Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Usaha Rumahan – Banyak orang yang masih ragu untuk memulai membuka usaha, salah satunya karena pertimbangan modal. Padahal membuka usaha rumahan misalnya, tidak begitu membutuhkan modal yang besar.

Jangan salah ada banyak usaha rumahan yang menjanjikan dan cukup berpeluang. Ingin tahu, usaha apa saja yang dapat dikategorikan usaha rumahan yang menjanjikan? Simak uraian selengkapnya di bawah ini

Baca Juga: usaha yang menjanjikan


Cara Memulai Usaha Rumahan Agar Sukses

Usaha Rumahan

Sebetulnya banyak orang  yang ingin membuka usaha sendiri. Baik untuk mencari tambahan penghasilan, maupun sebagai pendapatan utama. Namun karena terhalang modal kebanyakan menjadi kurang yakin untuk memulainya. Padahal solusinya adalah membuka usaha rumahan yang tidak butuh modal besar. Berikut cara memulai usaha rumahan agar sukses dan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

1. Minta Dukungan Pada Anggota Keluarga

Saat akan mulai merintis usaha, dukungan keluarga sangat diperlukan. Baik itu dukungan materill maupun non-materill. Jika sampai keluarga enggan untuk mendukung, kemungkinan bisnis rumahan yang akan mulai dirintis akan sulit berkembang. Oleh sebab itu, dukungan keluarga lah yang paling utama dari awal memulai usaha hingga nanti dapat sukses.

2. Belajar Administrasi

Meskipun usaha yang akan dirintis masih tergolong rumahan, tidak ada salahnya juga untuk mulai belajar administrasi. Lakukan pencatatan administrasi secara tertib dan rapi. Jaga jangan sampai keuangan pribadi dengan bisnis tercampur. Yang tidak banyak diketahui orang adalah keberhasilan sebuah bisnis biasanya tergantung dari kerapian administrasinya.

3. Jangan Pernah Berpikir Tentang Kegagalan

Bisnis dibangun nantinya akan menghasilkan 2 pilihan yaitu kesuksesan dan kegagalan. Namun seorang pebisnis sama sekali tak takut yang namanya kegagalan walaupun tergolong masih pemula sekalipun. Jika pada awal saja sudah ada pikiran takut gagal, dijamin kedepannya bisnis pasti gagal. Selalu tanamkan jiwa pebisnis yaitu pantang menyerah hingga meraih kesuksesan.

4. Tentukan Visi Dan Misi

Visi dan misi bisnis pun hendaknya sudah dipikirkan sebelum memulai membuka bisnis rumahan. Meskipun skala masih rumahan, visi dan misi ini sangat penting. Visi dan misi berisi tujuan dan target bisnis yang akan dibangun. Jadi ketika bisnis mulai berjalan, akan ada target dan tujuan yang dituju. Bukan hanya jalan di tempat.

5. Menghitung Kebutuhan Modal

Sebelum membuka bisnis rumahan, sebaiknya hitung dulu berapa modal yang dimiliki. Karena mau tidak mau modal ini sangat berpengaruh. Modal yang tidak cukup tentu saja bisnis belum bisa berdiri. Usahakan mengelola modal yang ada dengan baik. Belilah yang hanya diperlukan, dan hindari pembelian barang yang tidak dibutuhkan.

Jika mungkin, gunakan apa yang sudah ada di lingkungan rumah. Misalnya garasi sebagai tempat jualan. Dapur dan peralatan masak sebagai peralatan menjual makanan dan lain-lain.

6. Sebaiknya Pilih Bidang Yang Sesuai Passion

Dalam mendirikan bisnis rumahan, juga kadang diperlukan passion pelakunya. Mengapa sebaiknya memutuskan bisnis rumahan berdasarkan passion?. Karena dengan passion, maka saat menjalankannya nanti tidak akan merasa cepat bosan, dan malah selalu semangat Saat dijalani dengan penuh semangat ini justru sebuah usaha akan makin cepat sukses.

7. Pilih Waktu Yang Tepat Saat Memulai

Membangun bisnis, termasuk bisnis rumahan harus dilakukan dengan teliti artinya tidak asal-asalan. Harus pada waktu yang tepat karena membutuhkan perhitungan yang cermat. Biasanya yang srampangan, malah akan cepat mengalami kegagalan. Misalnya saat mendekati lebaran, yang paling cocok adalah buka bisnis kue kering.

8. Pastikan Produk Yang Mau Dijual Punya Keunikan

Zaman sekarang persaingan  bisnis makin ketat. Ketika memulai bisnis sedikit banyak harus diupayakan untuk menjual produk yang lain dari produk sejenis. Semakin unik, maka pembeli justru akan ingin mencoba membeli. Setidaknya itulah fakta yang terjadi saat ini di lapangan. Produk yang unik juga membuat lebih mudah diingat oleh konsumen.

9. Pilih Metode Promosi Yang Tepat

Pada awal-awal membuka bisnis rumahan, memang promosilah yang paling penting. Semakin sering melakukan promosi tentunya barang/jasa yang ditawarkan akan semakin mudah dikenal orang. Agar lebih hemat, metode promosi yang dilakukan bisa dilakukan secara online. Misalnya melalui media sosial, dan lain-lain.

10. Upayakan Segalanya Yang Terbaik

Banyak yang sudah kenal dengan istilah “pembeli adalah raja”. Terapkan pepatah tersebut. Selalu usahakan untuk memberikan yang terbaik khususnya untuk konsumen. Jika mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, pasti peluang mereka akan datang lagi akan makin besar. Bahkan mereka kemungkinan akan menyarankan pada orang lain juga.

Baca Juga: bisnis kecil kecilan


Contoh Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Usaha Rumahan

Kadang masih banyak saja orang yang takut membuka usaha karena takut tidak bisa menghasilkan keuntungan besar. Sehingga membuat mereka kurang semangat mendirikan bisnis apalagi skalanya kecil seperti usaha rumahan. Jangan salah, sebenarnya ada usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan cukup besar. Apa saja usaha rumahan yang menjanjikan tersebut, simak berikut ini.

1. Membuka Warung Makan

Punya garasi rumah kosong?, manfaatkan untuk membuka warung makan. Bisnis ini termasuk salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Makanan memang sudah menjadi kebutuhan pokok seseorang. Bila punya passion dengan memasak, usaha ini cocok sekali untuk dicoba.

Akan semakin sempurna jika lokasi rumah berada di lokasi yang strategis. Misalnya pinggir jalan raya, dekat kos-kosan, maupun area perkantoran. Usaha seperti ini seakan tidak akan pernah sepi pembeli. Bayangkan ketika pegawai yang tidak ada waktu sarapan pagi, mereka pasti cenderung mencari warung makan untuk sarapan.

Jika bisa mengelola dengan baik sehingga bisa menetapkan harga yang cocok, dapat menyajikan masakan yang enak, dijamin warung akan selalu ramai.

2. Membuka Warung Sembako

Sudah banyak sebenarnya yang lebih dulu memulai usaha seperti ini. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis membuka warung sembako bisa dibilang sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Usaha warung sembako memang tidak selengkap minimarket yang menyediakan hampir semua barang kebutuhan sehari-hari.

Namun, orang yang berminat membeli pasti ada setiap harinya. Untuk memulainya, lakukan usaha ini di depan rumah. Modal bisa digunakan untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari yang akan dijual. Sediakan barang selengkap mungkin agar pembeli tidak merasa kecewa saat barang yang diinginkan tidak dijual.

Jika dirasa usaha warung sembako semakin hari menghasilkan keuntungan yang lumayan, dan cukup berprospek segera lakukan peningkatan. Misalnya bangun sebuah toko yang sudah terpisah dengan rumah. Jika modal dirasa masing kurang sedikit, pertimbangkan untuk meminjam ke bank atau pinjaman dari saudara dan lain-lain.

3. Menjual Makanan Ringan Atau Camilan

Jenis usaha seperti ini juga termasuk jenis usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Bagi ibu rumah tangga yang punya hobi memasak, mungkin bisnis seperti ini bisa dicoba. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulainya juga tidak banyak.

Banyak jenis camilan yang bisa dijual, misalnya saja keripik singkong, keripik pisang dan lain-lain. Jika kurang suka membuat keripik, kue dan aneka gorengan, atau jajanan tradisional juga bisa dibuat. Keuntungan yang bisa dihasilkan juga cukup lumayan untuk jenis usaha ini.

Jika mau cepat laku, titipkan keripik, kue atau jajanan yang akan dijual pada beberapa warung pinggir jalan. Perkiraan modal yang pasti terpakai kemungkinan hanya bekisar 500 hingga 800 ribu saja. Jika makanan yang dijual punya cita rasa yang enak dan khas, pembeli akan puas dan sering ingin membeli kembali.

Bisa juga dengan melakukan promosi dengan menyediakan makanan yang diproduksi pada acara-acara khusus. Misalnya arisan, ulang tahun, acara kantor dan lain-lain. Ini bisa menjadi media promosi yang tepat untuk dilakukan.

4. Jasa Les Privat

Bagi yang punya latar belakang bidang pendidikan, membuka jasa les privat ini bisa dijadikan pilihan usaha rumahan yang menjanjikan.  Untuk memulainya juga tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagai ruangan belajar, bisa memanfaatkan ruang kosong di sisi rumah.

Cukup beli keperluan mengajar seperlunya. Misalnya papan tulis dan meja untuk menulis supaya kegiatan belajar semakin nyaman. Agar suasana belajar semakin menyenangkan, sisa modal bisa digunakan untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih professional.

Target konsumen bisa mulai dari pelajar SD, SMP, SMA. Biasanya siswa kelas 6 SD, serta kelas 3 baik SMP dan SMA paling banyak mencari guru privat untuk menghadapi ujian kelulusan. Peluang ini bisa diambil. Pada awal membuka, coba tawarkan les privat pada anak-anak tetangga sekitar rumah.

Sebaiknya pasang tarif yang terjangkau agar semakin banyak yang mau mencoba. Namun jangan lupa tetap lakukan promosi. Bisa menyebarkan brosure, menawarkan lewat media sosial dan lain-lain. Jika dirasa sudah terlalu banyak yang ikut les, dan butuh pendamping bisa coba hubungi teman kuliah. Tentu untuk membantu memberikan les tambahan.

5. Jasa Menjahit

Usaha rumahan yang menjanjikan selanjutnya yaitu membuka jasa menjahit. Bila kebetulan punya bakat menjahit atau ada riwayat pendidikan tata busana usaha ini sangat cocok dilakukan. Usaha jahit termasuk usaha jasa yang artinya tidak semua orang bisa melakukannya. Ini bisa menjadi nilai lebih jika mengembangkan bisnis ini.

Untuk memulai usaha ini hanya diperlukan mesin jahit dan perlengkapan lain yang bisa dibeli ketika pesanan datang. Memang beli mesin jahit membutuhkan dana yang cukup besar. Namun dibanding usaha lain seperti membuat camilan, bahan yang harus dibeli harus setiap hari.

Berbeda dengan usaha jasa jahit ini, hanya perlu membeli sekali dan dirawat agar tidak rusak. Target awal bisa tawarkan dulu pada tetangga sekitar rumah atau sanak saudara. Lakukan jasa jahit gamis, kemeja, maupun seragam sekolah. Upayakan menjahit dengan baik dan sempurna. Jika konsumen puas, maka orderan pasti akan terus datang.

6. Laundry Kiloan

Jika sedang mencari usaha rumahan yang menjanjikan, laundry kiloan ini bisa menjadi salah satu pilihan. Bagi sebagian orang, mencuci pakaian bukan merupakan pekerjaan rumah yang menyenangkan. Selain karena banyak memakan waktu, mencuci pakaian juga banyak menguras tenaga sehingga cepat lelah saat mengerjakannya.

Inilah yang membuat usaha laundry kiloan bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan dan sangat berpeluang. Jadilah solusi bagi mereka yang terlalu enggan untuk mencuci baju dengan menawarkan jasa laundry kiloan. Semakin sempurna jika rumah yang menjadi tempat usaha kebetulan berada di tempat strategis.

Misalnya dekat kampus, sekitar perumahan atau apartemen yang kebanyakan penghuninya memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Sehingga tidak cukup punya banyak waktu untuk mencuci. Apalagi usaha laundry ini kadang akan semakin meningkat orderannya jika tiba musim penghujan.

Itulah beberapa contoh usaha rumahan yang menjanjikan. Sedikit dijelaskan juga sebelumnya tentang apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai membuka usaha rumahan. Jadi mulai sekarang tidak perlu ragu lagi untuk membuka usaha. Mulailah dengan membuka usaha rumahan. Jika ditekuni dan dijalankan dengan benar, maka kesuksesan pun dapat dengan mudah diraih. Tanamkan sifat pengusaha sejati yaitu pantang menyerah dan selalu kerja keras.

Usaha Rumahan

Tinggalkan Balasan