Pengertian Variabel

Pengertian Variabel

Pengertian Variabel – Sering sekali mendengar kata “Variabel” namun masih banyak yang tidak mengetahui apa itu arti dari variabel sendiri. Maka, berikut akan memberikan penjelasan tentang pengertian variabel secara umum dan menurut para ahli.

Dengan seperti itu, akan banyak yang mengerti kegunaan dari variabel tersebut. Tidak hanya mengetahui data namun pada pengertiannya juga bisa dipahami.


Pengertian Variabel Secara Umum

Pengertian Variabel

Variabel adalah objek penelitian atau media terfokus dari dalam suatu penelitian yang berbentuk abstrak maupun real. Yang mana nilai dari variabel memiliki varian yang bersikap dapat berubah-ubah.

Sehingga menghasilkan pengertian variabel secara umum yaitu sebagai salah satu objek yang ditentukan oleh peneliti dengan tujuan untuk memperoleh hasil informasi yang dapat disimpulkan.

Dengan berbagai objek, sifat, atribut atau nilai dari orang yang memiliki kegiatan sebagai hal memperoleh hasil benang merah atau kesimpulan. Variabel juga merupakan konsep yang mempunyai nilai bermacam-macam. Yang mana konsep tersebut dapat diubah menjadi suatu variabel dengan aspek tertentu.

Sementara itu Variabel sendiri dibagi menjadi dua, yaitu variabel kuantitatif dan variabel kualitatif. Dan pada variabel kuantitatif diklasifikasikan kembali menjadi dua kelompok, yaitu variabel diskrit dan variabel kontinu. Dari kedua variabel ini memiliki kaitan yang berkesinambungan.

Baca Juga: Pengertian Limbah


Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Pengertian Variabel

Jika diatas dijelaskan mengenai pengertian variabel secara umum. Maka, disini ada juga pengertian variabel menurut beberapa para ahli. Yang mana para pakar ilmuan memberikan definisi mengenai variabel secara berbeda. Untuk itu, berikut ini akan ada beberapa para ilmuan yang memberikan pengertian variabel :

1. F.N Kerlinger

Pengertian variabel menurut F.N Kerlinger merupakan suatu konsep yang memiliki macam-macam nilai dari suatu konsep yang dapat di rubah. Sehingga konsep tersebut akan mendapatkan titik kesimpulan yang tepat dan terbaik.

2. Sutrisno Hadi

Variabel merupakan variasi dari objek penelitian, seperti tinggi badan manusia yang divariasikan dengan berat badan maupun usia yang dimiliki. Sehingga menghasilkan nilai kuantitatif dari suatu penelitian yang diterapkan secara real atau nyata.

3. Sugiono

Pengertian Variabel dari Sugiono merupakan segala sesuatu yang diproses melalui informasi tentang suatu hal dari penelitian untuk dipelajari dan mendapatkan hasil dari penelitian tersebut. Yang mana akan ada kesimpulan dari proses penelitiannya.

4. Freddy Rankuti

Freddy Rankuti menerapkan variabel dengan artian suatu konsep yang memiliki nilai bervariasi. Yang mana nilai tersebut dibagi menjadi 4 data yang berbeda. Seperti rasio, skala, ordinal, nominal dan internal.

5. Suharsimi Arikunto

Variabel merupakan objek penelitian yang menjadi perhatian pada suatu titik objek penelitian. Yang nantinya akan mendapatkan nilai dari kesimpulan suatu proses.

6. Bagja Waluya

Konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen yang dilakukan oleh seseorang. Dari eksperimen tersebut akan menghasilkan suatu data yang berguna sebagai bukti otentik suatu penelitian.

7. Moh. Nazir

Berikutnya, mengenai pengertiaan variabel menurut Moh. Nazir adalah suatu konsep yang memiliki bermacam-macam nilai yang nyata. Dalam suatu penelitian yang menghasilkan garis besar dari adanya nilai kualitas dan kuantitas.

8. Sugiarto

Menurut Sugiarto variabel adalah suatu karakter yang dapat di observasi dari unit amatan yang merupakan pengenal atau atribut dari anggota kelompok. Maksud dari variabel ini adalah terjadinya proses variasi antara objek satu dengan objek yang lain. Yang mana aturan masing-masing kelompok memiliki perbedaan variasi.

9. Tri Mutiara

Suatu proses yang berjalan dengan baik hingga mendapat perhatian dengan fokus pada pengaruh nilai yang value. Itulah pengertian variabel menurut Tri Mutiara. Yang mengartikan variabel sebagai cara terbaik mendapatkan hasil penelitian.

10. Bhisma Murti

Definisi variabel menurut bhisma murti adalah adanya fenomena yang memiliki variasi nilai pada sebuah observasi. Yang mana variasi nilai itu dapat di kukur dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Sehingga menghasilkan data yang benar dan tepat.

11. Dr Ahmad Watik Pratiknya

Konsep yang memiliki variabilitas dengan penggambaran suatu abstraksi dari fenomena tertentu. Yang mana konsep tersebut berupa data seperti asal kepemilikan ciri yang bervariasi, inilah yang disebut variabel.

Itulah beberapa pengertian variabel menurut para ahli. Yang dimana mereka berhasil memberikan suatu definisi mengenai variabel. Dan tidak hanya itu saja ternyata variabel juga memiliki berbagai macam jenis.

Baca Juga: Pengertian Majas


Macam-macam Variabel

Pengertian Variabel

Jika diatas membahas mengenai pengertian. Maka disini juga akan membahas mengenai macam-macam variabel. Sebab, variabel tidak hanya satu pengertian saja. Untuk itu, dibawah ini adalah macam-macam variabel :

1. Variabel dependen

Variabel dependen merupakan variabel yang tidak bebas. Mereka terikat dan mempengaruhi setiap variabel lainnya. Seperti variabel independen, yang memiliki perubahan kuat yang di timbulkan oleh variabel independen.

2. Variabel Independen

Untuk variabel independen, pada dasarnya variabel ini akan membawa perubahan yang membawa hasil dari adanya data dalam suatu proses penelitian. Yang nantinya akan ada keterikatan antara variabel dependen.

3. Variabel Moderator

Adanya keterkaitan suatu proses antara variabel bebas dengan variabel terikat. Yang mana hasil dari data tersebut akan semakin kuat. Sehingga proses dari kinerja penelitian dapat dianggap sukses jika data yang dihasilkan tepat.

4. Variabel Intervening

Variabel ini memiliki beberapa pengaruh pada hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas. Yang mana mereka tidak bisa diamati ataupun diukur. Dan kedua variabel tersebut akan menghasilkan suatu informasi dengan cara logika ataupun analisa lainnya.

5. Variabel Kontrol

Variabel ini adalah variabel yang dikendalikan secara konstan sehingga hubungan variabel bebas pada variabel terikat tidak berpengaruh pada faktor luar. Dari variabel ini bisa dikatakan bahwa nilai dan hasil variabel kontrol adalah nyata tidak terkait oleh media manapun.

Itulah 5 jenis variabel yang memiliki keterkaitannya masing-masing. Dengan adanya keterkaitan, maka hasil yang didapatkan dalam proses penelitian bisa menjadi lebih kuat setelah menjalani suatu penelitian yang rumit.


Macam-macam Variabel Dari Cabang Ilmu

Pengertian Variabel

Pengertian Variabel memanglah luas. Namun bagaimana penerapannya terhadap cabang ilmu? Pasti banyak yang bingung bukan. Sebab, variabel digunakan di berbagai cabang ilmu seperti sains, matematika dan komputer. Nah, dari pada penasaran. Berikut akan kami bahas variabel dalam cabang ilmu :

  • Ilmu Sains. Dalam ilmu sains, variabel merupakan objek penelitian ilmiah yang menghasilkan data kosong maupun isi secara benar. Dengan adanya penelitian berupa nama dan nilai. Adapun hasil dari ilmu sains tentang variabel yaitu pembuktian kesimpulan secara logika yang diterapkan bersamaan bukti-bukti otentik.
  • Ilmu Komputer. Pada ilmu komputer variabel merupakan nama dari karakter, abjad, atau kata yang mewakili beberapa nilai dari memori yang ada di komputer.
  • Ilmu Matematika. Karakter atau abjad yang mewakili jumlah yang belum ditentukan. Dalam pengerjaan soal yang mengandung nilai maupun simbol yang berhubungan dengan aljabar.

Itulah beberapa pengertian mengenai variabel di cabang ilmu pendidikan. Baik secara murni maupun penerapan. Variabel ini, juga merupakan simbol dari adanya fakta dalam hasil penelitian yang membawanya dalam strategi pemikiran yang terbaik. Dengan begitu variabel dinyatakan sangat penting dalam kehidupan pendidikan.

Demikianlah pengertian variabel secara umum dan menurut para ahlinya. Yang mana bisa menjadikan bahan informasi dalam tugas anda. Dengan memahami arti dari variabel ini.

Pengertian Variabel

Tinggalkan Balasan