Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo – Jawa Tengah merupakan provinsi Indonesia yang kaya akan karakteristik budaya dan adat tradisional yang sangat unik. Salah satunya adalah rumah adat Joglo, yang merupakan rumah khas Jawa Tengah itu sendiri. Pasti tidak asing lagi di telinga anda ketika mendengar nama rumah adat tersebut, karena Joglo sudah terkenal di kalangan masyarakat luas.

Meskipun sudah terkenal namanya dimana-mana, kebanyakan orang belum tahu akan informasi tentang rumah adat Joglo. Padahal jika kita mempelajarinya, menjadi salah satu ilmu yang bermanfaat untuk diri kita dalam melestarikan budaya adat tradisional.

Dengan begitu, anda bisa memperoleh ilmu tambahan untuk pengetahuan sejarah anda. Nah, dalam pembahasan kali ini anda akan di ajak menyimak lebih dalam lagi tentang informasi rumah adat Jolgo.

Melalui ulasan ini akan membantu anda mengetahui berbagai info tentang rumah adat jawa tengah yang populer ini. adapun informasi tentang rumah adat Jolgo diantaranya adalah :


Sejarah Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo

Nama rumah adat Joglo ini terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yaitu kata “Tajug” dan “Loro” yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug. Sedangkan untuk Tajug sendiri merupakan bentuk atap seperti piramid.

Masyarakat jawa saat itu memilih Tajug sebagai model atap rumah ini, karena bentuknya yang hampir sama dengan gunung. Jaman dulu, gunung dianggap sebagai tempat yang sakral oleh masyarakat yang hidup kala itu.

Gunung di percaya sebagai tempat tinggal para dewa yang mereka yakini. Jadi tak heran jika dulu banyak menemukan berbagai jamuan di sekitar gunung. Rumah adat ini juga memiliki bangunan yang unik dan memiliki filosofi masing-masing. Contoh saja atap Joglo yang disusun dengan empat tiang yang dikenal dengan soko guru.

Empat tiang pada atap rumah ini juga memiliki filosofi yaitu gambaran kekuatan dari empat penjuru mata angin. Dimana memberi keyakinan bahwa berlindung di rumah dengan atap soko guru mampu menghindari terjadinya bencana. Tak hanya itu jenis atap ini, juga sebagai tanda bukti terimakasih dan pujian kepada sang guru.


Keunikan Bangunan Pada Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo

Setiap rumah adat pasti memiliki berbagai keunikan tersendiri yang menjadi alat pembeda dengan jenis rumah tradisional lainnya. Rumah adat Joglo juga memiliki beberapa keunikan akan bangunannya. Ditambah lagi dengan bangunan yang dirancang selalu memiliki makna filosofi yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah keunikan yang dimiliki rumah adat Joglo, yaitu :

1. Arsitektur Bangunan Yang Unik

Meskipun di rancang oleh perancang dahulu, dimana belum banyak mengenal teknologi yang canggih, tidak membuat arsitektur pada bangunan ini tak menarik. Segala sesuatu yang dibuat selalu mengedepankan tentang filosofi jawa yang harus di penuhi.

Rumah adat Joglo ini dibuat dengan susunan kayu yang sangat proporsional, sehingga tak heran jika setiap bangunannya terbentuk dengan bagian yang selalu sebanding antara yang satu dengan yang lain. Arsitektur rumah Joglo terbilang unik karena menggambarkan segala Sesuatu tentang kehidupan dan aktivitas masyarakat jawa.

2. Terdapat Pager Mangkok

Mendengar dari namanya saja pasti membuat anda bertanya-tanya, dalam Bahasa Indonesia pager sama halnya dengan pagar. Rumah Joglo ini memiliki pagar khas yang dikenal sebagai pager mangkok. Kebanyakan pager pasti terbuat dari bilahan bambu atau kayu yang disusun mengelilingi rumah.

Lain dengan pagar yang ada di rumah Joglo ini, pagar ini di buat dari tanaman perdu dengan ketinggian tidak mencapai 1 meter. Hal ini lah yang dinamakan sebagai Pager Mangkok yang memiliki makna rumah sebaiknya tidak di pagar, agar masyarakat saling membaur.

3. Pintu Utama Di Tengah Rumah

Desain ini lah yang menjadi salah satu ciri khas dari rumah adat Joglo. Tata letak pintu utama selalu di buat di bagian tengah rumah. Posisi pintu ini selalu sejajar dengan ruangan bagian belakang. Jadi jika anda tamu yang berkunjung, akan langsung melihat ruangan belakang dari rumah ini.

Sama dengan bagian bangunan yang lain, pintu utama yang di pasang di tengah rumah ini juga memiliki filosofi. Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat jawa memiliki sikap keterbukaan antara satu dengan lainnya. Masyarakat jawa dengan senang hati menerima tamu, bahkan menyuruh tamunya menganggap seperti rumah sendiri.

4. Teras Dengan Empat Tiang

Pada bangunan depan rumah adat Joglo pasti ada teras yang luas. Teras pada halaman ini memiliki empat tiang dengan bentuk segiempat yang memanjang. Orang jawa memiliki rasa kekeluargaan tinggi oleh sebab itu mereka membangun teras ini sebagai tempat berkumpul dengan orang lain.

Pada zaman dahulu belum ada hiburan berupa televisi, atau handphone. Sehingga berkumpul dengan keluarga atau tetangga menjadi hiburan tersendiri yang sangat mengasyikkan. Bangunan teras ini memiliki makna bahwa sesama saudara atau tetangga harus selalu membangun hubungan yang baik dan bersosial.

5. Memiliki Jendela Yang Banyak Dan Besar

Rumah adat Joglo terkenal memiliki jumlah jendela yang banyak dengan ukuran yang besar. Desain pada jendela rumah ini merupakan warisan belanda yang di kembangkan oleh perancang jawa.

Rumah Joglo memiliki jendela yang jumlahnya hingga puluhan jika di hitung total dari bagian depan, belakang, kanan dan kiri rumah. Ditambah dengan ukuran jendela yang besar, sehingga udara yang masuk lebih banyak. Oleh sebab itu, suasana di dalam ruangan rumah Joglo ini sangat segar.

Dengan berbagai bagian bangunan yang unik  membuat rumah adat Joglo ini sebagai budaya yang harus di lestarikan. Ditambah lagi jenis rumah ini merupakan rumah khas dari Jawa tengah yang sangat terkenal. Itulah ulasan tentang rumah adat Joglo semoga bisa menambah anda dalam pengetahuan sejarah anda.

Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Minangkabau

Ayu Utami
3 min read

Rumah Adat Bengkulu

Ayu Utami
3 min read

Tinggalkan Balasan