Perbedaan Efektif dan Efisien

Perbedaan Efektif Dan Efisien

Perbedaan Efektif dan Efisien – Sering dengar istilah efektif dan efisien? Masih ada pertanyaan apakah efektif dan efisien itu sama? Kebanyakan dari orang sendiri masih sering menyamakan antara kata efisien dan efektif, namun sebenarnya ke dua kata tersebut mempunyai arti yang berbeda.

Ke dua kata tersebut sebenarnya berkaitan erat dengan produktivitas serta manajemen dari waktu yang akan digunakan. Bagi yang masih bingung, berikut ini penjelasan mengenai efektif dan efisien berikut dengan perbedaan efektif dan efisien itu sendiri.


Pengertian Efektif Dan Efisien

Perbedaan Efektif dan Efisien

Sebelum menuju ke perbedaan efektif dan efisien, untuk lebih jelasnya maka harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Efektif sendiri merupakan sebuah cara untuk mencapai suatu tujuan dengan cara memilih yang benar dan tepat dari berbagai macam alternatif yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

Setelah itu pekerjaan atau suatu tujuan tersebut diimplementasikan dengan tepat sehingga mencapai tujuan yang maksimal.

Pada dasarnya efektif sendiri berhubungan langsung dengan perencanaan, jadwal, serta eksekusi yang harus dilakukan. Jika tujuan yang sudah ditetapkan tersebut berhasil dicapai dengan apa yang diharapkan maka hal tersebut sudah bisa dikatakan efektif.

Sedangkan sebuah cara untuk mencapai sesuatu degan menggunakan sumber daya yang sedikit namun hasilnya dapat mencapai hasil yang maksimal atau memuaskan disebut dengan efisien. Mengolah sumber daya dengan sangat bijak dan hemat sehingga waktu, dana, serta tenaga agar tidak terbuang banyak dan sia-sia merupakan kunci dalam mengerjakan pekerjaan yang efisien itu sendiri.

Cara mengevaluasi, serta membuat perbandingan antara masukan serta pengeluaran baik yang diterima maupun yang sebelumnya merupakan pekerjaan efisien yang bisa direncanakan terlebih dahulu. Sehingga nantinya suatu pekerjaan tersebut dapat ditentukan cara yang efisien atau cara yang terbaik untuk memperoleh suatu tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Baca Juga: Perbedaan Efektif Dan Efisien


Perbedaan Efektif Dan Efisien

Perbedaan Efektif dan Efisien

Setelah mengetahui apa itu efektif dan efisien, maka untuk lebih jelasnya harus mengetahui perbedaan diantara ke duanya. Adapun perbedaan dari efektif dan efisien antara lain sebagai berikut.

1. Perbedaan Dari Segi Biaya

Perbedaan yang pertama adalah terletak dari segi biaya. Pekerjaan yang efektif sendiri merupakan sebuah pekerjaan tanpa memikirkan biaya sehingga menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan tujuan. Sedangkan efisien sendiri merupakan suatu pekerjaan yang tidak membutuhkan atau mengeluarkan biaya serta pemborosan sama sekali.

2. Perbedaan Dari Segi Sumber Daya

Seperti halnya jika dilihat dari segi biaya, perbedaan efektif dan efisien dilihat dari segi sumber dayanya. Yakni pekerjaan yang efektif tidak memikirkan atau mengesampingkan sumber daya apa yang harus disediakan sehingga dapat menghasilkan tujuan yang harus dicapai.

Sedangkan pekerjaan yang efisien sebaliknya, yakni memikirkan serta membutuhkan sumber daya agar dapat membantu proses yang akan dikerjakan sehingga dapat mencapai sebuah tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

3. Dilihat Dari Segi Prosesnya

Sedangkan perbedaan dari efektif dan efisien yang ke tiga adalah dilihat dari segi prosesnya itu sendiri. Segi proses dari pekerjaan efektif sendiri belum tentu akan efisien. Namun sebaliknya, pekerjaan yang efisien sudah pasti akan efektif juga. Maka dari itu, diperlukan juga usaha yang sangat efektif serta usaha yang maksimal juga agar tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya dapat dicapai dengan baik.

4. Dilihat Dari Segi Tujuan

Perbedaan yang ke empat dilihat dari segi tujuannya. Pekerjaan yang efektif sendiri merupakan suatu pencapaian sebuah tujuan secara maksimal dari apa yang sudah diharapkan sebelumnya yakni tanpa memikirkan dari biaya serta energi yang harus dikeluarkan. Sedangkan efisien sendiri berdasarkan tujuannya merupakan suatu proses pekerjaan yang sangat hemat tenaga, waktu, serta biaya untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

5. Perbedaan Berdasarkan Dari Segi Waktunya

Perbedaan yang selanjutnya adalah dilihat dari segi waktunya sendiri. Dalam segi waktu, efektif hanya memerlukan waktu yang sangat sedikit atau bisa dibilang cukup singkat. Hal tersebut dikarenakan efektif sendiri mempunyai atau didukung dengan sumber daya, dan lain sebagainya.

Sedangkan efisien sendiri cenderung memerlukan waktu yang sangat lama. Hal tersebut tidak tersedianya sumber daya dan alat pendukung lainnya yang menyebabkan kinerja dari efisien sendiri cenderung lama.

6. Perbedaan Ditinjau Dari Segi Upaya

Perbedaan yang selanjutnya adalah dilihat dari segi upayanya. Dari segi usahanya sendiri, efektif tidak menekankan usaha yang hemat, asalkan akhir dari pekerjaan sendiri dapat memperoleh tujuan yang diinginkan dan sudah direncanakan terlebih dahulu.

Sedangkan efisien sendiri sebuah usaha yang sudah diinginkan sebelumnya menekankan pemborosan. Dimana seseorang yang menjalankannya harus menghemat tenaga, waktu, serta biaya seminim mungkin untuk mencapai serta memperoleh tujuan yang akan dicapai.

7. Perbedaan Jika Dilihat Dari Segi Hasilnya

Perbedaan efektif dan efisien yang terakhir dilihat dari segi hasilnya. Dari segi hasilnya sendiri efektif bertujuan sama-sama mendapatkan hasil yang baik. Namun pada kenyataannya sendiri hasil dari kerja yang efektif belum tentu efisien, dan yang efisien sudah pasti efektif.

Jadi dalam hal pekerjaan lebih mengutamakan efisiensinya karena dengan lebih mengedepankan efisiensi ini maka pekerjaan dengan sendirinya akan lebih efektif dan tentunya jadi lebih cepat.

Baca Juga: Perbedaan Hiv Dan Aids


Contoh Pekerjaan Yang Efektif dan Efisien

Perbedaan Efektif dan Efisien

Agar lebih memahami dari efektif dan efisien itu sendiri, maka berikut ini adalah salah satu contoh pekerjaan yang efektif dan efisien. Dengan begitu, maka tentunya akan lebih memahami lagi apa itu efektif dan efisien.

Akhir-akhir ini orang-orang banyak sekali yang berjualan dan membeli di situs jual beli online. Baik bagi para penjual maupun pembeli, sebenarnya mereka telah melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien. Hal tersebut dikarenakan si penjual tidak perlu repot-repot menyewa kios atau ruko untuk menjajalkan dagangannya.

Sedangkan untuk si pembeli sendiri mereka tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah atau tidak perlu menunggu macet yang lama saat hendak pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Cukup dengan memilih-milih lewat ponsel saja, setelah itu tinggal klik dan bayar. Barang yang dibutuhkan sudah didapatkan hanya tinggal tunggu kurir datang saja.

Bahkan dengan berbelanja online, maka para pembeli pun bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari biasanya. Contoh tersebut merupakan salah satu contoh pekerjaan yang menggunakan prinsip kerja yang efektif dan efisien. Degan adanya contoh tersebut, tentunya sudah lebih faham bukan perbedaan dari efektif dan efisien itu sendiri?

Itulah pengertian, perbedaan efektif dan efisien, dan contohnya yang harus diketahui. Dengan adanya beberapa informasi mengenai efektif dan efisien di atas tentunya akan lebih mudah lagi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau suatu masalah.

Dengan begitu, maka pekerjaan pun akan terselesaikan dengan mudah, cepat, dan tentunya sesuai dengan tujuan. Pekerjaan atau masalah yang terasa berat pun jika dikerjakan dengan efektif dan efisien terlebih adanya contoh-contoh di atas yang sudah di jelaskan dapat lebih memahami perbedaan dari efektif dan efisien itu sendiri.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Tinggalkan Balasan