30+ Pantun Pengantin Baru “Selamat Menikah” Romantis dan Berkesan

Pantun Pengantin BaruPernikahan adalah memon berharga yang terjadi hanya sekali dalam hidup seseorang, sehingga menjadikannya sangat special.

Dalam acara tersebut sering juga pantun pengantin baru terselip atau dilontarkan beberapa orang. Pantun yang diberikan biasanya macam-macam sesuai dengan kemampuan yang membuatnya.

Tak jarang pantun pengantin baru yang dibuat memberikan pesan mendalam untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Dibalut dengan kata-kata jenaka hingga yang paling serius.

Pantun sudah menjadi kebiasaan sebagian orang untuk menyatakan pesan secara tidak langsung. Bagaimanakah penjelasannya? Berikut ulasannya.


Tentang Pantun Pengantin Baru

Prosa lama atau puisi yang disebut juga dengan pantun bisa digunakan di berbagai kesempatan, salah satunya untuk pengantin baru. Pemakaian bahasa yang singkat dan makna yang terdapat di dalamnya jelas. Terlebih pada zaman dahulu pantun sering kali dilontarkan secara lisan dan jarang dituliskan seperti sekarang.

Hal tersebut memungkinkan esensi yang berasal dari pembuat pantun pun akan jauh lebih terasa oleh kedua pengantin baru. Berbeda dengan tulisan pantun yang hanya terpanjang di banner atau lainnya. Membuat penggunaan kata serta bahasa yang diciptakan pun tidak panjang dan bertele-tele, sehingga mudah untuk dipahami. Dalam pengertiannya sendiri pantun dibuat sebagai pemelihara dan dalam keberagaman bahasa.

Dalam proses pembuatan pantun akan melatih seseorang untuk bisa berpikir kreatif dan juga inovatif. Terlebih lagi pantun pengantin baru yang mengandung dengan makna pernikahan. Termasuk ke dalam ucapan yang sangat penting untuk dipikirkan maknanya.

Mengapa sangat penting untuk memilih kata yang tepat dalam pantun? Sesuai dengan namanya yang merupakan sebuah prosa yang mempunyai rima. Jika pantun yang dibuat tidak memiliki rima yang tepat dan bernada, tentu akan sangat tidak nyambung. Oleh sebab itu seseorang harus berpikir keras untuk bisa membuat kalimat yang terhubung.

Pantun yang berisi tentang pengantin baru memiliki ide atau gagasan yang diungkapkan kepada seseorang sebagai hadiah kepada pasangan pengantin tersebut. Hal tersebut tentu bisa diucapkan secara langsung atau pun tulisan. Biasanya untuk jenis pantun tersebut, cenderung berisi nasihat.

Baca Juga: Pantun Penutup Acara


Contoh Pantun Pengantin Baru

Sebagian masyarakat Indonesia pada umumnya telah mengenal pantun dari lama, sehingga menggunakannya di setiap kesempatan. Contoh pantun yang bisa ditiru sekarang ini pun sangat banyak. Contohnya seperti yang jenaka, romantis, hingga yang dianggap paling serius. Penasaran dengan beberapa contoh pantun yang bisa digunakan? Berikut diantaranya yaitu:


1. Pantun Pengantin Baru untuk MC

1. Pantun Pengantin Baru Untuk MC

Dalam rangkaian upacara pernikahan biasanya akan dipandu oleh seorang MC yang bertugas untuk membuat acara menjadi lebih terstruktur. Biasanya para MC yang telah professional sudah terbiasa untuk mengolah kalimat dan menjadikan pantun sebagai bahasa andalannya.

Beberapa MC bahkan menuliskan atau membuat pantun pengantin baru terlebih dahulu sebelum tampil. Cara tersebut digunakan untuk membuat hadirin yang datang bisa tertarik dan juga terhibur dengan variasi pembukaan yang dibawakan MC. Berikut contoh yang bisa ditiru yaitu:

Mencari kari hingga India

Belum sempat dimakan sudah berhenti

Terlihat senyum pengantin pria yang bahagia

Dapat istri pujaan hati

Malam-malam memakai selayar

Permintaan spesial dari mertua

Sangat bahagia Bapak agus dan ibu Kaiyar

Anak seorang kini berdua

Anak kos makan Indomi

Jadikan indomi buat cemilan

Sangat bahagia bapak Tono dan Ibu Soldami

Punya menantu langsung berpasangan

Ada kucing di depan pintu

Lewat penghulu depan KUA

Sepertinya sudah dapat restu

Dari masing-masing orang tua

Ada seorang artis ternama

Miliki status sungguh terhormat

Kecil bahagia bersama mama

Sudah dewasa tentu jadi istri bermartabat

Penggunaan pantun oleh MC biasanya bisa dipakai sebagai salam pembukaan. Namun tak jarang juga sebagian MC meluncurkannya di tengah-tengah acara. Hal tersebut dilakukan untuk membuat suasana menjadi lebih nyaman dan rileks tentunya.


  22+ Pantun Hari Kamis : Lucu Penambah Semangat Pagi Hari

2. Pantun Pengantin Baru untuk Kedua Mempelai

2. Pantun Pengantin Baru Untuk Kedua Mempelai

Selanjutnya ada pantun pengantin baru untuk kedua mempelai, termasuk pantun yang isinya sangat bermakan dan dalam. Sangat cocok untuk dilontarkan secara langsung kepada pasangan tersebut. Siapa pun bisa membuat pantun tersebut dengan caranya sendiri.

Namun jika pasangan pengantin tersebut adalah teman, kerabat atau keluarga terdekat ada baiknya untuk mengatakannya langsung. Pasangan tersebut pasti akan langsung bisa merasakan dan mengetahui maknanya secara langsung. Berikut contoh pantunnya yaitu:

Jauh-jauh beli baju merek Puma

Namun tak ada satu toko yang buka

Sudah lelah berlama-lama

Sekarang bersanding jua

Manusia itu makluk mulia

Berusaha untuk bisa hidup tanpa sengsara

Tamu hadirin turut bahagia

Melihat kawan bersanding mesra

Lambaikan tangan saling berdadah

Jalan jauh hingga ke bersua

Inilah hari paling indah

Hari pernikahan hingga masa tua

Pergi main hingga ke ragunan

Pulang pergi bawa pelita

Sang pria amatlah rupawan

Sang wanita anggun jelita

Daun bawang, daun kemiri

Dipakai masak oleh si Dini

Ambil talenan, kemudian cuci

Eh, dipelaminan berjumpa kini

Nah, untuk pantun pengantin baru yang dibuat untuk kedua mempelai biasanya akan sangat menarik jika disampaikan oleh orang terdekat. Bukan hanya sebagai ucapan atas pernikahan saja, tetapi juga sebagai kalimat untuk mempererat hubungan. Sering juga pantun dipakai untuk mencairkan suasana yang tegang atau canggung dari kedua pasangan tersebut.


3. Pantun Pengantin Baru Melayu

Pantun Pengantin Baru Melayu

Berikutnya ada pantun pengantin baru Melayu yang di dalamnya sarat berbau Islam dengan kearifan loka dari sang leluhur. Hal tersebut digunakan agar generasi muda sebagai penerus bangsa dapat mengenal budaya dari pendahulu bangsa Melayu.

Awalnya dahulu pernikahan dengan adat Melayu hanya dilakukan oleh pengantin dari pihak laki-laki saja. Berikutnya diiringin dengan melakukan hantaran serta seserahn yang dibawakan oleh kerabat dari ppihak pengantin laki-laki. Berikut contoh pantun yaitu:

Ada anak tupai suka melompat

Di bawah banyak anak-anak yang menanti

Kami keluarga yang punya hajat

Datang ingin sampaikan hasrat

Habis hujan terbitlah pelangi

Berwarna-warni nampak rupawan

Bukankah dulu kita berjanji

Mengambil bunga hingga ke taman

Sehubung akan dilaksanakan hajat kami sampaikan

Banyak doa untuk kedua pasangan

Pertama untuk keluarga Bapak Arif dan Ibu Kikan

Kedua untuk keluarga Bapak Syamsir dan Ibu Susan

Pergi ke sekolah jangan sampai telat

Nanti kena marah Ibu Beti

Kalau iya aka nada hajat

Utarakanlah, jangan simpan di dalam hati

Burung dan dan nuri saling sahabatan

Ditembak oleh para perjaka

Jika Anda tidak keberatan

Berikut kami akan berseloka

Sebenarnya dalam pantun pengantin baru Melayu biasanya akan terdapat bahasa kiasan yang punya makna dalam. Memungkin pemilihan kalimatnya sangat sopan dan juga beretika. Tidak lupa unsur budaya dan juga leluhur yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Pantun Penutup Pidato


4. Pantun Pengantin Baru Betawi

4. Pantun Pengantin Betawi

Indonesia memiliki banyak suku dan bahasa yang beragam, sehingga melahirkan berbagai pantun dengan bahasa daerah. Serupa dengan pantun lainnya, tetapi pantun tersebut lebih khas karena memakai bahasa betawi. Banyak sekali ragam adat dan istiadat dari betawi yang menjadikan pantun sangat istimewa.

Belum lagi kepiawaian suku betawi yang sangat terkenal dalam merangkai kata menjadi pantun. Banyak sekali pantun pernikahan khas betawi yang terdengar jenaka dan lucu, sehingga mampu membuat tamu undangan tergela. Bagaimanakah contohnya? Berikut ulasannya.

Mari kesini makan kecapi

Eh, si bocah malah pada metik buah kuwini

Paling enak hari begini

Dibikinin kupi sama bini

Ada belalang di atas peti

Jadi orang jangan suka pada rese

Nanti disamperin ama mpok beti

Jadi kapan nih eneng mau ke rumah aye

Ade kutu di kepalae Si Mumu

Bisulan katanye gara-gara makanin duku

Abang gak mau kehilanganmu

Karena eneng selalu dihatiku

Burung merpati terbang ke awan

Hampir enggak keliatan mata

Di dalem hati mah mana tahan

Rindu sampe hati meronta-ronta

Sesuai dengan namanya pantun pengantin baru betawi, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa betawi. Berbeda dengan pantun pengantin lainnya yang dibuat dengan penuh makna kalimat yang serius. Pantun betawi dibuat dengan bahasa daerah yang lebih santai. Pemilihan katanya beragam, sehingga lebih bermacam pilihan katanya.

Baca Juga: Pantun Perkenalan


  21+ Pantun BTS : Jungok, Suga, Jimin, Bias, Taehyung, Army

5. Pantun Pengantin Baru Romantis

Pantun Pengantin Baru Romantis

Pantun dalam acara pernikahan sering sekali terdapat kalimat romantis atau manis yang bisa membuat kedua mempelai tersipu malu. Berbeda dengan kalimat ucapan yang biasannya digunakan, pantun akan sangat terasa spesial. Tidak hanya terlihat unik dan menarik, pantun juga dapat menaikkan atensi pendengarnya.

Penggunaan pantun sebagai pemberian wejangan dan nasehat dalam membangun keluarga yang harmonis nantinya. Supaya kehidupan berumah tangga bisa langgeng hingga ajal menjemput. Berikut ini terdapat beberapa pantun yang bisa digunakan sebagai referensi ketika memberikan ucapan pernikahan, di antaranya yaitu:

Baju si Udin warnanya biru

Basah kena hujan, nampak seperti batu

Selamat atas awal hidup baru

Berbahagia Lah sepanjang waktu

Siang hari pergi bertamu

Disuguhi the bercangkir biru

Dilihat-lihat tak jemu-jemu

Wah, serasi sekali pengantin baru

Sudah lama tidak ke Dufan

Sampai disana, makan roti pakai selai

Bersama-sama datang dengan handai taulan

Berikan selamat kepada mempelai

Sehabis senin adalah selasa

Besok harinya mendapat bunga

Para pengantin saling mesra

Lihatlah kaum jomblo pada ternganga

Meja dirapatkan dengan paku

Jangan lupa dibuat berongga

Seluruh doa untuk temanku

Berbahagialah dalam rumah tangga

Buah coklat dari belgia

Dibawa sampai ke Jakarta

Kuucapkan selamat berbahagia

Dengan segenap cinta

Supaya sehat minum jamu

Jangan lupa dibayar dulu

Selalu ku panjatkan doa untukmu

Semoga bahagia selalu

Sudah lama tidak berjabat

Sekali bersua berpelukan sangat erat

Hari ini berbahagialah wahai sahabat

Semoga jadi ibadah hingga akhirat

Perut lapar makan indomi

Siangnya menangkap ubur-ubur

Lengkapi akan kebutuhan suami

Dari dapur sampai kasur

Makan nasi pakai terasi

Sangat nikmat untuk dimakan

Didepan ada pasangan serasi

Mendapatkan doa serta harapan

Hajat dilangsungkan di hari minggu

Tak lupa ada hidangan Indomi

Jadilah istri yang suka membantu

Sudah pasti disayang suami


Penutup

Nah, untuk pantun pengantin baru romantis sendiri lebih sering dibuat oleh kerabat atau orang sekitar yang jenaka. Hal tersebut dikarenakan isi dari pantunnya akan menambah suasana menjadi lebih relaks dan hangat. Terdapat tawa dalam sebuah pernikahan tentu baik untuk mendukung suasana yang hikmat.

Demikianlah penjelasan tentang pantun pengantin baru beserta jenis dan penjelasannya. Beberapa pantun dapat dibuat semenarik mungkin, sehingga bisa membuat suasana pernikahan pun semakin berwarna. Jangan lupa selipkan guyonan atau kata-kata jenaka di dalam pantun yang diberikan kepada kedua mempelai.

Pantun Pengantin Baru