Rumah Adat Baileo 

Rumah Adat Baileo – Di Indonesia terdapat berbagai kebudayaan berupa rumah tradisional dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya di Maluku terdapat rumah adat Baileo yang kental akan budaya khas dan identitas masyarakat Maluku.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang rumah adat Baileo. Mulai dari keunikannya, bagaimana struktur bangunannya, keindahan ornamen dan ukirannya, hingga hal-hal mistis yang diyakini masyarakat setempat.

Menarik bukan? Jika kamu tertarik, yuk scroll ke bawah dan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Rumah Adat Baileo

Rumah Adat Baileo
Rumah Adat Baileo
https://www.99.co/

Rumah adat Baileo merupakan rumah tradisional yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara, Indonesia. Bangunan rumah baileo sendiri masih bisa ditemukan di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Bangunan bersejarah ini dijadikan sebagai warisan budaya sekaligus menjadi identitas bagi masyarakat Maluku. Baileo memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup masyarakat Maluku, karena Baileo merupakan bangunan tradisional yang biasa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda suci, tempat upacara adat masyarakat Maluku, dan balai pertemuan warga


Keunikan Rumah Adat Baileo

Suku Huaulu
Suku Huaulu
https://www.pinhome.id/

Rumah adat Baileo sejatinya milik suku Huaulu yang merupakan penduduk Pulau Seram. Rumah adat ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi masyarakat suku tersebut.

Pada zaman dahulu, rumah Baileo dijadikan sebagai tempat untuk rumah raja atau kepala desa serta digunakan sebagai rumah ibadah suku Huaulu.

Saat pembangunan rumah adat Baileo ini, ada serangkaian ritual yang perlu dilakukan. Rumah Baileo dibangun di atas pondasi yang di dalamnya terdapat tengkorak manusia. Tengkorak ini berasal dari musuh-musuh suku Huaulu.

Akan tetapi, saat ini ritual dengan menggunakan tengkorak manusia tersebut sudah ditiadakan oleh suku Huaulu.


Arsitektur dan Konstruksi Rumah Adat Baileo

Rumah adat Baileo memiliki bentuk ornamen atau hiasan yang memiliki hubungan dengan adat istiadat dan kehidupan sehari-hari masyarakat Maluku. Bangunan Baileo dibangun dengan bahan yang kuat dan dilengkapi dengan ornamen khas Maluku. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Bangunan Rumah Adat Baileo

Bangunan Rumah Adat Baileo
Bangunan rumah adat Baileo
https://www.pinhome.id/

Bangunan rumah adat Baileo tidak memiliki dinding, karena diyakini agar roh nenek moyang dapat leluasa masuk dan keluar Baileo. Selain itu, bentuk rumah dengan disertai panggung karena mempunyai makna bahwa agar roh-roh nenek moyang memiliki tempat dan derajat yang tinggi dibandingkan masyarakat.

Struktur bangunan Baileo cukup kokoh, karena menggunakan kayu sebagai bahan dasar bangunan. Dinding dan atap bangunan menggunakan gaba-gaba atau tangkai rumbia. Pondasinya unik karena terbuat dari tiang kayu. Tiang kayu rumah Baileo berasal dari pohon kelapa dengan ukuran pendek. Tiang kayu ini dipasang di bawah tanah.

Lantai Rumah Adat Baileo

Lantai Rumah Adat Baileo
Lantai Rumah Adat Baileo
docplayer.info

Rumah adat Baileo memiliki ciri khusus dan keunikan dengan lantai yang terbuat dari papan. Papan-papan lantai disusun pada kerangka. Kemudian papan disambung dengan teknik kunci, sehingga tidak membutuhkan paku besi. Sehingga rumah adat Maluku ini kokoh dan dapat bertahan bertahun-tahun lamanya.

Ragam Ukiran dan Ornamen Rumah Adat Baileo

Ukiran Dan Ornamen Rumah Adat Baileo
Ukiran dan Ornamen Rumah Adat Baileo
https://www.pinhome.id/

Rumah adat Baileo terdapat beberapa ukiran dan ornamen yang menggambarkan dua ekor ayam yang saling berhadapan dan diapit oleh dua ekor anjing di bagian kanan kiri. Ukiran tersebut mengandung makna kedamaian dan kemakmuran. Ukiran dibuat dengan tujuan agar roh nenek moyang yang menjaga kehidupan masyarakat.

Selain ukiran dua ekor ayam dan anjing, terdapat juga ukiran bulan, bintang, dan matahari yang berada di atap dengan warna merah, kuning, dan hitam. Ukiran tersebut memiliki makna kesiapan Baileo (sebagai balai) dalam menjaga keutuhan adat.

Batu Pamali di Depan Rumah Adat Baileo

Penampakan Batu Pamali Di Depan Rumah Adat Baileo
Penampakan Batu Pamali di Depan Rumah Adat Baileo
https://qashaitukel.blogspot.com/

Rumah adat Baileo merupakan satu-satunya bangunan peninggalan di Maluku yang menggambarkan kebudayaan siwa-lima.

Rumah Baileo memiliki ciri khas dengan bagian depan pintu tepat di muka pintu rumah yang terdapat batu yang disebut dengan batu pamali. Batu pamali tersebut adalah tempat untuk menyimpan sesaji.

Penyangga Rumah Adat Baileo

Tiang Penyangga Rumah Adat Baileo
Tiang Penyangga Rumah Adat Baileo
http://arsminimalis.com/

Rumah adat Baileo merupakan rumah tradisional yang dibangun dengan dilengkapi tiang penyangga. Tiang-tiang ini berjumlah 9 tiang. Lima tiang pertama berada di sisi kanan rumah, kelima tiang ini melambangkan perkumpulan antar desa atau Siwa-Lima. Sedangkan empat tiang sisanya berada di sisi rumah lainnya.

Bagian Ruang Rumah Adat Baileo

Tampilan Dari Samping Rumah Adat Baileo
Tampilan dari samping Rumah Adat Baileo
https://www.99.co/

Rumah adat Baileo adalah rumah panggung Maluku yang jika dibandingkan rumah lainnya. Untuk masuk ke dalam rumah Baileo, biasanya diwajibkan menaiki sebuah tangga berukuran sekitar 1,5 meter.

Prosesi menaiki tangga ini akan membawa memasuki ruang utama Baileo. Ruang utama ini biasa digunakan untuk tempat berkumpul seluruh warga desa.

Di sisi bagian kanan dan kiri rumah terdapat tempat duduk yang sangat panjang. Tempat duduk tersebut terdapat di sekeliling bagian dalam bangunan dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti duduk santai, rapat, dan juga makan besar bersama-sama.

Rumah adat Baileo memiliki satu kamar tidur yang berada di salah satu sudut rumah Baileo. Uniknya kamar tidur ini tidak hanya digunakan sebagai tempat istirahat, melainkan kamar itu juga digunakan untuk memasak dan kegiatan rumah tangga.

Selain kamar, rumah Baileo memiliki satu bagian lainnya yang terbuka dan bersifat sosial untuk segala macam kegiatan sosial. Rumah Baileo memiliki satu bagian tertutup untuk segala macam kegiatan yang lebih privasi untuk keluarga pemilik rumah.

Rumah adat Baileo memiliki bentuk yang sangat besar sehingga bangunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan. Keunikan rumah ini memiliki struktur menyerupai panggung setinggi 1 sampai 2 meter.


Kegunaan Rumah Adat Baileo

Rumah Adat Baileo Untuk Pertemuan
Rumah adat Baileo untuk Pertemuan
https://www.99.co/

Bangunan rumah Baileo memiliki bangunan yang lebih tinggi dari permukaan tanah, hal ini dimaksudkan agar penduduk setempat dapat melihat bahwa proses musyawarah sedang berlangsung.

Selain digunakan untuk musyawarah, rumah Baileo juga sering digunakan sebagai pertemuan adat, upacara, hingga musyawarah.

Rumah Baileo juga biasa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan peninggalan bersejarah, pusaka, dan benda keramat.


Penutup

Demikian penjelasan tentang rumah adat Baileo beserta dengan keunikan dan ciri khususnya. Rumah tradisional khas Maluku ini merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa kita yang harus terus kita jaga dan kita lestarikan bersama.

Salah satu cara melestarikan budaya bangsa adalah dengan terus mengenal dan menyebarkan informasi tentang budaya kita. oleh karena itu, yuk terus sebarkan artikel tentang kebudayaan bangsa kita agar teman-teman lainnya juga turut belajar dan mengenal budaya bangsa kita, Indonesia.


Rumah Adat Baileo 
Sumber Refrensi:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/26/171500669/rumah-baileo-rumah-adat-maluku
https://www.99.co/blog/indonesia/keunikan-rumah-baileo-maluku/
https://id.wikipedia.org/wiki/Baileo
http://arsminimalis.com/2020/08/24/tak-neko-neko-desain-rumah-adat-baileo/
https://www.orami.co.id/magazine/rumah-adat-maluku/

Default image
SHEYLA
"Merengkuh makna, mengurai rasa, menempuh asa dengan sastra cinta."

Leave a Reply

error: Content is protected !!