Pengertian Website

Pengertian Website

Pengertian Website – Belum banyak yang tahu mengenai pengertian website meskipun kenyataannya sering diakses atau dibuat. Kebanyakan hanya memandang sebagai bagian dari kecanggihan teknologi. Kemudian, seseorang memanfaatkannya dengan berbagai tujuan.

Jenisnya juga banyak sekali. Ada yang disebut dengan website statis yang struktur halamannya tidak berubah, ada pula website dinamis yang diperuntukkan untuk update konten sesering mungkin. Selain itu, ada website interaktif yang memungkinkan para pengguna di seluruh dunia untuk berinteraksi.

Unsur pembuatannya setidaknya meliputih 3 hal. Yakni domain yang merupakan sebuah nama, hosting sebagai rumah penyimpanan, dan konten yang merupakan sebuah isi/informasi. Pertanyaannya sekarang adalah apa tujuan dari pembuatan website tersebut? Mari temukan jawabannya beserta pengertian website menurut para ahli berikut ini.


Ketahui Pengertian Website Dari Ahli IT

Pengertian Website

Menurut Arief (2011), website diketahui sebagai sebuah aplikasi berisi dokumen multimedia yang menggunakan protocol HTTP. Untuk mengakses website, dibutuhkan perangkat lunak lain yang dikenal dengan sebutan browser.

Sementara menurut Yuhefizar (1998), website dipahami sebagai sebuah metode khusus untuk menampilkan seluruh informasi di Internet. Informasi ini tersimpan dan terhubung dari satu dokumen dengan dokumen lainnya. Dan informasi ini perlu diakses melalui sebuah browser.

Sedangkan menurut Gregorious (2000), website adalah kumpulan halaman yang terhubung satu sama lain. Kumpulan halaman disebut dengan Hompage yang posisinya di bagian teratas. Sedangkan halaman-halaman lainnya disebut dengan child page yang berisi hyperlink ka halaman-halaman lainnya.

Dari ketiga pengertian website di atas, bisa disimpulkan kalau website adalah kumpulan halaman berisi informasi yang bisa diakses melalui internet. Halamannya terangkum dalam domain/subdomain yang letaknya berada di World WidWeb (WWW).

Baca Juga: Pengertian Bahasa


Apa Saja Tujuan Pembuatan Website?

Pengertian Website

Website bisa dibuat oleh siapa saja. Pembuatannya dilakukan dengan berbagai tujuan. Diantara tujuannya adalah sebagai berikut ini.

1. Untuk Menjadi Alat Pemasaran

Bagi pelaku bisnis, pembuatan website sangat berpengaruh pada bisnisnya. Website dimanfaatkan penuh untuk media promosi atau pemasaran. Misalnya perusahaan mengenalkan nama perusahaan sekaligus nama-nama produk baru yang dirilis.

Pemanfaatannya dipandang sangat baik. Salah satunya adalah jangkauannya lebih luas dan masyarakat seluruh dunia hampir pernah mengakses sebuah situs. Tidak hanya itu saja, informasi bisa disampaikan ke masyarakat dengan sangat cepat.

2. Untuk Layanan Transaksi Jual Beli Online

Kecanggihan teknologi menggiring masyarakat untuk melakukan kegiatan dengan mudah. Mulai mencari informasi sampai melakukan transaksi. Kesemuanya dilakukan dalam waktu yang sangat cepat dan bisa dilakukan dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Untuk mengakomodir sejumlah transaksi jual beli, dibuatlah sebuah website khusus. Salah satunya berbentuk E-commerce yang merupakan layanan jual beli produk secara online. Di dalamnya terdapat banyak kategori produk yang bisa dibeli oleh konsumen dari manapun berada.

3. Untuk Nilai Tambah Sebuah Perusahaan

Tujuan lain dari pembuatan website tak lain adalah untuk memberikan nilai tambah dari sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki website ternama akan tetap eksis dan maju dibandingkan perusahaan lainnya. Karena namanya terus dikenal dan orang-orang di hampir seluruh pelosok dunia tahu akan keberadaannya.

Baca Juga: Pengertian Berita


Jenis Website Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Pengertian Website

Dilihat dari pengertian website di atas, Anda bisa menarik kesimpulan kalau website itu berisikan berbagai informasi di seluruh dunia. Informasi ini disimpan ke dalam sebuah halaman khusus dan bisa diakses oleh siapapun. Tergantung pada tujuan pembuatannya.

Dari sekian banyaknya website, tentu ada beberapa website khusus yang berisikan informasi tertentu. Website ini memudahkan orang untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Nah, di sini kami akan tunjukkan beberapa website khusus yang sangat bermanfaat namun belum banyak diketahui oleh pengguna internet.

1. com

Website ini sangat dicari oleh orang-orang yang menyukai pemograman. Banyak software yang bisa ditemukan di dalamnya. Menariknya, software yang kini tidak lagi tersedia di website resminya bisa didapatkan di sini. Tentunya versi lama dari software telah diupgrade.

2. time.com

Bagi Anda yang ingin melihat perubahan bumi dari waktu ke waktu, world.time.com bisa diakses. Situs web ini menanyangkan perubahan bumi secara real time. Yakni dengan balutan video berdurasi singkat.

3. com

Website ini bakal menambah pengetahuan Anda mengenai sejarah di masa lampau. Kontennya berupa informasi tentang perubahan peta dunia. Menariknya, perubahan peta dunia ini dimulai sejak 30000 SM. Bisa dibayangkan pengetahuan yang akan Anda peroleh bukan?

4. info

Website ini berisikan berbagai jenis driver yang bisa digunakan untuk perangkat lunak. Apa yang Anda butuhkan bisa saja ditemukan di website tersebut. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengetahui tentang apakah computer butuh upgrade driver atau tidak.

Cukup masuk ke website ini. Kemudian lakukan pengecekan secara langsung. Dengan begitu, Anda akan memahami kinerja dari Computer saat ini.

Kesimpulannya, informasi-informasi dari seluruh dunia bisa disimpan dan dibagikan pada khalayak ramai melalui halaman-halaman yang dibuatnya. Untuk mengaksesnya, pengguna memerlukan jaringan internet. Itulah sekilas mengenai pengertian website dan manfaatnya di era modern.

Pengertian Website

Pengertian Variabel

Kartika Aryani
3 min read

Pengertian Limbah

Kartika Aryani
3 min read

Pengertian Majas

Kartika Aryani
4 min read

Tinggalkan Balasan