjadi tipe hp yang paling digemari oleh banyak orang. Memegang iPhone memiliki perasaan tersendiri karena ada kesan eksklusif yang dimilikinya.

Saat ini semakin banyak giveaway yang memberikan hadiah berupa iPhone. Inilah contoh pantun yang mengajak pembacanya mengikuti giveaway berhadiah iPhone.

Jepit rambut di kanan kiri

Yang satu jatuh terkena terpaan angin

Dering hp mulai tak keruan dengan gores di sana sini

Terbesit keinginan menggenggam iPhone baru yang masih dingin

Detik jam menyatu dengan suara alarm di telinga

Sudah pagi waktunya bangkit lagi menyapa sekawanan kucing di jalan

Jangan lupa tinggalkan komentar di postingan hari ini juga

Semakin banyak ikut makin dekat pula iPhone menuju genggaman

Satu dua rumah terlewati sambil lari pagi

Angin pagi tanpa polusi sungguh rupawan

Sehabis olahraga tidak lupa ikut giveaway hari ini

Daripada hadiah iPhone terbawa mimpi mari jadikan kenyataan

Berdasarkan pantun tersebut, penulis berusaha mengajak pembacanya mengikuti giveaway dengan berkomentar di postingan media sosial. Promosi hadiah yang dilakukan secara online lebih berpotensi menarik perhatian banyak orang, karena pengguna media sosial sangat aktif.

Melihat banyaknya giveaway sejenis, memanfaatkan pantun termasuk jarang sehingga bisa menjadi cara jitu untuk menarik antusiasme masyarakat.


Pantun Giveaway Boneka

Pantun Giveaway Boneka

Boneka merupakan barang yang disukai oleh banyak anak, khususnya perempuan. Banyak orang tua merasa kesulitan akan permintaan anak yang tidak ada habisnya.

Untuk itulah mengikuti giveaway bisa menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut ini contoh pantun yang mengajak pembaca mengikuti giveaway dengan hadiah boneka:

Tanaman tumbuh subur meski cuaca mendung

Tidak lupa juga merawat hati biar tenang

Anak-anak suka memegang boneka sambil bersenandung

Diberikan orang tua senyumnya jadi terang

Petang ini matahari masih enggan memalingkan muka

Warnanya indah secantik sayap burung merak

Ayo ikut giveaway berhadiah boneka

Hadiahnya banyak cocok untuk diberikan ke anak

Kura-kura dalam cangkang mulai nampakkan rupa

Jalan pelan tapi pasti tak tahu hendak kemana

Klik klik tombol like dan follow sekarang juga

Nanti tiba-tiba mendapat boneka

Pada pantun tersebut, penulis mencoba mengarahkan pembaca pada dunia anak yang penuh dengan rasa penasaran. Anak suka memperhatikan hal kecil di sekitar.

Terlihat dari contoh bait mengenai matahari terbenam atau kura-kura dalam cangkang. Kemudian penulis mengajak pembacanya mengikuti giveaway sehingga bisa memberikan hadiah boneka untuk anak.


Pantun Giveaway Baju

Pantun Giveaway Baju

Baju termasuk produk yang mudah dijual karena selalu dibutuhkan layaknya makanan. Sebagai kebutuhan utama, baju bisa ditemukan di berbagai tempat sehingga persaingannya semakin ketat. Untuk menyiasati hal ini, penjual bisa menggunakan pantun untuk mengadakan giveaway berhadiah baju:

Masuk rumah lupa lepas sepatu

Lega sepulang kerja badan terasa tepar

Daripada gundah lebih baik ikut giveaway baju

Mumpung ada toko sedang promosi gencar

Menenggak sebotol air es selepas olahraga rasanya nyaman sekali

Sehabis selesai berlari biar badan sehat kembali

Tak lupa berbagi postingan ke instastory

Siapa tahu mendapatkan hadiah baju keren dari kami

Kalau hendak bikin kartu member jangan lupa lapor

Tapi kata ibu jangan sampai belanjanya lupa diri

Lebih baik ikut giveaway follow semua sponsor

Jangan terlewat supaya hadiahnya tidak lari

Habis makan malam masih ingin makan kue

Kuenya dari tepung beras lembut dengan gula supaya tidak hambar

Berbekal ponsel pintar ayo ikut giveaway nanti sore

Kesempatan mendapatkan baju yang keren semakin besar

Perkembangan toko online sangat pesat, termasuk untuk berjualan baju. Melihat persaingan yang semakin ketat, diperlukan ide serta kreatifitas lebih dalam memasarkan produk.

Salah satu trik mendatangkan banyak pengunjung online adalah melalui giveaway baju. Seperti pantun di atas yang menghimbau pembacanya agar melakukan like, share, dan follow akun tertentu untuk mendapatkan hadiah.


Pantun Giveaway Uang

Pantun Giveaway Uang

Tidak dapat dipungkiri bahwa uang adalah kebutuhan wajib setiap orang. Hal ini dimanfaatkan dengan cermat oleh pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk ataupun jasanya.

Dengan giveaway berhadiah uang, tidak heran banyak orang tertarik ikut dan secara tidak langsung meningkatkan engagement produk. Berikut contoh pantun yang menggambarkan hal tersebut:

Teman-teman main ke rumah tapi makanannya cuma ada mi

Jangan lupa suguhkan pula teh buat tamu

Ayo ikut giveaway spesial dari kami

Siapa tahu beberapa lembar uang bisa masuk ke dompet kamu

Anak-anak penuh ingin tahu dan suka bertanya

Jangan sia-siakan rasa ingin tahunya dan beri mereka ruang

Punya smartphone jangan disia-siakan kepintarannya

Kabarnya giveaway kali ini berhadiah uang

Ada kucing di depan rumah sedang membersihkan diri

Bulunya lembut terlihat cantik dengan kalung bertuliskan nama “Tammi”

Segera unggah alasanmu mengapa harus memilih kaos buatan kami

Siap-siap mendapat kaos plus uang untuk membuat hatimu semangat lagi

Itulah pantun mengenai giveaway uang. Pada pantun tersebut terdapat ajakan untuk ikut serta dalam giveaway berhadiah uang. Melalui pantun yang jenaka namun relatable (terhubung dengan kondisi sehari-hari) masyarakat bisa lebih memahami maksud dan tertarik mengikuti giveaway yang diadakan.


Penutup

Demikian penjelasan seputar pantun giveaway beserta contohnya dengan berbagai tema. Fungsi pantun rupanya bukan sekedar hiburan dan renungan, namun juga sebagai media promosi.

Kreatifitas manusia yang tak terbatas menjadikan model promosi semakin variatif sehingga tidak jenuh. Karya sastra tetap memiliki sinarnya, tersebar dalam berbagai platform yang diperuntukkan bagi pecinta setianya.

Meski kemajuan teknologi semakin pesat, bukan berarti bisa melupakan hal-hal tradisional yang memiliki nilai keindahan tersendiri seperti pantun.

Berbekal kemampuan menulis yang terus diasah, membuat pantun terasa menyenangkan karena seperti bermain kata dengan membuat akhiran yang sama. Bahkan bisa menarik orang lain untuk mengikuti sebuah giveaway yang tidak terbayangkan di masa lalu.

Pantun Giveaway

Default image
Fajar
Halo saya Fajar, seorang freelance yang suka menulis informasi terbaru tentang perkembangan teknologi dan referensi seputar edukasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!