Seni Musik

Seni Musik

Seni Musik – Siapa yang tidak mengenal musik. Pastinya kebanyakan dari Anda setiap hari mendengarkan lantunan musik. Dilihat dari fungsinya seni musik dapat digunakan sebagai alat untuk mengusir kejenuhan, mengekspresikan diri, hingga sebagai obat untuk menenangkan diri.

Apa itu seni musik? Menurut Aristoteles seni musik merupakan sebuah tuangan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada), yang memiliki irama. Atau lebih sederhananya seni musik adalah susunan suara yang mengandung irama, melodi, keteraturan, dan harmonisasi.

Seperti yang kita ketahui, seni musik memiliki banyak sekali model-model musik. Terutama untuk musik yang sedang berkembang di masa ini. berbagai macam alat musik diciptakan hanya untuk memuaskan rasa bermusik dan memanjakan pecinta musik.


Jenis-Jenis Seni Musik

Seni Musik

Seni musik memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut antara lain musik tradisional, musik modern dan musik kontemporer. Berikut ini penjelasannya untuk Anda :

1. Musik Tradisional

Jenis seni musik yang pertama adalah musik tradisional. Musik ini biasanya merupakan warisan dari nenek moyang yang diturun-temurunkan ke generasinya. Musik tradisional masih menggunakan lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi, dan alat musik yang digunakan juga tradisional contohnya seperti gamelan, angklung, dan karawitan.

2. Musik Modern

Seperti yang kita tahu, musik modern saat ini sangat berkembang pesat secara universal. Seni musik modern adalah seni musik yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik instrumen musik ataupun cara penyajian musik.

3. Musik Kontemporer

Di Indonesia jenis musik kontemporer adalah musik yang berkembang pada masa tahun 1990-an. Musik ini memiliki ciri-ciri variasi nada yang kompleks; memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi; sumber bunyi bervariasi tidak hanya dari musik instrumental.

Baca Juga: Seni Lukis


Unsur-Unsur Seni Musik

Seni Musik

Kesenian musik tak akan tercipta dengan baik jika tidak ada unsur-unsur yang membentuknya. Lalu apa saja unsur-unsur dari seni yang satu ini? Berikut ini ulasannya :

1. Irama

Irama atau yang lebih Anda kenal dengan ritme merupakan panjang pendek dan tinggi rendah nada. Unsur irama merupakan unsur yang sangat penting dalam seni musik karena irama menentukan ketukan dalam bermusik.

2. Melodi

Seperti yang kita tahu, melodi adalah suatu bentuk bentuk susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi. Melodi merupakan salah satu daya tarik dalam seni bermusik.

3. Harmoni

Unsur seni musik selanjutnya ialah harmoni. Harmoni merupakan kumpulan perpaduan antara nada dan melodi yang memiliki keteraturan sehingga elok untuk di dengarkan. Harmoni juga kerap dikenal sebagai akord untuk mengiringi musik.

4. Birama

Berbeda dengan irama, birama adalah unsur ketukan dalam musik dengan waktu dan tempo yang teratur. Ketukan birama biasa ditulis dengan 2/4, 2/3, ¾ dan masih banyak lagi. Anda pastinya juga kerap menjumpai tanda pembilang “/” yang artinya mengisyaratkan jumlah ketukan.

5. Tangga Nada

Unsur seni musik yang satu ini biasa digunakan untuk mengatur para pemain musik dalam orkestra. Tangga nada merupakan unsur musik yang terdiri atas nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar sampai nada tinggi yang merupakan unsur penting pada pertunjukan musik.

6. Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan birama dalam lagu. Contohnya semakin cepat lagu dimainkan tempo dalam birama juga semakin cepat dibawakan. Tempo masih dibagi lagi menjadi beberapa unsur musik seperti Largo, Lento, Adagio, Andate, Moderato, Allegro, Vivace, dan Presto.

7. Dinamika

Seperti yang kita ketahui, dinamika merupakan suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume sehingga mengeluarkan suara yang nyaring dan merdu untuk di dengarkan. Unsur musik dinamika menjadi unsur musik yang paling utama untuk mengungkapkan ekspresi musik yang emosional seperti sedih, senang, dan sebagainya.

8. Timbre

Timbre atau yang biasa kita kenal dengan warna bunyi merupakan kualitas dari bunyi musik. Misalnya alat musik gitar memiliki timbre yang berbeda dengan alat musik drum walaupun alat musik tersebut dimainkan dengan tangga nada yang sama. Hal tersebut dapat terjadi karena setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi bunyi yang keluar dari alat musik.

Baca Juga: Seni Rupa


Macam-Macam Genre Musik

Seni Musik

Nah setelah tahu tentang jenis-jenis serta unsur-unsur dari seni musik, ada baiknya Anda juga mengetahui genre musik yang ada dan berkembang sampai saat ini. Apa sajakah genre musik tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Klasik

Untuk Anda yang sering mendengarkan musik-musik pengantar tidur, Anda pasti mengenal sekali jenis musik yang satu ini. Musik klasik memiliki nada dan harmonisasi yang begitu menarik dibandingkan dengan genre musik yang lain. Pembawaannya yang kalem, membuat pendengar merasa rileks dengan jenis musik ini.

2. Blues

Anda pasti pernah mendengar musik blues. Musik yang satu ini merupakan musik yang berkembang di Amerika. Genre ini tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis dan frustasi. Jenis musik ini kerap digunakan sebagai musik pujian dan spiritual.

3. Jazz

Musik jazz memiliki banyak penggemar di Indonesia. Musik yang lahir di Amerika sejak abad ke 60 ini didominasi dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang begitu mendalam. Melalui genre musik jazz banyak musisi yang terkenal dan mendunia.

4. Funk

Macam musik yang satu ini merupakan penggabungan antara musik jazz, rythm, dan blues. Mulai berkembang sejak tahun 1996-an di Amerika. Musik ini memiliki nada gitar yang mendominasi diselingi dengan drum dan musik yang terpotong-potong sehingga membuat alunan yang gembira untuk berdansa.

5. Reggae

Musik reggae memiliki ciri khas ritme yang backbeat dan progresi kord yang terbilang mudah. Di Amerika, musik yang kerap dinikmati dengan jogetan ini sukses menarik minat pendengar melalui jenis musik yang menggambarkan kebebasan, jiwa muda, dan ekspresi pemberontakan.

6. Hip Hop

Musik hip hop memiliki perpaduan nada dan ritme yang unik sehingga cocok untuk dipadukan dengan musik rapp. Mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat pada tahun 1970-an di Amerika. Banyak musisi terkenal yang terlahir dari aliran musik ini.

7. Pop

Musik pop ternyata berasal dari kata “populer” merupakan genre musik yang paling mudah didengar dan memiliki banyak peminat. Pada awalnya sekitar tahun 1920 musik pop hanya digunakan sebagai musik pengiring tarian. Hingga tahun 1980 musik pop telah mendunia dan memiliki banyak penggemar.

8. Rock

Genre musik rock merupakan perpaduan dari rythm, jazz, blues, dan country. Dengan alat musik drum, bass, gitar yang mendominasi musik ini sudah memiliki submusik rock yang lainnya. Seperti soft rock, hardrock, hingga funk rock.

9. Dangdut

Musik dangdut merupakan macam-macam genre musik yang berasal dari Indonesia. Genre musik ini merupakan perpaduan antara musik India dan Melayu dengan sentuhan campursari. Seiring dengan perkembangan jaman musik dangdut saat ini telah mendunia dan bukan lagi menjadi musik yang hanya dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah.

Saat ini musik dangdut telah berkembang dengan diiringi oleh alat musik modern seperti gitar, bass, hingga drum namun tidak meninggalkan alat musik ciri khasnya yaitu kendang dan seruling.


Demikianlah informasi mengenai seni musik serta keragamannya yang tidak lekang oleh waktu. Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi, seni musik terus berkembang menjadi salah satu seni yang tidak kehilangan penikmatnya. Bahkan banyak orang yang menyatakan bahwa musik merupakan bagian dari hidupnya.

Musik juga dapat digunakan sebagai identitas dan jati diri. Misalnya saja seperti lagu kebangsaan. Seluruh negara di dunia memiliki lagu kebangsaan yang dibangga-banggakan sebagai identitas suatu bangsa. Hebat sekali ya seni yang satu ini?

Seni Musik

Seni Rupa

Ayu Utami
7 min read

Aliran Seni Lukis

Ayu Utami
3 min read

Seni Rupa 2 Dimensi

Ayu Utami
3 min read

Tinggalkan Balasan