21+ Pantun Kemerdekaan Indonesia : Ucapan 17 Agustus untuk Status

Pantun Kemerdekaan – Pantun pada masa sekarang tidak hanya dikenal sebagai produk sastra yang populer namun juga seringkali digunakan oleh berbagai kalangan usia. Tidak hanya itu, saat ini juga semakin mudah ditemukan berbagai jenis pantun yang disesuaikan dengan momen berharga seperti pantun kemerdekaan.

Jenis pantun tersebut juga selalu dibuat dan dibagikan secara publik. Secara sederhana, karya sastra yang dikenal dengan nama pantun ini bisa dianggap sebagai produk yang memang orisinil yang berasal dari Indonesia.

Bahkan jika ditelusuri dengan lebih lanjut, jenis karya sastra pantun ini sudah bisa ditemukan di masa lampau dan berkembang pesat. Perkembangan karya sastra ini juga terus berlanjut sampai saat ini.

Karya sastra pantun sebenarnya masih dibagi menjadi berbagai jenis yang biasanya dikategorikan secara akademis untuk keperluan mata pelajaran di sekolah. Selain itu, jenis karya sastra ini ternyata juga lebih sering dipraktikkan untuk menjalani kehidupan dalam sehari-hari untuk menyesuaikan dengan suasana.

Pantun juga dinilai lebih mudah ketika dibuat dalam waktu singkat. Sementara itu di sisi lain, di luar rumah persoalan akademis di sekolah, pantun bisa dikatakan lebih fleksibel ketika nantinya digunakan.

Bahkan tidak dapat dimungkiri bahwa jenis pantun seperti pantun kemerdekaan juga lebih banyak berasal dari masyarakat umum untuk bentuk perayaan. Pahami tentang pantun dan jenisnya ini dalam ulasan berikut ini:


Peran Pantun pada Masa Sekarang

Karya sastra pantun secara garis besar memang sudah ada sejak kebudayaan lama di Indonesia walaupun lebih digunakan untuk momen tertentu. Biasanya ada beberapa suku di Indonesia yang memanfaatkan jenis karya sastra ini untuk mengutarakan ucapan terima kasih seperti ketika ada pernikahan.

Contoh tersebut bisa dilihat ketika perayaan pernikahan di suku Betawi. Popularitas yang dimiliki pantun semakin ke sini memang semakin besar terutama dalam generasi muda bahkan dalam momen seperti pantun kemerdekaan.

Pantun dianggap sebagai salah satu produk sastra yang mudah untuk dibuat dan termasuk mudah untuk disesuaikan dengan situasi yang ada. Selain itu, pantun juga semakin mudah ditemukan di sosial media.

Baca Juga: Pantun Kesehatan


Definisi Pantun Kemerdekaan

Aspek pertama yang tentu saja jangan sampai dilewatkan untuk diketahui dan dipahami sejak awal mengenai karya sastra ini adalah definisinya. Apalagi masih banyak orang yang lebih memahami pantun sebagai karya sastra yang hanya sekedar dibuat tanpa memperhatikan aturan yang ada.

Padahal karya sastra ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis aturan. Kemudian secara lebih lanjut, pantun sendiri bisa diketahui dan dipahami sebagai produk dari perkembangan sastra Indonesia dalam model beberapa baris.

Beberapa baris yang dimaksud tersebut kemudian masih dibagi menjadi dua bentuk yang disesuaikan baik untuk isi maupun sampiran. Bahkan pantun juga bisa disajikan dalam momen-momen penting seperti kemerdekaan.

Sementara itu di sisi lain, pantun kemerdekaan sendiri bisa diartikan sebagai salah satu jenis pantun yang dibuat untuk merayakan kemerdekaan. Sesuai dengan nama yang digunakan sejak awal oleh pantun ini, isi dan sampiran yang digunakan pun mengutarakan topik terkait kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, jenis pantun ini juga disajikan dalam berbagai bentuk.


Peran Pantun dalam Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Berkaitan dengan popularitas yang dimiliki oleh pantun pada masa sekarang di Indonesia, pantun kemerdekaan juga memiliki keberadaan yang cukup penting. Hal ini dikarenakan jenis karya sastra ini dinilai sebagai cara yang terbaik untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Bahkan jika proses perayaan kemerdekaan tidak dapat dilakukan secara offline. Pantun untuk merayakan kemerdekaan Indonesia ini biasanya disampaikan secara langsung oleh berbagai kalangan bahkan oleh pejabat dalam momen non formal.

Walaupun begitu, jenis pantun ini sebenarnya juga lebih digunakan oleh generasi muda yang memang semakin dekat dengan pantun saat ini. Generasi muda juga membawa karya sastra ini ke arah lainnya.

  46+ Pantun Ramadhan : Sambut Puasa, Sahur, Terawih Penuh Semangat

Secara garis besar, para generasi muda Indonesia membawa pantun untuk merayakan kemerdekaan Indonesia ke sosial media yang dimiliki seperti Twitter. Bahkan jenis pantun ini juga bisa meningkatkan popularitas dari momen kemerdekaan Indonesia itu sendiri dan membantu untuk melestarikan momen tersebut.

Ditambah lagi pantun juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme dari masyarakat.


Kumpulan Pantun Tentang Kemerdekaan Indonesia

Setelah mengetahui dan memahami berbagai informasi yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia, setiap orang tentu saja ingin mengetahui beberapa contoh pantunnya. Apalagi seiring dengan berjalannya waktu saat ini, jenis pantun ini semakin mudah ditemukan di sosial media dan tersedia berbagai bentuknya.

Ada yang mengutarakan dalam bentuk komedi dan ada juga lainnya. Menggunakan pantun untuk merayakan momen kemerdekaan memang bisa memberikan suasana perayaan menjadi lebih baik dan menghibur masyarakat.

Bahkan tidak sedikit pula yang memiliki anggapan bahwa pantun bisa membuat momen kemerdekaan yang dirayakan menjadi lebih mudah diingat. Seiringan dengan kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia pada masa sekarang terutama para generasi muda, pantun ini juga semakin bervariasi.

Jenis pantun ini juga disediakan dalam berbagai variasi yang didasarkan pada usia misalnya ada yang dikhususkan untuk anak-anak sekolah dasar. Berikut beberapa contoh pantun yang digunakan merayakan kemerdekaan Indonesia:


1. Pantun Tentang Kemerdekan Indonesia Cocok untuk Sosmed

1. Pantun Tentang Kemerdekan Indonesia Cocok Untuk Sosmed

 Contoh pantun yang pertama ini lebih berfokus untuk merayakan kemerdekaan Indonesia sejak awal yang bisa disebarkan ke publik sesuai selera. Jenis pantun ini biasanya akan dijadikan sebagai pilihan yang terbaik yang dibuat kemudian dilanjutkan untuk disebarkan ke sosial media masing-masing.

Ini beberapa contoh pantun yang dimaksud dalam contoh pertama ini:

Ke sawah tanam padi

Untuk makan kita semua

Mari sambut hari ini

Merdeka bagi Indonesia

Makan apel makan mangga

Beli anggur beli semangka

Indonesia telah merdeka

Bahagia untuk kita

Keluar pakai riasan

Agar cantik selalu

Merdeka itu warisan

Mari kita jaga selalu


2. Pantun Khusus Kemerdekaan Indonesia di Masa Pandemi

2. Pantun Khusus Kemerdekaan Indonesia Di Masa Pandemi

Sedangkan jenis pantun kemerdekaan yang kedua ini lebih cocok untuk digunakan pada suatu momen yang memang sedang terjadi saat ini. Ditambah lagi, jenis pantun yang kedua ini dibuat dan ditunjukkan untuk merayakan momen penting seperti kemerdekaan sesuai dengan keadaan negara.

Berikut beberapa contoh pantun tentang kemerdekaan khusus masa pandemi sekarang:

Ada sandang ada papan

Tambah lagi ada pangan

Hari ini kemerdekaan

Tapi jaga slalu kesehatan

Jalan ke sana kemari

Demi sebuah kenyamanan

Mari rayakan hari ini

Dengan protokol kesehatan

Hari ini beli cat kuku

Besok beli pemerah pipi

Selamat Indonesiaku

Semoga megah di pandemi


3. Pantun Tentang Kemerdekaan Anak-Anak

3. Pantun Tentang Kemerdekaan Anak Anak

Untuk jenis pantun yang membahas mengenai kemerdekaan selanjutnya ini merupakan jenis pantun yang dikhususkan untuk kalangan usia tertentu seperti anak-anak. Walaupun begitu, bukan berarti setiap jenis pantun ini memang dibuat oleh anak-anak dalam usia dini dan bisa juga orang dewasa.

Jangan sampai dilewatkan, ini beberapa contoh pantun yang ketiga ini:

Jalan jalan ke Jakarta

Pulang mampir Yogyakarta

Selamat untuk Indonesia

Berkat untuk anak kita

Hari ini makan pala

Dari semua jenis kudapan

Untuk semua anak kita

Mari kita jaga kemerdekaan

Mama datang panggil Papa

Minta Papa ambil keranjang

Jangan sampai pernah lupa

Kemerdekaan kita sekarang

Baca Juga: Pantun Kilat


4. Pantun Bertema Kemerdekaan Tapi Jadul

4. Pantun Bertema Kemerdekaan Tapi Jadul

Berikutnya ada jenis pantun kemerdekaan yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui dan bisa dijadikan sebagai hiburan yang terbaik. Kali ini, ada jenis pantun yang walaupun mungkin dapat memberi kesan yang cukup jadul namun tetap bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ini kumpulan contoh pantun kemerdekaan ini yang menarik untuk dicoba:

Jalan-jalan ke Sumba

Liburan untuk kita

Kemerdekaan telah tiba

Rebut penderitaan dari kita

Ke toko beli pigura

Untuk pasang foto kita

Mari sorak bergembira

Demi hari kemerdekaan kita

Beli baju di Yogyakarta

Lalu bawa ke Surakarta

Suara getarkan jiwa kita

Telah tiba hari merdeka


  40+ Contoh Pantun Pendidikan : Buatan Sendiri 2, 4 Bait dan Maknanya

5. Pantun Khusus Kemerdekaan yang Gokil

5. Pantun Khusus Kemerdekaan Yang Gokil

Untuk jenis pantun yang kelima ini juga bisa dikatakan tidak kalah menarik untuk dinikmati terutama ketika merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Ditambah lagi, jenis pantun ini ternyata juga bisa mengundang tawa bagi beberapa orang yang memang memiliki selera humor yang cukup sama.

Berikut beberapa contoh jenis pantun ini yang jangan sampai terlewatkan:

Pergi ke kota Surabaya

Penuh jalan yang padat

Selamat untuk Indonesia

Kemerdekaan bakar semangat

Pergi ke tempat rapat

Malah ganggu pernapasan

Hati ini bergetar cepat

Demi sambut kemerdekaan

Empat dikali dua

Langsung jadi delapan

Dirgahayu telah tiba

Bawa momen kebahagiaan


6. Pantun Tentang Kemerdekaan yang Bagus

6. Pantun Tentang Kemerdekaan Yang Bagus

Sementara itu di sisi lain, ada juga jenis pantun yang masih mengusung tema tentang kemerdekaan yang menawarkan sampiran yang menarik. Selain itu, jenis pantun yang keenam ini juga bisa dikatakan memiliki kualitas yang bagus yang tentu saja bisa dinikmati langsung.

Tidak perlu lebih lama lagi, ini beberapa contoh pantun kemerdekaannya:

Mari kita beli kudapan

Untuk atasi perut kita

Jangan lupa perjuangan

Demi kemerdekaan kita

Beli makan sana sini

Malah dapat kekenyangan

Junjung kemerdekaan ini

Ingat setiap perjuangan

Ke pasar beli bunga

Dipasang di rumah kita

Datang salam untuk semua

Mari jaga negara kita

Baca Juga: Pantun Kocak


7. Pantun Khusus Kemerdekaan bagi Anak SD

7. Pantun Khusus Kemerdekaan Bagi Anak SD

Sedangkan jenis pantun kemerdekaan yang terakhir ini mungkin memiliki kemiripan dengan jenis pantun yang bertema sama yang sebelumnya sudah dijelaskan. Hanya saja kali ini, jenis pantun yang terakhir ini lebih berfokus pada pantun yang ditujukan untuk anak-anak yang masih SD.

Berikut ini beberapa contoh pantun tentang kemerdekaan yang dimaksud tersebut:

Sekolah untuk pendidikan

RS untuk kesehatan

Mari sambut kemerdekaan

Hari penuh kebahagiaan

Ada kelinci ada rusa

Ada rusa ada singa

Jangan sampai kamu lupa

Kapan kemerdekaan kita

Buah mangga buah delima

Dimakan bersama-sama

Jangan lupa pusaka

Kemerdekaan Indonesia


Penutup

Jenis pantun kemerdekaan memang bisa dikategorikan ke dalam salah satu jenis karya sastra pantun yang semakin menarik untuk dinikmati sekarang. Hanya saja, jenis pantun ini lebih cocok untuk disesuaikan dengan situasi atau momen berharga yang tertentu yang terjadi di Indonesia.

Pantun ini tidak cocok untuk digunakan di luar momen kemerdekaan. Walaupun  begitu di sisi lain, jenis pantun ini sebenarnya sudah disediakan dan ditawarkan dalam berbagai bentuk dan contoh yang menarik.

Jenis pantun ini juga biasanya digunakan tidak hanya oleh orang dewasa namun juga beberapa bagian dari generasi masa sekarang. Pantun tentang kemerdekaan juga bisa membuat suasana menjadi lebih ceria.

Pantun yang menggunakan momen kemerdekaan sebagai topik yang utama ini juga tidak hanya disampaikan dari satu mulut ke mulut lainnya. Jenis pantun ini juga bisa disesuaikan dengan jenis media yang tersedia seperti sosial media yang sudah semakin mudah dimanfaatkan.

Ada yang menggunakan melalui Twitter dan ada juga melalui Facebook.

Pantun Kemerdekaan