50+ Pantun Kopi : Bersama Senja, Rokok, Pisang Goreng dan Hujan

Pantun Kopi – Sebagian besar orang di dunia menyukai kopi sebagai teman bersantainya. Pantun kopi ini menjadi sangat cocok bagi para pecinta kopi untuk menemani obrolan di saat ngopi dengan teman-temannya.

Khususnya, saat ini kopi telah menjadi trend minuman yang disajikan secara modern. Sehingga, sekarang pecinta kopi tidak hanya dari kaum lama saja, tetapi kaum milenial pun mulai menggandrunginya.


Filosofi Kopi

Kopi didapatkan dari sejumlah biji kopi yang disangrai dan kemudian ditumbuk halus, sebelum diseduh dengan air panas. Kopi sendiri memiliki banyak sekali jenisnya.

Bahkan, beberapa jenis kopi dari Indonesia sudah mampu masuk ke pasar Internasional. Dari banyaknya jenis kopi ini pun, menciptakan sebuah patokan harga yang berbeda untuk setiap jenis kopi.

Maksud dari filosofi kopi disini adalah rangkaian kata-kata yang disampaikan atau dilontarkan kepada seseorang dengan menggunakan kata kopi. Berbagai suasana dan rasa kopi ini disampaikan melalui kata-kata yang indah saat meneguk secangkir kopi.

Sehingga, tak heran apabila muncul pantun kopi sebagai salah satu jenis dari filosofi kopi ini. Terdapat beberapa kalimat dari filosofi kopi yang bisa menjadikan penguat untuk orang-orang yang sedang berjuang.

Bahkan, dari kalimat tersebut bisa merubah cara pandang seseorang terhadap orang lain. Apa sajakah kalimat filosofi kopi tersebut? Berikut beberapa filosofi mengenai kopi :

  • “Biji kopi harus dijemur kemudian digiling untuk dapat diminum dengan nikmat. Sama halnya dengan kehidupan, harus siap “digiling” agar mental menjadi kuat”. Dari filosofi kopi tersebut mengajarkan kepada setiap orang untuk harus siap diuji seberat apapun agar menjadi pribadi yang kuat. Memang proses itu tak menyenangkan, tapi percayalah bahwa diri akan menjadi lebih kuat setelah semuanya selesai.
  • “Pilihlah biji kopi yang terbaik untuk memperoleh secangkir kopi yang enak”. Dengan adanya filosofi ini kita dapat belajar bahwa apabila ingin mendapatkan yang terbaik, maka kerahkan segala kemampuan yang dimiliki secara maksimal. Gunakan seluruh tenaga, ide, dan perasaan yang dimiliki untuk meraih semua mimpi yang telah digantungkan di atas langit.
  • “Manis-Pahitnya dari kopi ibarat indah dan getirnya kehidupan. Apabila disyukuri, perpaduan dari rasa keduanya akan menjadi terasa nikmat”. Kopi sendiri memiliki ciri khas dengan rasanya yang pahit. Biasanya dalam penyajiannya, diberikan sedikit gula agar seduhan kopi tersebut merasa nikmat. Begitupun kehidupan, dengan manis dan pahitnya kehidupan, hidup ini akan menjadi lebih indah.
  • “Ketika menikmati secangkir kopi, janganlah terburu-buru, hirup aromanya dan minum perlahan”. Dari filosofi bagaimana cara minum kopi ini telah mengajarkan semua manusia untuk menikmati setiap proses dengan baik. Mengeluh boleh, namun jangan sampai menyerah pada keadaan.
  • “Butuh proses yang lama untuk mendapatkan segelas kopi yang nikmat”. Hal ini sejalan dengan proses kehidupan. Dimana untuk memperoleh kesuksesan pasti membutuhkan proses yang lama dan berat. Jalani setiap proses itu dengan ikhlas dan dapatkan kenikmatan setelah itu semua.

Baca Juga: Pantun Lebaran

Kumpulan Pantun tentang Kopi

Pantun kopi ini dibuat untuk mewarnai obrolan ketika sedang meminum kopi dengan teman-teman. Ketika disaat menikmati secangkir kopi dengan teman, biasanya yang menjadi topik pembicaraan adalah pergosipan duniawi.

Nah, untuk itu pantun ini hadir untuk mengganti topik pembicaraan tersebut menjadi lebih berkualitas. Mengapa bisa seperti itu? Karena pantun telah menjadi warisan budaya dan patut untuk dilestarikan.

Kopi telah menjadi trend minuman modern. Sehingga banyak dari orang-orang yang ketika meminum kopi membagikan momen tersebut ke media sosialnya.

Dan dengan adanya pantun mengenai kopi ini bisa digunakan untuk caption media sosial yang menarik ketika akan mengunggah story mengenai kopi tersebut. Pantun mengenai kopi ini menjadi sebuah sastra yang unik.

Biasanya kata-kata mengenai kopi ini tertuang dalam bait-bait puisi atau barisan sajak. Namun, kali ini rangkaian kata ini akan dituangkan melalui sepasang pantun yang unik. Adapun pantun mengenai kopi ini di antaranya:


1. Pantun Kopi Penuh Makna

1. Pantun Kopi Penuh Makna

Di pantun ini akan lebih berpesan mengenai setiap kopi yang memiliki arti lebih bagi orang yang meminumnya. Pesan yang disampaikan bisa secara tersurat maupun tersirat yang ditujukan untuk kekasih, teman, ataupun saudara.

Penasaran apa sajakah itu? Simak pantun mengenai kopi yang penuh akan makna dibawah ini:

Jangan pernah coba main api

Karena api itu berbahaya

Hiduplah bagai secangkir kopi

Selalu menunjukkan apa adanya

Ke Bandung naik kereta

perginya bersama kamu

Minum kopi tak perlu gula

Asalkan di depanku ada kamu

Ke Garut beli baso aci

Belinya naik kereta

Hidup itu bagaikan segelas kopi

Rasa pahit akan jadi pelengkapnya

Kopi pahit diberi gula

Gula manis rasanya

Jika kamu sudah merasa cinta

Segerakan untuk bertemu yanda

Secangkir kopi diminum untuk berdua

Rasa pahit itu ciri khasnya

Budaya sopan sangat perlu dijaga

Bersatu demi majukan bangsa

Secangkir Kopi pahit tanpa gula

Gula mahal harganya

Nikmat sehat akan dirasa

Jika sakit didepan mata

Secangkir kopi susu di meja

Meja kayu tanpa kaca

Jika dia pergi selamanya

Melupakan jadi obatnya

Minum kopi di teras rumah

Baca buku karya Tasya

Maaf Tuhan aku hampir menyerah

Tapi hanya untuk sementara

Kopi hitam pahit rasanya

Diminum sore setelah hujan reda

Di dunia hanya sementara

Carilah ilmu dan amal sebanyaknya

Minum kopi di Taman Sedayu

Dengan nona yang manis senyumnya

Aduh gadis cantik rupamu

Tapi sayang tak sembahyang

Dari pantun kopi yang penuh makna di atas, kita dapat belajar banyak hal. Mulai dari kehidupan di dunia bahkan di akhirat. Selain itu, pantun ini juga mengajarkan untuk banyak bersyukur atas kenikmatan yang telah diberikan Tuhan.


2. Pantun Kopi Pemberi Semangat

2. Pantun Kopi Pemberi Semangat

Setiap orang memiliki rasa lelahnya masing-masing. Perlu diingat, lelah bukan berarti menyerah pada keadaan. Tetapi, lelah ini bisa menjadi refleksi diri masing-masing.

Sejauh mana kita telah berusaha, sudah tepatkan jalan yang diambil, apakah usaha ini akan berhasil, dsb. Bagi Sebagian orang kopi menjadi teman untuk merenungkan itu semua.

Oleh karena itu, simak pantun mengenai kopi yang akan memberikan semangat baru, diantaranya:

Secangkir kopi panas telah dibuat

Ditemani sepiring roti lapis

Perjuangan ini belum tamat

Selagi harapan belum terkikis

Segelas kopi baru disajikan

Didampingi dengan kue talas

Bisa sudah merasa yakin

Segera singkirkan rasa malas

Secangkir kopi warna hitam

Kopi hitam dari kebun sendiri

Hapuskan rasa dendam

Karena akan merugikan diri sendiri

Kopi hitam di pagi hari

Dibuat oleh istri tercinta

Selalu semangat pagi hari

Demi anak istri tercinta

Biji kopi digiling dengan tangan

Tangannya banyak orang

Ayo jangan terus rebahan

Jika tua tak ingin merana

Kopi susu enak rasanya

Kopi tubruk mahal harganya

Bangun pagi pergi bekerja

Agar tua banyak uangnya

Beli kopi di kafe uni

Angin sore sejuk menerpa

Hidup ini hanya sekali

Gunakan tuk bersedekah

Kopi luwak sedap rasanya

Rasanya sedap mahal harganya

Jangan kamu malas bekerja

Jika tak ingin hidup sengsara

Paman minum kopi di teras rumah

Teras rumah basah karena hujan

Jika ingin hidup Bahagia

Anak yatim piatu jangan dilupakan

Sore-sore hujan gerimis

Minum kopi panas sambal baca

Janganlah kamu terus menangis

Indah Pelangi akan menyapa

Pantun ini telah memberikan banyak motivasi dan semangat baru bagi para pembacanya. Pasalnya dari pantun ini telah mendorong semua orang untuk terus semangat menjalani kehidupan, meskipun banyak lika-liku nya.

Baca Juga: Pantun Lucu Jawa


3. Pantun Kopi di Pagi Hari

3. Pantun Kopi Di Pagi Hari

Hampir banyak orang yang selalu mengopi di pagi hari. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa mengopi di pagi hari bisa menambah semangat untuk menjalankan rutinitasnya.

Tetapi, tentu setiap orang memiliki latar belakang alasan yang tak sama ketika sedang mengopi. Kali ini terdapat pantun ngopi yang bisa dijadikan bahan obrolan di pagi hari yakni:

Minum kopi tubruk di pagi hari

Ditemani roti lapis Pelangi

Aduh sayang jangan bersedih

Sebentar lagi abang kembali

Ketika kerja aku selalu pakai topi

Agar wajahku tidak belang

Pagi-pagi gak ngopi?

Awas siangmu nanti oleng

Ke kebun panen biji kopi

Kopi kutanam sebiji-sebiji

Sebatang dua batang terus ngopi pagi

Inilah surganya duniawi

Jalan-jalan ke Wonogiri

Malah kesasar ke Muntilan

Sungguh nikmat ngopi pagi

Bisa melepaskan penatnya pikiran

Pergi mendaki ke Gunung Lawu

Itulah kesukaan seorang pendaki

Indahnya hidup tak kan sempurna tanpamu

Bagai gula tanpa kopi

Mentari pagi mulai menyapa diri

Lalu ku minum secangkir kopi

Menjalani hidup haruslah berani

Sebab dunia begitu wani

Si Unyil panjat pagar

Ambil jambu di atas pagar

Ngopi pagi semangat terbakar

Untuk menaklukkan dunia yang menampar

Ada pepatah yang mengatakan “Awali harimu dengan kopi, agar hidupmu selalu dipenuhi semangat pagi”. Sepertinya, pepatah ini bisa menegaskan kembali untuk pantun kopi di pagi hari ini bahwa memang minum kopi dapat membuat hari-hari menjadi lebih bersemangat.


4. Pantun Kopi yang Lucu dan Gokil

4. Pantun Kopi Yang Lucu Dan Gokil

Semua orang pasti setuju, jika minum kopi lebih enak sambil berkumpul sama teman-teman. Selain bisa mempererat tali silaturahmi, juga dapat melepaskan penat dari beratnya rutinitas duniawi.

Sehingga, hampir semua orang ketika ngopi selalu sambal bersenda gurau dengan teman-teman. Oleh karena itu, berikut ini pantun yang lucu dan gokil ketika minum kopi:

Biji kopi di Tegalsari

Tegalsari banyak penjual balon

Jangan samakan mantanku dengan ampas kopi

Karena sejatinya aku belum bisa move on

Main catur di siang hari

Tiba-tiba datang orang penagih

Laki kok gak minum kopi

Situ laki apa bukan sih?

Kopi tanpa gula itu pahit

Makan gula aja bikin penyakit

Dalam hidup sesekali hati akan sakit

Tapi jangan sampai akhiri diri

Kopi hitam diterpa angin

Di atas meja bu Yasin

Hati juga bisa dingin

Kalau cuma dibiarin

Adik manis sedang dipingit

Nunggu abang menjemputnya

Jadi ngiri sama kopi pahit

Pahit aja banyak yang suka

Paman pergi ke Lamongan

Bibi masak lalapan

Hidupmu tak kan berkesan

Jika ta ngopi bersama mantan

Kopi pahit banyak penggemarnya

Penggemarnya banyak dari Bangkalan

Jika mantan bersama pacar barunya

Bilang aja, barang bekas memang pantas untuk disumbangkan

Minum kopi di meja makan

Ditemani sosis bakar

Jika dirimu ingat mantan

Cukup minum segelas kopi espresso segar

Paman beli kopi tubruk di Pasar Singosari

Bawa pulang di esok hari

Wahai kawan janganlah bersedih

Selagi kopi hitam masih terasa pahit

Hitam manis kopi gula

Gula merah berwarna coklat

Wahai Tuan janganlah marah

Mari kita minum kopi saja

Saat nongkrong bersama teman dengan minum kopi, suasana obrolan akan semakin hidup. Apalagi jika menggunakan pantun ngopi yang lucu dan kocak di atas. Bisa-bisa obrolan jadi tak kenal akan waktu.

Baca Juga: Pantun Madura


5. Pantun Tentang Secangkir Kopi

5. Pantun Tentang Secangkir Kopi

Pantun ini lebih bebas dari pantun-pantun di atas. Karena pantun ini hanya akan menggambarkan tentang secangkir kopi secara umum.

Maksudnya, pantun ini bisa disambungkan antara secangkir kopi dengan agama, kehidupan dunia, bahkan akhirat. Adapun pantun tersebut diantaranya:

Sore hari ditemani secangkir kopi

Melihat indahnya langit senja

Ketika sudah memiliki seorang istri

Mohon Jadilah suami yang setia

Ada rasa cinta di cangkir kopi

Bisa membuat candu kita semua

Ayo kita bersama benahi diri

Supaya jadi orang yang berjasa

Malam hari minum secangkir kopi

Harap-harap untuk menghangatkan diri

Apabila kamu ingin sekali peduli

Coba belajar cintai diri sendiri

Ada sajak di secangkir kopi

Indahnya sajak untuk pujaan hati

Wahai kamu sang pujaan hati

Sediakah bersamaku sehidup semati

Malam hari sangatlah hening

Enaknya minum kopi di saat hening

Hidup jangan dibuat semriwing

Jalani saja dengan setulus hati

Minum kopi di malam hari

Pahit rasanya jadi ciri khasnya

Apabila cinta yang engkau cari-cari

Hanya di hatiku lah letaknya

Kopi punya sebuah kata

Kata indah dari sang pujangga

Mumpung umur sekarang masih muda

Ayo bersama ciptakan karya


Penutup

Dari pantun secangkir kopi ini telah mengingatkan semua orang untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Gunakan waktu dengan sebaik mungkin, agar tidak menyesal esok hari.

Beberapa pantun kopi di atas telah mengajarkan banyak hal untuk semua orang. Mungkin kopi adalah sebuah hal yang sepele apalagi dengan harganya yang murah.

Tetapi, kopi memiliki makna yang besar bagi Sebagian orang. Dari sini saja, semua orang dapat belajar bahwa tidak boleh menilai sesuatu yang kecil dari harganya, tapi kebermanfaatannya.

Pantun Kopi

Tinggalkan komentar