Pengertian Pancasila

Pengertian Pancasila

Pengertian Pancasila – Setiap negara di dunia ini pasti memiliki sebuah ideologi yang mereka anut, entah itu sosialis, komunis, liberalis, kapitalis, maupun ideologi lainnya. Uniknya Indonesia sendiri berhasil membentuk sebuah ideologi baru, yang sekaligus menjadi dasar, pandangan hidup, serta kepribadian bangsa.

Para leluhur menamakannya Pancasila, ini diambil dari bahasa Sanskerta yakni Panca, berarti lima dan Sila yang berarti dasar atau asas. Untuk lebih  memahami apa itu Pancasila, berikut penjelasan secara lengkap tentang pengertian pancasila.


Pengertian Pancasila Secara Umum

Pengertian Pancasila

Pancasila, seperti sudah dikatakan sebelumnya merupakan kesepakatan para leluhur, pendiri bangsa Indonesia untuk dijadikan sebagai dasar, pandangan hidup, serta kepribadian bangsa. Oleh karena itulah pancasila disebut juga sebagai sumber dari segala sumber hukum.


Pengertian Pancasila Secara Simbolis

Pengertian Pancasila

Pancasila yang merupakan simbol negara Indonesia ini berlambangkan burung garuda. Setiap organ tubuh dan apa yang menempel di atasnya memiliki filosofi tersendiri, mulai dari:

  • Warna Burung Garuda. Burung Garuda berwarna kuning emas yang menggambarkan sifat agung dan jaya.
  • Organ Tubuh Burung Garuda. Burung Garuda ialah seekor burung yang gagah dengan paruh, sayap, ekor, serta cakar yang menggambarkan kekuatan serta tenaga pembangunan.
  • Jumlah Bulu. Uniknya bulu yang tertempel pada Burung Garuda didesain sedemikian rupa sehingga bisa melambangkan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, bulu masing-masing sayap berjumlah 17 helai, bulu ekor berjumlah 8 helai dan bulu leher berjumlah 45 helai.
  • Perisai Di Dada Garuda. garis hitam tebal di tengah perisai melambangkan garis khatulistiwa melukiskan lokasi Indonesia yang berada pada garis khatulistiwa. Kemudian untuk warna dasar perisai adalah merah putih melambangkan warna bendera Indonesia.

Filosofi Pancasila Di dalam Perisai

Pengertian Pancasila

Di dalam perisai pada dada garuda banyak sekali mengandung filosofi. Nah selengkapnya mengenai apa saj afilosofi yang ada simak ulasan dibawah ini:

1. Bintang

Bintang yang Menyimbolkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Maksudnya rakyat Indonesia mempercayai Tuhan yang satu, Tuhan Yang Maha Esa. Jadi semua bangsa indonesia memiliki tuhan yang satu

2. Rantai

Rantai yang Menyimbolkan Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Maksudnya Negara Indonesia menjamin rakyatnya untuk mendapatkan Hak hidup, Hak kebebasan, persamaan hak, serta hak untuk memiliki tanpa ada rasa.

3. Pohon Beringin

Pohon Beringin yang Menyimbolkan Persatuan Indonesia Artinya, meskipun Indonesia terdiri dari banyak sekali agama, ras, suku, budaya, dan adat istiadat yang berbeda.

Namun, Indonesia harus tetap bersatu. Lebih mementingkan kesatuan dan persatuan bangsa, serta tidak mementingkan individu atau golongan di atas kepentingan bersama sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

4. Kepala Banteng

Kepala Banteng yang Menyimbolkan Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan, Dalam Permusyawaratan Perwakilan maksudnya di sini, kita sebagai rakyat Indonesia tidak boleh egois dengan hanya mementingkan kepentingan pribadi dan tidak mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

5. Kapas

Kapas yang Menyimbolkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia maksudnya, untuk menjadi warga Negara yang baik, kita harus senantiasa mengembangkan perbuatan-perbuatan luhur, sehingga dapat mencerminkan sikap serta suasana kekeluargaan dan gotong royong. Bersikap adil pada semua golongan dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.


Pengertian Pancasila Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Pancasila

Beberapa ahli turut mengemukakan pendapat mereka dalam mengartikan pancasila. Mari simak pendapat para ahli dalam mengartikan pancasila ini:

1. Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, Asal usul kata Pancasila adalah Panca yang artinya lima dan Sila yang artinya sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Sehingga bisa dikatakan Pancasila merupakan lima dasar yang memuat pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang penting dan baik.

2. Notonegoro

Berdasarkan penuturan Notonegoro, Pancasila bisa dikatakan merupakan falsafah dasar negara indonesia, dengan kata lain bisa disimpulkan bahwa Pancasila itu ialah dasar falsafah dan ideologi negara yang akan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia demi persatuan bangsa, serta menjadi lambang persatuan dan kesatuan akan  eksistensi bangsa dan negara Indonesia.

3. Ir. Soekarno

Pancasila menurut presiden pertama Indonesia ini adalah jiwa bangsa Indonesia yang sudah diwariskan selama sekian abad lamanya, hanya saja beberapa saat sempat terpendam karena bangsa barat. Bisa disimpulkan, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

4. Ruslan Abdul Ghani

Ruslan Abdulgani sendiri menganggap kalau Pancasila itu sebuah filsafat negara yang tercipta untuk menjadi ideologi kolektif  demi kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia sendiri


Pengertian Pancasila Dengan Melihat Sejarah

Pengertian Pancasila

Istilah pancasila yang berasal dari bahasa sanskerta ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman kerajaan Hindu-Budha, yakni kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Namun, istilah sila-sila ini masih berupa penerapan dalam kehidupan sehari-hari saja, masih belum begitu banyak dirumuskan dengan kongkrit. Berdasarkan kitab Sutasoma yang dikarang Mpu Tantular, Pancasila berarti, “berbatu sendi yang lima” atau “pelaksanaan kesusilaan yang lima.”


Pengertian Pancasila Bila dilihat Dari Kajian Ontologis

Pengertian Pancasila

Secara kajian ontologis maksudnya apabila kita membahas suatu hal yang bersifat kongkrit dalam kehidupan. Jadi pada hakikatnya, kajian ontologisme atau paham ontologisme pancasila itu sendiri adalah manusia.

Hal ini karena pancasila merupakan subjek hukum pokok dari pancasila itu sendiri. Begitu pun manusia adalah kompleksitas dari makhluk hidup, baik sebagai individu maupun kehidupan sosial dan masyarakat.


Pengertian Pancasila Berdasarkan Filsafatnya

Pengertian Pancasila

Jadi pancasila ini merupakan buah piker atau hasil pemikiran dari para pendiri bangsa yang sudah dikaji secara mendalam. Sehingga bangsa Indonesia bisa dikatakan sudah mengakui, mempercayai, dan meyakini bahwa ia adalah norma-norma yang benar, adil, bijaksana, dan paling sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.


Pengertian Pancasila Berdasarkan Terminologi

Pengertian Pancasila

Pada sidang Badan Penyelidikan Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Juni 1945, Pancasila yang memiliki arti lima asas dasar.

Ini digunakan oleh Presiden Soekarno untuk memberi nama pada lima prinsip dasar negara Indonesia yang diusulkannya. Pernyataan tersebut juga dikaitkan dengan ahli bahasa, M. Yamin yang saat itu duduk di samping Soekarno.

Setelah mendeklarasikan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), mengadakan beberapa kali sidang. Salah satu sidangnya, yakni tanggal 18 Agustus 1945 berisi tentang pengesahan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Di dalam undang-undang tersebut sudah termuat tentang lima prinsip dasar Negara Indonesia yang disebut Pancasila. Sejak itu pula istilah pancasila menjadi umum di telinga masyarakat, bahkan sudah biasa diperdengarkan setiap upacara bendera.

Pancasila ini tidak dirumuskan oleh secara sembarangan namun ada perundingan musyawarah yang melibatkan beberapa tokoh dalam negeri pada zaman dulu.

Itu adalah beberapa pengertian Pancasila secara menyeluruh dan paling lengkap. Dengan mengetahui arti Pancasila, jiwa kesadaran kita diharapkan tumbuh, sehingga bisa menerapkan ideologi pancasilais di dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mengetahui tentang pancasila, tentu ada baiknya membagikan ilmu yang didapatkan agar kelak Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik dari yang sekarang ini.

Pengertian Pancasila