Ucapan untuk Orang Sakit

Ucapan untuk Orang Sakit

Ucapan untuk Orang Sakit – Sebagai manusia yang normal tentu menginginkan kesehatan setiap saat. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang ingin tertimpa penyakit.

Tapi, bila sudah ada sanak saudara yang terkena penyakit hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memberinya semangat. Salah satu hal yang paling mudah adalah dengan memberikan ucapan untuk orang sakit tersebut.

Memberikan ucapan untuk orang sakit merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan namun, dampaknya sangat terasa. Karena sebuah ucapan selain mengandung sebuah semangat, tapi juga mengandung harapan dan doa dari yang menyampaikan.

Lantas apakah ucapan ini hanya dengan satu bahasa? Tentu tidak. Banyak ucapan untuk orang yang sedang sakit dalam berbagai bahasa.


Ucapan untuk Orang yang Sedang Sakit

Ucapan untuk Orang yang Sedang Sakit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa tidak ada manusia yang bisa menghindar dari musibah penyakit. Tidak peduli dari ras apapun, atau berasal dari negara dan daerah manapun penyakit dapat menyerang siapapun. Melihat hal tersebut tentu ucapan untuk orang sakit dapat berbeda-beda dari satu ke yang lainnya. Perbedaan ini biasanya dalam bentuk bahasa, diantaranya.

1. Ucapan untuk Orang Sakit Bahasa Indonesia

Bahasa pertama yang akan dibahas adalah bahasa sehari-hari yang kita gunakan yakni Bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa ini untuk memberikan ucapan kepada orang yang sedang sakit dianggap paling nyaman untuk sebagian orang. Salah satu contoh ucapan yang sering digunakan adalah “Cepat Sembuh” yang sederhana namun memiliki doa yang tulus di dalamnya.

Contoh kali ini lebih panjang “Semoga cepat diangkat penyakitnya agar lekas sembuh, dan dapat beraktifitas kembali seperti biasa.” Lalu kalimat lain yang berbunyi “Semoga cepat sembuh, dan jangan menyerah karena setiap penyakit pasti ada obatnya.” Beberapa contoh kalimat di atas dapat diucapkan langsung maupun melalui perantara kepada orang yang sedang sakit.

2. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Inggris

Bahasa selanjutnya adalah bahasa yang paling sering digunakan sehari-hari terutama di jaman milenial yaitu, Bahasa Inggris. Beberapa anak milenial lebih sering menggunakan bahasa inggris untuk ucapan kepada orang yang sedang sakit. Kata-kata yang paling familiar tentu “Get well soon” yang berarti cepat sembuh. Lalu ada, “Get better soon” yang berarti sama.

Contoh lain namun dalam bentuk kalimat diantaranya “I heard you were feeling unwell. Hoping you a speedy recover, and get well soon.” Selanjutnya ada “With good wishes and prayers that you will get well soon.” “All the best and get well soon my friend”. Kata-kata yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris diantarany, well soon, get better, all the best, dll.

3. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Arab

Bahasa selanjutnya yang digunakan untuk memberikan ucapan kepada orang yang sedang sakit adalah Bahasa Arab. Mungkin yang paling sering di dengar sebagai ucapan untuk orang sakit adalah “syafakallah” dan “syafakillah”. Kedua kata tersebut memiliki arti semoga allah dapat memberi kesembuhan kepadamu. Perbedaan yang ada hanya pada peruntukannya saja. Jika ki untuk perempuan, dan ka untuk lelaki.

Selain kedua kata itu ternyata ada kata lain yang dapat digunakan, meski belum sepopuler dua kata sebelumnya. Kata-kata tersebut diantaranya “syafahullah” dan “syafahallah”. Kedua kata tersebut digunakan untuk orang ketiga, yakni dia. Sehingga artinya semoga allah memberi dia kesembuhan. Penggunaan hu untuk lelaki, sementara ha untuk perempuan.

4. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Korea

Siapa disini yang merupakan penggemar berat industri dari negeri ginseng tersebut? Rasanya banyak sekali. Jadi tidak usah heran jika banyak yang memberi ucapan kepada orang yang sakit menggunakan Bahasa Korea. Kata-kata yang dapat diucapkan salah satunya “Ppali naseyo”. Kata tersebut berarti semoga lekas sembuh, dan bersifat informal sehingga ditunjukkan kepada teman seumuran.

Lalu ada kata-kata lain seperti “Ppali hwebok haseyo” dan “Ppali na eu seyo”. Kedua kata tersebut sama-sama memiliki arti yakni lekas sembuh. Tapi kedua kata tersebut bersifat formal sehingga lebih baik diucapkan kepada yang lebih tua, atau orang yang dihormati. Semua kalimat dalam Bahasa Korea tersebut memiliki arti yang sama, jadi tinggal memilih mana yang paling tepat untuk digunakan.

5. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Jepang

Selain negara ginseng, Indonesia juga memiliki mayoritas penggemar terhadap industri hiburan negara industri yaitu, Jepang. Bila ada kerabat yang sedang sakit dan ternyata seorang penggemar negara Jepang, maka tidak ada salahnya untuk memberi ucapan menggunakan Bahasa Jepang. Selain sebagai doa, ucapan tersebut dapat menambah semangat bagi yang menerima.

Kalimat pertama yang bisa digunakan adalah “o-daiji ni” yang berarti semoga lekas sembuh. Selain itu ada kalimat lain yang berbunyi “hayaku yoku naru to ii desu ne”. Kalimat tersebut berarti mudah-mudahan kamu lekas sembuh, dan dalam bentuk formal. Selanjutnya ada “hayaku yoku natte ne” yang berarti sama, namun dalam bentuk informal.

6. Ucapan untuk Orang Sakit Bahasa China

Tidak bisa dipungkiri jika China sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat keturunan China yang tinggal dan menetap di Indonesia. Bila memiliki kerabat yang merupakan keturunan negara China, tidak ada salahnya untuk mengirimkan ucapan dalam bahasa Mandarin saat orang tersebut sedang sakit.

Beberapa ucapan yang diberikan diantaranya “Zao ri kang fu” yang berarti semoga cepat sembuh. “Kuai dian hao qi lai” yang berarti cepat sembuh dalam penggunaan informal. Lalu “Duo xiuxi” kata ini bisa digunakan sebagai bentuk perhatian yang berarti banyak istirahat. Terakhir “Zhu …… Zao ri kang fu.” Untuk titik tersebut dapat diisi nama atau seseorang yang diberi harapan.

7. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Jawa

Selain bahasa internasional yang dibahas di atas, ada juga bahasa daerah yang digunakan sebagai ucapan. Salah satu bahasa daerah Indonesia yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan Jawa sebagai suku terbesar serta tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bahasa Jawa di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu jawa biasa, serta jawa alus. Penggunaan kata “Cepet waras” sebagai lekas sembuh untuk Jawa Ngoko. Sedangkan “Enggal waluya” untuk Jawa Krama atau jawa halus. Semua kata-kata tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan, serta bisa dipilih untuk penempatan yang paling tepat.

8. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Sunda

Bahasa daerah selanjutnya yang dapat digunakan untuk memberikan ucapan kepada orang yang sedang sakit adalah Bahasa Sunda. Sebagai suku yang juga tersebar di seluruh Indonesia, banyak orang sunda yang tinggal di sekeliling masyarakat, dan bisa jadi merupakan kerabat. Bila seperti itu tidak ada salahnya mengucapkan semoga lekas sembuh menggunakan bahasa daerahnya.

Kata yang bisa diucapkan pertama “Mugia enggal damang” yang berarti semoga lekas sembuh. Selanjutnya ada bahasa sunda halus yaitu “sing enggal damang” yang berarti sama yaitu semoga lekas sembuh. Bila dilihat di atas perbedaannya ada pada mugia dan sing. Selain itu bisa juga ucapkan “Mugi-mugi cepat sehat.” yang berarti moga-moga cepat sehat.

9. Ucapan untuk Orang yang Sakit Bahasa Padang

Selanjutnya adalah bahasa padang atau mungkin lebih dikenal dengan bahasa Minang. Bahasa ini bisa digunakan untuk mengucapkan kepada tetangga atau kerabat yang memang berasal dari Padang. Kalimat yang dapat digunakan pertama adalah “Semoga lekas sembuh” memang sama dengan Bahasa Indonesia, karena memang bahasa ini sering digunakan oleh orang padang.

Kalimat selanjutnya yang memang berbahasa minang adalah “Semoga Cepat Cegak”yang berarti semoga cepat sembuh. Lalu ada “Capek Cegak” yang berarti cepat sembuh. Dalam bahasa Minang sendiri, cepat berarti capek serta cegak berarti sembuh. Sehingga kata yang digunakan biasanya capek cegak.

Baca Juga: Contoh Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak


Media untuk Memberikan Ucapan

Ucapan untuk Orang Sakit

Setelah membaca beberapa ucapan untuk orang sakit dalam berbagai bahasa, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara memberi ucapan tersebut. Pada zaman dahulu orang biasanya memberi ucapan tersebut melalui tatap muka, atau lewat media surat. Hal ini dikarenakan belum adanya teknologi yang cukup maju pada saat itu.

Pada zaman dahulu pun jika ingin mengucapkan lewat media surat tetap butuh waktu yang lumayan lama, maka lebih baik bertatap muka langsung. Tapi di zaman sekarang semua hal sudah menjadi mudah, memberi ucapan bisa lewat berbagai media. Media tersebut diantaranya email, sosial media, whatsapp, line, dll.

Beberapa media sosial di atas merupakan hasil dari kemajuan teknologi. Media-media yang disebutkan di atas bisa membuat pengiriman ucapan menjadi lebih mudah. Tinggal ambil gadget dan ketikkan ucapan yang ingin diucapkan, lalu kirim kepada orang yang dituju, maka selesai. Selain itu pengiriman ucapan juga bisa menjadi lebih cepat dan tepat sasaran.

Baca Juga: Ucapan Natal


Manfaat Memberikan Ucapan untuk Orang Sakit

Ucapan untuk Orang Sakit

Memberikan ucapan terhadap orang yang sedang sakit tentu memberikan banyak manfaat kepada orang yang diucapkan. Manfaat-manfaat tersebut meski tidak terlihat secara langsung, tapi tetap saja banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang sakit. Beberapa manfaat tersebut, diantaranya.

  • Memberikan doa. Sadar atau tidak ucapan yang diberikan untuk orang yang sedang sakit bisa berupa harapan atau doa. Karena beberapa ucapan biasanya mengandung makna yang sama yaitu cepat sembuh, dan lekas sehat kembali. Jadi tidak ada salahnya untuk mengirimkan banyak ucapan kepada orang yang sedang sakit, karena itu bisa menjadi doa juga untuknya.
  • Memberikan semangat. Saat memberikan ucapan sederhana seperti semoga lekas sembuh tanpa sadar itu bisa menjadi sebuah semangat. Hanya dengan mengatakan kalimat sederhana “cepat sembuh yah, biar bisa beraktifitas kembali” bisa menjadi pecutan semangat. Dengan kalimat yang diucapkan tersebut, seolah memberikan makna kepada orang tersebut kalau dia dibutuhkan, dan diharapkan untuk bisa kembali beraktifitas.
  • Mendapatkan pahala. Dalam setiap ajaran agama manapun pasti disebutkan bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan tidak peduli sekecil apapun kebaikan tersebut. Begitu pun dengan mengucapkan untuk orang sakit yang kelihatannya sederhana namun, dapat berbuah kebaikan kepada yang mengucapkan. Ucapan kepada orang sakit merupakan doa paling sederhana, namun berbuah kebaikan yang tidak terduga.

Ternyata memberikan ucapan untuk orang sakit bisa dengan menggunakan berbagai bahasa yang tentu memberi makna yang sama. Bahasa-bahasa tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan dan bisa dipilih mana yang tepat untuk penerimanya. Selain itu memberikan ucapan ternyata memberikan banyak manfaat yang tidak terduga bagi yang mengirimkan, maupun yang menerima.

Ucapan untuk Orang Sakit

Ucapan Pernikahan

Kartika Aryani
10 min read

Contoh Motto Hidup

Kartika Aryani
10 min read

Ucapan Menyambut Ramadhan

Miftahul
6 min read

Tinggalkan Balasan