Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah Adat Jawa Tengah – Apakah kalian tahu, ternyata rumah adat Jawa Tengah tidak hanya rumah joglo saja loh, menlainkan ada 4 bentuk rumah adat Jawa tengah lagi yakni rumah adat Limasan, rumah adat Kampung, rumah adat Panggang dan rumah adat Tajug.

Tetapi diantara 4 rumah tersebut, rumah joglo lah yang paling populer di kalangan masyarakat sendiri. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai rumah adat Jawa tengah, dari filosofi, detail hingga kelebihannya!


Filosofi Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah Adat Jawa Tengah
Gambar Rumah Adat Jawa Tengah
https://pelajarindo.com/

Rumah adat Jawa Tengah mempunyai bentuk yang sederhana dan juga bersahaja. Dimana rumah adat ini tidak mempunyai kamar karena suatu tradisi dan sering mengadakan berbagai macam upacara adat yang mengikutsertakan banyak orang.

Tidak adanya kamar juga merupakan bentuk dari karakter orang Jawa yang mempunyai jiwa sosial. Hal tersebut menjadikan rumah ini mempunyai ruang terbuka atau yang disebut dengan ruang pendopo, ruang tersebut juga ternyata dapat menampung banyak orang dan juga bisa memberikan kontribusi dalam aspek kenyamanan.

Pendopo sendiri mempunyai bentuk atap yang lebar dan didukung dengan keberadaan ruang transisi atau teras serta halaman yang telah ditumbuhi pepohonan sehingga dapat membuat suhu menjadi sejuk.

Banyak rumah adat Jawa tengah yang masih tetap mencerminkan identitasnya sampai saat ini. Dimana kalian bisa menemukan rumah adat yang masih asli tersebut di Jawa tengah.

Meskipun pada saat ini rumah adat sudah jarang digunakan sebagai tempat tinggal tetapi masih banyak juga yang mengimplementasikan rumah adat ke rumah modern dengan menampilkan nilai budaya adat Jawa.


Macam-Macam Rumah Adat Jawa Tengah

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa Indonesia merupakan negara kaya akan ragam budaya yang tercermin pada setiap wilayahnya dengan karakteristik yang berbeda-beda. Begitu pula pada wilayah Jawa Tengah yang mempunyai rumah adat dengan ciri khas tersendiri. Berikut ini merupakan macam-macam rumah adat Jawa Tengah!

  • Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Jawa Timur
Gambar Rumah Adat Joglo
https://architecture.verdant.id/

Rumah adat joglo merupakan rumah adat yang paling populer dibandingkan dengan jenis rumah adat Jawa tengah lainnya. Dimana nama joglo pada rumah adat ini banyak menyimpan makna, kata joglo yang diambil dari kata “tajung” dan “loro”. Kedua kata tersebut mempunyai makna yakni penggabungan dua tajung.

Rumah adat jogo mempunyai bentuk atap berbentuk seperti tabung yang menyerupai gunung. Pada awalnya rumah joglo mempunyai bentuk bujur sangkar dengan empat pokok tiang di tengah bangunannya, tiang tersebut dinamakan saka guru.

Kemudian, tiang tersebut ditopang dengan menggunakan blandar bersusun yang bernama tumpang sari. Tetapi karena seiring berkembangnya zaman, terdapat tambahan-tambahan ruangan lain di dalam rumah joglo. Namun tetap tidak mempengaruhi bentuk persegi pada dasar rumah ini.

Rumah joglo juga merupakan perpaduan dari dua bidang atap segitiga dengan dua bidang trapesium, dimana pada atap-atap tersebut mempunyai sudut dengan tingkat kemiringan yang berbeda. Atap joglo ini selalu terletak di tengah-tengah dan akan diapit oleh atap serambi.

Jenis Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Rumah adat joglo terbagi menjadi beberapa jenis yang mempunyai keunikan tersendiri. Berikut ini merupakan jenis-jenis rumah adat joglo Jawa Tengah.

 

No Rumah Adat Joglo Jawa Tengah
1 Rumah Joglo Jompongan
2 Rumah Joglo Sinom
3 Rumah Joglo Mangkurat
4 Rumah Joglo Pangrawit
5 Rumah Joglo Lawakan
6 Rumah Joglo Hageng

 

  • Rumah Joglo Jompongan
Gambar Rumah Joglo Jompongan
Gambar Rumah Joglo Jompongan
https://www.99.co/

Rumah joglo jompongan merupakan rumah yang mempunyai karakteristik pada bagian atapnya. Dimana pada atap rumah tersebut terdiri dari dua bentuk susunan yang memanjang ke bagian sisi kiri dan juga kanan.

Rumah ini juga ternyata memakai pintu geser beserta denai lantai yang pada bagian dalamnya membentuk sebuah bangun bujur sangkar.

  • Rumah Joglo Sinom
Gambar Rumah Joglo Sinom
Gambar Rumah Joglo Sinom
https://www.pengadaan.web.id

Rumah joglo sinom mempunyai bentuk yang unik dari bangunannya, dimana bangunan dari sinom merupakan bentuk pengembangan dari joglo lainnya yakni dengan bentuk teras keliling. Bukan hanya itu, rumah ini juga ternyata mempunyai 36 tiang, dimana empat diantaranya merupakan ruang besar utama.

  • Rumah Joglo Mangkurat
Gambar Rumah Joglo Mangkurat
Gambar Rumah Joglo Mangkurat
https://lh3.googleusercontent.com/

Rumah joglo mangkurat merupakan rumah adat yang mempunyai keunikan juga pada bagian atap nya. Dimana atap dari bangunan rumah ini tersusun dari tiga tingkatan yang mempunyai kemiringan dengan sudut yang berbeda-beda. Bukan hanya itu, dimana pada bagian tengah atap juga dibuat jauh lebih tinggi.

  • Rumah Joglo Pangrawit
Gambar Rumah Joglo Pangrawit
Gambar Rumah Joglo Pangrawit
nusantara-cultures.blogspot.com

Rumah adat joglo pangrawit merupakan rumah adat yang mempunyai keunikan dari bagian lambang gantungnya. Bukan hanya itu, rumah ini juga mempunyai keunikan pada bagian atap yang berbentuk kubah dimana pada setiap bagian sudut rumah maka anda akan melihat sejumlah saja yang dijadikan sebagai penopang rumah.

  • Rumah Joglo Lawakan
Gambar Rumah Joglo Lawakanpot.com
Gambar Rumah Joglo Lawakan
http://rumahminimmalis.blogspot.com/

Rumah adat joglo lawakan merupakan salah satu contoh rumah yang paling sederhana di Jawa Tengah. Dimana rumah ini dapat memberi kesan yang sederhana meskipun hanya dilihat pada sisi atap nya saja.

Atap pada bagian bawah mempunyai bentuk yang lebar dan cenderung landai sedangkan pada bentuk atas mempunyai bentuk yang runcing dan sangat tajam. Rumah ini juga mempunyai batasan antara atap satu dengan lainnya yang tidak begitu tegas, sehingga akan terlihat seperti tidak ada batasan, hanya berbeda sudut saja.

  • Rumah Joglo Hageng
Gambar Rumah Joglo Hageng
Gambar Rumah Joglo Hageng
https://www.pengadaan.web.id/

Rumah adat joglo hageng merupakan rumah adat yang mempunyai atap cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan rumah adat joglo lainnya. Dimana rumah ini juga ternyata mempunyai tratak yang terlihat seperti istana dengan bangunan yang megah dan juga eksotis.

Ciri khas dari rumah ini yakni rumah joglo hageng hanya mempunyai atap bersusun 3 dimana masing-masing atap tersebut juga mempunyai isi plank pada setiap ujungnya.

Detail Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Rumah adat Jawa tengah khususnya rumah adat joglo mempunyai beberapa detail yang ada. Dimana detail-detail dari rumah adat Joglo Jawa tengah diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pendopo

Pendopo merupakan bagian khas dari rumah Joglo. Pendopo adalah bagian sangat penting keberadaannya dalam rumah joglo, karena bagian digunakan untuk memberikan jamuan bagi para tamu yang datang ke rumah, bahkan bisa dibilang bahwa rumah pendopo adalah ruang tamu oleh pemilik rumah.

  • Pringgitan

Pringgitan merupakan bagian dari rumah adat yang dijadikan sebagai tempat menjamu tamu oleh para pemilik rumah. Bagian dari rumah ini mempunyai bentuk yang sangat unik, yakni atap yang mempunyai bentuk limasan menarik.

Baca Juga: Rumah Adat Joglo
  • Omah

Omah merupakan bagian yang dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul keluarga, biasanya disebut sebagai omah njero atau omah ndalem. Omah sendiri mempunyai bentuk seperti limasan dengan bagian lantai yang dibuat cukup tinggi dari pada bagian yang lainnya.

  • Senthong

Ruangan senthong merupakan ruangan yang sering disebut sebagai kamar. Dimana terdapat beberapa jenis senthong yang ada dalam rumah joglo. Misalnya adalah kamar mandi, dapur, kamar tidur, hingga sebagai tempat untuk penyimpanan hasil dari pertanian.

Bukan hanya itu, senthong juga dibagi menjadi beberapa ruangan yakni ada senthong kamar kanan, tengah dan juga kiwa.

  • Padepokan

Padepokan merupakan bagian dari rumah adat yang terbilang sangat sakral dan juga suci. Padepokan merupakan ruang sebagai tempat untuk meditasi atau ibadah, biasanya pemilik rumah akan melakukan ritual peribadatan di ruangan ini. Bukan hanya itu, ruangan ini juga biasanya dipakai untuk tempat berlindung diri.

  • Saka

Saka merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari rumah joglo. Saka merupakan tiang penyangga yang biasanya digunakan untuk menyangga bangunan rumah. Saka sendiri dibangun dengan mewakili empat arah mata angin seperti timur, selatan, utara dan juga barat.

Kelebihan Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Rumah adat Jawa tengah juga mempunyai kelebihan yang bisa dibilang berbeda dengan rumah adat lainnya. Dimana kelebihan dari rumah adat ini bisa dilihat pada arsitektur bangunan, teras dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa kelebihan dari rumah adat Jawa tengah!

  • Arsitektur bangunan yang unik

Rumah adat wilayah ini mempunyai arsitektur yang sangat unik dan juga dengan bentuk bangunan yang terlihat begitu menawan. Rumah adat pada wilayah ini juga juga menetapkan filosofi Jawa pada setiap bagian-bagiannya, sehingga sangat wajar apabila rumah adat yang berada di Jawa tengah terasa lebih khas.

  • Mempunyai empat tiang bangunan

Rumah adat joglo ternyata juga mempunyai tiang penyangga yang disebut sebagai saka, dimana pada umumnya saka berjumlah empat buah. Bagian ini biasanya digunakan untuk menopang keseluruhan dari bangunan hunian.

  • Teras selalu luas

Kelebihan lain dari rumah adat ini adalah selalu mempunyai teras yang luas. Dimana teras tersebut nantinya akan dipakai untuk melakukan interaksi sosial dengan masyarakat sekitar

  • Menggambarkan status sosial.

Rumah adat joglo ternyata juga dapat menggambarkan status sosial dari sang pemilik rumah. Hal tersebut dikarenakan rumah ini dibangun dengan menggunakan kayu jati dan juga ada beberapa bahan material mahal lainnya, sehingga sangat wajar apabila kelas sosial dapat diukur melalui rumah adat ini.

  • Rumah Adat Limasan

Gambar Rumah Adat Limasan
Gambar Rumah Adat Limasan
https://cdn-cms.pgimgs.com/

Rumah adat Jawa tengah Limasan merupakan rumah adat yang pengambilan nama diadopsi dari bentuk atap bangunan yang berbentuk limas. Bangunan dari rumah adat ini mempunyai bentuk persegi panjang yang lebih mengarah ke bentuk Limas.

Rumah adat Limas mempunyai empat buah atap dengan dua atap kejen dan dua atap lainnya yakni atap bronjong. Atap kejen merupakan atap yang berbentuk segitiga sama kaki, sedangkan untuk atap Bronjong sendiri mempunyai bentuk jajar genjang sama kaki.

Desain dari rumah adat ini mempunyai beragam jenis yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Dimana pada masing-masing ragam mempunyai kelebihan yang berbeda. Salah satu contoh kelebihan yang sangat mencolok dari rumah adat ini adalah pada bagian atap rumah yang mampu menahan guncangan dari gempa bumi.

  • Rumah Adat Kampung

Gambar Rumah Adat Kampung
Gambar Rumah Adat Kampung
https://asset-a.grid.id/

Rumah adat kampung merupakan rumah adat yang mempunyai ciri khas pada bagian dua teras rumah yang berada pada bagian depan dan juga pada bagian belakang rumah.

Bangunan pokok dari rumah adat kampung ini adalah tiang penyangga yang mempunyai jumlah dan dibuat memanjang sesuai dengan permintaan dari para penghuni rumah.

Bangunan rumah adat kampung berbentuk persegi panjang yang disangga dengan menggunakan beberapa tiang penyangga. Tiang penyangga sendiri terbuat dari usuk, balok dan juga kayu reng yang kuat.

Rumah adat kampung pada dasarnya mempunyai bentuk yang mirip dengan rumah adat joglo, tetapi perbedaannya adalah rumah adat kampung biasanya digunakan untuk tempat tinggal dari strata rakyat biasa atau rakyat kalangan sosial menengah ke bawah, seperti petani, pedagang dan juga peternak.

Jenis dari rumah adat ini masih bisa kalian temukan meskipun sudah banyak modifikasi karena perkembangan zaman.

Baca Juga: Rumah Adat
  • Rumah Adat Panggang Pe

Gambar Rumah Adat Panggang Pecom
Gambar Rumah Adat Panggang Pe
https://toriqa.com

Rumah adat panggang pe merupakan rumah adat Jawa tengah yang mempunyai empat atau enam tiang dimana separuh dari tiang tersebut berada di depan rumah dan sengaja dibuat dengan ukuran yang lebih pendek dari riang yang ada pada bagian belakang.

Rumah pe merupakan salah satu rumah yang dihuni oleh mayoritas penduduk Jawa Tengah pada zaman dahulu. Dimana selain rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal, ternyata rumah pe juga digunakan sebagai tempat untuk berjualan seperti warung atau kios

Rumah adat ini sebagian besar terbuat dari bahan material kayu dan juga genting dengan keaslian bangunan yang belum tercat. Warna coklat merupakan warna yang menjadi waran dominan dari rumah ada ini.

Rumah ini juga mempunyai cagak atau sebuah pondasi yang digunakan agar rumah tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan juga tembok dari rumah adat ini terbuat dari bahan material kayu yang terbentang dengan adanya ukiran yang rapi.

Rumah adat ini masih bisa kita temukan di daerah Yogyakarta. Bahkan rumah-rumah warga yang berada di wilayah tersebut masih bernuansa zaman dahulu.

  • Rumah Adat Tajug

Gambar Rumah Adat Tajug
Gambar Rumah Adat Tajug
https://aminama.com

Rumah adat tajug merupakan rumah adat Jawa Tengah yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk tempat beribadah. Oleh sebab itulah orang biasa tidak diperbolehkan untuk membangun rumah jenis ini.

Rumah adat tajug mempunyai ciri khas pada bentuk yang runcing pada bagian ujung atapnya. Jenis rumah adat ini mempunyai beberapa jenis yakni ada semar sinongsong, lambang sari, semar tinandhu, dan juga mangkurat.

Contoh dari rumah adat tajug bisa anda lihat pada bangunan rumah masjid agung Demak yang merupakan peninggalan dari Walisongo pada saat masa kerajaan Demak terdahulu.


Tips Membuat Gaya Rumah Adat Jawa Tengah pada Rumah Modern

Gambar Rumah Adat Modern Jawa Tengah
Gambar Rumah Adat Modern Jawa Tengah
https://rumah.gardencenter.co.id

Rumah adat juga ternyata bisa ditambah dengan beberapa elemen-elemen yang menarik dan tentunya akan terbebas dari kesan kuno. Jika kalian berminat untuk membangun sebuah rumah modern tapi masih ingin menambahkan beberapa gaya dari adat rumah Jawa Tengah berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa diimplementasikan kedalam rumah kalian. Simak tipsnya berikut ini!

  • Penggunaan Atap Tradisional

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa rumah adat Jawa Tengah yang sangat khas adalah rumah joglo. Atap dari rumah adat joglo ini terbuat dari tanah liat, bukan hanya itu ternyata masyarakat setempat juga menggunakan ijuk, jerami, atau alang-alang yang digunakan sebagai pembuat atap.

Bahan-bahan alam yang digunakan pada atap membuat para penghuni menjadi lebih sejuk dan juga nyaman pada saat menempatinya. Sirkulasi dari rumah adat juga terbilang sangat baik.

Hal tersebut dikarenakan atap yang dibuat dengan bertingkat-tingkat dan juga menyimpan makna tersendiri. Ketinggian dari atap rumah joglo adalah bertahap, dimana ketinggalan tersebut mempunyai makna bahwa hubungan dengan pergerakan manusia dengan udara dapat dirasakan dengan sendirinya.

  • Gebyok Sebagai Partisi

Gebyok merupakan bagian yang digunakan sebagai dinding atau penyekat antara ruang tamu dan juga ruang belakang yang biasanya digunakan sebagai ruang privasi. Pemanfaatan tersebut dimulai dari pintu gerbang, elemen interior dari sebuah bangunan dan juga hiasan yang ada. Dimana hal yang menjadikan gebyok menjadi istimewa adalah karena tempat ini tetap abadi di sepanjang masa.

  • Elemen Batu Bata Merah

Rumah yang digunakan dengan menggunakan batu bata merah dengan sifat yang kokoh mencontek merupakan gaya dari rumah limasan.

Dimana meskipun akan terlihat sangat sederhana tetapi rumah akan terlihat lebih indah dan juga unik. Penggunaan dari bagi bata merah juga dapat memberikan kesan yang estetika dengan filosofi-filosofi yang mengandung kepercayaan tradisional lainnya.

  • Alami dengan Kayu Ekspos

Bahan utama dari pembuatan rumah adat adalah dengan menggunakan bahan material kayu. Dimana berbagai jenis kayu bisa digunakan untuk membuat rumah modern dengan perpaduan rumah adat joglo Jawa tengah.

Tanaman-tanaman yang digunakan pada zaman dahulu adalah jati, sengon dan juga batang dari pohon kelapa. Pada saat itu kayu jati menjadi primadona yang digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan rumah adat ini. Dengan ketahanan, keawetan dan juga kekuatan yang membuat kayu jati tersebut dijadikan sebagai pilihan.


Orang juga bertanya

Rumah adat Jawa Tengah ada berapa?

Rumah adat dari Jawa Tengah adalah apa jawabannya?

Rumah adat Suku Jawa Apa Saja?

Bagaimana bentuk rumah adat jawa timur?


Penutup

Demikianlah pembahasan mengerti rumah adat Jawa tengah, dimana ternyata Jawa Tengah masih mempunyai 5 rumah adat yang bisa dijumpai hingga saat ini.

Semoga artikel ini dapat dipahami dengan baik oleh para pembaca dan tentunya semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan.


Rumah Adat Jawa Tengah
Sumber Refrensi:

https://www.pengadaan.web.id/2021/06/rumah-adat-jawa-tengah.html
https://www.rumah.com/panduan-properti/rumah-adat-jawa-tengah-44320
https://www.pinhome.id/blog/gambar-rumah-adat-jawa-tengah-lengkap-dengan-namanya/

Default image
FITRI
"Menulis menjadi sebuah solusi dalam menuangkan beban yang tak pernah tersampaikan lewat sebuah ucapan"

Leave a Reply

error: Content is protected !!